Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
latihan soal humbis

latihan soal humbis

Ratings: (0)|Views: 18 |Likes:
Published by aprix

More info:

Published by: aprix on Jul 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/23/2012

pdf

text

original

 
Kasus I KUB Amat Maju1.
 
Wadah Kegiatan Usaha
a.
 
KUB Amat Maju tepat disebut bentuk usaha apa?
KUB Amat Maju lebih tepat dalam wadah kegiatan usaha “Firma” karena merupakan
suatu perikatan yang didirikan oleh dua orang atau lebih untuk menjalankan usahadengan memakai nama bersama. Pemilik Firma terdiri dari beberapa orang yangbersekutu dan masing-masing anggota menyerahkan kekayaan pribadi sesuai denganyang tercantum dalam akta pendirian firmaDasar Hukum: KUHD pasal 16
 –
pasal 35
b.
 
Bagaimana tanggung jawab pihak yang bergabung bila mengalami kerugian?
Tanggung jawab atas kerugian adalah sesuai yang disepakati dan dicantumkan di dalamakta pendirian firma. apabila tidak diperjanjikan maka tanggung jawab didasarkan padaperimbangan pemasukan modal secara proporsional.2.
 
Meningkatkan Modal Usaha ke 1 miliar
a.
 
Bila KUB Amat Maju ingin meningkatkan modal usahanya maka bentuk usaha yanglebih tepat adalah perseroan terbatas. Karena:
i.
 
Pemegang saham tidak memiliki kewajiban untuk obligasi dan hutangperusahaanii.
 
Aset, modal, struktur perusahaan dapat melewati masa hidup dari pemegangsaham. Menyebabkan stabilitas modaliii.
 
Efisiensi manajemen. Manajemen dan spesialisasi memungkinkan pengelolaanmodal yang efisien sehingga memungkinkan untuk melakukan ekspansib.
 
Apa peran notaris dan pemerintah masih diperlukan?
Peran notaris diperlukan didalam pendirian PT. Khususnya dalam pembuatan akta pendirian dan pembuatanAnggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, apabila pendiri PT tidak sanggupmembuatnya. Peran instansi pemerintah dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAMdan pengadilan negeri sebagai tempat pendaftaran bagi PT untuk disahkan sebagai PTdan diumumkan pada lembaran berita negara RI
c.
 
Langkah-langkah yang harus dipenuhi untuk mengubah firma menjadi PT
i.
 
Membubarkan firmaii.
 
Memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk mendirikan PerseroanTerbatasiii.
 
Membuat akta pendirian di hadapan notarisiv.
 
Mendaftarkan PT pada kementerian Hukum dan HAM untuk diumumkan padalembar berita negara RI
3.
 
Perbedaan dengan Usaha Mikro
a.
 
Menurut Undang-undang no. 20 tahun2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang didirikan oleh orang perorangan ataubadan usaha. Menurut Undang-Undang No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian,Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum
 
Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligussebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.PERBEDAAN KOPERASI DAN USAHA MIKROKOPERASI Usaha Mikro
 
Badan Hukum
 
Pendiriannya dengan Akta Notarisyang disahkan oleh MenkumHAMdan diumumkan pada LembarBerita Negara RI
 
Ada ART dan AD
 
Pendirian Koperasi harusmemenuhi persyaratan yangditetapkan oleh Undang-Undang
 
Bukan Badan Hukum
 
Pendiriannya tidak memerlukanakta Notaris dan pengesahanpemerintah
 
Tidak memerlukan AD-ART
 
Biasanya berdiri sendiri tanpapersyaratan
b.
 
Pasal 42 Undang-Undang No. 25 tahun1992 tentang Perkoperasian, Koperasi dapatpula melakukan pemupukan modal yang berasal dari modal penyertaan (go public)4.
 
Perseroan Terbatas
a.
 
Undang-Undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas adalah badan hukumyang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukankegiatan usaha dengan modal dasar yang terbagi dalam saham dan memenuhipersyaratan Undang-Undang.b.
 
Kewenangan Direksi
. Direksi berwenang untuk mengelola dan mewakili perusahaansesuai yang diamanatkan pasal 92 Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tentangPerseroan Terbatas. Apabila Direksi terdiri lebih dari 1 orang maka pembagian tugas danwewenang ditetapkan dalam RUPS, bila tidak, dapat ditetapkan di dalam rapat direksi5.
 
Direksi PTa.
 
Adakah pembatasan atas kewenangan direksi?
Kewenangan direksi dibatasi olehkesesuaian dengan kebijakan yang sesuai dengan UU no. 40 tahun 2007 tentangPerseroan Terbatas dan/ atau Anggaran Dasar (Pasal 92 UU No. 40 tahun 2007)b.
 
Berdasarkan Pasal 97 UU No. 40 Tahun 2007 setiap anggota direksi bertanggung jawabpenuh secara pribadi terhadap kerugian perseroan apabila yang bersangkutan bersalahatau lalai menjalankan tugasnya.6. Jenis-jenis kreditur pada kasus di atas:
Kreditor Separatis
Tn Hyman dan Bank Dewa
 Kreditor separatis adalah kreditor pemegang hak jaminan kebendaan, yang dapat bertindak sendiri.Golongan kreditor ini tidak terkena akibat putusan pernyataan pailit, artinya hak-hak eksekusi merekatetap dapat dijalankan seperti tidak ada kepailitan debitor. Kreditor pemegang gadai, jaminan fidusia,hak tanggungan, dan hipotek atau hak agunan atas kebendaan lainnya merupakan karakteristik kreditorseparatis.
 
Separatis yang dimaksudkan adalah terpisahnya hak eksekusi atas benda-benda yang dijaminkan dariharta yang dimiliki debitor pailit. Dengan demikian, kreditor separatis mendapatkan posisi paling utamadalam proses kepailitan, sehubungan dengan hak atas kebendaan yang dijaminkan untuk piutangnya.Sepanjang nilai piutang yang diberikan oleh kreditor separatis tidak jauh melampaui nilai benda yangdijaminkan dan kreditor berkuasa atas benda tersebut, maka proses kepailitan tidak akan banyakberpengaruh pada pemenuhan pembayaran piutang kreditor tersebut.Berdasarkan UUK-PKPU, apabila kuasa atas benda yang dijaminkan ada pada debitor pailit atau padakurator, maka hak esekusi terpisah tersebut di atas ditangguhkan untuk jangka waktu paling lama (90)sembilan puluh hari sejak pernyataan pailit dijatuhkan. Sedangkan, jika nilai eksekusi benda tersebutternyata tidak mencukupi untuk menutup utang debitor, maka kreditor separatis dapat meminta dirinyaditempatkan pada posisi kreditor konkuren untuk menagih sisa piutangnya.Oleh karena demi kepastian hukum, hak eksekusi langsung yang dimiliki oleh kreditor separatis hanyabisa digunakan dalam jangka waktu dua bulan setelah terjadinya keadaan insolvensi. Setelah lewat jangka waktu tersebut, eksekusi hanya dapat dilakukan oleh kurator, meskipun hak yangdimiliki kreditor separatis sebagai kreditor pemegang jaminan tidak berkurang. Perbedaan proseseksekusi tersebut akan berakibat pada perlu tidaknya pembayaran biaya kepailitan dari hasil penjualanbenda yang dijaminkan.
Kreditor Preferen
 Kreditor preferen adalah kreditor yang memiliki hak istimewa atau hak prioritas. UUK-PKPUmenggunakan istilah hak-hak istimewa, sebagaima yang diatur dalam KUH Perdata. Hak istimewa
mengandung makna “hak yang oleh undang
-undang diberikan kepada seorang berpiutang sehinggatingkatannya lebih tinggi daripada orang berpiutang lainnya.Berdasarkan ketentuan KUH Perdata, ada dua jenis hak istimewa, yaitu hak istimewa khusus dan hakistimewa umum. Hak istimewa khusus adalahhak yang menyangkut benda-benda tertentu, sedangkanhak istimewa umum berarti menyangkut seluruh benda, sesuai dengan KUH Perdata pula, hak istimewakhusus di dahulukan atas hak istimewa umum.
Kreditor Konkuren---Ny Boleha dan Tn Ubano
 Kreditor konkuren adalah kreditor yang harus berbagi dengan para kreditor lainnya secara proporsional(
 pari passu
), yaitu menurut perbandingan besarnya masing-masing tagihan, dari hasil penjualan hartakekayaan debitor yang tidak dibebani dengan hak jaminan. Istilah yang digunakan dalam Bahasa Inggrisuntuk kreditor konkuren adalah
unsecured creditor 
.Kreditor ini memiliki kedudukan yang sama dan berhak memperoleh hasil penjualan harta kekayaandebitor, baik yang telah ada maupun yang akan ada dikemudian hari setelah sebelumnya dikurangidengan kewajiban membayar piutangnya kepada kreditor pemegang hak jaminan dan para kreditordengan hak istimewa.
 
7. Berapa besar tagihan untuk masing-masing kreditur?Ada pada pasal 1132 KUH Perdata.Pembagiannya:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->