Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah SI

Makalah SI

Ratings: (0)|Views: 153|Likes:
Published by faridah-hanum-6257

More info:

Published by: faridah-hanum-6257 on Jul 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/22/2013

pdf

text

original

 
PERANCANGAN SISTEM INFORMASIMANAJEMEN ASET
NAMA: FARIDAH HANUMNIM/BP: 16733/2010PENDIDIKAN EKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTERJURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKAFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS NEGERI PADANG2012
 
 ABSTRAK
Di era globalisasi ini, setiap perusahaan membutuhkan informasi yang cepat dan akurat.Salah satu informasi yang dibutuhkan ialah informasi aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan.Jumlah aset yang besar dan tersebar di berbagai cabang membutuhkan manajemen yang baik.Untuk mengatasi hal ini PT. Ciptakridatama merancang suatu sistem informasi untuk mengelolaaset yang dimiliki meliputi permintaan aset, persetujuan, pembelian, register, pengiriman danpenerimaan aset. Secara umum pendekatan yang dipakai penulis ialah pengumpulan data, analisaserta merancang sistem berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan.. Rancangan ini diharapkandapat mempercepat proses dan mempermudah penelusuran suatu aset. Kata kunci: Aset, sisteminformasi, manajemen, uml.
PENDAHULUAN
Seiring dengan berkembangnya suatu perusahaan maka jumlah aset juga akan terusbertambah dari tahun ke tahun. Aset adalah barang tidak habis pakai (
non consumable
) yangdimiliki perusahaan yang memiliki umur lebih dari 12 bulan. Aset membutuhkan manajemenyang baik agar lebih mudah untuk dipantau dan ditelusuri. Kebutuhan informasi mengenai datadan informasi suatu aset sangatlah penting guna untuk memperbaiki kinerja atau efisiensi didalam suatu perusahaan. Saat ini perusahaan PT.Ciptakridatama (CK) belum memiliki sistemyang terintegrasi dalam pembuatan permintaan aset. Permintaan aset masih menggunakandokumen yang harus ditandatangani oleh manejemen dann data aset masih disimpan dalambentuk 
 file
. Hal ini dirasakan kurang mengakomodasi kepentingan perusahaan karenapenelusuran permintaan aset lebih sulit dan proses dokumen lebih lama Untuk mengatasi hal iniPT.CK berusaha untuk membuat suatu sistem untuk manajemen aset terintegrasi yang meliputipermintaan aset, persetujuan permintaan, pembelian, register aset, pengiriman aset, danpenerimaan aset. Rancangan sistem ini diharapkan dapat melengkapi berbagai kekurangan padasistem yang lama diantaranya yaitu sistem yang terintegrasi mulai dari permintaan, persetujuan,pembelian, register, pengiriman dan penerimaan aset sehingga memudahkan dalam penelusuransuatu aset.
 
Dengan mengacu kepada pembicaraan diatas, ada beberapa masalah yang dihadapi olehPT.CK dengan menggunakan sistem informasi yang ada sekarang. Pada umumnya masalah-masalahtersebut terdapat dari permasalahan di bawah ini :1.
 
Sistem manajemen aset yang saat ini berjalan prosesnya belum sepenuhnya terhubung karenamasih sebagian masih dilakukan secara manual sehingga penelusuran aset lebih sulit.2.
 
Adanya peraturan dari grup perusahaan untuk menyimpan data aset di sistem ERP hanya untuk aset yang nilainya dua juta rupiah atau lebih agar lebih mudah dimonitor. Hal ini menyebabkanbanyak aset yang nilainya kurang dari nilai tersebut tidak tercatat.3.
 
Persetujuan permintaan aset cukup lama dan lebih sulit ditelusuri.4.
 
Kurangnya efisiensi waktu dan biaya. Belum adanya sistem yang terintegrasi menyebabkanpembuatan berbagai laporan aset menjadi lebih sulit. Selain itu dari sisi biaya penggunaan kertasdan tinta menyebabkan biaya lebih tinggi.
TINJAUAN PUSTAKA
Aset adalah sumber daya yang mempunyai manfaat ekonomik masa datang yang cukup pastiatau diperoleh atau dikuasai/dikendalikan oleh suatu entitas akibat transaksi atau kejadian masa lalu.
 
Aset mempunyai sifat sebagai manfaat ekonomik dan bukan sebagai sumber ekonomik karenamanfaat ekonomik tidak membatasi bentuk atau jenis sumber ekonomik yang dapat dimasukkansebagai aset. Aset pada umumnya terbagi 2 yaitu aset tetap dan aset tidak berwujud. Aset tetapadalah aset berwujud yang mempunyai masa manfaat lebih dari 12 (dua belas) bulan untuk digunakan dalam kegiatan ekonomi perusahaan. Aset tetap diklasifikasikan berdasarkankesamaan dalam sifat atau fungsinya dalam aktivitas operasi entitas tanah, peralatan, gedungbangunan, jalan dan sebagainya. Aset tidak berwujud adalah jenis aset yang tidak memilikiwujud fisik. Contoh dari aset ini adalah hak cipta, paten, merek dagang, rahasia dagang. Siklusmanajemen aset mempertimbangkan semua pilihan dan strategi manajemen sebagai bagian dariaset masa pakai, dari perencanaan sampai penghapusan aset. Tujuan adalah untuk mencari biayaterendah dalam jangka panjang (bukan penghematan dalam jangka pendek) ketika membuatkeputusan dalam asset manajemen.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->