Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PENDAHULUAN NUTRISI

LAPORAN PENDAHULUAN NUTRISI

Ratings: (0)|Views: 340|Likes:
Published by Aries Pratama

More info:

Published by: Aries Pratama on Jul 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/03/2012

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUAN(NUTRISI)
1.Konsep Kebutuhan Nutrisia.Definisi / deskripsi kebutuhan nutrisi.Istilah gizi berasal dari bahasa arab
 gizawi 
yang berarti nutrisi. Giziadalah substansi organik dan nonorganik yang ditemukan dalam makanan dandibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik (Kozier, 2004 : 1116). Nutrisi berfungsi untuk membentuk dan memelihara jaringan tubuh,mengatur proses-proses dalam tubuh, sebagai sumber tenaga, serta untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.Fungsi utama nutrisi adalah untuk memberi energi bagi aktivitas tubuh,membentuk struktur kerangka dan jaringan tubuh, serta mengatur berbagai proses kimia di dalam tubuh (Mubarak, 2008:27). Nutrien adalah sejenis zat kimia organik atau anorganik yang terdapatdalam makanan dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya.Enam zat nutrisi esensial (kelompok nutrien) yaitu : air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral mempunyai tiga fungsi utama yaitu :1)Menyediakan energi untuk proses dan pergerakan tubuh2)Menyediakan “struktur material” untuk jaringan tubuh sepertitulang dan otot3)Mengatur proses tubuh.
b.
Anatomi dan fisiologi system pencernaan1)Rongga orala)Bibir : berfungsi untuk menerima makanan dan produksi wicara. b)Lidah : berfungsi untuk menggerakan makanan saat dikunyahatau ditelan, untuk pengecapan dan dalam produksi wicara.
c)
Kelenjar saliva : melarutkan makanan secara kimia,melembabkan dan melumasi makanan, sekresi amilase untuk mengurang zat tepung menjadi polisakarida dan maltosa, sebagaizat buang, membersihkan rongga oral dan membantumemelihara kesehatan oral serta mencegah kerusakan gigi.d)Gigi : menghancurkan makanan menjadi bagian-bagian kecil dan
 
 bercampur dengan saliva untuk membentuk bolus makanan yangdapat ditelan.
2)
Faring : berperan dalam proses menelan.
3)
Esofagus : menggerakan makanan dari faring ke lambung melalui gerak  peristalis.
4)
Lambung : penyimpanan makanan, produksi kimus, digesti protein, produksi mukus, produksi faktor intrinsik (glikoprotein, vit. B12),absorpsi.
5)
Usus halus (duodenum, yeyunum, ileum) : mengakhiri proses pencernaan makanan yang dimulai di mulut dan di lambung. Proses inidiselesaikan oleh enzim usus dan enzim pankreas serta dibantu empedudalam hati, secara selektif mengabsorpsi produk digesti.
6)
Usus besar : mengabsorpsi 80% sampai 90% air dan elektrolitdari kimusyang tersisa dan mengubah kimus dari cairan menjadi massa semi padat.c.Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan fungsi system pencernaan.
DietDiet yang sembaranga dapat mempengaruhi kerja sistem pencernaan sehingga terjadi gengguan dalam mencerna nutrisi danakhirnya proses pencernaan tida optimal dalam melakukan fungsinya.Diet yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan antara lain adalahmakanan pedas, asam dan bersantan pekat.
PenyakitSistem pencrnaan adalah organ yang paling sering di lalui oleh benda-benda dari luar tubuh misal makanan, sehingga sangat rentansekali terkena gangguan apabila sistem pertahanan tubuh tidak adekuat.Tidak heran jika banyak terjadi gangguan pada sistem pencernaankarena hal tersebut yang kita tidak tahu dan menyadari berapa banyak kuman yang masuk kedalam sistem pencernaan kita.
Bahan kimiaSering kita memasukan bahan kimia kedalam mulut kita baik disengaja maupun tidak disengaja, dan melukai salah satu organ dirongga mulut dan bahkan masuk sampai organ pencernaan bagian dalam
 
sehingga mengakibatkan fungsi organ tersebut mengalami gangguan.d.Macam-macam gangguan yang mungkin terjadi pada system pencernaan.
Kerusakan gigi adalah proses erosif yang diakibatkan oleh kerja bakteri pada karbohidrat yang dapat difermentasi di dalam mulut, yang padawaktunya menghasilkan asam-asam yang melarutkan email gigi.
Kanker rongga mulut
Akalasia adalah tidak adanya atau tidak efektifnya peristaltik esofagusdistal disertai dengan kegagalan sfingter esofagus untuk rileks dalamrespon terhadap menelan.
Gastritis akut (inflamasi mukosa lambung) sering akibat diet yangsembrono.
Ulkus peptikum adalah ekskavasi (area berlubang) yang terbentuk dalamdinding mukosa lambung, pilorus, duodenum atau esofagus.
Diare adalah kondisi dimana terjadi frekuensi defekasi yang abnormal(lebih dari 3 kali/hari), serta perubahan dalam isi (lebih dari 200g/hari)dan konsistensi (feses cair)
Peritonitis adalah inflamasi peritonium-lapisan membran serisa ronggaabdomen dan meliputi visera.2.Rencana Asuhan Keperawatan Kliean dengan Gangguan Kebutuhan Nutrisia.Pengkajian1)Riwayat keperawatana)Keluhan utamaKlien mengatakan merasa mual, muntah, BAB lebih dari5x/hari dengan konsistensi cair, nafsu makanmenurun/meningkat, mengalami penurunan/peningkatan BB. b)Keluhan sekarangKlien merasa lemas dan tidak nafsu makan, mual,muntah. Nafsu makan meningkat dan mudah merasa lapar.c)Keluhan masa laluKlien pernah menderita gangguan sistem pencernaan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->