Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
15Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Formulir 5

Formulir 5

Ratings: (0)|Views: 3,790|Likes:
Published by Izza Anshory

More info:

Published by: Izza Anshory on Apr 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.
ASPEK KEMANFAATAN DAN KEUNGGULAN
 
1.1.1.Visi, Misi, dan Tujuan Program StudiVisi Program Studi
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mempunyai visi menjadikanprogram studi terkemuka dan bermutu dalam pengembangan ilmu pengetahuanteknologi informasi dan komunikasi di kawasan regional dan nasional yang dijiwaisemangat ke-Muhammadiyahan.
Misi Program Studi
Misi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dirumuskan sebagaiberikut :a.Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkemampuanmengelola dan mengajar mata pelajaran komputer di sekolah dasar danmenengah, sekolah kejuruan (SMK dan SMK-TI), Madrasah Tsanawiyah danAliyah.b.Mengembangkan pendidikan teknologi informasi dan komunikasi padaanak didik yang berkemampuan membuat dan merancang sistem basis datadan informasi sekolah, mengelola perangkat keras dan jaringan komputerserta mengelola pembelajaran berbasis komputer yang memiliki kemampuanmerancang dan membuat bahan ajar atau materi pembelajaran berbasiskomputer.c.Melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepadamasyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
d.
Menghasilkan alumni yang berjiwa mandiri dan berakhlakul karimahdengan dijiwai semangat ke-Muhammadiyahan.
Tujuan Program Studi
Sebagaimana tujuan penyelenggaraan pendidikan yang telahditetapkan oleh Universitas dan Fakultas untuk menghasilkan sumberdayamanusia yang berkualitas dan bermoral, mengembangkan ilmu pengetahuandan memiliki kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat maka diturunkantujuan program studi sebagai berikut:
 
a.Menghasilkan sarjana pendidikan teknik informatika yang berkualitas danprofesional untuk memenuhi tuntutan global, berfikir kritis dan analitis sertamemiliki rasa percaya diri yang tinggi yang berlandaskan iman dan taqwab.Menghasilkan sarjana yang bermoral, disiplin, jujur, intelektual dan bijaksanadalam menyelenggarakan proses belajar mengajar di kelas.c.Menghasilkan karya akademik yang bermanfaat bagi masyarakat melaluikegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.d.Membantu pemerintah untuk mewujudkan mewujudkan kesejahteraanmasyarakat melalui kegiatan penerapan iptek dalam bidang teknik inforrmatika.
1.1.2.Manfaat Program Studi
Guru adalah salah satu komponen esensial dalam suatu sistempendidikan di Indonesia. Peran, tugas, dan tanggungjawab guru sangatpenting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskankehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, meliputikualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan,teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil,makmur, dan beradab. Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yangsangat strategis tersebut, diperlukan guru yang profesional. Sebagaimanadiamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, gurudinyatakan sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utamamentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmupengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, dan penelitian.Sementara itu, profesional dinyatakan sebagai pekerjaan atau kegiatan yangdilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yangmemerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutuatau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.Kualifikasi akademik guru dan berbagai aspek unjuk kerjasebagaimana ditetapkan merupakan salah satu elemen penentukewenangan guru mengajar di suatu jenjang pendidikan. Di samping itu,penguasaan kompetensi guru juga merupakan persyaratan penentukewenangan mengajar. Kompetensi tenaga pendidik, khususnya guru,diartikan sebagai seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yangharus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diwujudkan oleh guru dalammelaksanakan tugas profesionalnya. Kompetensi tersebut meliputikompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dankompetensi profesiona
 
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa guruadalah pendidik profesional. Oleh karena demikian, guru dipersyaratkan memilikikualifikasi akademik minimal sarjana/Diploma IV (S1/D-IV) yang relevan danmemiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran. Pemenuhan persyaratankualifikasi akademik minimal S1 / D-IV dibuktikan dengan ijazah dan persyaratanrelevansi mengacu pada jenjang pendidikan yang dimiliki dan mata pelajaranyang dibina. Pemenuhan persyaratan penguasaan kompetensi sebagai agenpembelajaran yang meliputi kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian,kompetensi sosial, dan kompetensi professional dibuktikan dengan sertifikatpendidik.Sedangkan kalau kita melihat kondisi yang ada tenaga pendidik teknologiinformasi dan komunikasi yang mengajar di sekolah-sekolah tidak mempunyailatar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang yang diajar, walaupun ada juga yang sesuai tetapi tidak mempunyai sertifikat sebagai pendidik, namunkarena ketiadaan tenaga pendidik di bidang teknologi informasi menjadikantenaga pendidik mau tidak mau menjadi guru teknologi informasi dan komunikasidi sekolah tersebut. Sehingga banyak sekali mahasiswa setelah lulus dari jurusanteknik informatika kuliah kembali mengambil AKTA IV untuk memenuhipersyaratan akademik sebagai tenaga pengajar di bidang teknologi informasi dankomunikasi.Memang harus diakui negeri ini sangat kekurangan tenaga pendidikkhususnya tenaga pendidik yang terampil di bidang teknologi Informasi danKomunikasi. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan jumlah sekolah yang ada di Jawa Timur dengan jumlah perguruan tinggi yang membuka program studiPendidikan Teknik Informatika. Namun akankah kekurangan itu ditambal olehtenaga pendidik “AsDa” alias asal ada, asal memenuhi perintah diknas agar disetiap sekolah diajarkan TIK tanpa mempedulikan standarisasi pengajaran TIK dan kualitas guru yang mengajar.
Tabel 1Program Studi Pendidikan Teknik Informatika di IndonesiaNoKode PTPerguruan TinggiKota
1001-032Universitas Negeri PadangPadang2001-033Universitas Negeri MalangMalang3001-036Universitas Negeri MakassarMakassar4001-038Universitas Negeri YogyakartaYogyakarta

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nahroel Ao liked this
achysf liked this
achysf liked this
Nur Farida liked this
rizal_adek liked this
rizal_adek liked this
Nur Farida liked this
Ikmal Idrus liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->