Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan

Ratings: (0)|Views: 56 |Likes:
Published by rien_saijaan

More info:

Published by: rien_saijaan on Feb 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/10/2012

pdf

text

original

 
Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaanuntuk memperoleh sumber modal yang semurah-murahnya danmenggunakannya se-efektif, se-efisien, seproduktif mungkin untukmenghasilkan laba. Aktivitas itu meliputi :
1.AKTIVITAS PEMBIAYAAN ( FinancingActivity )
Aktivitas pembiayaan ialah kegiatan pemilik dan manajemen perusahaanuntuk mencari sumber modal ( sumber eksternal dan internal ) untukmembiayai kegiatan bisnis.
A.Sumber eksternal
1..Modal Pemilik atau modal sendiri (Owner Capital atau Owner Equity).Atau modal saham (Capital Stock ) yang terdiri dari : Saham Istimewa(Preferred Stock) dan Saham Biasa (Common Stock).2.Utang (Debt), Utang Jangka Pendek (Short-term Debt) dan Utang Jangka Panjang (Long-term Debt).3.Lain-lain, misalnya hibah.
B. Sumber Internal :
1.Laba Ditahan (Retained Earning)2.Penyusutan, amortisasi, dan Deplesi ( Depreciation, Amortization, danDeplention)3.Lain-lain, misalnya penjualan harta tetap yang tidak produktif.
2.Aktiva Investasi (Investment activity)
aktivitas investasi adalah kegiatan penggunaan dana berdasarkan pemikiranhasil yang sebesar-besarnya dan resiko yang sekecil-kecilnya. Aktivitas itumeliputi :1.Modal Kerja (working Capital) atau harta lancar (Current Assets)2.Harta Keuangan (Finaceal assets) yang terdiri : investasi pada saham(stock) dan Obligasi (Bond)3.Harta Tetap (real Assets) yang terdiri dari : Tanah,gedung, Peralatan.4.Harta Tidak Berwujud (intangible assets) terdiri dari : Hak Paten, HakPengelolaan Hutan, Hak Pengelolaan Tambang, Goodwill.
3.Aktivitas Bisnis (Business Activity)
Aktivitas bisnis adalah kegiatan untuk mencari laba melalui efektivitaspenjualan barang atau jasa efisiensi biaya yang akan mengahsilkan laba.Aktivitas itu dapat dilihat dari laporan Laba-Rugi, yang terdiri dari unsur :1.Pendapatan (sales atau Revenue)2.Beban ( Expenses)
 
3.Laba-Rugi ( Profit-Loss)
4.Tanggung Jawab Manager Keuangan
Aktivitas perusahaan ditinjau dari sudut manajemen keuangan menjadi tugasmanajer keuangan. Tugasnya antara lain adalah sebagai berikut :1.Perolehan dana dengan biaya murah.2.Penggunaan dana efektif dan efisien3.analisis laporan keuangan4.analisis lingkungan Internal dan eksternal yang berhubungan dengankeputusan rutin dan khusus.Berdasarkan tugas tersebut, manajemen keuangan memiliki tujuan antaralain adalah ;1.Memaksimalkan nilai perusahaan2.Membina relasi dengan pasar modal dan pasar uang.
5.Sifat Dasar Perusahaan
 Tujuan perusahaan adalah mencari laba dan mempertahankan kelangsunganhidupnya. Dalam kegiatannya mencari laba,pemilik memberi wewenangkepada manajemen untuk melaksanakannya. Dalam usahanya memperolehlaba manajemen harus berprilaku:1.Memaksimumkan nilai perusahaan, artinya manajemen harusmengahasilkan laba lebih besar dari biaya modal yang digunakannya.2.Tanggung jawab sosial, artinya dalam mencari laba, manajemen tidakboleh merusak lingkungan alam,sosial, dan budaya.
P.PerusahaanD.KomisarisDirutD.PemasaranD.ProduksiD.KeuanganD. SDMM.KeuanganM.Akuntansi
 
3.Etika, artinya manajemen dalam mengusahakan laba harus tundukpada norma-norma sosial di lingkungan mereka bekerja dan tidak bolehmenipu masyarakat konsumen.
6.Memaksimumkan Nilai Perusahaan
Nilai ialah sesuatu yang dijunjung tinggi dan dihormati. Dalam perusahaanhal itu diwujudkan dalam perhitungan laba oprasional bersih atau
net operating profit after tax 
yang lazim disebut NOPAT. Perusahaan dapatdikatakan memiliki nilai maksimum jika NOPAT lebih besar dari pada biayamodal yang digunakan untuk memperoleh laba tersebut. Misalnyaperusahaan memiliki modal Rp 1000, biaya modal yang diperhitungkan 10%per tahun, Laba oprasi Rp150. pajak 20%. Nilai Perusahaan sebesar :[Laba Operasi (1 – Pajak ) – ( Biaya Modal X Modal)]Biaya Modal[Rp 150 ( 1 – 0,20) – (0,10 X Rp 1000)] = Rp 12000,10Berdasarakan perlindungan diatas, perusahaan memiliki tambahan nilaimodalnya ( atau nilai invetasinya) Rp 1000, sedangkan nilai perusahaanberdasarkan kapitalisasi laba oprasi bersih Rp 1200. Manajemen harusberusaha agar nilai perusahaan semaksimum mungkin, artinya ia harusmampu memperoleh laba operasi sebesar-besarnya dengan modal yangdigunakan sekecil mungkin.
7.Perkembangan Peranan Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan memiliki peran dalam kehidupan perusahaanditentukan oleh perkembangan ekonomi kapitalisme. Pada awal lahirnyakapitalisme sebagai system ekonomi pada abad 18, manajemen keuanganhanya membahas topic rugi-laba. Selanjutnya berturut-turut ia memilikiperanan antara lain sebagai berikut :1.Tahun 1900 awal : Penerbit surat berharga2.Tahun 1930 – 1940 : kebangkrutan, reorganisasi3.Tahun 1940 – 1950 : anggaran & internal audit4.Tahun 1950 – 1970 : eksternal perusahaan5.Tahun 1970 – 1980 : inflasi6.Tahun 1980 – 1990 : krisis ekonomi keuangan7.Tahun 1990 – sekarang : globalisasiPerkembangan manajemen keuangan sangat dipengaruhi oleh berbagaifactor antara lain kebijakan moneter, kebijakan pajak, kondisi ekonomi,kondisi social, dan kondisi politik. Kebijakan moneter berhubungan dengantingkat suku bunga dan inflasi. Khususnya inflasi mempunyai dampaklangsung terhadap manajemen keuangan antara lain masalah :1.Masalah akuntasi2.Kesulitan perencanan3.Permintaan terhadap modal

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->