Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sediaan Tetes Mata

Sediaan Tetes Mata

Ratings: (0)|Views: 943 |Likes:
Published by Khairatunnisa
Sediaan steril tetes mata
Sediaan steril tetes mata

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Khairatunnisa on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/13/2013

pdf

text

original

 
SEDIAAN TETES MATA
A.
 
PENGERTIAN
Tetes mata adalah sediaan steril yang berupa larutan atau suspensi yangdigunakan dengan cara meneteskan obat pada selaput lendir mata disekitarkelopak mata dari bola mata (saccus conjungtival). Seringkali Tetes matadimasukkan ke dalam mata yang terluka atau kecelakaan atau pembedahan hal inisecara potensial lebih berbahaya daripada injeksi intavena.Mata manusia adalah organ yang paling sensitif. Mata bereaksi dengancepat. Sampai mendekati perubahan apapun dalam lingkungannya. Karena alasanini larutan yang digunakan pada mata sebaiknya suspensi dan salep harus dibuatdengan perhatian yang sangat teliti. Syarat-syarat harus dipertimbangkan dalamperbuatan dan kontrol terhadap produk optalmik adalah :-
 
Sterilitas Pengawet-
 
Kejernihan-
 
Bahan aktif -
 
Buffer-
 
Viskositas-
 
pH-
 
Stabilitas-
 
Isotonisitas (tonisitas)Sterilisasi sediaan diperlukan karena kornea dan jaringan bening ruanganterior adalah media yang bagus untuk mikroorganisme dan masuknya larutanmata yang terkontaminasi ke dalam mata yang trauma karena kecelakaan ataupembedahan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.Tetes mata dapat mengandung bahan-bahan antimikroba sepertiantibiotik, bahan antiinflamasi seperti kortikosteroid, obat miotik sepertifisostigmin sulfat atau obat midriatik seperti atropin sulfat.
 
Sifat-sifat yang harus dimiliki tetes mata antara lain:1.
 
steril ketika dihasilkan2.
 
bebas dari partikel-partikel asing3.
 
bebas dari efek mengiritasi4.
 
mengandung pengawet yang cocok untuk mencegah pertumbuhandari mikroorganisme yang dapat berbahaya yang dihasilkan selamapenggunaan.5.
 
Jika dimungkinkan larutan berair seharusnya isotonis dengansekresi lakrimal konsentrasi ion hidrogen sebaliknya cocok untuk obat khusus, dan idelanya tidak terlalu jauh dari netral6.
 
stabil secara kimiaKebanyakan syarat-syarat ini saling berkaitan dan tidak dapat dipandangsecara terpisah yang dipertimbangkan secara individual. Sterilisasi misalnya,dapat dihubungkan dengan pH, buffer, dan pengemasan. Sistem buffer harusdipertimbangkan dengan pemikiran tonisitas dan dengan pemikirankenyamanan produk.
Kejernihan
Larutan mata harus bebas dari partikel asing dan jernih, kejernihan inidapat diperoleh dengan filtrasi. Sangat penting melakukan filtrasi danpencucian peralatan filtrasi harus baik agar bahan-bahan partikulat tidak ikutmasuk pada larutan tetes mata. Diperlukan desain peralatan alam proses filtrasi.Selain itu pengerjaannya harus dilakukan dilingkungan/ ruangan yang bersih.Penggunaan Laminar Air Flow diperlukan untuk penyiapan larutan jernih bebas partikel asing. Penjernihan dan sterilisasi dilakukan dalam langkahfiltrasi yang sama. Penting diperhatikan, larutan jernih juga digunakan untuk membersihkan wadah (tempat penyimpanan) dan tutup, selain itu wadah harusbersih, steril dan tertutup rapat. Wadah dan tutup seharusnya tidak membawapartikel dalam larutan tetes mata selama kontak lama sepanjang penyimpanan.Biasanya dilakukan test sterilitas untuk memastikannya.
 
Stabilitas
Stabilitas obat dalam larutan tergantung pada sifat kimia bahan obat, pHproduk, metode penyimpanan (khususnya pengaturan suhu), zat tambahanlarutan dan tipe pengemasan. Obat seperti pilokarpin dan fisostigmin, aktif dancocok pada mata pada pH 6.8. pH stabilitas kimia (atau kestabilan) dapatdiukur dalam beberapa hari atau bulan. Pada obat ini, bahan kehilanganstabilitas kimia kurang dari 1 tahun. Sebaliknya pada pH 5, kedua obat stabildalam beberapa tahun. Untuk mengoptimalkan pH ada beberapa faktor yangmempengaruhi antaralain sensitivitas oksigen dan stabilitas adekuatantioksidan yang diinginkan. Kemasan plastik berupa polietilen dengan
densitas rendah “Droptainer” memberikan kenyamanan pasien,
selain itu dapatmeningkatkan deksimental untuk kestabilan melalui pelepasan oksigenmenghasilkan dekomposisi oksidatif bahan-bahan obat.
Buffer dan pH
Idealnya, sediaan mata berada pada pH yang ekuivalen dengan cairanmata yaitu 7,4. Dalam prakteknya, ini jarang dicapai. Mayoritas bahan aktif dalam optalmologi adalah garam basa lemah dan paling stabil pada pH asam.Contohnya suspensi kortikosteroid yang tidak larut biasanya paling stabil padapH asam. Untuk mencapai pH optimum yang diinginkan umumnyaberdasarkan kompromi oleh formulator. pH juga diseleksi optimum untuk mencapai kestabilan. Sistem buffer diseleksi agar mempunyai kapasitasadekuat untuk memperoleh pH dengan range stabilitas untuk durasi umurproduk. Kapasitas buffer adalah kunci utama, situasi ini.
Tonisitas
Tonisitas berarti tekanan osmotik yang diberikan oleh garam-garamdalam larutan berair, larutan mata adalah isotonik dengan larutan lain ketikamagnefudosifat koligatif larutan adalah sama. Larutan mata dipertimbangkanisotonik ketika tonisitasnya sama dengan 0,9% larutan Na Cl. Sebenarnya matalebih toleran terhadap variasi tonisitas daripada suatu waktu yang diusulkan.

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Devita AjJah liked this
Devita AjJah liked this
Uchi Fauziah liked this
Santi Julianti liked this
Fifit Sari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->