Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Penerapan Sosiologi Dlm Msyrkt

Makalah Penerapan Sosiologi Dlm Msyrkt

Ratings: (0)|Views: 1,930 |Likes:
Published by Sasaki Kojiro Neil
makalah
makalah

More info:

Published by: Sasaki Kojiro Neil on Jul 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/26/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Bicara eksistensi maka bicara popularitas di masyarakat. Sosiologi merupakan sebuahistilah yang berasal dari kata latin socius yang artinya teman, dan logos dari kata Yunani yangberarti cerita, diungkapkan pertama kalinya dalam
 buku yang berjudul
Cours De PhilosophiePositive
” karangan 
August Comte (1798-1857). Sosiologi muncul sejak ratusan, bahkan ribuantahun yang lalu. Namun sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat baru lahirkemudian di Eropa.Menurut Pitriam Sorokin, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan danpengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejalakeluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruhtimbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalahilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.Terkait dengan eksistensinya di masyarakat. Kalau di tahun-tahun sebelumnyaSosiologimerupakan suatu ilmu pengetahuan yang belum begitu eksis dibanding ilmu-ilmu pengetahuanlainnya. Yaitu seperti Matematika, sejarah Geografi dan lain sebagainya. Ini disebabkan karenatenaga pendidiknya yang masih jarang dari ilmu sosiologi. Dalam ilmu pendidikan, sosiologibaru dipelajari ketika kita duduk dibangku SMA. Namun, seiring dengan perkembangan zamansosiologipun ditahun 2008/2009 itu sudah dipelajari sejak SMP. Ini berarti ilmu sosiologisemakin berkembang dan semakin eksis didalam di masyarakat sebab ilmu sosiologi merupakanilmu yang sangat menarik untuk dipelajari. Apa yang kita dapat dari ilmu sosiologi bias kitaaktualisasikan ke kedupan msyarakat. Setidaknya kita tidak begitu susah untuk berintraksi danbersosialisasi dengan masyarakat lainnya. Gejala-gejala social yang ada di dalam masyarkatpunkita menjadi tahu sedikit demi sedikit.
 
2
BAB IIPEMBAHASANA.
 
PEMAHAMAN TERHADAP WAWASAN SOSIOLOGIS
Cara terbaik untuk mendefinisikan sosiologi adalah dari segi wawasannya tentangkenyataan sosial. Wawasan sosiologis ini adalah wujud pemahaman pengetahuansosiologi terhadap kenyataan sosial. Sebuah pemikiran dalam sosiologi pengetahuanmenyatakan bahwa supaya suatu masyarakat bertahan dan dapat hidup terus, masyarakatini harus mengembangkan prosedur-prosedur pemeliharaan kenyataan (
realitimaintenance
) konstruksi tentang kenyataan sosial tergantung dari wawasansosiologisnya.Wawasan adalah suatu sudut pandang atau suatu cara khusus untuk mengamatisesuatu dan menatanya sedemikian rupa sehingga menjadi bermakna dan dapat dipahami.Wawasan sosiologis berarti cara memandang sesuatu dengan menggunakan sudutpandang sosiologi sehingga kemudian menjadi bermakna dan dapat dipahami.
B.
 
PENERAPAN SOSIOLOGIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
Sebagaimana telah diuraikan diatas, bahwa pengetahuan sosiologi menelaahgejala-gejala yang wajar dalam masyarakat, seperti norma-norma, kelompok-kelompok sosial, lapisan-lapisan dalam masyarakat, lembaga-lembaga kemasyarakatan, sosial dankebudayaan, serta perwujudannya. Namun, tidak semua unsur tersebut berjalan lancar,dalam arti sebagaimana dikehendaki oleh masyarakat yang bersangkutan.Situasi inimendorong munculnya kekecewaan-kekecewaan dan bahkan penderitaan bagi wargamasyarakat. Untuk memecahkan kondisi ini banyak para ahli menerapkan pengetahuansosiologi. Hal ini dikarenakan objek kajian sosiologi adalah masyarakat.Selain sebagai alat untuk memecahkan masalah, keberadaan sosiologi digunakanpula dalam perencanaan sosial dan pembangunan antara lain :
 
3
1)
 
Penerapan Sosiologi dalam Perencanaan Sosial
Pengetahuan sosiologi sering diterapkan dalam perencanaan sosial. Dalammembuat sebuah perencanaan tentunya seorang ahli harus memahami betul seluk-beluk kehidupan masyarakat yang menjadi objek perencanaan sosial. Untuk memahami masyarakat Sebagai ilmu yang mempelajari gejala-gejala yang wajardalam masyarakat, mampukah sosiologi memecahkan masalah-masalah sosial yangtimbul dalam kehidupan masyarakat? inilah, seorang ahli menerapkan ilmu sosiologi.Jadi, jelaslah betapa pentingnya pengetahuan sosiologi dalam perencanaan sosial.Lantas apa yang dimaksud dengan perencanaan sosial itu?Perencanaan sosial adalah suatu kegiatan untuk mempersiapkan masa depankehidupan manusia dalam masyarakat secara ilmiah yang bertujuan untuk mengatasikemungkinan timbulnya masalah pada masa-masa terjadi perubahan. Perencanaansosial lebih bersifat preventif. Oleh karena itu, kegiatannya merupakanpengarahanpengarahan dan bimbingan-bimbingan sosial mengenai cara-cara hidupmasyarakat yang lebih baik. Oleh karena itu, berbagai perencanaan sosial dibuat.Secara sosiologi, perencanaan sosial didasarkan pada perincian pekerjaan yangharus dilakukan dalam rangka mempersiapkan masa depan yang lebih baik daripadasebelumnya. Contoh, pada masa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologiseperti saat ini, tentunya akan membawa dampak positif maupun negatif. Hal iniberarti diperlukan persiapan untuk menggunakan perencanaan dengan meningkatkankemampuan masyarakat demi mencapai kemajuan. Sehingga teknologi bukanmenjadi beban dan justru tidak bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.Menurut Ogburn dan Nimkoft (sebagaimana dikutip Soerjono Soekanto: 1987),terdapat beberapa persyaratan suatu perencanaan dapat berjalan efektif. Syarat-syarattersebut antara lain:a.
 
Adanya unsur modern dalam masyarakat yang mencakup suatu sistem ekonomi.Sebagai contohnya telah dipergunakan uang, urbanisasi yang teratur, inteligensiadi bidang teknik dan ilmu pengetahuan suatu sistem administrasi yang baik.b.
 
Adanya sistem pengumpulan keterangan dan analisis yang baik.c.
 
Terdapatnya sikap publik yang baik terhadap usaha-usaha perencanaan sosial.d.
 
Adanya pimpinan ekonomis dan politik yang progresif.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Naela Azizah liked this
085274443175 liked this
anggela_039 liked this
Darmawan Gelo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->