Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Hukum

Pengertian Hukum

Ratings: (0)|Views: 177|Likes:
Published by arizaldhyn
Pengertian Hukum
Pengertian Hukum

More info:

Published by: arizaldhyn on Jul 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/17/2013

pdf

text

original

 
PENGERTIAN HUKUM
OLEH :ARIZALDHY SATRIA NUGRAHAI – AA / 06PENGANTAR ILMU HUKUMSEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA2010
 
PENDAHULUAN
Di setiap tempat, di setiap waktu pasti ada yang namanya hukum. Kita pastisudah kenal hukum sejak dulu. Sadar atau tidak, semenjak kita eksis di dunia ini, kitasudah terjerat dengan yang namanya hukum. Tapi apa sebenarnya hukum itu?Mengapa kita semua dapat terjerat dengan yang namanya hukum bahkan sebelum kitatahu apa hukum itu?Dengan mempelajari hukum kita dapat mengetahui apa hukum itu sebenarnya.Kita juga tidak keliru dan juga tidak merasa takut dengan hukum itu. Sebagian orangmenganggap hukum adalah sesuatu yang menakutkan dan berhubungan denganpenjara, hukuman, dan penyiksaan. Padahal pandangan kebanyakan orang itu taksepenuhnya benar, hukum dapat menolong orang yang membutuhkan keadilan, hukum juga dapat menindak mereka yang semena-mena. Hamper semua yang ada dimasyarakat menggunakan hukum. Oleh karena itu sangatlah bermanfaat bagi kita untukmengetahui apa itu hukum.
 
HUKUM
PENGERTIAN HUKUM MENURUT PAKAR
 Ada beberapa pendapat para pakar mengenai pengertian hukum :1.MayersHukum itu adalah semua aturan yang menyangkut kesusilaan dan ditujukanterhadap tingkah laku manusia dalam masyarakat serta sebagai pedoman bagipenguasa Negara dalam melaksanakan tugasnya.2.UtrechtHukum adalah himpunan perintah dan larangan untuk mencapai ketertibandalam masyarakat dan oleh karenanya masyarakat harus mematuhinya.
3.
Tullius CicercoHukum adalah akal tertinggi yang ditanamkan oleh alam dalam diri manusiauntuk menetapkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.
4.
Hugo GrotiusHukum adalah aturan tentang tindakan moral yang mewajibkan apa yang benar.
5.
Thomas HobbesHukum adalah perintah-perintah dari orang yang memiliki kekuasaan untukmemerintah dan memaksakan perintahnya kepada orang lain.
6.
Rudolf von JheringHukum adalah keseluruhan peraturan yang memaksa yang berlaku dalam suatuNegara
7.
Mochtar KusumaatmadjaPengertian hukum yang memadai harus tidak hanya memandang hukum itusebagai suatu perangkat kaidah dan asas-asas yang mengatur kehidupanmanusia dalam masyarakat, tapi harus pula mencakup lembaga (institusi) danproses yang diperlukan untuk mewujudkan hukum itu dalam kenyataan.8.Simorangkir Hukum adalah peraturan yang bersifat memaksa dan sebagai pedoman tingkahlaku manusia dalam masyarakat yang dibuat oleh lembaga berwenang serta bagisapa saja yang melanggarnya akan mendapat hukuman.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->