Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
spk

spk

Ratings: (0)|Views: 31 |Likes:

More info:

Published by: Rezza Amadeus Mozart on Jul 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/04/2012

pdf

text

original

 
 3
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang Masalah
Masalah sering kali muncul dalam kehidupan manusia. Setiap permasalahan tidak akan berhenti sendiri tanpa disertai solusi untuk menyelesaikannya.masalah sering kaliterjadi pada komunitas- komunitas baik komunitas kecil maupun komunitas besar.Permasalahan yang
kompleks
sering terjadi pada perusahaan-perusahaan yang padaakhirnya secara tidak langsung menuntut seorang menejer untuk membuat sebuahkeputusan. Pada saat ini suatu pendekatan sistematis untuk pemecahan masalah telahdiciptakan yang terdiri dari tiga jenis usaha :-
 
persiapan-
 
definisi-
 
solusiDalam mempersiapkan pemecahan masalah, manajer memandang perusahaansebagai suatu system dengan memahami lingkungan perusahaan dan mengidentifikasisubsistem-subsistem dalam perusahaan. Dalam mendefenisikan masalah, manajerbergerak dari tingkat system ke subsistem dan menganalisis bagian-bagiansistem menurutsuatu urutan tertentu. Dalam memecahkan masalah manajer mengidentifikasi berbagaisolusi alternative, mengevaluaasinya, memilh yang terbaik, menerapkannya, danmembuat tindak lanjut untuk memastikan bahwa solusi itu berjalan sebagaimanamestinya.
1.2
 
Maksud dan tujuan
Penulisan makalah ini bermaksud membuka pemikiran para mahasiswa untuk lebih tanggap dalam menghadapi sebuah permasalahan dan mampu menyelesaikanpermasalah tersebut, dan tentunya tulisan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswaketika memasuki dunia kerja nantinya.
 
 4
1.3
 
Ruang lingkup
Pada makalah ini penulis hanya membahas bagaimana seorang manajerperusahaan mengambil sebuah keputusan ketika terjadi sebuah permasalahan padaperusahaan yang mereka pimpin. Oleh sebab itu, maka pada makalah ini berisikanpendekatan system dalam pengambilan keputusan, struktur masalah, tahap pemecahanmasalah serta faktor manusia yang mempengaruhi pemecahan masalah.
 
 5
BAB IIPEMBAHASAN2.1 PENDEKATAN SISTEM
Proses pemecahan masalah secara sistematis bermula dari John Dewey, seorangprofesor filosofi di Columbia University pada awal abad ini. Dalam bukunya tahun 1910,ia mengidentifikasi tiga seri penilaian yang terlibat dalam memecahkan masalah suatukontroversi secara memadai yaitu:1. Mengenali kontroversi2. Menimbang klaim alternatif 3. Membentuk penilaianKerangka kerja yang dianjurkan untuk penggunaan komputer dikenal sebagai
pendekatan sistem .
Serangkaian langkah-langkah pemecahan masalah yangmemastikan bahwa masalah itu pertama-tama dipahami, solusi alternativedipertimbangkan, dan solusi yang dipilih bekerja.
2.2
 
STRUKTUR MASALAHMasalah terstruktur
terdiri dari elemen-elemen dan hubungan-hubungan antarelemen yang semuanya dipahami oleh pemecah masalah.
Masalah tak terstruktur
berisikan elemen-elemen atau hubungan-hubungan antar elemen yang tidak dipahamioleh pemecah masalah.Sebenarnya dalam suatu organisasi sangat sedikit permasalahan yang sepenuhnyaterstruktur atau sepenuhnya tidak terstruktur. Sebagaian besar masalah adalah masalahsemi-terstruktur, yaitu manajer memiliki pemahaman yang kurang sempurna mengenaielemen-elemen dan hubungannya.
Masalah semi-terstruktur
adalah masalah yangberisi sebagian elemen-elemen atau hubungan yang dimengerti oleh pemecah masalah.
2.3
 
TAHAP PEMECAHAN MASALAH
Dalam memecahkan masalah kita berpegangan pada tiga jenis usaha yang harusdilakukan oleh manajer yaitu usaha persiapan, usaha definisi, dan usaha solusi / pemecahan.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->