Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Dan Lingkungan

Sistem Dan Lingkungan

Ratings: (0)|Views: 163 |Likes:
Published by Komang Suardika
by komang suardika
by komang suardika

More info:

Published by: Komang Suardika on Jul 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2013

pdf

text

original

 
KOMANG SUARDIKA ; 0913021034; PENDIDIKAN FISIKA;UNDIKSHA
 
1
 
Sistem dan Lingkungan
1.
 
Pengertian umum termodinamika
Termodinamika berasal dari bahasa Yunani, yaitu
thermos
yang artinya panas dan
dynamic
yang artinya perubahan . Termodinamika merupakan cabang dari ilmu fisikayang mempelajari tentang proses perpindahan energy sebagai kalor dan usaha antarasystem dan lingkungan.. Prinsip - prinsip termodinamika dapat dirangkum menjadi 3hukum yaitu hukum ke nol Termodinamika yang menjelaskan tentang kesetimbangantermal, hukum I Termodinamika yang merupakan pernyataan hukum kekekalan energy,dan hukum II termodinamika yang memberikan batasan tentang arah perpindahan kaloryang dapat terjadi dan prinsip peningkatan entropi.Prinsip-prinsip dan metode-metode termodinamika digunakan untuk menjelaskankerja beberapa system, menjelaskan mengapa suatu system tertentu tidak bekerja sepertiyang diinginkan, menjelaskan mengapa suatu system sama sekali tidak mungkin bekerja,serta digunakan untuk merencanakan system atau mesin-mesin, seperti motor bakar.
2.
 
Sistem termodinamika dan lingkungan
Sistem termodinamika
adalah suatu batasan yang dipakai untuk menunjukkanbenda kerja dalam suatu permukaan tertutup. Permukaan tertutup dapat berupa khayalanmaupun berupa kenyataan. Contohnya :
 
Sebongkah es terapung di atas air, maka yang merupakan sistem adalah es dan airmerupakan permukaan tertutup, sehingga dalam hal ini permukaan tertutup adalahkeadaan khayalan.
 
Udara yang ditekan di dalam suatu silinder, maka yang merupakan system adalahudara yang ditekan dalam silinder, sedangkan sedangkan permukaan tertutupnyaadalah permukaan yang dibatasi silinder. sehingga dalam hal ini permukaantertutup adalah kenyataan.Sistem termodinamika mempunyai batas system, dan segala sesuatu yang beradadi luar sistem disebut
lingkungan
. Batas antara sistem dan lingkungan ada tiga, yaitudinding diatermik, dinding adiabatik, dan rigid.
 Dinding diatermik 
adalah batas antarasistem dan lingkungan yang memungkinkan terjadi pertukaran kalor antara sistem dengan
 
KOMANG SUARDIKA ; 0913021034; PENDIDIKAN FISIKA;UNDIKSHA
 
2
 lingkungan.
 Dinding adiabatik 
merupakan batas antara sistem dengan lingkungan yangtidak memungkinkan terjadinya pertukaran kalor antara sistem dengan lingkungan.
 Dinding rigid 
merupakan batas antara sistem dan lingkungan yang tidak memungkinkanterjadi pertukaran kerja.Sistem termodinamika di klasifikasikan menjadi tiga yaitu :
Sistem tertutup
, Suatusistem disebut tertutup apabila hanya terjadi pertukaran energi tetapi tidak terjadipertukaran materi dengan lingkungan. Contoh nya pada balon udara yang dipanaskan,dimana energy panas akan masuk ke massa udara di dalam balon dan volumenya bisaberubah, tetapi massa udara di dalam balon.
Sistem terbuka
, merupakan system dimanaantara system dan lingkungan memungkinkan terjadi pertukaran materi dan energi. Batasyang memperbolehkan terjadi pertukaran materi disebut batas permeable.
Sistemterisolasi
, adalah antara system dan lingkungan tidak terjadi pertukaran materi , danenergy( panas dan kerja)System memiliki sifat-sifat yaitu sifat ekstensif dan sifat intensif.
Sifat ekstensif 
 merupakan sifat system yang harga untuk keseluruhan system merupakan jumlah dariharga komponen-komponen individu system tersebut, Contohnya, volume total, massatotal, energy total. Sedangkan
sifat intensif 
merupakan sifat system yang bukanmerupakan jumlah dari komponen-komponen individu system tersebut, contohnya sifattemperature, tekanan daan kerapatan system.SistemTermodinamika
Skema : Sistem Termodinamika
Batas SistemLingkungan
 
KOMANG SUARDIKA ; 0913021034; PENDIDIKAN FISIKA;UNDIKSHA
 
3
 
3.
 
Keadaan sistem (
State of a system
)
Keadaan sistem termodinamika dapat dinyatakan dengan beberapa besaran,diantaranya tekanan (P), temperature (T), volume (V), dan kerapatan. Dalamtermodinamika besaran dibedakan menjadi dua yaitu, besaran extensif dan besaranintensif. Besaran extensif adalah suatu besaran yang dipengaruhi oleh massa atau jumlahmol sistem. Contohnya adalah volume, kapasitas panas (C). Besaran intesif adalah suatubesaran yang tidak dipengaruhi oleh massa atau jumlah mol sistem. Contohnya adalahtekanan dan temperatur. Keadaan sistem sangat bergantung pada koordinat sistem.Dalam hal ini koordinat sistem atau variabel keadaan sistem adalah suatu kwantitas yangdapat menggambarkan keadaan sistem. Keadaan sistem akan berubah jika koordinatnyaberubah. Contoh: Gas dalam silinder, keadaan sistem dinyatakan dengan tekanan,volume, temperatur. yang dalam hal ini p, V, dan T merupakan koordinat termodinamika/ variabel keadan sistem. Keadaan sistem akan berubah jika p, V, dan T gas berubah (Rapi,2009).Keadaan sistem baru bisa dinyatakan dengan koordinat sistem jika sistem beradadalam kesetimbangan termodinamika. Dimana sistem dalam keadaan kesetimbangantermodinamika jika sistem berada dalam keadaan kesetimbangan mekanis, kimiawi, dankesetimbangan termal.
 
Sistem berada dalam kesetimbangan mekanis, jika resultan gaya yang bekerja dibagian dalam sistem atau antara sistem dengan ingkungan sama dengan nol(Tekana diseluruh bagian sistem sama).
 
Sistem berada dalam keseimbangan kimiawi, jika sistem tidak mengalamiperubahan spontan dari struktur internalnya. Dimana tidak terjadi reaksi-reaksikimiawi yang dapat mengubah jumlah partikel semulanya, didalamnya tidak terjadi perpindahan zat dari bagian yang satu ke bagian yang lain(difusi) dan tidak terjadi pelarutan atau kondensasi.Gas( p, V, dan T )

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Eka Dharma added this note
tlah upload ce,
'Riza Ariyanie' liked this
Vitha Amelhia liked this
Eifel Light liked this
Komang Suardika liked this
Komang Suardika liked this
Komang Suardika liked this
Komang Suardika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->