Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Power Steering

Power Steering

Ratings: (0)|Views: 2,292 |Likes:
Published by Dina Kurniawan

More info:

Published by: Dina Kurniawan on Jul 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2013

pdf

text

original

 
Power steering
 Jika sistem
power steering 
rusak, maka terdengar suara dengung ketika setir diputar. Hal itu terjadi karenaadanya kebocoran, sehingga oli
power steering 
berkurang. Sebaiknya periksa lebih detail jika ada lelehan oli diarea sistem kemudi dan bawa ke bengkel kepercayaan Anda. Karena jika rusak biaya yang dibutuhkan relatifmahal.
 
Rem
 Sistem rem juga menyebabkan bunyi. Sumbernya berasal dari kampas yang bergesekan dengan piringan rematau teromol. Selain karena ada kotoran yang menempel, bunyi juga bisa diakibatkan kampas rem sudah habis.Saat Anda melakukan pengereman, terdengar suara berdecit dan setir terasa bergetar.
Tergantung perawatan
 Menurut Avon, penyebab rusak yang utama adalah usia mobil.
“Biasanya
muncul setelah mobil digunakan 2-3tahun. Penggunaan pelek besar dan kondisi jalan sehari-hari yang rusak juga menjadi salah satu penyebab
uga,”
jelas Avon.Avon menambahkan, semua tergantung pada perawatan. Kalau perawatan mobilnya benar, maka komponentersebut akan berumur lebih lama.Menurutnya, biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki komponen-komponen tersebut antara Rp 3,5 - 5 jutatergantung dari kerusakan dan merek mobil. Untuk sistem suspensi, biayanya mulai dari Rp 3,5
 –
5 juta. Untuksistem rem biaya perbaikannya mulai dari Rp 600 ribu
 –
3,5 juta tergantung kerusakannya. Sementara jikamotor
power steering 
sudah rusak, maka biaya yang harus disiapkan berkisar antara Rp 2,5
 –
3 juta. 
 
 
Kaki-kaki
 Kaki-kaki mobil merupakan bagian yang penting. Seperti suspensi yang bertugas menahan bobot sertamembuat mobil menjadi stabil saat melaju. Tapi jika performa suspensi menurun, selain menyebabkankestabilan mobil berkurang, juga dapat menimbulkan bunyi
kriet...kriet 
atau
gluduk...gluduk 
.Bunyi juga bisa timbul dari komponen kaki-kaki lainnya. Seperti
ball joint, tie-rod, link stabilizer, bushing arm 
,dan lainnya. Untuk mendeteksi komponen itu rusak cukup mudah. Biasanya terdengar suara klutuk...klutuk saatmobil berjalan di jalan tidak rata atau berlubang.Sementara jika Anda mendengar suara dengung dari roda, maka disebabkan bearing roda yang aus. Suaradengung ini beda tipis dengan suara berisik pada ban. Sedangkan ban yang telah lama tidak dirotasi juga bisamenimbulkan dengung. Jadi sebaiknya diperiksa ke bengkel kepercayaan Anda, agar lebih meyakinkan.
 
Powe Steering
1. Landasan TeoriPada setiap kendaraan bermotor membutuhkan kekuatan dari sang pengemudi untuk mengarahkankendaraan tersebut ke kanan maupun ke kiri. Bagi pengemudi yang mempunyai tenaga yang cukupbesar, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah. Tapi bagi perempuan atau yang tidakmempunyai tenaga cukup besar, hal ini akan menjadi masalah yang cukup serius untuk dihadapi.Oleh karena itu diperlukan suatu alat yang dapat membantu memperingan tenaga pengemudidalam menggerakkan roda kemudi. Alat tersebut saat ini dikenal dengan nama Power Steering.Power steering memiliki berbagai jenis, hal ini dapat dibedakan melalui komponen-komponennya.Sebagai contoh gear box yang dipakai oleh suatu power steering. Berdasarkan gear box yangdipakai power steering ada dua macam yaitu power steering model worm dan model rack andpinion.Pada mobil KIA Shuma Yang di gunakan adalah tipe Rack and pinion.a . Komponen Power steering1.
 
RotorRotor pompa power steering rack and pinion disini berbentuk bulat dan terdapat beberapaalur untuk meletakkan vane plate. Rotor berfungsi untuk menciptakan kevakuman sehinggafluida dari reservoir dapat terhisap masuk ke dalam pompa (ruang dalam rotor). Fluida tadiakan dinaikkan tekanannya oleh rotor dengan cara mempersempit volume fluida melaluirotor yang berputar di dalam cam ring yang bentuknya oval. Karena cam ring yang berbentukoval inilah ada saatnya fluida tekanannya naik pada saat rotor berputar.2.
 
Vane pumpSistem power-steering mengadopsi pompa oil tipe vane untuk menghasilkan tekanan fluidayang cukup untuk mengoperasikan steering dan menjamin pengiriman fluida yang cukupuntuk merespon steering dengan cepat3.
 
Flow control valveFlow control valve berfungsi untuk mengontrol aliran yang diperbolehkan tetap melaluiorifice di posisi pertengahan dari sirkuit hydraulic.

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yuni Apsari liked this
El Ghozel liked this
Cii Tifaa liked this
Erik Bae liked this
Yudha Yonas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->