Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas 2 Tata Letak Pabrik

Tugas 2 Tata Letak Pabrik

Ratings: (0)|Views: 231|Likes:
Published by Achmad Syafi'i

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Achmad Syafi'i on Jul 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/03/2012

pdf

text

original

 
 
Nama : Mhd. Syafi’i
 NIM : 110423029Tugas Tata Letak Pabrik 2
1.
 
Terangkan secara garis besar prosedur perancangan produksi!-
 
Analisis produk atau jasa-
 
Penentuan operasi (produksi) apa yang diperlukan untuk memproduksi ataumelaksanakannya-
 
Bagaimana semua itu akan dilaksanakan-
 
Mesin, peralatan, perkakas dan fasilitas apa yang diperlukan-
 
Patokan baku apa yang akan mengatur kelaksanaan hasilnyaSebelum proses perancangan sebenarnya dapat dimulai, beberapa data dan informasi yangdiperlukan untuk membuat keputusan harus dikumpulkan, diorganisasi, dan dianalisisuntuk digunakan dalam rekayasa proses dan perencanaan produksi berikutnya. Salah satubagian informasi yang dibutuhkan oleh perancangan proses adalah volume produksi.Dasar bagi penentuan volume dan laju produksi adalah ramalan penjualan. Hasil langsungdari analisis volume dan laju produksi merupakan pengamatan dari pembuatan produk dan jasa.2.
 
Berikan beberapa diantara faktor yang dipertimbangkan dalam merancang prosespengilangan untuk tiap kategori : (a) produk (komponen), (b) Bahan, (c) Peralatan(proses) mekanis, pengoperasian, biaya dll..a.
 
Produk (komponen) : jumlah total modal/pasar, laju produksi, cara produksi, umuryang diharapkan, kemungkinan berubah, daya tahan, fungsi, waktu untuk memulaiproduksi, dll.b.
 
Bahan : jenis, bentuk, ukuran, sifat, sisa dari buangan, biaya penyelesaian, onkos,sumber, persediaan yang diperkirakan, kemudahan penanganan, kerapuhan, dll.c.
 
Faktor mekanis : kemampuan melaksanakan pekerjaan, pencapaian ketelitian,kestabilan kematraan, kegunaan umum-khusus, keluwesan, kemampuanmenyesuaikan, harapan umur, kerusakan potensial, kecocokan dengan peralatan yangtelah ada, tatacara pemasukan pakan, dll.d.
 
Faktor pengoperasian : daya selang proses, efisiensi, waktu persiapan,pengkoreksian, kekerapan pemakaian, persentase waktu pemakaian, keselamatan,waktu pemasangan, kebutuhan tenaga kerja, faktor manusia, usaha fisik yangdibutuhkan.e.
 
Faktor biaya : penanaman modal, perkakas, biaya pemasangan, pemulaian produksi,operasi, ketersediaan dana, penghematan, pendapatan, milik atau sewa, nilai jual,rugi-rugi uang, kecenderungan biaya peralatan.f.
 
Faktor bangunan : ruang tersedia, jarak tiang, kapasitas lantai, tinggi langit-langit.
 
 
Nama : Mhd. Syafi’i
 NIM : 110423029Tugas Tata Letak Pabrik 2
g.
 
Faktor-faktor lain : ketersediaan, kebakuan yang dapat diterapkan, akibat lingkungan, jaminan, paten, faktor-faktor tak berwujud, rencana perluasan, kecenderungan usaha.3.
 
Apa artinya analisis produk?Merupakan analisis atas rancangan produk dan spesifikasi produk dengan tujuanmenjamin produk yang fungsional, bermutu sesuai, berpenampilan yang dapat diterimapembeli, dapat diproduksi.4.
 
Sawalakan secara singkat analisis nilai.Merupakan teknik yang berguna dalam menganalisis produk dengan tujuan untuk mencaricara yang tidak terlalu mahal untuk mencapai kelaksanaan fungsional yang lebih baik atau sama. Dasarnya terdiri atas suatu prosedur yang tiap komponen produknya diuraikansecara rinci, dalam usaha mencari cara pelaksanaan fungsi yang lebih mudah, murah danlebih baik.5.
 
Bedakan antara metode produksi berikut : (a) Runtut (Massal), (b) Proses serupa, (c) Job-order, (d) Teknologi kelompok, (e) Pesanan.Pada produksi runtut,produksi missal/jalur, pekerjaan yang dituntut untuk menghasilkansebuah komponen atau produk dibagi ke dalam operasi-operasi mandiri, yang biasanyadisusun menurut urutan dalam satu jalur/lintasan. Jika produk dibakukan dan dibuatdalam jumlah besar metode produk ini sangat dibutuhkan.Metode job-order, job shop atau metode tak tetap ditandai dengan perbedaan akhir produk yang besar. Pusat kerja disusun disekitar satu jenis pekerjaan atau peralatan tertentu.Dalam pekerjaan pesanan, akhir produk sangat berlainan untuk tiap pekerjaan, sehinggaproduk diproses sangat berbeda dari jenis pekerjaan lain.Teknologi kelompok metode produksi pendek yang nisbi baru yang sering digunakandalam situasi job-shop, biasanya komponen yang tidak sama dikelompokkan dalam satukelompok berdasarkan kesamaan bentuk komponen.6.
 
Uraikan langkah-langkah prosedur perancangan proses.- Peroleh data yang diperlukan, hal ini sangat penting bagi pekerjaan perancangan prosesyang efisien untuk mengetahui kendala-kendala yang ada. Diantaranya laju produksi yangdibutuhkan, tanggal penyerahan awal, ketersediaan komponen pengilangan yangdiperlukan.- Membuat analisis awal cetakan komponen. Lembar spesifikasi kondisi kritis merupakansuatu bentuk yang dapat digunakan untuk mengoranisir data.- Bentuklah lembar spesifikasi senarai pekerjaan.
 
 
Nama : Mhd. Syafi’i
 NIM : 110423029Tugas Tata Letak Pabrik 2
Unsur-unsur dalam senarai pekerjaan biasanya terbagi dalam 3 kategori, unsur-unsuryang memberi bentuk pada komponen, unsur luar dan permukaan dari pekerjaan yangtidak tampak sebagai matra/permukaan pada gambar, unsur pekerjaan yang ditimbulkanpemrosesan.- Gabungkan proses-proses satuan menjadi operasi pengilangan- Susun operasi menurut urutan yang logis- Mengumpulkan rincian peralatan dan perkakas- Memilih dan menentukan peralatan- Memperkirakan ongkos produk - Siapkan lembar perencanaan operasi pengilangan- Menentukan pengurutan produksi7. Kegiatan apa yang membentuk analisis awal gambar-cetak komponen?Satu pendekatan terhadap langkah awal yang penting dalam perancangan prosesmerupakan gagasan bagus jika dilakukan pencatatan informasi yang dapat diperolehselama analisis cetak komponen. Lembar spesifikasi kondisi kritis merupakan suatubentuk yang dapat digunakan untuk mengorganisir data dan perancangan proses dapatmengembangkan bentuk-bentuk yang lebih terinci untuk menampung data yang lebihrinci.8. Dengan cara apa spesifikasi produk mempengaruhi rancangan proses?Kebutuhan untuk analisis atas rancangan produk dan spesifikasi produk dengan tujuanmenjamin produk yang fungsional, bermutu, dapat diproduksi dan diterima konsumen.Keputusan harus dicapai utnuk menentukan apakah volume yang diperkirakanmemungkinkan produksi yang menguntungkan yaitu bahwa produksi harus dilaksanakandengan suatu metode yang dapat menghasilkan biaya yang cukup rendah agar penjualanproduk member keuntungan.9. Apa keuntungan rekayasawan proses tentang pencatatan peralatan yang baik dalam pabrik?Fungsi perancangan proses ditetapkan sebagai analisis produk dan penentuan operasipengilangan serta fasilitas yang dibutuhkan untuk memproduksinya menurutspesifikasinya seekonomis mungkin. Rekayasawan proses yang telah mengetahui fakta-fakta yang dapat mempengaruhi pemecahan pada masalahnya mempunyai posisi yanglebih baik.10. Mengapa rekayasawan proses harus tahu segala sesuatu tentang bahan baku yangtersedia?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->