Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ria

Ria

Ratings: (0)|Views: 8|Likes:
Published by Rusli Laiman

More info:

Published by: Rusli Laiman on Jul 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2012

pdf

text

original

 
Nama:Kiki sepratama putraNPM:2009.51.0201Pengertian ObligasiObligasi
adalah suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepadapemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang pada saattanggal jatuh tempo pembayaran. Selain itu, pemilik hutang juga berjanji untukmembayarkan kupon (bunga) atas hutang tersebut secara periodik selama masahutang.Penerbit obligasi adalah si peminjam atau debitur, sedangkan pemegangobligasi adalah pemberi pinjaman atau kreditur dan kupon obligasi adalah bungapinjaman yang harus dibayar oleh debitur kepada kreditur. Secara umumberinvestasi dalam obligasi mirip dengan berinvestasi di deposito pada bank. BilaAnda membeli obligasi, Anda akan memperoleh bunga/kupon yang tetap secaraberkala biasanya setiap 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun sekali sampai waktu jatuhtempo. Ketika obligasi tersebut jatuh tempo, maka penerbit harus membayarsesuai dengan nilai awal dari obligasi tersebut beserta bunga/ kupon dari obligasitersebut. Selain dari keuntungan bunga yang relatif lebih tinggi dari deposito,Anda juga dapat mendapatkan keuntungan capital gain dalam investasi obligasi.Dari contoh sebelumnya, bila ternyata diakhir tahun ke-1 setelah kupon ke-1Anda terima, ternyata harga dari obligasi tersebut naik menjadi Jadi investasipada obligasi bukan hanya memberikan keuntungan dari pembayaran bungatetap tapi Anda juga berpeluang untuk mendapatkan keuntungan dari selisihharga beli dan jual atau capital gain.Rp 950 juta.
Nama-nama obligasi d berbagai negara
:Obligas
i dalam bahasa arab disebut “
samadat 
 
Obligasi dalam bahasa belanda disebut “
obligatie lening 
 
Obligasi dalam bahasa inggris disebut ”
bond 
 
Obligasi dalam bahasa indonesia disebut ”
surat utang negara 
 
Obligasi dalam bahasa jepang disebut ”
saiken 
 Obligasi
dalam bahasa prancis disebut ”
lien 
 
Obligasi dalam bahasa jerman disebut ”
anleihe 
 
Obligasi dalam bahasa spanyol disebut ”
de bonos 
 
 
Nama:Tri FranariaNPM:2009.51.0241Pengertian obligasiObligasi
adalah suatu istilah yang dipergunakan dalam dunia keuangan yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegangobligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kuponbunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. Ketentuan laindapat juga dicantumkan dalam obligasi tersebut seperti misalnya identitaspemegang obligasi, pembatasan-pembatasan atas tindakan hukum yangdilakukan oleh penerbit. Obligasi pada umumnya diterbitkan untuk suatu jangkawaktu tetap di atas 10 tahun. Misalnya saja pada Obligasi pemerintah  Amerika  yang disebut "U.S. Treasury securities" diterbitkan untuk masa jatuh tempo 10tahun atau lebih. Surat utang berjangka waktu 1 hingga 10 tahun disebut "suratutang" dan utang di bawah 1 tahun disebut "Surat Perbendaharaan. DiIndonesia, Surat utang berjangka waktu 1 hingga 10 tahun yang diterbitkan olehpemerintah disebut Surat Utang Negara (SUN) dan utang di bawah 1 tahun yang diterbitkan pemerintah disebut Surat Perbendaharan Negara (SPN).
 
Obligasi secara ringkasnya adalah merupakan utang tetapi dalam bentuk  sekuriti.  "Penerbit" obligasi adalah merupakan sipeminjam atau debitur, sedangkan"pemegang" obligasi adalah merupakan pemberi pinjaman atau kreditur dan"kupon" obligasi adalah bunga pinjaman yang harus dibayar oleh debitur kepadakreditur. Dengan penerbitan obligasi ini maka dimungkinkan bagi penerbitobligasi guna memperoleh pembiayaan investasi  jangka panjangnya dengan sumber dana dari luar perusahaan.  Pada beberapa negara, istilah "obligasi" dan "surat utang" dipergunakantergantung pada jangka waktu jatuh temponya. Pelaku pasar biasanyamenggunakan istilah obligasi untuk penerbitan surat utang dalam jumlah besaryang ditawarkan secara luas kepada publik dan istilah "surat utang" digunakanbagi penerbitan surat utang dalam skala kecil yang biasanya ditawarkan kepadasejmlah kecil investor.Tidak ada pembatasan yang jelas atas penggunaan istilah ini. Ada juga dikenal istilah "surat perbendaharaan" yang digunakan bagi sekuritiberpenghasilan tetap dengan masa jatuh tempo 3 tahun atau kurang . Obligasimemiliki risiko yang tertinggi dibandingkan dengan "surat utang" yang memilikirisiko menengah dan "surat perbendaharaan" yang memiliko risiko terendahyang mana dilihat dari sisi "durasi" surat utang dimana makin pendek durasinyamemiliki risiko makin rendah.
 
Obligasi dan saham keduanya adalah merupakan instrumen keuangan yang disebut sekuriti namun bedanya adalah bahwa pemilik saham adalah merupakan bagian dari pemilik perusahan penerbit saham, sedangkan pemegang obligasiadalah semata merupakan pemberi pinjaman atau kreditur kepada penerbitobligasi. Obligasi juga biasanya memiliki suatu jangja waktu yang ditetapkandimana setelah jangka waktu tersebut tiba maka obligasi dapat diuangkansedangkan saham dapat dimiliki selamanya ( terkecuali pada obligasi yangditerbitkan oleh pemerintah Inggris yang disebut gilts yang tidak memiliki jangka waktu jatuh tempo.
Nama-nama obligasi d berbagai negara
:Obligasi dalam bahasa arab disebut
 “samadat
” 
 
Obligasi dalam bahasa belanda disebut “
obligatie lening
” 
 
Obligasi dalam bahasa inggris disebut ” 
bond
” 
 Obligasi dalam bahasa indonesia di
sebut ” 
surat utang negara
” 
 
Obligasi dalam bahasa jepang disebut ” 
saiken” 
 
Obligasi dalam bahasa prancis disebut ” 
lien” 
 Obligasi dalam bahasa jerman disebut
”anleihe” 
 Obligasi dalam bahasa spanyol disebut
”de bonos” 
 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->