Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Observasi Pasar

Tugas Observasi Pasar

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 2,797 |Likes:
Published by akhagi

More info:

Published by: akhagi on Jul 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2013

pdf

text

original

 
1. Topic
: Observasi pasar tradisional
2. Tujuan observasi
: Untuk mengetahui interaksi antara penjual dan pembeli di pasar tradisional
3. Setting
:
Hari, tanggal : Selasa, 27 april 2010
Waktu : 6.15 WIB– 6.45 WIB(30 menit)
Tempat : Pasar Kadipolo
DENAH LOKASI OBSERVASI
Keterangan denah :Deskripsi tentang lokasi dan denah1. SettingPedagang ( subjek A) berada di luar pasar kadipolo, tepatnya subjek berada di depan pintu masuk pasar pertama sebelah kiri dari pintu utama (tengah). Di sekitar subjek 
 
terdapat beberapa barang dagangan dan penjual lain. Subjek juga berada di depantempat parkir motor di pasar kadipolo. Tempat berdagang berbentuk kotak, dimana pedagang dikelilingi oleh beberapa kotak berisi buah-buahan seperti sayur mayur dan buah-buahan. Sarana yang digunakan untuk berdagang hanyalah 1 tempat duduk untuk tempat duduk pedagang, beberapa kotak sebagai wadah dagangan dan beberapakantong plastik untuk diberikan kepada pembeli. Bagian depan untuk berdagangdipakai untuk kotak berisi cabai hijau, timu, kacang panjang, sedang bagian kanandipergunakan untuk tempat wortel, kubis, dan cabai merah, sedang bagian kiri untuk tempat pisang.2. Situasisituasi pasar saat itu ramai tapi tidak begitu ramai karena hari sudah agak siang.Beberapa pembeli yang datang membawa motor memarkirkan motornya di tempat yangsudah tersedia, dan petugas parkir membantunya juga membantu merapikan tempat parkir sehingga tempat parkir menjadi tidak sempit dan masih dapat dipergunakanuntuk berjalan. Sempat ada kecelakan berupa buah apel hijau yang jatuh daritempatnya. Mengetahui hal itu pedagang merapikan buah yang berjatuhan tersebut danmemasukannya kembali ke kotaknya. Orang-orang di sekitarnya yang mengetahui haltersebut juga ikut membantu pedagang merapikan buah yang berjatuhan tersebut. Suarasekitar tempat observasi agak ramai terdengar interasksi baik antara pedagang dancalon pembeli juga beberapa orang lain seperti orang yang baru datang dengan petugas parkir. Pengunjung pasar termasuk banyak, namun tidak sebanyak jika waktunya lebih pagi. Kondisi pasar agak sejuk karena tempat observasi berada di luar pasar dan waktumasih pagi. Bau di pasar agak khas dengan bau pasar yaitu agak bau ikan asin dan beberapa bau tak sedap lainnya seperti bau comberan dan bau dari tempat sampah yangterdapat di dekat tempat observasi.
 
4. Landasan Teori
observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang kejadian yang ada di pasar dan mengetahui bagaimana penjual dan calon pembeli berinteraksi dan melakukan penawaran. Untuk itu harus diketahui arti dari pasar, interaksi dan penawaran.Menurut Slamet sukamto dkk, 2005 (dari buku yang dibuat oleh Sukamto sendiri)memberikan definisi pasar, yaitu suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli(konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk suatu kesepakatan harga jualSedangkan arti dari interaksi menurut Gillin dan Gillin (dari buku sosiologi),interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial yang dinamis antara individu dankelompok manusia, dan antar kelompok manusia.Sedangkan arti dari penawaran adalah, menurut Suyanto (buku ekonomi), penawaranadalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah barang dan jasa pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.
5. Metode observasi
Metode observasi yang digunakan adalah specimen records
Metode specimen records adalah salah satu metode dalam observasi dimanaobserver mendeskripsikan secara mendetail, baik itu perilaku maupunsettingnya, dan dilakukan secara terus menerus. Metode ini merupakan metodeobservasi yang paling terbuka, kurang selektif dan sangat banyak informasiyang dapat dikumpulkan, hanya sedikit inferensi karena semua yang ada ditempat observasi menjadi target pencatatan. Alasan menggunakan metode iniadalah agar mendapatkan hasil observasi secara mendetail dan mudahdipahami. Langkah dalam pengguanaan metode ini adalah pertama kitamenentukan tempat observasi, setting dan situasi, juga subjek, lalu mulaimelakukan pencatatan. Hal yang dicatat adalah semua yang ada dalam lokasi,misalnya, selain perilaku pedagang yang dicatat, juga setting, kondisi sekitar, perilaku pembeli dan perilaku dan keadaan sekitar juga ikut menjadi target pencatatan.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
f_siswadi liked this
MrKendem liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->