Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rencana Tindak Lanjut Penyusunan Spm (Standar Pelayanan Minimal)

Rencana Tindak Lanjut Penyusunan Spm (Standar Pelayanan Minimal)

Ratings: (0)|Views: 587|Likes:

More info:

Published by: Michael Kamang Waworuntu on Jul 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

 
Standar Pelayanan MinimalRENCANA TINDAK LANJUT PERBAIKAN UNTUK MENCAPAI SPM |
Modul Pelatihan
STANDAR PELAYANAN MINIMALPOKOK BAHASAN 5RENCANA TINDAK LANJUT UNTUK MENYUSUN SPMPENGANTAR 
Pokok bahasan 5 membahas contoh format peraturan kepala daerah tentang standar  pelayanan minimal dan rencana tindak lanjut agar tiap rumahsakit/SKPD dapat menyusunstandar pelayanan minimal untuk organisasinya.
TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM
Meningkatnya kemampuan linatih dalam menyusun rencana tindak lanjut penyusunanSPM di institusi tempat kerja
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
1. Linatih mampu menyusun draft keputusan bupati tentang SPM2. Linatih mampu menyusun langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan setelahselesai pembelajaran3. Linatih mampu menyusun rencana kegiatan yang akan dilakukan dengan penjadualan yang jelas setelah selesai pelatihan
POKOK BAHASAN:Pendahuluan
Pada modul ini akan dibahas contoh format keputusan kepala daerah (bupati) tentangStandarPelayananMinimal.Diharapkandenganadanyaformattersebutakanmemudahkan tim penyusun SPM untuk membuat draft pertama dari keputusan kepaladaerah tentang SPM, untuk kemudian dikaji lebih lanjut sebagaimana pada pembahasanlegal drafting pada modul tata kelola.Agar SPM dapat tersusun pada organisasi pelayanan publik tempat linatih bekerja maka tiap-tiap linatih atau tim penyusun harus menuangkan dalam rencana tindak lanjut dengan rinciankegiatan dan pentahapan waktu yang jelas.
 
Penyusunan Rencana Tindak Lanjut
Agar tahapan/langkah-langkah penyusunan SPM sebagaimana yang dibahas pada modul 3dapat benar-benar dilakukan maka tim penyusun SPM perlu menyusun langkah-langkahtindak lanjut setelah selesainya pelatihan ini.Harus pula diingat bahwa setelah dokumen SPM tersusun bukan berarti bahwa pekerjaantelah selesai. Penyusunan SPM merupakan langkah awal untuk melaksanakan janji dalammemperbaiki kualitas dan kinerja pelayanan publik yang diamanatkan oleh PPK-BLUD.Setelah SPM tersusun, maka seluruh unit kerja yang bertanggung jawab untuk menyediakanjenispelayananwajibyangtelahdituangkandalamSPMwajibmengupayakan agar SPM tersebut dapat dicapai dengan menyusun standar- standar teknisyangmerupakanpanduanuntukmencapai
 
standaryangtelahditetapkan,danmengembangkan kegiatan-kegiatan perbaikan mengikuti siklus
 Plan-Do-Check-Action.
Tiap unit kerja pelayanan dalam melakukan upaya perbaikan perlu melakukan hal tersebut di bawah ini:a) Pembakuan sistem mutu untuk tiap unit kerja dengan menyusun:1.Sasaran perbaikan kinerja berdasarkan indikator yang telah ditetapkan2.Menyusun standar-standar teknis untuk mencapai standar yang telah ditetapkan pada tiap indikato b) Melakukan upaya perbaikan yang berkesinambungan dengan mengikut langkahsebagai berikut (Nolan model):1.Menetapkan tujuan/sasaran perbaikan yang akan dilakukan (agar dapatmelampaui standar pencapaian yang telah ditetapkan)2.Menetapkanindikator-indikatoruntukmenilaibahwaperbaikanyangdilakukan tercapai3.Menetapkan kegiatan-kegiatan perbaikan yang harus dilakukan4.Menyusun rencana kegiatan perbaikan kinerja5.Melakukan uji coba dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telahdirencanakan6.Memeriksa hasil uji coba7.Jika hasil uji coba menunjukkan adanya perbaikan kinerja maka disusunstandar teknis yang baru sesuai dengan perbaikan yang dilaksanakan pada ujicoba.
 
Standar Pelayanan MinimalRENCANA TINDAK LANJUT PERBAIKAN UNTUK MENCAPAI SPM |
Modul Pelatihan
Untuk mencapai SPM yang telah dituangkan dalam peraturan daerah perlu disusunrencana pencapaian SPM (Permendagri No 79/2007). Rencana pencapaian SPM tersebutharus masuk dalam RPJMD.Selanjutnya SPM tersebut harus menjadi acuan dalam penyusunan rencana bisnis strategis, rencana kerja (renja) rumahsakit, Rencana BisnisAnggaran (RBA), Rencana Kerja Pemerintah Daerah , Kebijakan umum anggaran (KUA)dan Prioritas Program Anggaran (PPA).
Format rencana tindak lanjut:NoKegiatanWaktuTempatPenanggung jawabPenutup
Standar pelayanan minimal yang mempunyai dua elemen pokok, yaitu indikator kinerjadan nilai (
threshold 
) yang harus dicapai perlu disusun dalam penyelenggaraan pelayanan publik dengan tiga alasan, yaitu:a. peraturan perundang menghendaki demi menjaminakuntabilitas pelayanan publik, b. pelanggan sebagai fokus pelayanan membutuhkan danmenghendaki pelayanan yang berkualitas, memuaskan, dan dapat dijamin memberikankeamanan, dan c. untuk menjadi badan layanan umum, lembaga pelayanan publik harusdapat menunjukkan akuntabilitas kinerjanya dengan ditetapkannya indikator dan nilai pencapaian tiap indikator kinerja.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->