Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
24Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permainan Sepak Bola

Permainan Sepak Bola

Ratings: (0)|Views: 14,780|Likes:
Published by Nery Azni Ch

More info:

Published by: Nery Azni Ch on Jul 07, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/27/2013

pdf

text

original

 
PERMAINAN SEPAK BOLA
Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olah raga serta nilai – nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan dan olah raga beregu bola besar sepak bola lanjutan dengan konsisten serta nilai kerja sama, toleransi percaya diri, keberanian, menghadapi lawan dan bersedia tempat dan peralatan.
A. Teknik Dasar Permainan Sepak Bola
1.Melakukan berbagai teknik menendang, menghentikan dan menyundul bola dengankonsisten.a.
 Menyepak atau menendang bola berguna untuk :
1)Memberi bola kepada teman atau
 passing 
2)Menembak bola ke gawang atau
 shooting.
Cara menyepak bola ada 4 arah, yaitu :1)Menyepak dengan kaki bagian luar.2)Menyepak dengan kaki bagian dalam3)Menyepak dengan punggung kaki4)Menyepak dengan ujung kaki.
b.Menahan atau menghentikan bola
Menghentikan bola dalam permainan sepak bola berarti bola loangsungdihentikan, tetapi terus dimainkan dibawa bergerak atau operan kepada teman.Menghentikan bola ada 3 cara :1)Dengan kaki bagian lua2)Dengan kaki bagian dalam3)Dengan kaki bagian punggungMengembangkan keterampilan menggumpan dan menggiring bola sertameningkatkan ketangkasan dan kelincahan.
 
c.Menyundul bola
Bola yang datangnya dari arah depan atas atau melambung banyak dimainkanmenggunakan kepala atau dahi, tubuh harus benar-benar searah dengan bola yangakan dimainkan. Kedua kaki agak renggang dan lutut sedikit ditekuk. Tengkuk ditarik kebelakang agar dapat mengurangi derasnya datanya bola yang akanditerima.2.
Menentukan posisi dalam tim sesuai dengan keterampilan
Dalam suatu persepak bolaan modern sekarang ini sistem suatu kesebelasanmemegang peranan yang cukup menentukan bahkan merupakan kunci kemenanganapabila lawan yang dihadapiimbang kekuatannya.a.
 Sistem W –M 
Pemain –pemain yang memegang aktif dalam formasi W-M pada diagaram dibawahini :1)2 belakang kanan2)3 belakang kiri3)5 poros halang4)4 gelandang kiri5)6 gelandang kanan6)7 kanan luar 7)8 kanan dalam8)9 penyerang tengah9)10 kiri dalam10)11 kiri luar 11)1 penjaga gawangPengertian W-M disini jika formasi pemain-pemain pada diagram ditarik garisimager dari barisan penyerang nomor 7,8,9,10,11 maka akan membentuk huruf W,sedangkan pada penarikan garis imager pada formasi pemain belakang nomor 2,6,5,4,3, merupakan huruf M. Ciri utama sistem W-M formasi adalah poros halangyang merupakan palang pintu didepan gawang juga sebagai koordinator pertahananyang lebih banyak andilnya dalam menjebak 
off-side
 penyerang lawan.
 
 b.
 Sistem 4-2-4
Pemain-pemain yang aktif dalam formasi 4-2-4 pada diagram dibawah ini :1)2 belakang kanan2)3 poros halang3)4 poros halang4)5 belakang kiri5)6 gelandang kiri6)7 gelandang kiri7)8 kanan luar 8)9 kanan dalam9)10 kiri dalam10)11 kiri luar 11)1 penjaga gawangCiri utama sistem 4-24 adanya dua poros halang didepan gawang merupakan palang pintu pertahanan yang dibantu dua back ditambah dua gelandang, maka enam pemainini merupakan perpaduan yang sukar ditembus oleh penyerang lawan.
c.Pola 5-3-2
Dua pemain depan terdiri dari penyerang kanan dan kiri. Tiga pemain tengah atau penghubung terdiri daru gelandang tengah. Dan gelandang kiri lima pemain belakangterdiri dari stopper, back kanan dalam, back kanan luar, back kiri dalam dan back kiriluar.
3. Mengidentifikasi Saat Yang Tepat Untuk Melakukan Penyerangan DanPertahanan
a.Pola dasar penyerangan
Suatu kebelasan sepak bola terdiri dari barisan pertahanan dan penyerangan.Suatu penyerangan tidak sama dengan pertahanan, supaya dapat menembus pertahanan lawan memerlukan adanya taktik penyerangan sehingga pertahanan akanmudah terobos.

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Erwin Syah liked this
Ziyadatul Husna liked this
Maya Sari liked this
Abi Nya Umi liked this
Marisa Andani liked this
Ana liked this
Mayunk Sudirun liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->