Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyakit Yang Disebabkan Oleh Jamur

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Jamur

Ratings: (0)|Views: 482|Likes:

More info:

Published by: Dian Nindita Kusumaningtyas on Jul 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/10/2012

pdf

text

original

 
PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH JAMURJamur merupakan salah satu mikroorganisme penyebab penyakit pada manusia. Penyakit yangdisebabkan jamur pada manusia disebut mikosis, yaitu mikosis superficial dan mikosis sistemik.Mikosis superfisial merupakan mikosis yang menyerang kulit, kuku, dan rambut terutamadisebabkan oleh 3 genera jamur, yaitu Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton.Sedangkan mikosis sistemik merupakan mikosis yang menyerang alat-alat dalam, seperti jaringan sub-cutan, paru-paru, ginjal, jantung, mukosa mulut, usus, dan vagina.Beberapa jenis mikosis superfisial antara lain sebagai berikut.
Tinea capitis
Merupakan infeksi jamur yang menyerang stratum corneum kulit kepala dan rambut kepala,yang disebabkan oleh jamur Mycrosporum dan Trichophyton. Gejalnya adalah rambut yangterkena tampak kusam, mudah patah dan tinggal rambut yang pendek-pendek pada daerah yangbotak. Pada infeksi yang berat dapat menyebabkan edematous dan bernanah.
Tinea favosa
Merupakan infeksi pada kulit kepala, kulit badan yang tidak berambut dan kuku. Penyebabnyaadalah Trichophyton schoenleinii. Gejalnya berupa bintik-bintik putih pada kulit kepalakemudian membesar membentuk kerak yang berwarna kuning kotor. Kerak ini sangat lengketdaln bila diangkat akan meninggalkan luka basah atau bernanah.
Tinea barbae
Merupakan infeksi jamur yang menyerang daerah yang berjanggut dan kulit leher, rambut danfolikel rambut. Penyebabnya adalah Trichophyton mentagrophytes, Trichophyton violaceum,Microsporum cranis.
 Dermatophytosis (Tinea pedis, Athele foot)
Merupakan infeksi jamur superfisial yang kronis mengenai kulit terutama kulit di sela-sela jarikaki. Dalam kondisi berat dapat bernanah. Penyebabnya adalah Trichophyton sp.
Tinea cruris
Merupakan infeksi mikosis superfisial yang mengenai paha bagian atas sebelah dalam. Padakasus yang berat dapat pula mengenai kulit sekitarnya. Penyebabnya adalah Epidermophytonfloccosum atau Trichophyton sp.
Tinea versicolor (panu)
Merupakan mikosis superfisial dengan gejala berupa bercak putih kekuning-kuningan disertairasa gatal, biasanya pada kulit dada, bahu punggung, axilla, leher dan perut bagian atas.Penyebabnya adalah Malassezia furtur.
 
 malassezia furfur
Tinea circinata (Tinea corporis)
Merupakan mikosis superfisial berbentuk bulat-bulat (cincin) dimana terjadinya jaringangranulamatous, pengelupasan lesi kulit disertai rasa gatal. Gejalanya bermula berupa papulakemerahan yang melebar.
Otomycosis (Mryngomycosis)
Merupakan mikosis superfisial yang menyerang lubang telinga dan kulit di sekitarnya yangmenimbulkan rasa gatal dan sakit. Bila ada infeksi sekunder akan menjadi bernanah.Penyebabnya adalah Epidermophyton floccosum dan Trichophyton sp.
Beberapa jenis mikosis sistemik antara lain sebagai berikut.
 Nocardiosis
Merupakan mikosisi yang menyerang jaringan subkutan, yakni terjadi pembengkakan jaringanyang terkena dan terjadinya lubang-lubang yang mengeluarkan nanah dan jamurnya berupagranula. Penyebabnya adalah Nocardia asteroides.
Candidiasis
Merupakan mikosis yang menyerang kulit, kuku atau organ tubuh seperti hantung dan paru-paru,selaput lendir dan juga vagina. Infeksi ini terjadi karena faktor predisposisi, misalnya diabetes,AIDS, daerah kulit yang lembab dan obesitas. Penyebabnya adalah Candida albicans.
 Actinomycosis
Merupakan mikosis yang ditandai dengan adanya jaringan granulomatous, bernanah disertaidengan terjadinya abses dan fistula. Penyebabnya adalah Actinomyces bovis.
 Maduromycosis (Madura foot)
Merupakan mikosis pada kaki yang ditandai dengan terjadinya massa granulomatous yangbiasanya meluas ke jaringan lunak dan tulang kaki. Gejalanya dimulai dengan adanya lesi pada

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->