Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS ANATOMI FISIOLOGI

TUGAS ANATOMI FISIOLOGI

Ratings: (0)|Views: 84 |Likes:
Published by yugodaffa

More info:

Published by: yugodaffa on Jul 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2012

pdf

text

original

 
TUGAS ANATOMI FOSIOLOGI
 
IMELDA DIANA WABANGNIM : 091002 / III EHERMINDA OLIVIA WOLINIM : 09925 / III EULFA MARYAMNIM : 09985 / III C
Sistem Pernapasan Manusia
- Manusia dalam bernapas menghirup oksigen dalam udara bebasdan membuang karbondioksida ke lingkungan. Pernapasan adalah proses ganda yaitu terjadinya
 pertukaran gas di dalam jaringan atau
 pernapasan
 
dalam” dan yang terjadi didalam par 
u-paru
“pernapasan luar”. Pernapasan Luar yang merupakan pertukaran antara O2 dan CO2 antara darah
dan udara. Pernapasan Dalam yang merupakan pertukaran O2 dan CO2 dari aliran darah ke sel-sel tubuh.
SALURAN PERNAPASAN
 
 
Nares anterior
 
Rongga hidung
 
Farinx
 
Larinx
 
Trakhea
 
TUGAS ANATOMI FOSIOLOGI
 
 
Bronkhus
 
Pita Suara
1. Nares anterior
 
 
Adalah saluran-saluran di dalam lubang hidung, dimana saluran itu bermuara kevestibulum (rongga) hidung.
 
Vestibulum ini dilapisi dengan epitelium bergaris yang bersambung dengan kulit.
 
Lapisan nares anterior memuat sejumlah kelenjar sebaseus yang ditutupi oleh bulu kasar.
 
Kelenjar-kelenjar ini bermuara ke dalam rongga hidung.
2. Rongga Hidung
 
 
Dilapisi dengan epitelium silinder dan sel spitel berambut yang mengandung sel cangkiratau sel lendir sehingga permukaan nares basah dan berlendir.
 
Selaput lendir ini kaya akan pembuluh darah, yang bersambung dengan lapisan farinxdan dengan semua sinus yang mempunyai lubang masuk dalam rongga hidung.Sewaktu udara melalui hidung, udara di saring oleh bulu-bulu (vestibulum) dan karena kontak dengan permukaan lendir yang dilaluinya membuat udara menjadi hangat. Penguapan air daripermukaan selaput lendir menyebabkan kondisi rongga hidung lembab. Hidung menghubungkanlubang-lubang sinus udara para nasalis yang masuk kedalam rongga hidung dan lubang naso-lakrimal yang menyalurkan air mata (bawah rongga nasalis)Fungsinya hidung dalam proses pernapasan meliputi.1.Udara di hangatkan oleh permukaan konka dan septum nasalis setelah melewati faring suhulebih kurang 36c.2.Udara di lembahkan sejumlah besar udara yang melewati hidung bila mencapai faringkelembapannya lebih kurang 37c.
 
TUGAS ANATOMI FOSIOLOGI
 
3.Kotoran di saring oleh bulu- bulu hidung.partikel di rongga saring oleh rambutvestibuler,lapisanmukosiliar,dan lisozim(protein dalam air mata).fungsi di namakan airconditioniting jalan pernapasan atas.kenaikan suhu tidak melebihi 2-3% dari suhu tubuh.uapa airmencapai trakea bagian bawah bila seseorang bernapas melalu tabung langsung masuk trakea.pendingin dan pengeringan berpengaruh pada bagian bawah oaru sehingga muda trejadiinfeksi paru.4.Penciuman.pada pernapasan,bias 5-10% udara pernapasan melalui celah okfatori.dalammenghirup udara yang keras,20% udara pernapasan melalui celah olfaktori.
3. Farinx (tekak)
 adalah pipa berotot yang berjalan dari dasar tengkorak sampai persambungannya denganusofagus. Terletak dibelakang hidung (naso-farinx), dibelakang mulut (oro-farinx) dan dibelakang larinx (farinx-laringeal)Fungsi Faring(Tekak).lipatan-lipatan vocal suara yang mempunyai elastisitas yang tinngi dandapat memproduksi sura yang di hasilkan oleh pita suara.Lipatan-lipatan vocal memproduksisuara melalui jalan udara,glottis,serta lipatan prokduksi gelombang suara. Factor yangmenentukan ferkuensi puncak bunyi dan prokduksi bergantung pada panjang dan keteganganregangan yang membangkitkan frekuensi dan getaran yang di prokduksi.ketegangan dari pitasuara di control oleh otot kerangka di bawah control korteks.
4. Larinx (tenggorokan)
 Laring atau pangkal tenggorok merupakanjalinan tulang rawan yang di lengkapi denganotot,membrane,jaringan ikat dan ligamentum.sebelah atas pintu masuk laring membentuk tepiepiglottis,lipatan dari epiglottis aritenoid dari pita interaritenoid,dan sebelah bawah tepi bawahkartilago krikoid.tepi tulang dari pita suara asli kiri dan kanan membatasi daerahepiglottis.bagian atas di sebut supraglotis dan bagian bawah di sebut subglotis.Terletak didepan bagian terendah farinx, memisahkannya dari kolumna vertbra servikalis danmasuk ke dalam trakhea di bawahnya.Terdiri atas kepingan tulang rawan yang diikat bersamaan oleh ligamen dan membran.Yang terbesar diantaranya tulang rawan tiroid depannya terdapat benjolan subkutaneus(jakun).Tulang rawan krikoid terletak dibawah tiroid berbentuk lingkaran lengkapTulang rawan lainnya ialah kedua tulang krawan aritenoid (belakang krikoid), tulang rawankuneiform dan kornikulata.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->