Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab i - Keselamatan Kerja

Bab i - Keselamatan Kerja

Ratings: (0)|Views: 397|Likes:
Published by Abisena Abm

More info:

Published by: Abisena Abm on Jul 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/16/2012

pdf

text

original

 
Teknik Bengkel 
1
I. KESELAMATAN KERJA
1.1 Tindakan Praktikan
-Praktikan harus mentaati peraturan dan instruksi.-Memperhatikan instruksi untuk bekerja betul aman.-Bertindak benar tepat pada waktu terjadi kecelakaan.-Segera lapor instruktur bila terjadi kecelakaan.-Menerangkan terjadinya kecelakaan, kerusakan. 
1.2 Kesadaran Keselamatan
Asal istilah keselamatan kerja disini dari keselmatan mengendarai kendaraan di jalan.Segala perlengkapan instalasi, peralatan dan alat-alat potongan yang terdapatdibengkel selalu direncanakan untuk memotong, membentuk atau menceta bnetuk yang didinginkan. Walaupun semua benda-benda tersebut mati dan tidak dapat berpikir sendiri, tetapi dapat berfungsi jika dikendalikan maka sebagai pedoman keselamatan adalah berpikir, bahwa penyebab kecelakaan yang terbesar dengan mudah dapat diambil kesimpulan:
Ujung sisi yang tajam, memotong.
Panas, api, membakar 
Asam merusak 
Roda gigi, roda penggerak, benda-benda berputar menjepit tangan, menjambret pakayan.
Suatu benda bergerak, berat membahayakan.
Aliran listrik-membakar, merusak.
Jatuh luka, celaka.
Suatu yang tidak disangga/dijaga-jatuh, menimpa.
 Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang 
 
Teknik Bengkel 
2
1.3 Brazing
PertimbanganSebelum bekerja pada suatu mesin seseorang harus mempertimbangkan danmengingat akan keamananbekerja, sehingga program kerja akan berjalan lancar:TEMPAT/JENIS:-Di mesin mana, dan jenis mesin harus diketahui.-Lingkungan dan suasana tempat kerja.-Pengaman/perintang bagian yang berbahaya/berputar.-Landasan/injakan operator.-Kebersihan mesin. 
1.4 Perlengkapan Diri Sendiri
-Pakaian kerja rapi/terkancing.-Rambut teratur sekalipun agak panjang/diberi pelindung.-Jangan menyimpan benda tajam di dalam saku.-Lepas semua cincin dari jari.-Gunkaan kacamata khusus yang tersedia.-Gunakan sepatu yang kuat pada ujungnya.-Gunakan sarung tangan bila perlu.-Jangan menggunkan dasi.
1.5 Kebersihan
-Bersihkan tangan sebelum bekerja.-Bersihkan pula setelah selesai bekerja.-Gunakanlah pakaian kerja sebersih mungkin.-Gunakanlah cream khusus bila perlu untuk pelindung.
 Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang 
 
Teknik Bengkel 
3
1.6 Menjalankan/Menggunakan Mesin
Sebelum menegtahui seluk-beluk mesin, atau menguasainya dengan baik, janganlah coba-coba menggunakannya. Karena sangat berbahaya dan dapatmenimbulkan kecelakaan dan dapat merusaknya.Maka sebagai pedoman bekerja pada suatu mesin:-Mintalah keterangan kepada orang yang lebih berpengalaman.-Bacalah dan kuasailah buku petunjuk untuk menggunkan.-Perhatikan bagian-bagian mana yang paling berbahaya.-Perhatikan pula pengaman-pengamannya.-Cobalah berulang kali menghidupkan dan membiasakan mesin.-Sebelum mulai mengerjakan benda kerja, teliti sekali lagi dengan cermat, bagian-bagian yang berpuar, baut-baut pengikat pahat/benda kerja.Pahat Benda KerjaSebelum mulai bekerja pahat yang akan digunakan harus diperiksa: tajam atautumpul, karena kedua-duanya juga membahayakan.Tajam: Dapat melukai operator Tumpul: Selain hasilnya tidak baik, mungkin patah atau pecah.
1.7 Minyak Pendingin/Pemotong
Selain mendingin pahat/benda kerja, membantu pemotongan cairan ini berfungsi penting sekali. Karena jika benda kerja panas mengembang, dan hasilnya tidak  beraturan, tetapi untuk pahat dapat mengakibatkan tumpul atau retak dan akhirnyadapat menimbulkan kecelakaan. Hati-hatilah terhadap minyak pendingin, mungkinseseorang kulitnya tidak tahan atau alergi.
1.8 Kemampuan Mesin
Pada saat mengerjakan benda kerja pada suatu mesin seperti misalnya pada mesin bubut, bor, gergaji, frais, skrap, harus melihat kemampuan mesin. Sehingga
 Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->