Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah

Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah

Ratings: (0)|Views: 147 |Likes:

More info:

Published by: LidaLida Orihara Nyan on Jul 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2012

pdf

text

original

 
BAB II [ Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah ]By : kelompok 5October 15, 2011
BAB IIKONSEP DASAR MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
A.
 
Manajemen Sekolah
Istilah manajemen terdiri dari tiga pandangan yaitu:1. Mengartikan administrasi lebih luas daripada manajemen (manajemen merupakaninti dari administrasi)2. Melihat manajemen lebih luas daripada administrasi3. Pandangan yang menganggap bahwa manajemen identik dengan administrasi.Berdasarkan fungsi pokoknya istilah manajemen memiliki dan mempunyai fungsiyang sama. Oleh karena itu perbedaan kedua istilah tersebut tidak konsisiten dan tidak signifikan. Gaffer (1989) mengemukakan bahwa manajemen pendidikan mengandung artisebagai suatu proses kerja sama yang sistematik, sisitemik, dan komprehensif dalam rangkamewujudkan pendidikan nasional. Manajemen pendidikan juga dapat diartikan sebagaisegala sesuatu yang berkenan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuanyang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.Manajemen atau pengelolaan merupakan komponen integral dan tidak dapat dipisahkan dariproses pendidikan secara keseluruhan. Alasannya tanpa manajemen tidak mungkin tujuanpendidikan dapat diwujudkan secara optimal, efisien dan efektif. Konsep tersebut berlaku disekolah yang memerlukan manajemen yang efektif dan efisien. Dalam kerangka inilahtumbuh kesadaran akan pentingnya manajemen berbasis sekolah, yang memberikankewenangan penuh kepada sekolah dan guru dalam mengatur pendidikan dan pengajaran ,merencanakan, mengorganisasi, mengawasi, mempertanggung jawabkan, mengatur sertamemimpin sumber-sumber daya insan serta barang-barang untuk membantu pelaksanaanpembelajaran yang sesuai dengan tujuan sekolah. Manajemen berbasis sekolah juga perludisesuaikan dengan kebutuhan dan minat peserta didik, guru-guru serta kebutuhanmasyarakat setempat. Untuk itu perlu dipahami fungsi-fungsi pokok manajemen yaitu;1.
 
PerencanaanMerupakan proses yang sistematis dalam peengambilan keputusan tentang tindakanyang akan dilakukan pada waktu yang akan datang. Perencanaan juga merupakankumpulan kebijakan yang secara sistematik di susun dan dirumuskan berdasarkan datayang dapat dipertanggung jawabkan serta dapat digunakan sebagai pedoman kerja.
 
BAB II [ Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah ]By : kelompok 5October 15, 2011
Perencanaan program pendidikan sedikitnya memiliki 2 fungsi utama. Pertama,perencanaan merupakan upaya sistematis yang menggambarkan penyusunanrangkaian tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi ataulembaga dengan pertimbangan sumber-sumber yang tersedia atau sumber-sumberyang dapat disediakan. Kedua, perencanaan merupakan kegiatan untuk mengerahkanatau menggunakan sumber-sumber yang terbatas secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.2.
 
PelaksanaanMerupakan kagiatan untuk merealisasikan rencana menjadi tindakan nyata dalamrangka mencapai tujuan yang efektif dan efisien.3.
 
PengawasanDapat diartikan sebagai upaya untuk mengamati secara sistematis danberkesinambungan, merekam, memberi penjelasan, petunjuk, pembinaan danmeluruskan berbagai hal yang kurang tepat, serta memperbaiki kesalahan.Pengawasan merupakan kunci keberhasilan dalam keseluruhan proses manajemen,perlu dilihat secara komprehensif, terpadu dan tidak terbatas pada hal-hal tertentu.4.
 
PembinaanMerupakan rangkaian upaya pengendalian secara profesional semua unsur organisasiagar berfungsi sebagaimana mestinya sehingga rencana untuk mencapai tujuan dapatterencana secara efektif dan efisien.Manajemen pendidikan merupakan alternatif strategis untuk meningkatkan kualitaspendidikan. Hasil penelitian Balitbang dikbud (1991) menunjukkan bahwa manajemensekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Dalammanajemen pendidikan dikenal dua mekanisme pengaturan yaitu sistem sentralisasi dansistem desentralisasi. Dalam sistem sentralisasi, segala sesuatu yang berkenaan denganpenyelenggaraan pendidikan diatur secara ketat oleh pemerintah pusat. Sementara dalamsistem desentralisasi wewenang pengaturan tersebut diserahkan kepada pemerintah daerah.Hal ini juga berlaku dalam manajemen pendidikan di Indonesia, sebagaimana dijelaskandalam penjelasan UUSPN 1989 bahwa pendidikan nasional diatur secara tepusat(sentralisasi), namun penyelenggaraan satuan dan kegiatan pendidikan dilaksanakan secaratidak terpusat (desentralisasi).Ada 4 hal yang harus dipersiapkan demi terwujudnya desentralisasi;
 
BAB II [ Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah ]By : kelompok 5October 15, 2011
1.
 
Pengaturan perundang- undangan yang mengatur desentralisasi pendidikan daritingkat daerah, provinsi, sampai tingkat kelembagaan.2.
 
Pembinaan kemampuan daerah.3.
 
Pembentukan perencanaan unit yang bertanggung jawab untuk menyusunperencanaan pendidikan.4.
 
Perangkat sosial, berupa kesiapan masyarakat setempat untuk menerima danmembantu menciptakan iklim yang kondusif bagi pelaksanaan desentralisasi tersebut.MBS memerlukan upaya-upaya penyatupaduan atau penyelarasan sehinggapelaksanaan pengaturan berbagai komponen sekolah tidak tumpang tindih, berbenturan,saling lempar tugas dan tanggung jawab. Dengan begitu tujuan yang telah ditetapkan dapatdicapai secara efektif dan efisien.
B. Manajemen Berbasis Sekolah
Istilah manajemen berbasis sekolah merupakan terjemahan dari “
school based management 
. Pada sistem MBS sekolah dituntut secara mandiri menggali, mengalokasikan,menentukan prioritas, mengendalikan dan mempertanggung jawabkan pemberdayaansumber-sumber, baik kepada masyarakat maupun pemerintah. MBS merupakan salah satuwujud dari reformasi pendidikan, yang menawarkan kepada sekolah untuk menyediakanpendidikan yang lebih baik dan memadai bagi para peserta didik. Kewenangan yangbertumpu pada sekolah merupakan inti dari MBS yang dipandang memiliki tingkat efektifitastinggi serta memberikan beberapa keuntungan berikut:1.
 
Kebijaksanaan dan kewenangan sekolah membawa pengaruh langsung kepada pesertadidik, orang tua dan guru.2.
 
Bertujuan bagaimana memanfaatkan sumberdaya lokal3.
 
Efektif dalam melakukan pembinaan peserta didik seperti kehadiran, hasil belajar,tingkat pengulangan, tingkat putus sekolah, moral guru dan iklim sekolah4.
 
Adanya perhatian bersama untuk mengambil keputusan, memberdayakan guru,manajemen sekolah, rancang ulang sekolah dan perubahan perencanaan (Fattah,2000).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->