Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Audit Saldo Kas Dan Bank

Audit Saldo Kas Dan Bank

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by Abank Doyok

More info:

Published by: Abank Doyok on Jul 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
AUDIT SALDO KAS DAN BANK
Pembahsan singkat mengenai hubungan antara kas di bank dengan siklus transaksi lainnyamenghasilkan dua fungsi: Hubungan itu jelas menunjukkan pentingnya pengujian terhadap berbagaisiklus transaksi pada audit kas, dan membantu memahamilebih lanjut integrasi siklus transaksi yangberbeda-bedaDi dalam audit kas, perbedaan yang penting harus dilakukan antara verifikasi rekonsiliasi klienatas saldo pada rekening Koran terhadap saldo di dalam buku besar sehingga mencerminlam semuatransaksi kas yang terjadi selama tahun yang bersangkutan. Relatif lebih mudah memverifikasirekonsiliasi klien atas saldo di dalam akun bank ke buku besar, tetapi bagian yang signifikan dari audittotal terhadap perusahaan tertentu berkaitan dengan verifikasi apakah transaksi kas dibukukan denganbenar. Misalnya, setiap dari salah saji berikut akhirnya mengakibatkan pembayaran yang tidak layak atau egagalan menerima uang tunai, tetapi tidak satupun akan ditemukan sebagai bagian dari auditrekonsiliasi bank.
 
Gagal untuk menagih pelanggan.
 
Menagih pelanggan dengan harga yang lebih rendah daripada yang diterapkan oleh kebijakanperusahaan.
 
Penggelapan kas dengan jalan memahami hasil penerimaan kas dari pelanggan sebelumdibukukan, dan akun itu dihapuskan sebagai piutang tak tertagih.
 
Pembayaran ganda atas satu faktur pemasok.
 
Pembayaran yang tidak benar atas pengeluaran pribadi pejabat perusahaan.
 
Pembayaran untuk bahan baku yang tidak pernah diterima.
 
Pembayaran ke karyawan tetapi jumlah jan kerjanya melampaui jumlah jam kerja yang benar-benar dijalaninya.
 
Pembayaran bunga ke pihak yang memiliki hubungan istimewa di atas suku bunga yangberlaku saat ini.Seluruh jenis salah saji yang berbeda pada umumnya terungkap sebagai bagian dari pengujian atasrekonsiliasi bank. Misalnya,
 
Kegagalan memasukan selembar cek yang belum dikliring bank ke daftar cek beredar,walaupun sudah dicatat dalam buku pengeluaran kas.
 
 
Kas diterima oleh klien sesudah tanggal neraca tetapi dicatat sebagai penerimaan kas dalamtahun berjalan.
 
Setoran dicatat dalam buku kas mendekati akhir tahun, disetorkan ke bank, dan dimasukkan kedalam rekonsiliasi bank sebagai setoran dalam perjalanan.
 
Pembayaran wesel-wesel bayar didebet langsung ke saldo bank oleh bank tetapi tidak dimasukkan ke dalam catatan klien.
 
Setoran diterima oleh bank atas nama perusahaan dair agen kartu kredit dan pemasok lainnyayang melakukan pembayaran secara elektronik, tetapi tidak dibukukan ke dalam catatan klien.
JENIS AKUN-AKUN KASAkun kas umum
Titik pusat perhatian dari kas untuk kebanyakan perusahaan karena semua arus penerimaan dan semuaarus pengeluaran melalui akun ini. Pengeluaran untuk siklus perolehan dan pembayaran umumnyadibayar dari akun ini, dan penrimaan dari kas dalam siklus penerimaan dan penerimaan kas disetorkanke dalam akun ini. Selain itu, setoran dan pengeluaran untuk semua akun kas lainnya biasanyadilakukan melalui akun kas umum.
Akun gaji imprest
Sebagai sarana untuk memperbaiki pengendalian intern, banyak perusahaan menetapkan akun bank impress yang terpisah untuk segala hal seperti pembayaran gaji ke karyawan atau akun penerimaan kasterpisah dan akun pengeluaran untuk bank cabang.
Akun bank cabang
Untuk perusahaan yang beroperasi di banyak lokasi, sering dianjurkan untuk mempunyai saldo bank yang terpisah di setiap lokasi. Akun bank cabang bermanfaat untuk membina hubungan masyarakat dilingkungan yang bersangkutan sehingga dapat memungkinkan memusatkan kegiatan di tingkat cabang.
Dana kas kecil imprest
Dana kas kecil imprest pada dasarnya bukan merupakan aakun bank, tetapi hamper serupa dengan kasdi bank sehingga perlu dikelompokkan sebagai kas di bank. Akun kas kecil seirngkali merupakansesuatu yang sederhana sebagai jumlah uang tunai yang dipisahkan sebelumnya dalam kotak kuatuntuk beban yang incidental. Kas kecil digunakan untuk perolehan secara tunai dalam jumlah kecil
 
yang dapt dibayarkan lebih mudah dan lebih cepat dengan kas dibandingkan dengan cek, atau untuk memudahkan karyawan dalam menguangkan cek-cek pribadi atau cek gaji.
Setara kas
Kelebihan kas yang diakumulasikan selama bagian tertentu dari siklus operasi yang diperlukan di manapendatang biasanya disimpan dalam bentuk setara kas jangka pendek yang sangat likuid.
AUDIT AKUN KAS UMUM
Metodologi perancangan pengujian terinci atas Saldo untuk Kas di Bank 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->