Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tugas makalah hidrolika

tugas makalah hidrolika

Ratings: (0)|Views: 1,904 |Likes:
Published by ADhi Saputra

More info:

Published by: ADhi Saputra on Jul 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
 
Disusunoleh1.
 
Riska Damayani 3.12.10.1.192.
 
Rony Mustofa 3.12.10.1.203.
 
Susanti 3.12.10.1.214.
 
Tri Wahyu Hadi S. 3.12.10.1.225.
 
Yohanes Yulianto 3.12.10.1.23
KonstruksiSipilTeknikSipil
POLITEKNIK NEGERI SEMARANG2012
 
2
ABSTRAK
Dari berbagai legenda maupun prasasti yang ditinggalkan peradaban masa lampau,diyakini bahwa pekerjaan pengairan sudah dikenal di nusantara jauh sebelum kedatanganperadaban-peradaban maju dari India atau Cina. Sejarah mencatat bahwa prakarsa para perantauuntuk bekerjasama membangun teras-teras beririgasi bagi pengolahan sawah merupakanperadaban di nusantara.Dengan demikian, pengembangan sumber daya air di Indonesia jelas terlihat sejak zaman purbahpurba hingga kini, sekaligus menempatkan sungai sebagaingga kini, sekaligus menempatkansungai sebagai sumber air penting karena dapat memberi manfaat yang besar.Dapat diduga, betapapun sederhananya, sejak awal peradabannya manusia juga telah berusahamelindungi dan menjamin keberhasilan usaha cocok tanamnya dengan mengembangkanpekerjaan-pekerjaan pengairan. Bila mula-mula hasil produksi pertanian sekadar dipergunakanuntuk memenuhi kebutuhan sendiri atau kelompoknya, lambat laun hasil pertanian mulaidipertukarkan dengan kelompok lain sehingga mendapat peningkatan nilai. Dengan sendirinya,saat itu air sudah mulai memiliki nilai ekonomis.Bahkan di zaman modern ini peran air dalam berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, maupunbudaya menjadi semakin besar.
 
3
BAB IPENDAHULUAN
 
I.
 
LatarBelakang
Air adalah semua air yang terdapat pada di atas maupun di bawah permukaan tanah. Airmerupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Oleh karena itupengembangan dan pengelolaan sumber daya air merupakan dasar peraradaban manusia. Secaraumum dapat disebutkan bahwa potensi air permukaan di Indonesia ditentukan oleh beberapafaktor ragawi maupun niragawi, antara lain kondisi daearah aliran sungai (DAS) dan ragam fisik sumber daya air, luas dan volume tampungnya (alami maupun buatan), pengaruh iklim, danaspek pengelolaan sumber daya air itu sendiri oleh manusia.Air bersih bersifat terbatas dan rentan terhadap pengaruh luar, sangat penting untuk menopang kehidupan, pengembangan, dan lingkungan. Karenanya dalam pengembangan danpengelolaan air harus didasarkan atas pendekatan partisipatif, melibatkan pengguna, perencana,dan pembuat keputusan di semua tingkat. Selain itu, perlu kita ketahui bahwa air mempunyainilai ekonomi dalam persaingan penggunaannya dan harus di akui sebagai barang yang bernilaiekonomi.Air yang semula hanya benda sosial berubah menjadi suatu benda ekonomi yangmemiliki fungsi sosial. Maka pengelolaan sumber daya air harus didasarkan atas pemahamanbahwa air adalah bagian dari kesatuan ekosistem, sumber daya alam, sekaligus merupakan bendasosial dan ekonomi.
II.
 
RumusanMasalah
Adapun permasalan yang akan dikaji dalam makalah ini adalaha.
 
bagaimana merumuskan konsep dasar pengelolaan sumber daya air (SDA) secaraprofesional ?

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
tonykiyosaki liked this
tonykiyosaki liked this
Dita Prawidya liked this
Veryadi Cool liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->