Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kelapa Sawit

Kelapa Sawit

Ratings: (0)|Views: 461|Likes:
Published by Ilham Nugroho

More info:

Published by: Ilham Nugroho on Jul 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/11/2012

pdf

text

original

 
1 |
Page
 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar belakang
Permintaan pasar dunia akan kebutuhan minyak kelapa sawit saat inisangat meningkat dengan selera konsumen yang semakin meningkat pula.Permintaan pasar tersebut harus diimbangi dengan penyediaan bahan berupatanaman kelapa sawit, dengan begitu permintaan dapat dipenuhi. Kelapasawit adalah salah satu dari beberapa palma yang menghasilkan minyak untuk tujuan komersil. Minyak sawit selain digunakan sebagai minyak makananmargarine, dapat juga digunakan untuk industri sabun, lilin dan dalampembuatan lembaran-lembaran timah serta industri kosmetik.Budidaya kelapa sawit selain untuk memenuhi kebutuhan pasar,tanaman ini dapat menjadi sistem penghijauan di lahan kritis atau lahan yangminim unsur hara serta meningkatkan pendapatan petani yangmembudidayakannya agar tercipta kemakmuran di keluarga petani.Produksi dan pemasaran kelapa sawit harus mendapat dukungan daripemerintah karena kelapa sawit mempunyai prospek yang cerah di pasaraninternasional. Sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salahsatu negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia. Oleh sebab itupemerintah harus mendukung dan membuat kebijakan yang dapatmemaksimalkan produksi kelapa sawit. Dengan maksimalnya produksikomoditas ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi petani kelapasawit pada khususnya dan keuntungan bagi negara secara umumnya.
B.
 
Rumusan Masalah.
1.
 
Apa saja jenis tanaman kelapa sawit?2.
 
Bagaimana budidaya tanaman kelapa sawit ?
 
2 |
Page
 
C.
 
Tujuan
1.
 
Untuk mengetahui jenis tanaman kelapa sawit2.
 
Untuk mengetahui budidaya tanaman kelapa sawit
D.
 
Manfaat
1. Bagi penyusunMenambah khasanah keilmuan tentang budidaya tanaman kelapa sawit2. Bagi masyarakatMemberikan informasi mengenai budidaya kelapa sawit yang baik danbenar.3.
 
Bagi mahasiswaMenambah pengetahuan tentang mata kuliah Dasar Budidaya Pertaniansecara umum dan khususnya budidaya tanaman kelapa sawit.
 
3 |
Page
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
A.
 
Sejarah Tanaman Kelapa Sawit
Kelapa sawit (
 Elaeis guineensis
Jack) merupakan salah satu tanamanpenghasil minyak nabati yang sangat penting. Perkebunan kelapa sawit diIndonesia di pelopori oleh Adrien Hallet, berkebangsaan Belgia, yang telahmempunyai pengalaman menanam kelapa sawit di Afrika. Penanaman kelapasawit yang pertama di Indonesia dilakukan oleh beberapa perusahaanperkebunan kelapa sawit seperti pembukaan kebun di Tanah Itam Ulu olehMaskapai Oliepalmen Cultuur, di Pulau Raja oleh Maskapai Huilleries deSumatra
 – 
RCMA, dan di sungai Liput oleh Palmbomen Cultuur Mij.
B.
 
Klasifikasi Tanaman Kelapa Sawit
Tanaman kelapa sawit (
 palm oil
) dalam sistematika (taksonomi) tumbuhandapat diklasifikasikan sebagai berikut :Kingdom :PlantaeDivisi:MagnoliophytaKelas:LiliopsidaOrder:ArecalesFamili :PalmaeGenus:ElaeisSpesies :
 Elaeis guineensis
Jack (Kelapa sawit Afrika)
 Elaeis melanococca
atau
Corozo oleifera
(kelapa sawit Amerika Latin)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->