Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
14 BAB III

14 BAB III

Ratings: (0)|Views: 268|Likes:
metodologi
metodologi

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: M Nur Wahid Abdulloh on Jul 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/11/2012

pdf

text

original

 
BAB IIIMETODE PENELITIAN
Pada bab ini dibahas tentang : (a) rancangan penelitian, (b) data dan sumber data, (c) teknik pengumpulan data, (d) instrumen penelitian, (e) teknik analisisdata, dan (f) pengecekan keabsahan data.
A. Rancangan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif tentangmanajemen proses pembelajaran bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab FakultasSastra Universitas Negeri Malang.Sesuai dengan tujuan tersebut penelitian ini menggunakan rancangandeskriptif. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran,atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat,serta hubungan-hubungan antar fenomena yang diteliti (Ainin, 2007:67).Sesuai dengan penjelasan di atas, rancangan penelitian ini adalah rancangandeskriptif. Karena penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran/deskripsiyang jelas dan objektif tentang manajemen proses pembelajaran bahasa Arab diJurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
B. Data dan Sumber Data
40
 
Data adalah hasil pencatatan peneliti, baik berupa angka maupun fakta.Menurut Arikunto (2006), data adalah segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data yang dipakai untuk suatu keperluan.
1. Jenis Data
Data dalam penelitian ini berupa:
a. Data Primer
Data yang diperoleh secara langsung dari sumber data dalam penelitian ini,adapun datanya bersumber dari Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dan Dosen Sastra Arab. Dalam hal ini terdiri dari:1) Hasil wawancara diperoleh dari Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, 8dosen, 8 Mahasiswa Angkatan 2009 dan petugas SAC Jurusan SastraArab sebagai populasi sekaligus sampel dengan menggunakanpedoman wawancara.2) Hasil observasi diperoleh sebuah gambaran tentang tempat penelitianmanajemen proses pembelajaran bahasa Arab, yaitu berupa ruang kelaspembelajaran bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab Denganmenggunakan pedoman observasi.3) Hasil dokumentasi diperoleh berupa manajemen dalam prosespembelajaran bahasa Arab, yang diperoleh dari Dosen Bahasa Arabdengan menggunakan pedoman studi dokumentasi.
b. Data Skunder
 
42Data yang sudah tersedia dalam hal ini data yang telah didokumentasikanoleh lembaga tersebut baik berupa angka atau jumlah maupun mengenai fakta-faktayang ada. Sedangkan bentuknya bisa berupa sejarah berdirinya Sastra Arab, struktur organisasi, serta jumlah dosen dan mahasiswa yang ada.
2. Sumber Data
Untuk memperoleh suatu data, diharuskan mengetahui dari mana sumber data tersebut akan diambil, sedangkan pengertian sumber data itu sendiri dalam penelitian adalah subjek dimana data itu diperoleh (Arikunto, 2006:102).Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah:a. Kepustakaan, yaitu sumber data yang berupa buku-buku literatur yangberkaitan dengan topik pembahasan. b. Lapangan, yaitu sumber data yang diperoleh dari penelitian baik secaralangsung maupun tidak langsung.
C. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
Observasi
Observasi sebagai alat pengumpul data, banyak digunakan untuk mengukur tingkah laku individu, ataupun proses terjadinya sesuatu yang dapat diamati baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan (Sudjana dan Ibrahim,1989:109). Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umummanajemen proses pembelajaran bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab dan untuk mengetahui kondisi fisik sarana dan prasarana dari obyek penelitian, maka penulismenggunakan metode observasi secara langsung di Jurusan Sastra Arab gunamengamati dan mencatat secara sistematis fenomena-fenomena yang diteliti (Hadi,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->