Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perkembangan Psikologi Yang Terjadi Pada Anak Prasekolah

Perkembangan Psikologi Yang Terjadi Pada Anak Prasekolah

Ratings: (0)|Views: 54 |Likes:
Published by Piety Mey

More info:

Published by: Piety Mey on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
Perkembangan Psikologi yang Terjadi pada AnakPrasekolah, Sekolah, dan PubertasDisusun oleh:Piety MeysawatiS.11.931IIC
AKADEMI KEBIDANAN SARI MULIABANJARMASIN2012
 
BAB IPENDAHULUAN
Setiap makhluk hidup akan berkembang sesuai dengan tingkat kebutuhannya yang dalamperkembangannya akan mengalami suatu perubahan, salah satunya adalah terjadinya suatuperubahan secara psikologis. Dimana perkembangan psikologis yang terjadi pada anak tersebutterbagi dalam 3 fase, yaitu pada masa prasekolah, sekolah, dan pubertas.Masa prasekolah merupakan fase perkembangan individu pada usia 2-4 tahun, ketikaanak mulai memiliki kesadaran tentang dirinya sebagai pria atau wanita, dapat mengatur diridalam buang air (toilet training), dan mengenal beberapa hal yang dianggap berbahaya(mencelakakan dirinya).Masa sekolah berlangsungdari usia 6 tahun hingga tiba saatnya individu menjadi matangsecara seksual. Permulaan masa ini ditandai dengan masuknya anak ke kelas satu sekolah dasar.Setelah anak mencapai usia 6 atau 7 tahun perkembangan jasmani dan rohaninya mulaisempurna.Salah satu periode dalam rentang kehidupan individu adalah masa (fase) remaja. Masa inimerupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan individu, danmerupakan transisi yang dapat diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat.
 
 
BAB IIISI
A.
 
Perkembangan dalam Masa Prasekolah1.
 
Perkembangan Fisik Perkembangan fisik merupakan dasar bagi kemajuan perkembangan berikutnya.Dengan meningkatnya pertumbuhan tubuh, baik yang menyangkut ukuran berat dantinggi, maupun kekuatannya, memungkinkan anak untuk dapat lebih mengembangkanketerampilan fisiknya dan mengeksplorasi lingkungannya dengan atau tanpa bantuan dariorang tuanya. Perkembangan system saraf pusat memberikan kesiapan kepada anak untuk dapat lebih meningkatkan pemahaman dan penguasaan terhadap tubuhnya.Proporsi tubuhnya berubah secara dramatis, seperti pada usia tiga tahun, rata-ratatingginya sekitar 80-90 cm, dan beratnya sekitar 10-13 kg, sedangkan usia lima tahuntingginya mencapai 100-110 cm. Tulang kakinya tumbuh dengan cepat, namunpertumbuhan tengkoraknya tidak secepat usia sebelumnya. Pertumbuhan tulang-tulangnya semakin besar dan kuat. Pertumbuhan giginya semakin lengkap/komplit,sehingga dia sudah menyenangi makanan padat, seperti daging, sayuran, buah-buahan,dan kacang-kacangan.Pertumbuhan otaknya pada usia lima tahun sudah mencapai 75% dari ukuranorang dewasa, dan pada usia enam tahun sudah mencapai 90%. Pada usia ini jugaterjadinya pertumbuhan myelinization (lapisan urat saraf dalam otak yang terdiri atasbahan penyekat berwarna putih yaitu mielin) secara sempurna. Lapisan urat saraf inimembantu transmisi impuls-impuls saraf secara cepat, yang memungkinkanpengontrolan terhadap kegiatan-kegiatan motorik lebih seksama dan efisien. Di sampingitu, pada usia ini banyak juga perubahan fisiologis lainnya, seperti pernapasan menjadilebih lambat dan mendalam, serta denyut jantung lebih lambat dan menetap.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->