Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Indikator Hasil Belajar_tyo

Indikator Hasil Belajar_tyo

Ratings: (0)|Views: 585 |Likes:
Published by Joko Sulisno

More info:

Published by: Joko Sulisno on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/11/2014

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar belakang masalah
Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisiyaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Sedangkan yang di maksud denganindikator adalah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadiacuan penilaian mata pelajaran.
 
Dari penjelasan beberapa ahli, dapatdiambil kesimpulan bahwa belajar pada hakekatnya adalah prosesperubahan perilaku siswa dalam bakat pengalaman dan pelatihan.Artinya tujuan kegiatan belajar mengajar ialah perubahan tingkahlaku,
B.
 
Rumusan masalah
Pembahasan dalam makalah ini dibatasi dalam beberapapembahasan, diantaranya:
 
Apa yang dimaksud dengan indikator hasil belajar
 
Apa yang dimaksud dengan kompetensi dasar
 
Apa komponen-komponen indikator
C.
 
Tujuan makalah
Makalah ini disusun selain untuk memenuhi tugas mata kuliah
perencanaan sistem pembelajaran pai
”, juga untuk menambah
wawasan kita mengenai indikator hasil belajar dan materoi pokok.
 
 2
BAB IIPEMBAHASANINDIKATOR HASIL BELAJAR DAN MATERI POKOKA.
 
Indikator hasil belajar
Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisiyaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Sedangkan yang di maksud denganindikator adalah perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadiacuan penilaian mata pelajaran.Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembanganmental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar.Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranahkognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasilbelajar merupakan saat terselesikannya bahan pelajaran. Hasil jugabisa diartikan adalah bila seseorang telah belajar akan terjadiperubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahumenjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti.Hasil belajar merupakan suatu puncak proses belajar. Hasilbelajar tersebut terjadi terutama berkat evaluasi guru. Hasil belajardapat berupa dampak pengajaran dan dampak pengiring. Keduadampak tersebut bermanfaat bagi guru dan siswa. MenurutWoordworth (dalam Ismihyani 2000), hasil belajar merupakan
 
 3
perubahan tingkah laku sebagai akibat dari proses belajar. Woordworth juga mengatakan bahwa hasil belajar adalah kemampuan aktual yangdiukur secara langsung. Hasil pengukuran belajar inilah akhirnya akanmengetahui seberapa jauh tujuan pendidikan dan pengajaran yang telahdicapai.Dari penjelasan beberapa ahli, dapat diambil kesimpulan bahwabelajar pada hakekatnya adalah proses perubahan perilaku siswa dalambakat pengalaman dan pelatihan. Artinya tujuan kegiatan belajarmengajar ialah perubahan tingkahlaku, baik yang menyangkutpengetahuan, keterampilan, sikap, bahkan meliputi segenap aspek pribadi. Kegiatan belajar mengajar seperti mengorganisasi pengalamanbelajar, menilai proses dan hasil belajar, termasuk dalam cakupantanggung jawab guru dalam pencapaian hasil belajar siswa.Berdasarkan teori Taksonomi Bloom hasil belajar dalam rangka studidicapai melalui tiga kategori ranah antara lain kognitif, afektif,psikomotor. Perinciannya adalah sebagai berikut:
 
Ranah Kognitif Berkenaan dengan hasil belajar intelektual yangterdiri dari 6 aspek yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan,analisis, sintesis dan penilaian.
 
Ranah Afektif Berkenaan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif meliputi lima jenjang kemampuan yaitu menerima, menjawab ataureaksi, menilai, organisasi dan karakterisasi dengan suatu nilai ataukompleks nilai.
 
Ranah Psikomotor Meliputi keterampilan motorik, manipulasibenda- benda, koordinasi neuromuscular (menghubungkan,mengamati).

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->