Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif

Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif

Ratings: (0)|Views: 324 |Likes:
Published by Fenny Novita Sari

More info:

Published by: Fenny Novita Sari on Jul 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2013

pdf

text

original

 
Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif 
Diposkan oleh ilmu pertanian
Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif 
 
 
Okulasi
 
 
Alat1.
 
Pisau Okulasi
 
2.
 
Gunting Stek
 
3.
 
Plastik Poks Etilen/Plastik ES.
 
 
Bahan
 
1.
 
Batang Bawah
 Syarat batang bawah- Terhindar dari hama dan penyakit- Sebaiknya bibit lokal- Pertumbuhan vegetatifnya tidak terganggu- Telah cukup umur (3-4 bulan) mulai berkayu
2.
 
Mata Entres
 Syarat Mata Entres- Jelas asal usul batang batang induknya- Varietas unggul- Telah berbuah minimal 3 kali berturut-turut- Terhindar dari Hamadan penyakit- Kualitas, kuantitas, kontiniunitas buahnya sangat bagus.
Langkah-langkah dalam okulasi
 1. Buat bidang okulasi pada batang bawah dengan lebar 1.5 cm, dan panjang 2-3cm, usahakan pembuatan pembuatan bidang okulasi dibuat pada ketinggian ± 20cm dari permukaan tanah.
 
2. Ambil mata entres yang telah dipotong 2-3 cm, dan belah 1/3 nya, pada saatpembelahan mata entres usahakan kulit kita jangan mengenai kulit cambium,karena jika mengenai kulit cambium kita akan membawa bakteri yang akanmengganggu tumbuhnya mata entres.3. Tempelkan mata entres ke bidang okulasi yang telah kita buat. Kemudiandengan mengunakan plastic polietilen/plastic es, usahakan pengikatannya dimulaidari bawah ke atas. Seperti susunan genteng, dengan tujuan air tidak masuk kemata entres yang kita tempelkan. Pengikatannya jangan ditarik terlalu kuat, yangdi khawatirkan akan mematahkan mata entresnya.4. Setelah bibit selesai di okulasi kita dapat pindahkan ke tempat persemaianbibit/nursery. Dengan tujuan kita dapat mengontrol perkembangan tanaman yangtelah okulasi.5. Setelah dua minggu kemudian mata entres sudah dapat kita lihat, jika mataentresnya berwarna hijau segar maka okulasi yang kita lakukan dikatakanberhasil.6. Kemudian setelah 21 harihingga 1 bulan kemudian jika mata entres masihberwarna hijau segar makaplastik es pengikat dapat kita buka. Dan diatas mataentres, batang bawahnya kita kerat setengahnya dan di rundukkan, dengan tujuanmemperkecil pasokan makanan keatas pucuk daun batang bawah.Adapun tujuan agar tidak memotong batang bawah secara keseluruhan adalahagar batang bawah masih bias berfotosintesis.7. Kemudian setelah dua minggu kemudian, bagian batang bawah yang kitarundukkan dapat kita potong miring, dengan tujuan agar pada saat hujan turunatau saat kita melakukan penyiraman air tidak langsung mengenai pada mataentres yang kita tempelkan.8. Setelah 3-4 bulan kemudian bibit hasil okulasi telah dapat menanaminya dilahan.Adapun keunggulan dari perbanyakan tanaman dengan okulasi ialah sbb:- Lebih cepart berbuah- Bibit yang dihasilkan 100% meniru sifat induknya yang unggul.Kelemahannya adalah sbb:
 
- Mewarisi penyakit yang sama induknya- Umurnya relative lebih pendek 
 
Sambung Susu
 
 
Alat
1. Pisau okulasi2. Gunting stek 3. Plastic es4. Tali rapiah
 
Bahan
1. Batang bawah*Syaratnya sbb: bibit local, pertumbuhan vegetative tidak terganggu, cukup umur,dan terhindar dari hama penyakit.2. Pilih induk yang akan kita susukansyaratnya sbb: dari tanaman unggul, jelas asal usulnya, berbuah minimal 3 kalipada musimnya, terbebas dati hama penyakit, kualitas, kuantitas, dankontiniunitas buahnya bagus.
Langkah kerja
 1. Syaratnya batang dari 1/3 diameternya, dengan panjang 2-3 cm. usahakanpenyayatan yang dilakukan agak landai, agar mudah dalam pengikatran nantinya.2. Sayat batang indukan 1/3 dari diameternya dan di usahakan antara batangbawah dan atas besarnya seimbang dengan tujuan presentase pertumbuhannyalebih baik.3. Kemudian lakukan pengikatan dengan menggunakan plastic polyotilen atauplastic es yang sudah di potong dengan lebar +- 1 cm ikat dengan kuat sehinggatidak masuk air.4. Siram secukupnya apabila musim kemarau pagi dan sore5. Apabila sudah terjadi pembengkakan pada sambungan bertanda sambung susuberhasil kemudian setelah umur 1 bulan kita lakukan pengurangan antara batangatas dan batang bawah 1/3 dari diameter batang terus kita lakukan penguranganberikutnya pada umur 1.5 bulan perkiraan pada umur 2 bulan sambung susu sudahbias di panen.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->