Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Ratings: (0)|Views: 53 |Likes:
Published by Ade Bulonk

More info:

Published by: Ade Bulonk on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2012

pdf

text

original

 
MANFAAT AIR KELAPA BAGI KESEHATAN
Air kelapa mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan antikanker ,sumber eletrolit alami yang steril dan mengandung kadar kalium, khlor, serta klorinyang tinggi.Dalam industri makanan, air kelapa dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan kecapdan nata de coco. Sementara dalam keadaan segar, air kelapa muda merupakan minumanyang menyegarkan.Sebenarnya, air kelapa telah lama dikenal sebagai sumber zat tumbuh,yaitu sitokinin. Selain itu, air kelapa juga mengandung protein, sedikit lemak, mineral,karbohidrat, dan berbagai vitamin (C dan B kompleks) .Manfaat air kelapa bagi kesehatandan kecantikan adalah sebagai berikut:1. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni.2. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasidehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.3. Susu yang dicampur dengan air kelapa muda amat baik untuk makanan anak. Campuran airkelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut,muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.4. Air kelapa muda dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan anti-biotikalain, sehingga menjadikan obat-obat tersebut lebih cepat diserap darah.5. Air kelapa dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerut-merutwajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi nampak berseri.Penggunaan dilakukan dengan membasuhkannya pada muka secara kontinu tiap hari.6. Air kelapa dicampur sedikit madu merupakan tonikum yang murah, tetapi berkhasiat.Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksyang berlebih.7. Air kelapa juga baik sebagai obat brokhitis kronis, sembelit, dan wasir.8. Air kelapa dapat menyembuhkan jerawat. Adapun cara pembuatan ramuannya adalahsebagai berikut: 25 g pasta kunyit dicampur dengan segelas air kelapa dan dibiarkansernalam, kemudian ditambah dengan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklahsemua bahan tersebut sampai rata, kemudian disisihkan (disimpan) lagi tanpa tergangguselama 3 hari. Ramuan tersebut kemudian disaring dengan tiga lapis kain kasa, disimpandalam botol, dan digunakan dengan cara dioleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawathilang.9. Air kelapa berkhasiat sebagai obat luka, gatal-gatal, telapak kaki pecah, dan eksim.Adapun cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut: segenggam beras direndamdalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian,kemudian beras digiling hingga menjadi tepung (bubur halus). Tepung beras tersebutdioleskan setiap hari selama 3
 — 
4 hari pada bagian tubuh yang sakit.10. Air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalamukuran yang sama, merupakan obat luka bakar dan menghilangkan rasa panas pada telapak kaki dan telapak tangan.11. Air kelapa muda hijau yang dicampur dengan air jeruk nipis dan diminum secara teratur,berkhasiat sebagai obat penyakit demam berdarah.12. Air kelapa muda yang diembunkan semalam dan pagi harinya diminum secara rutin setiapharinya dapat membuat suara menjadi lembut dan merdu.
 
13. Air kelapa hijau yang dicampur dengan 1 sendok teh garam dan digunakan untuk cucirambut, berkhasiat mencegah tumbuhnya uban.
Pohon Kelapa = Pohon Serbaguna
Pohon kelapa yang disebut juga dengan pohon nyiur biasanya tumbuh pada daerah ataukawasan tepi pantai. Sangat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pohon kelapa.Mulai dari batang, daun dan buahnya, semua dapat dimanfaatkan. Mungkin karenamanfaatnya sangat banyak, pohon kelapa dijadikan logo "Praja Muda Karana" (Pramuka) diIndonesia. Dalam klasifikasi tumbuhan, pohon kelapa termasuk dalam genus :
 cocos
danspecies :
 nucifera
Bagian-bagian Kelapa
- Buah kelapaBuah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, airkelapa dan lembaga.- Kulit luarKulit luar merupakan lapisan tipis (0,14 mm) yang mempunyai permukaan licin denganwarna bervariasi dari hijau, kuning sampai jingga, tergantung kepada kematangan buah. Jikatidak ada goresan dan robek, kulit luar kedap air.- Sabut kelapa.Sabut kelapa merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa, yaitu 35 % dari beratkeseluruhan buah. Sabut kelapa terdiri dari serat dan gabus yang menghubungkan satu seratdengan serat lainnya. Serat adalah bagian yang berharga dari sabut. Setiap butir kelapamengandung serat 525 gram (75 % dari sabut), dan gabus 175 gram (25 % dari sabut).- TempurungTempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil dan berbagaimineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jenis kelapanya. Strukturyang keras disebabkan oleh silikat (SiO2) yang cukup tinggi kadarnya pada tempurung. Berattempurung sekitar 15~19 % dari berat keseluruhan buah kelapa.- Kulit daging buah.Kulit daging buah adalah lapisan tipis coklat pada bagian terluar daging buah.- Daging buah.Daging buah merupakan lapisan tebal (8~15 mm) berwarna putih. Bagian ini mengandungberbagai zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengan tingkat kematanganbuah. Daging buah tua merupakan bahan sumber minyak nabati (kandungan minyak 35 %).Pada tabel 2 dapat dilihat komposisi zat gizi daging buah kelapa.- Air kelapa.Air kelapa mengandung sedikit karbohidrat, protein, lemak dan beberapa mineral.Kandungan zat gizi ini tergantung kepada umur buah. Air kelapa dapat digunakan sebagai
 
media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco.
Manfaat Pohon Kelapa
Ada beberapa komoditi yang dapat diperoleh dari pohon kelapa, yaitu batang, daun, nira danbagian-bagian.
Batang
Batang kelapa tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangkaperahu dan kayu bakar. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadapsengatan rayap. Kayu dari pohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampaipermukaannya licin dengan tekstur yang menarik 
Daun
 Daun kelapa sering digunakan untuk hiasan atau janur, sarang ketupat dan juga atap rumah.Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi dan tusuk daging (sate).
Nira
Nira adalah cairan yang diperoleh dari tumbuhan yang mengandung gula pada konsentrasi7,5 sampai 20,0 %. Nira kelapa diperoleh dengan memotong bunga betina yang belummatang, dari ujung bekas potongan akan menetes cairan nira yang mengandung gula. Niradapat dipanaskan untuk menguapkan airnya sehingga konsentrasi gula meningkat dankental.Bila didinginkan, cairan ini akan mengeras yang disebut gula kelapa. Nira juga dapat dikemassebagai minuman ringan.
Buah
Banyak dari bagian buah merupakan bahan yang bermanfaat. Sabut kelapa yang telahdibuang gabusnya merupakan serat alami yang berharga mahal untuk pelapis jok dan kursi,serta untuk pembuatan tali.
Tempurung kelapa
Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang.Arang batok kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar biasa atau diolah menjadi arang aktif yang diperlukan oleh berbagai industri pengolahan.
Daging kelapa
Daging kelapa merupakan bagian yang paling penting dari komoditi asal pohon kelapa.Daging kelapa yang cukup tua, diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra, dan minyak goreng. Sedang daging kelapa muda dapat dijadikan campuran minuman cocktail dandijadikan selai.
Air kelapa
Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kecap dan sebagai media padafermentasi nata de coco.
CARA PENGOBATAN DENGAN BUAH KELAPA
 
 
Keracunan
 
:
 Ambil satu butir kelapa hijau, lalu lubangi ujungnya, kemudian minum airnya sampai habis.
 
Sakit panas dalam
 
:
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->