Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LP INC

LP INC

Ratings: (0)|Views: 45 |Likes:

More info:

Published by: Nuzul Saiank Chety Rasmy on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2012

pdf

text

original

 
KONSEP DASARA.
 
Pengertian
Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup daridalam uterus melalui vagina ke dunia luar. Faktor-faktor humoral, pengaruhprostaglandin, struktur uterus, sirkulasi uterus, pengaruh saraf dan nutrisimengakibatkan partus mulai. Progesteron merupakan penenang bagi otot-otot uterus.Menurunnya kadar hormon progesteron dan estrogen terjadi kira-kira 1-2 mingguseblum partus dimulai . Kadar prostaglandin dalam kehamilan dari minggu ke 15 hinggaaterm mengalami peningkatan , terutama sewaktu partus.Keadaan uterus yang terus membesar dan menjadi tegang mengakibatkaniskemia otot-otot uterus . Hal ini dapat mengganggu sirkulasi uteroplasenter sehinggaplasenta mengalami degenerasi.Bila nutrisi pada janin berkurang maka hasil konsepsiakan egera dikeluarkan (Hipokrates ). Tekanan pada gangglion servikale dari pleksusFrankenhauser yang terletak dibelaksng serviks. Bila gangglion ini tertekan kontraksiuterus dapat dibangkitkan
B.
 
Faktor yang Mempengaruhi Persalinan
Ada lima faktor esensial yang mempengaruhi proses persalinan, yaitu:1.
 
Passenger (janin dan plasenta)Janin bergerak disepanjang jalan lahir merupakan akibat interaksi daribeberapa faktor, yakni ukuran kepala janin, presentasi letak, sikap, dan posisi janin.Karena plasenta juga harus melalui jalan lahir, ia juga dianggap sebagai penumpangyang menyertai janin.
 
2.
 
Passageway (jalan lahir)Jalan lahir terdiri dari panggul ibu, yakni bagian tulang yang padat, dasarpanggul, vagina, dan introitus. Meskipun jaringan lunak, khususnya lapisan-lapisanotot dasar panggul ikut menunjang keluarnya bayi. Empat jenis panggul dasardikelompokan :-
 
Ginekoid (tipe wanita klasik)-
 
Android (mirip panggul pria)-
 
Antropoid (mirip panggul kera antropoid)-
 
Platipelloid (panggul pipih)3.
 
Powers (kekuatan)Ibu melakukan kontraksi infolunter dan volunter secara bersamaan untuk mengeluarkan janin dan plasenta dari uterus. Kontraksi uterus involunter yang disebutkekuatan primer, menandai dimulainya persalinan. Apabila serviks berdilatasi, usahavolunter dimulai untuk mendorong disebut kekuatan sekunder, yang memperbesarkekuatan kontraksi involunter.4.
 
Posisi ibuPosisi ibi mempengaruhi adaptasi anatomi dan fisiologi persalinan. Posisi tegak memberikan sejumlah keuntungan. Mengubah posisi membuat rasa letih berkurang,memberi rasa nyaman, dan memperbaiki sirkulasi. Posisi tegak meliputi posisi berdiri,berjalan, duduk dan jongkok.Posisi tegak memungkinkan gaya gravitasi membantu penurunan janin. Kontraksiuterus biasanya lebih kuat dan lebih efisien untuk membantu penipisan dan dilatasiserviks sehingga persalinan menjadi lebih cepat. Selain itu, posisi tegak dianggapdapat mengurangi insiden penekanan tali pusat.
 
5.
 
Psychologic respons (respon psikologis)Penampilan dan perilaku wanita serta pasangannya secara keseluruhanmerupakan petunjuk yang berharga tentang jenis dukungan yang akan ia perlukan.
C.
 
Fisioligis Terjadinya Persalinan
Pada akhir kehamilan, uterus secara progresif lebih peka sapaio akhirnya mulaiberkontraksi kuat secara ritmik dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga bayidilahirkan. Penyebab peningkatan aktivitas uterus yang sebenarnya tidak diketahui, tetapisedikitnya ada 2 kategori pengaruh utama yang menyebabkan timbulnya puncak kontraksi yang berperan dalam persalinan :
1.
 
Faktor hormonal yang menyebabkan peningkatan kontraksi uterus
 
Rasio estrogen terhadap progesteronProgesteron mengjambat kontraksi uterus selama kehamilan, sedangkan estrogencenderung meningkatkan derajat kontraktilitas uterus, sedikitnya terjadi karenaestrogen meningkatkan jumlah gap jungtion antara sel-sel otot polos uterus yangberdekatan. Baik estrogen maupun progesteron disekresikan dalam jumlah yangsecara progresif makin bertambah selama kehamilan, tetapi mulai kehamilan bulanke-7 dan seterusnya sekresi estrogen terus meningkat sedangkan sekresiprogesteron tetap konstan atau mungkin sedikit menurun. Oleh karena itu didugabahwa rasioestrogen terhadap progesteron cukup meningkat menjelang akhirkehamilan, sehingga paling tidak berperan sebagian dalam peningkatan kontraksiuterus.
 
Pengaruh oksitosin pada uterusOksitosin mewrupakan suatu hormon yang disekresikan oleh neurohipofise yangsecara khusus menyebabkan kontraksi uterus. 3 alasan peranan oksitosin:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->