Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Ekonomi Makro Dan Ekonomi Mikro

Pengertian Ekonomi Makro Dan Ekonomi Mikro

Ratings: (0)|Views: 388 |Likes:
Published by Kahar Dahlawy

More info:

Published by: Kahar Dahlawy on Jul 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2013

pdf

text

original

 
1.
 
PENGERTIAN EKONOMI MAKRO DAN EKONOMI MIKRO
Ekonomi makro dan ekonomi mikro merupakan bagian dari ekonomi teori. Ekonomi teori yaitu ilmuekonomi yang bertugas menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi dan kemudian merumuskanhubungan tersebut dalam suatu hukumekonomi atau teori ekonomi.- Ekonomi makro adalah salah satu bidang ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatanekonomi di suatu Negara dengan analisis yang bersifat menyeluruh (agregat). Hal itu sejalan denganpengertian makro, yakni besar dan menyeluruh.- Ekonomi mikro adalah salah satu bidang ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis kegiatanekonomi dengan cara melihat dan menganalisis bagian- bagian kecil dari keseluruhan. Hal ini sejalandengan pengertian mikro, yakni kecil.
2. HUBUNGAN EKONOMI MAKRO DAN EKONOMI MIKRO
Menurut Gregory Mankew dalam buku “Pengantar Ekonomi”, ekonomi makro
dan ekonomi mikro salingberkaitan satu dengan yang lain. Karena perubahan ekonomi secara menyeluruh (makro), tentulah hasildari perubahan berjuta-juta individu dalam melakukan kegiatan ekonomi.Dengan kata lain, perubahan yang terjadi dalam ekonomi makro merupakan hasil dari seluruhperubahan yang terjadi dalam ekonomi mikro.Contohnya bila seorang pakar ekonomi ingin menganalisis efek (pengaruh) dari pemungutan pajakpenghasilan terhadap produksi barang dan jasa secara menyeluruh, maka pakar ekonomi tersebut haruslebih dulu menganalisis efek dari pemungutanpajak penghasilan terhadap individu atau rumah tangganya.
3. MANFAAT EKONOMI MAKRO DAN EKONOMI MIKRO
- Manfaat mempelajari ekonomi makro adalah dapat mengetahui pendapatan nasional, pertumbuhanekonomi nasional, dan neraca pembayaran nasional.- Manfaat mempelajari ekonomi mikro adalah dengan mempelajari ekonomi mikro kita dapat melakukanpenghematan (efisiensi) dalam penggunaan sumber daya yang serba terbatas. Selain itu, kita jugadapat mengetahui cara-cara mencapai kepuasan maksimum dalam penggunaan sumber daya yangserba terbatas tersebut.
4. PERBEDAAN EKONOMI MIKRO DAN EKONOMI MAKRO
Perbedaan ekonomi mikro dengan ekonomi makro bisa dilihat dari tiga hal, yakni corak analisis, titikberat analisis, dan materi yang dibahas.
- Ekonomi Mikro :
 1. Corak analisis bersifat mikro (bagian-bagian kecil).
 
2. Titik berat analisis mengenai cara mewujudkan efisiensi (penghematan) dan cara mencapaikepuasan maksimum.3. Contoh materi yang dibahas :a. Teori produksib. Biaya produksic. Teori perilaku produsene. Neraca perdaganganf. Neraca pembayarang. Pengangguranh. Pendapatan per kapitai. Permintaan seluruh konsumen j. Penawaran seluruh produsen
PERBEDAAN EKONOMI MIKRO DAN EKONOMI MAKRO
Ilmu ekonomi mikro menganalisis bagian-bagian yang dilakukan oleh unit-unit kecil dari keseluruhankegiatan perekonomian. Berbagai aspek yang diulas dalam teori ekonomi mikro telah dipaparkan di bagiansebelumnya. Dalam hal ini pada umumnya pendekatan mikro terkait dengan keputusan-keputusan yang diambilolehpara pelaku ekonomi dengan mengacu pada signal harga pasar. Pemahaman konsep- konsep ekonomi mikrodan aplikasinya dalam ekonomi dan bisnis memungkinkan para pelaku ekonomi untuk membuat keputusan yangoptimal.Sebaliknya ilmu ekonomi makro merupakan analisis atas keseluruhan kegiatan perekonomian yangbersifat global dan tidak memperhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian.Dalam ekonomi makro, analisis dijalankankan terhadap keseluruhan produsen dan konsumen dalam perekonomian.Teori ekonomi makro menerangkan aspek-aspek seperti penentuan tingkat perekonomian negara yang berkaitan
 
dengan sampai di mana suatu perekonomian akan menghasilkan barang dan jasa. Tingkat kegiatan perekonomianditentukan oleh pengeluaran agregat dalam perekonomian yang terdiri dari 4 komponen yaitu:
Pengeluaran rumah tangga (konsumen rumah tangga)
Pengeluaran pemerintah
Pengeluaran perusahaan-perusahaan (investasi)
Ekspor 
 –
ImportSelain itu, analisis dalam teori ekonomi makro akan memperhatikan pula masalah perubahan harga,perubahan penawaran, pengeluaran agregat serta masalah-masalahyang akan timbul bila pengeluaran agregat tidakmencapai tingkatnya yang ideal (yaitu kesempatan kerja penuh tanpa inflasi). Sebagai gambaran, dalam teoriekonomi makro dibahas tentang langkah utama pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran dan inflasiyang dibedakan menjadi dua bentuk kebijaksanaan yaitu kebijaksanaan fiskal dan kebijaksanaan moneter.Kebijaksanaan fiskal adalah langkah-langkah pemerintah dalam merubah struktur dan jumlah pajak danpengeluarannya dengan maksud untuk mempengaruhi tingkat kegiatan perekonomian. Sedangkan kebijaksaanmoneter adalah langkah-langkah pemerintah melalui bank sentral dalam mengatur dan mempengaruhi jumlah uangdalam perekonomian atau mengubah suku bunga dengan tujuan untuk mengatasi masalah perekonomian yangdihadapi. Dalam perekonomian, kedua kebijaksanaan ini digunakan oleh pemerintah untuk mencapai beberapatujuan, yaitu:1. Untuk mengatasi masalah-masalah pokok ekonomi makro yang selalu timbul seperti halnya masalahpengangguran, masalah kenaikan harga-harga dan masalah penciptaan pertumbuhan ekonomi yangmemuaskan.2. Untuk menjamin agar faktor-faktor produksi digunakan dan dialokasikan ke berbagai kegiatan ekonomisecara efisien.3.
 
Untuk memperbaiki keadaan distribusi pendapatan yang tidak merata, yang selalu tercipta dalammasyarakat yang kegiatan perekonomiannya terutama diatur oleh sistem pasar bebas.
EKONOMI MAKRO DAN EKONOMI MIKRO
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di dalam memenuhi kebutuhannya yangrelatif tidak terbatas dengan menggunakan sumber daya yangterbatas dan masing-masing sumber daya mempunyaialternatif penggunaan (opportunity cost). Ekonomi makro atau makro ekonomi adalah studi tentang ekonomi secarakeseluruhan. Makro ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak rumah tangga(household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untukmemengaruhi target-targetkebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja danpencapaian kesimbangan neraca yang berkesinambungan. Ilmu ekonomi muncul karena adanya tiga kenyataanberikut :
• Kebutuhan manusia relati
f tidak terbatas.
• Sumber daya tersedia secara terbatas.• Masing
-masing sumber daya mempunyai beberapa alternatif penggunaan.Secara garis besar ilmu ekonomi dapat dipisahkan menjadi dua yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmuekonomi makro. Pengertian dan perbedaan ekonomi makro dan ekonomi mikro terletak pada ruang lingkup kajianekonomi.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Vyjo Siempre liked this
Winata Ajha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->