Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENYAMBUNGAN (SPLICING) KABEL FIBER OPTIK

PENYAMBUNGAN (SPLICING) KABEL FIBER OPTIK

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 7,880|Likes:
Published by panic_francis

More info:

Published by: panic_francis on Jul 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2015

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
LATAR BELAKANG KERJA PRAKTEK
Komunikasi merupakan suatuprosesdimana seseorang atau beberapaorang,kelompok, organisasi,danmasyarakatmenciptakan, dan menggunakan informasiagar terhubung denganlingkungandan orang lain. Dengan adanya komunikasi, manusia dapat berinteraksi dengan sesama dan meningkatkankesejahteraan hidup. Faktor inilah yang mendorong terciptanya teknologitelekomuniksi.Perkembangan dunia teknologi informasi dan telekomunikasi sekarang inisemakin pesat. Semakin lama peralatan telekomunikasi semakin canggih danteknologi yang digunakan semakin beragam. Kemajuan teknologi informasi dantelekomunikasi ini memberikan dampak positif bagi perkembangan industri-industri di Indonesia.Data dan informasi adalah salah satu unsur penting bagi kelangsungansuatu perusahaan. Jaringan komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalammenyalurkan data dalam sebuah perusahaan besar. Hal tersebut penting karena jika penyaluran data tersendat, maka akan memperlambat kinerja perusahaandalam mencapai targetnya.Sebuah perusahaan besar membutuhkan koneksi jaringan yang baguskarena dengan itu pengiriman data akan berlangsung cepat tanpa terhambat samasekali sehingga target perusahaan dapat tercapai. Untuk bisa mencapai koneksiyang baik, dibutuhkan
device
yang handal dan media transmisi yang baik. Selainitu dibutuhkan tenaga ahli untuk membuat
device-device
tersebut bekerja denganbaik sesuai dengan fungsinya.PT. Indonesia Comnets Plus merupakan salah satu perusahaan besar diIndonesia yang bergerak pada bidang jasa telekomunikasi. Untuk mendukungkemajuan perusahaan, maka membutuhkan dukungan sistem informasi dantelekomunikasi modern yang mutakhir, handal, efisien, aman dan mampumemenuhi semua coverage area PT. Indonesia Comnets Plus. Perusahaan ini telahmenerapkan beberapa teknologi komunikasi, diantaranya komunikasi radio,
 
2cabeltv dan fiber optik. PT. Indonesia Comnets Plus menggunakan media fiberoptik untuk jaringan kabelnya agar transmisi data dapat berjalan dengan baik.
1.2
 
TUJUAN KERJA PRAKTEK
Penulisan laporan ini bertujuan untuk mendokumentasikan ilmu danpengalaman yang didapatkan serta aktivitas yang telah dilakukan oleh penulisselama menjalankan aktivitas kerja praktek di PT. Indonesia Comnets Plus,Distrik Padang dan Pekanbaru
 – 
Riau. Karena memuat semua informasi tersebut,laporan ini diharapkan dapat:
 
Mengenal sistem dan manajemen kerja serta memahami proses dan aktifitassplicing kabel fiber optic di PT Indonesia Comnets Plus.
 
Mempelajari teknik splicing kabel fiber optic yang baik dan benar.
 
Memcoba untuk hal-hal baru serta menumbuhkan minat untuk dibidangtelekomuikasi khususnya splicing kabel fiber optic.
 
Memperluas wawasan dalam dunia jaringan yang tidak dipelajari dikampusyaitu fiber opticSecara khusus, tujuan yang ingin dicapai adalah mempelajari teknologifiber optic yang digunakan di PT. Indonesia Comnets Plus, seperti SDH, DWDMdan GE-PON. Tujuan lainnya adalah untuk memperluas wawasan dalam bidang jaringan komputer, khususnya keamanan jaringan komputer.
1.3
 
RUANG LINGKUP
Dalam pelaksanaan kerja praktek ini ruang lingkup pembahasaaan adalahmengenai fiber optic, Metronet, VoIP, Clear Channel dan Ip vpn mpls di distrik Padang dan Pekanbaru, PT. Indonesia Comnets Plus.
1.4
 
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan kerja praktek yang telahdilakukan penulis dilaksanakan pada:
 
Tempat : Kantor, PT. Indonesia Comnets Plus, Padang dan Pekanbaru, Riau.Waktu : 01 Maret 2012 - 31 Maret 2012.
 
3
1.5
 
BATASAN MASALAH
Adapun hal yang akan dibahas dalam kerja praktek kali ini diantaranyaadalah tentang fiber optik, teknik 
splicing
fiber optic, dan membuat jaringan clearchannel, yang terdapat di PT. Indonesia Comnets Plus yang menggunakanteknologi DWDM, SDH dan GE-PON.
1.6
 
METODE PENULISAN
Dalam penulisan kerja praktek ini digunakan beberapa metode untuk mendapatkan data-data yang diperlukan sebagai pedoman dalam menulis laporankerja praktek ini. Metode-metode tersebut adalah :1.
 
Studi lapanganDengan cara melakukan pendampingan langsung atas aktivitas yang dilakukanpembimbing dalam melakukan tugas lapangan.2.
 
Studi literaturMelakukan pencarian informasi melalui buku-buku bacaan,
 product manual
 dan situs PT. ICON+ yang diberikan oleh pembimbing lapangan serta parastaff PT. Indonesia Comnets Plus.
1.7
 
SISTEMATIKA PENULISAN
Adapun sistematika yang kami gunakan dalam penulisan laporan kerjapraktek kali ini adalah sebagai berikut:BAB I PENDAHULUANBerisi tentang latar belakang dilakukannya kerja praktek, tujuandan manfaat kerja praktek baik bagi mahasiswa, universitas danperusahaan, waktu dan tempat dilaksanakannya kerja praktek,batasan masalah, metode penulisan dan sistematika penulisanlaporan kerja praktek.BAB II PROFIL PT. INDONESIA COMNETS PLUSBerisi tentang sejarah singkat PT. Indonesia Comnets Plus,wilayah kerja PT.Indonesia Comnets Plus, kegiatan operasi PT.Indonesia Comnets Plus mencakup kegiatan produksi, saranapenunjang operasi, sumber daya manusia, struktur organisasi PT.Indonesia Comnets Plus.

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
Savior-xx reviewed this
Rated 5/5
nice articel
Wahyu Adi Wilaga liked this
noerhida liked this
starupcenter liked this
hardiryan liked this
Darwis Vanka added this note
txs gan :)
1 hundred reads
1 thousand reads
Eko Sugiharto liked this
Eddy Syukur liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->