Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
k e p e m i m p i n a n

k e p e m i m p i n a n

Ratings: (0)|Views: 26 |Likes:
Published by Wisdalia Maya Sari

More info:

Categories:Types, Maps
Published by: Wisdalia Maya Sari on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2012

pdf

text

original

 
 
K E P E M I M P I N A N
DEFINISI KEPEMIMPINAN
Menurut sejarah, masa “kepemimpinan” muncul pada abad 18. Ada beberapa
pengertian kepemimpinan, antara lain:1.
 
 Kepemimpinan
 
adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu danlangsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuantertentu (Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24).2.
 
 Kepemimpinan
 
adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitasuntuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Shared Goal, Hemhiel & Coons,1957, 7).3.
 
 Kepemimpinan
 
adalah
 
suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling, 1984, 46).4.
 
 Kepemimpinan
 
adalah kemampuan seni atau tehnik untuk membuat sebuahkelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.5.
 
 Kepemimpinan
 
adalah suatu proses yang memberi arti (penuh artikepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (Jacobs & Jacques, 1990, 281).Banyak definisi kepemimpinan yang menggambarkan asumsi bahwa kepemimpinandihubungkan dengan proses mempengaruhi orang baik individu maupun masyarakat.Dalam kasus ini, dengan sengaja mempengaruhi dari orang ke orang lain dalamsusunan aktivitasnya dan hubungan dalam kelompok atau organisasi. John C. Maxwell
 
 mengatakan bahwa inti kepemimpinan adalah mempengaruhi atau mendapatkanpengikut.
PENGERTIAN PEMIMPIN
Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akantercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan olehseorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlianmemimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atausekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya.
Seorang pemimpin
adalahseseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukanpercobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama (PanjiAnogara, Page 23).Unsur-unsur pokok pemimpin, pemimpin melibatkan beberapa hal sebagaiberikut :a. adanya orang yang mempengaruhib. adanya orang yang dipengaruhic. adanya proses untuk pencapaian tujuanDari ketiga unsur pimpinan tersebut yang paling memegang peranan pentingadalah orang yang mempengaruhi atau pimpinan. Seorang pimpinan selain diharuskanmampu mempengaruhi orang lain atau bawahannya, dia juga harus berfungsi sebagaipengontrol terhadap kebijakan yang dibuatnya.Dengan demikian pemimpin dapat diartikan sebagai orang yang menggerakkanorang lain sehingga tujuan organisasi berjalan dengan baik, berkaitan dengan hal ini
 
 
Moftie Wiriadirdja
mengatakan bahwa ”
Sebagai pimpinan harus mengusahakanserta mengarahkan agar kelompok bawahanya bekerja sama secara efisien, efektif danproduktif menggunakan sumber tenaga bahan dan waktu guna mencapai tujuan atausasaran yang telah ditetapkan .
(
Moftie Wiriadirdja 1990 : 86 )
 
Dari pendapat diatas dapat dikatakan bahwa pemimpin merupakan suatukemampuan untuk mempengaruhi, mengerakkan dan mengarahkan orang - orangsupaya mau melakukan pekerjaan bersama menuju kearah tujuan organisasi yang telahdi tetapkan, jadi hakekat pemimpin adalah menggerakkan orang - orang lain agarorang -orang tersebuat dengan penuh semangat dan kegairaan yang tinggi dapatmenyelesaikan pekerjaan masing-masing dengan hasil yang maksimal sesuai dengankemampuan dalam bidangnya.
TUGAS DAN PERAN PEMIMPIN
Menurut James A.F Stonen, tugas utama seorang pemimpin adalah:
1.
 
 Pemimpin bekerja dengan orang lain
Seorang pemimpin bertanggung jawab untuk bekerja dengan orang lain, salahsatu dengan atasannya, staf, teman sekerja atau atasan lain dalam organisasisebaik orang diluar organisasi.
2.
 
 Pemimpin adalah tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan(akontabilitas).
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->