Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Spektrofotometri Serapan Atom

Spektrofotometri Serapan Atom

Ratings: (0)|Views: 105 |Likes:
Published by Dini Riyanti

More info:

Published by: Dini Riyanti on Jul 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

pdf

text

original

 
SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (AAS)
 Spektrofotometri Serapan atom (AAS) adalah suatu metode analisis untuk penentuan unsur-unsur logam dan metaloid yang berdasarkan pada penyerapan (absorpsi) radiasi oleh atom-atombebas unsur tersebut.Sekitar 67 unsur telah dapat ditentukan dengan cara AAS. Banyak penentuan unsur-unsur logamyang sebelumnya dilakukan dengan metoda polarografi, kemudian dengan metodaspektrofotometri UV-VIS, sekarang banyak diganti dengan metoda AAS.Keuntungan metoda AAS adalah:
•Spesifik 
 
•Batas (limit) deteksi rendah
 
•Dari satu larutan yang sama, beberapa unsur berlainan dapat diukur 
 
 
•Pengukuran dapat langsung dilakukan terhadap larutan contoh (preparasi contoh sebelum
pengukuran lebih sederhana, kecuali bila ada zat pengganggu)
•Dapat diaplikasikan kepada banyak jenis unsur dalam banyak jenis contoh.
 
•Batas kadar 
-kadar yang dapat ditentukan adalah amat luas (mg/L hingga persen)
a.Prinsip Pengukuran dengan Spektrofotometer Serapan Atom
Spektrofotometri serapan atom (AAS) adalah suatu metode analisis yang didasarkan pada prosespenyerapan energi radiasi oleh atom-atom yang berada pada tingkat energi dasar (ground state).Penyerapan tersebut menyebabkan tereksitasinya elektron dalam kulit atom ke tingkat energiyang lebih tinggi. Keadaan ini bersifat labil, elektron akan kembali ke tingkat energi dasar sambilmengeluarkan energi yang berbentuk radiasi.Dalam AAS, atom bebas berinteraksi dengan berbagai bentuk energi seperti energi panas, energielektromagnetik, energi kimia dan energi listrik. Interaksi ini menimbulkan proses-proses dalamatom bebas yang menghasilkan absorpsi dan emisi (pancaran) radiasi dan panas.Radiasi yang dipancarkan bersifat khas karena mempunyai panjang gelombang yangkarakteristik untuk setiap atom bebas.Adanya absorpsi atau emisi radiasi disebabkan adanya transisi elektronik yaitu perpindahanelektron dalam atom, dari tingkat energi yang satu ke tingkat energi yang lain.Absorpsi radiasi terjadi apabila ada elektron yang mengabsorpsi energi radiasi sehingga
 
berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi.Emisi terjadi apabila ada elektron yang berpindah ke tingkat energi yang lebih rendah sehinggaterjadi pelepasan energi dalam bentuk radiasi.Panjang gelombang dari radiasi yang menyebabkan eksitasi ke tingkat eksitasi tingkat-1 disebutpanjang gelombang radiasi resonansi. Radiasi ini berasal dari unsur logam/metaloid.Radiasi resonansi dari unsur X hanya dapat diabsorpsi oleh atom X, sebaliknya atom X tidak dapat mengabsorpsi radiasi resonansi unsur Y. Tak ada satupun unsur dalam susunan berkalayang radiasi resonansinya menyamai unsur lain.Hal inilah yang menyebabkan metode AAS sangat spesifik dan hampir bebas gangguan karenafrekuensi radiasi yang diserap adalah karakteristik untuk setiap unsur. Gangguan hanya akanterjadi apabila panjang radiasi resonansi dari dua unsur yang sangat berdekatan satu sama lain.
Atomisasi
Ada tiga cara atomisasi (pembentukan atom) dalam AAS :1.Atomisasi dengan nyalaSuatu senyawa logam yang dipanaskan akan membentuk atom logam pada suhu ± 1700 ºC ataulebih. Sampel yang berbentuk cairan akan dilakukan atomisasi dengan cara memasukan cairantersebut ke dalam nyala campuran gas bakar. Tingginya suhu nyala yang diperlukan untuk atomisasi setiap unsur berbeda.Beberapa unsur dapat ditentukan dengan nyala dari campuran gas yang berbeda tetapipenggunaan bahan bakar dan oksidan yang berbeda akan memberikan sensitivitas yang berbedapula.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->