Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ekonomi Mikro Dan Makro

Ekonomi Mikro Dan Makro

Ratings: (0)|Views: 8 |Likes:
Published by Jack Jacky

More info:

Published by: Jack Jacky on Jul 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2014

pdf

text

original

 
Ekonomi Mikro dan Makro
Pengertian Ilmu Ekonomi
 
Menurut Samuelson dan Nordhauns
Ilmu Ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuatpilihan dengan atau tanpa uang dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dalamberbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa, kemudianmendistribusikannya untuk keperluan konsumsi untuk masa kini dan masa datang. 
Pembagian Ilmu Ekonomi Berdasarkan Ruang Lingkupnya
 

 
Ekonomi MikroSuatu bidang dalam ilmu ekonomi yang menganalisis bagian-bagian kecil dari keseluruhankegiatan perekonomian. 2. Ekonomi MakroSuatu bidang dalam ilmu ekonomi yang menganalisis keseluruhan dalam permasalahankegiatan perekonomian. 
Indikator dalam ekonomi mikro
 

 
Membahas perilaku individu rumah tangga2. Membahas perilaku individu perusahaan3. Membahas perilaku suatu pasar (industri) 4. Menganalisis masalah-masalah: 
 
- proses terjadinya tingkat harga- Bagaimana produsen menentukan tingkat produksi- Faktor-faktor yang menentukan pendapatan setiap faktor produksi. 
Indikator dalam ekonomi makro
 1. Pendapatan nasional2. Produksi nasional3. Konsumsi nasional4. Tabungan 5. Investasi nasional6. Inflasi7. Pertumbuhan ekonomi8. Perdagangan internasional9. Masalah pengangguran10.Neraca perdagangan dan neraca pembayaran
Permasalahan Ekonomi Mikro
 - Masalah Harga dasar (floor price) dan harga tertinggi (ceiling price). - Meningkatnya permintaan beras- Kenaikan harga BBM - Masalah Monopoli- Masalah distribusi
Permasalahan Ekonomi Makro
 -Masalah kemiskinan dan pemerataan-Krisis nilai tukar-Masalah utang luar negeri-Masalah perbankan dan kredit macet-Masalah inflasi-Pertumbuhan ekonomi dan pengangguran
Kebijakan-kebijakan untuk mengatasi masalah ekonomi
 -Meningkatkan investasi di Indonesia, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luarnegeri. 
 
-Penerapan program-program pengentasan kemiskinan, seperti IDT, BLT dan transmigrasi. -Pembangunan proyek-proyek padat karya dan pemberdayaan UKM. -Penerapan kebijakan meneter dan fiskal untuk menekan angka inflasi. -Meningkatkan penerimaan pemerintah, seperti dari pajak. -Melakukan penelitian dan pengembangan untuk mencari sumber energi alternatif sebagaipengganti BBM. 
Bentuk-Bentuk Kebijakan Ekonomi
 Kebijakan fiskalMerupakan kebijakan untuk mengatur penerimaan dan pengeluaran negara. Kebijakan iniditetapkan untuk mengelola dan mengarahkan kegiatan ekonomi ke arah lebih baik Kebijakan MoneterKebijakan ini dilakukan dengan cara menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar.Kebijakan ini dijalankan oleh BI. Kebijakan ini ditetapkan untuk menjaga kestabilan ekonomiyang ditandai dengan menggeliatnya dunia usaha dan tersedianya kesempatan kerja.Kebijakan HargaKebijakan ini dilakukan pemerintah untuk menjaga kelangsungan usaha dan tingkat konsumsimasyarakat. Kebijakan Perdagangan AntarnegaraKebijakan ini bertujuan untuk memperoleh manfaat dan menghindari kerugian atasberlangsungnya perdagangan antar negara.
SEKILAS INFO
 Kondisi perekonomian di berbagai negara di dunia pada akhir tahun 1920-an dan awaltahun 1930-an mengalami kemunduran. Peristiwa ini dimulai dari merosotnya perekonomiandi Amerika Serikat. Akibatnya, tingkat pengangguran semakin tinggi dan sector industryberoperasi di bawah kapasitas normal. Permasalahan ini terjadi karena menurunnya daya belimasyarakat. 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->