Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sejarah

sejarah

Ratings: (0)|Views: 24 |Likes:
Published by Zikryqoolz Man

More info:

Published by: Zikryqoolz Man on Jul 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2012

pdf

text

original

 
 
Standar Kmpetensi : 
 
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
 
Kompetensi Dasar : 
 
2.1. Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
 
2.2. Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
 
2.3. Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, danreformasi
 
2.4. Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
 
Pendahuluan
 
Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata
demos 
artinya rakyat dan
cratos 
 /kratein artinya pemerintahan/berkuasa. Pemerintahan demokrasi yang kokohadalah pemerintahan yang sesuai dengan pandangan hidup, kepribadian, dan falsafahbangsanya. Pada masa Yunani Kunosudah berkembang demokrasi langsung, artinyaseluruh rakyat terlibat secara langsung dalam masalah kenegaraan. Hal ini terjadikarena wilayah negara sempit dan penduduknya sedikit. Pada masa modern,demokrasi langsung tidak dapat dijalankan karena wilayah negara cukup luas, jumlahpenduduk banyak, rakyat melalui suatu lembaga perwakilan (badan-badan perwakilanrakyat) dapat menyalurkan aspirasinya dalam kenegaraan atau serimng disebutdemokrasi perwakilan.
 
PENGERTIAN BUDAYA DEMOKRASI
 
1.
Budaya Demokrasi 
, adalah pola pikir, pola sikap, dan pola tindak warga masyarakatyang sejalan dengan nilai-nilai kemerdekaan, persamaan dan persaudaraan antarmanusia yang berintikan kerjasama, saling percaya, menghargai keanekaragaman,toleransi, kesamaderajatan, dan kompromi.
 
2.
International Commision of Jurist 
(ICJ), demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahandimana hak untuk membuat keputusan-keputusan politik diselenggarakan oleh wnmelalui wakil-wakil yg dipilih oleh mereka dan bertanggung jawab kepada merekamelalui suatu proses pemilihan yg bebas.3.
Abraham Lincoln 
, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untukrakyat.
 
4.
Giovanni Sartori 
, memandang demokrasi sebagai suatu sistem di mana tak seorangpundapat memilih dirinya sendiri, tak seorangpun dapat menginvestasikan dia dgnkekuasaannya, kemudian tidak dapat juga untuk merebut dari kekuasaan lain dengancara-cara tak terbatas dan tanpa syarat.5. Ensiklopedi Populer Politik Pembangunan Panca-sila, demokrasi adalah suatu polapemerintahan dalam mana kekuasaan untuk memerintah berasal dari mereka yangdiperintah.Unsur-unsur budaya demokrasi adalah :
 
 
1. Kebebasan, adalah keleluasaan untuk membuat pilihan terhadap beragam pilihan ataumelakukan sesuatu yang bermamfaat untuk kepentingan bersama atas kehendaksendiri tanpa tekanan dari pihak manapun. Bukan kebebasan untuk melakukan haltanpa batas. Kebebasan harus digunakan untukhal yang bermamfaat bagi masyarakat,dengan cara tidak melanggar aturan yang berlaku.
 
2. Persamaan, adalah Tuhan menciptakan manusia dengan harkat dan martabat yangsama. Di dalam masyarakat manusia memiliki kedudukan yang sama di depanhukum,politik, mengembangkan kepribadiannya masing-masing, sama haknya untukmenduduki jabatan pemerintahan.
 
3. Solidaritas, adalah kesediaan untuk memperhatikan kepentingan dan bekerjasamadengan orang lain. Solidaritas sebagai perekat bagi pendukung demokrasi agar tidak jatuh kedalam perpecahan.
 
4. Toleransi, adalah sikap atau sifat toleran. Toleran artinya bersikap menenggang(menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan,kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dll) yang bertentangan atau berbeda denganpendirian sendiri.
 
5. Menghormati Kejujuran, adalah keterbukaan untuk menyatakan kebenaran, agarhubungan antar pihak berjalan baik dan tidak menimbulkan benih-benih konplik di masadepan.
 
6. Menghormati penalaran, adalah penjelasan mengapa seseorang memiliki pandangantertentu, membela tindakan tertentu,dan menuntut hal serupa dari orang lain.Kebiasaan memberipenalaran akan menumbuhkan kesadaran bahwa adabanyakalternatif sumber informasi dan ada banyak cara untuk mencapai tujuan.
 
7. Keadaban, adalah ketinggian tingkat kecerdasan lahir-batin atau kebaikan budi pekerti.Perilaku yang beradab adalah perilaku yang mencerminkan penghormatan terhadapdan mempertimbangkan kehadiran pihak lain yang tercermin dalam sopan santun, danberadab.
 
Prinsip-prinsip demokrasi secara umum meliputi :
 
a. Kekuasaan suatu negara sebenarnya berada di tangan rakyat atau kedaulatan ada ditangan rakyat.
 
b. Masing-masing orang bebas berbicara, mengeluarkan pendapat, beda pendapat, dantidak ada paksaan.
 
Prinsip-prinsip demokrasi Pancasila adalah :
 
a. Kedaulatan di tangan rakyat
 
b. Pengakuan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia
 
c. Pemerintahan berdasar hukuk (konstitusi)
 
d. Peradilan yang bebas dan tidak memihak
 
e. Pengambilan keputusan atas musyawarah
 
f. Adanya partai plitik dan organisasi sosial politik
 
g. Pemilu yang demkratis.
 
Ciri pemilu yang demokratis menurut
Austin Ranney 
, adalah :
 
 
 
1. Hak pilih umum, pemilu disebut demokratis manakala semua warga negara dewasamenikmati hak pilih pasif dan aktif. Hak pilih pasif, yaitu hak warga negara untuk dapatdipilih menjadi wakil rakyat yang akan duduk di lembaga perwakilan rakyat. Hak pilihaktif, yaitu hak setiap warga negara untuk dapat memilih atau menggunakan hakpilihnya dalam pemilu untuk memilih wakilnya yang akan mewakilinya di lembagaperwakilan rakyat.
 
2. Kesetaraan bobot suara, suara tiap-tiapemilih diberi bobot yang sama, artinya tidakboleh ada sekelompok warga negara, apapun kedudukan, sejarah kehidupan, dan jasa- jasanya, yang memperoleh lebih banyak wakildari warga lainnya. Contoh bila hargasebuah kursi parlemen adalah 420.000 suara,msaka haruis ada jaminan bahwa tak adasekelompok warga negarapun yang kurang dari kuota tersebut mendaatkan satu ataubahkan lebih di parlemen.3. Tersedianya pilihan yang signifikan, para pemilih harus dihadapkan pada pilihan-pilihanatau calon-calon wakil rakyat atau partai politik yang berkualitas.
 
4. Kebebasan nominasi, Pilihan-pilihan itu harus datang dari rakyat sendiri melaluiorganisasi atau partai politik yang telah diseleksi untuk memdapatkan calon yangmereka pandang mampu menerjemahkan kebijakan organisasi dalam penyelenggaraanpemerintahan negara.
 
5. Persamaan hak kampanye, melalui kampanye mereka memperkenalkan program kerjakepada rakyat pemilih, pemecahan masalah yang ditawarkan, serta programkesejahteraan, dll.
 
6. Kebebasan dalam memberikan suara, para pemilih dapat menentukan pilihannyasecara bebas, mandiri, sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan hati nuraninya.
 
7. Kejujuran dalam penghitungan suara, kecurangan dalam penghitungan suara akanmenggagalkan upaya menjelmakan rakyat ke dalam badan perwakilan rakyat.Pemantau independen dapat menopang perwujudan kejujuran dalampenghitungansuara.
 
8. Penyelenggaraan secara periodik, pemilu tidak bolrh dimajukan atau diundurkasekehendak hati penguasa. Pemilu tidak boleh digunakan oleh penguasa untukmelanggengkan kekuasaannya. Tapi pemilu digunakan untuk sarana penggantiankekuasaan secara damai dan terlembaga.
 
MACAM-MACAM DEMOKRASI
 
1. Dari segi idiologi, demokrasi ada 2 macam :
 
a. Demokrasi konstitusional (demokrasi liberal), yaitu kekuasaan pemerintahan terbatasdan tidak banyak campur tangan serta tidak bertindak sewenang-wenang terhadapwarga negaranya. Kekuasaan dibatasi oleh konstitusi. Penganut demokrasi ini adalahNegara-negara eropa barat, Amerika serikat, India, pPakistan, Indonesia, Filipina,Singapura.
 
b. Demokrasi Rakyat (Proletar) adalah demokrasi yang berlandaskan ajaran komunismedan marxisme. Demokrasi ini tidak mengakui hak asasi warga negaranya. Demokrasiini bertentangan dengan demokrasi konstitusional. Demokrasi ini mencita-citakan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->