Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bery Toya Toya- Strategi Pembelajaran Inkuiri

Bery Toya Toya- Strategi Pembelajaran Inkuiri

Ratings: (0)|Views: 18 |Likes:
Published by Bery Toya Toya

More info:

Published by: Bery Toya Toya on Jul 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2012

pdf

text

original

 
TUGAS KULIAHSTRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI
DISUSUN OLEH :
Bery Wahyu Kurniawan(101644057)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2012
 
 
1
 
STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI
Strategi Pembelajaran Inkuiri
A. Pengertian Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)
 Guru bukanlah sebuah profesi yang mudah. Sebagai seorang guru harusmempunyai strategi-strategi jitu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang seutuhnya. Tujuandari pembelajaran setidak-tidaknya seorang guru menanamkan tiga domain, yakni, kognitif,afektif dan psikomotor dan ketiga domian itu secara langsung akan tertanam pada setiap siswayang mengikuti suatu proses pembelajaran.Oleh karena itu, yang paling mendasar di fahamioleh guru adalah melatih siswa untuk berpikir, memecahkan masalah dan menemukan sesuatubukan merupakan tujuan pendidikan yang baru.Dari uraian di atas adalah contoh pembelajaran yang ditetapkan guru denganmenggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI). Strategi Pembelajaran Inkuiri, pada tingkatpaling dasar dapat dipandang sebagai proses menjawab pertanyaan atau memecahkan
 permasalahan berdasarkan fakta dan pengamatan. Menurut Arends, “The overal goal of 
inquiry teaching has been, and continues to be, that helping student learn how to ask question,seek answers or solution to satisfy their curiosity, and building their own theories and ideas
about the world” (Arends, 1994: 386).
Pada prinsipnya tujuan pengajaran inkuiri membantu siswa bagaimanamerumuskan pertanyaan, mencari jawaban atau pemecahan untuk memuaskankeingintahuannya dan untuk membantu teori dan gagasannya tentang dunia. Lebih jauh lagidikatakan bahwa pembelajaran inkuiri bertujuan untuk mengembangkan tingkat berpikir dan juga keterampilan berpikir kritis.
 
2
 
STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI
B. Ciri Utama Strategi Pembelajaran Inkuiri
 a.
 
Strategi pembelajaran inkuri menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan. Artinya strategi inkuiri menempatkan siswa sebgai subjek belajar. Dalam proses pembelajaran, siswa tidak hanya berperan sebagai penerimapelajaran melalui penjelasan guru secara verbal, tetapi mereka berperan untuk menemukan sendiri inti dari materi pelajaran tersebut.b.
 
Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri sesuatu yang dipertanyakan, sehingga diharapkan mampu menumbuhkanrasa percaya diri (self belief).c.
 
Tujuan dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri adalah mengembangkankemampuan berfikir secara sistematis,logis dan kritis, atau menggembangkankemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental. Dengan demikian, dalamstrategi pembelajaran inkuiri siswa tidak hanya dituntut agar menguasai materi pelajaran,akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan potensi yang dimilikinya.Strategi pembelajaran inkuiri bisa dikatakan efektif manakala :a.
 
Guru mengharapkan siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahanyang ingin dipecahkan.b.
 
Jika bahan yang akan diajarkan tidak berbentuk fakta atau konsep yang sudah jadi, akantetapi sebuah kesimpulan yang perlu pembuktian.c.
 
Jika proses pembelajaran berangkat dari rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu.d.
 
Strategi ini akan kurang berhasil jika guru mengajar pada siswa yang mempunyai rasakeingin tahuan dan kemampuan berfikir yang rata-rata.e.
 
Jika jumlah siswa yang belajar tak terlalu banyak sehingga dapat dikendalikan oleh guru.f.
 
Jika guru mempunyai waktu yang cukup untuk menggunakan pendekatan yang berpusatpada siswa.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->