P. 1
Gigi Tiruan Sebagian Lepasan

Gigi Tiruan Sebagian Lepasan

|Views: 155|Likes:
Published by opanrusyanto

More info:

Published by: opanrusyanto on Jul 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

Gigi tiruan sebagian lepasan (RPD) merupakan pilihan pengobatan yang efektif dan terjangkau untuk edentulism parsial

. Jika alasan utama untuk mencari pengobatan adalah kebutuhan untuk estetika membaik, pengobatan harus diarahkan untuk mencapai tujuan ini. Artikel ini adalah hasil dari studi literatur tentang desain estetika gesper untuk RPD konvensional. Dalam konteks ini, posisi gesper pada gigi, jenis gesper, gesper bahan dan metode alternatif retensi terakhir. Meskipun diterbitkan di jurnal terkemuka, penulis melaporkan bahwa banyak artikel yang dipublikasikan mengenai hal ini adalah bersifat deskriptif dan kurang memiliki bukti ilmiah. Oleh karena itu, dokter dianjurkan untuk menjadi penting dalam interpretasi mereka atas literatur dan penerapan informasi yang diterbitkan dalam praktek klinis mereka. Pendahuluan

mengembalikan mulut sebagian edentulous. Gigi tiruan sebagian lepasan (RPD) merupakan efektif dan terjangkau perawatan modalitas untuk mengembalikan fungsi dan aesthetics.3 Jika alasan utama untuk mencari pengobatan adalah kebutuhan untuk estetika membaik, pengobatan harus diarahkan untuk mencapai ini goal.1, 2, 4 Kegagalan untuk mengenali harapan pasien dapat menyebabkan non-kepatuhan dan kegagalan treatment. Estetika mempengaruhi penampilan, martabat dan harga diri individu. Pemahaman apa yang estetis dapat diterima atau tidak bervariasi untuk berbagai kelompok orang (spesialis, dokter gigi umum dan pasien) .4 Dokter gigi memiliki tanggung jawab untuk membuat rekomendasi untuk mencapai hasil estetika terbaik untuk pasien tertentu.
RPD desain adalah tanggung jawab clinician.5 Pemeriksaan komprehensif pra-perawatan klinis menyediakan dokter dengan semua data yang diperlukan untuk desain RPD diterima biologis dan estetis. Komunikasi yang baik antara dokter gigi dan teknisi gigi memastikan bahwa desain yang ditentukan dijalankan correctly.4 Penggunaan surveyor gigi untuk menentukan jalur penyisipan, lokasi dan kedalaman memotong dan paralelisme pesawat membimbing adalah proses yang sangat diperlukan dalam merancang sebuah RPD.6, 7,8 Banyak pasien menemukan tampilan majelis gesper estetis tidak dapat diterima. Sebuah Platter PubMed dan Silver pencarian literatur dilakukan mencakup periode 1970-2004 dengan menggunakan kata kunci "gigi tiruan sebagian lepasan estetika", termasuk artikel terkait tambahan dan link. Dari pencarian tersebut sebanyak 43 publikasi dipilih untuk review ini. 16 dari publikasi ini yang dipilih adalah artikel deskriptif, 9 adalah tinjauan kasus klinis dan hanya 18 di antaranya melaporkan publikasi hasil penelitian. Penting untuk dicatat besarnya jumlah artikel dan ulasan deskriptif kasus dipublikasikan di bidang ini, sehingga mendesak pembaca untuk bersikap kritis dalam penafsiran bahan yang tersedia di jurnal gigi. Jumlah terbatas dari informasi yang diambil dari buku teks palsu serta dari pencarian internet menggunakan mesin pencari "Google". Tujuan artikel ini adalah untuk meninjau literatur pelaporan atas jasa estetika komponen dpt menyimpan dari RPD, misalnya jepit, jalan penyisipan dan pesawat panduan.

2. Kunci jepit dapat diklasifikasikan ke dalam infrabulge dan suprabulge clasps. Dari semua desain gesper dipelajari. Ini gesper umum digunakan mengelilingi gigi oleh lebih dari 180 derajat. Gesper paduan mulia adalah kuat dan tangguh dengan kekuatan hasil yang baik seperti yang sesuai dengan literatur. tergantung pada jenis bahan yang digunakan. pengepungan dan pasif. dukungan. bahan gesper. posisi Posisi konveksitas terbesar pada gigi. Melingkar gesper / C-gesper. (Gambar 1) 3. Suprabulge jepit 1. Selain itu. yang ditentukan oleh survei. Ini akan dibahas pada bagian: Pilihan material. berfungsi sebagai panduan dalam penempatan dari gesper. 14 Jepit mendekati melemahkan dari aspek distal kurang terlihat dari mesially mendekati jepitan Jenis penjepit A. dan dengan demikian retensi. perakitan gesper idealnya harus tidak mempengaruhi estetika negatif. Kerangka dengan gesper kembali tindakan menunjukkan beban terbesar resistensi dislodgment awal. stabilitas. Hal ini estetis yang tidak diinginkan bila digunakan anterior karena memiliki asal oklusal dan logam ditampilkan.10 permukaan enamel Membentuk dan penggunaan komposit dapat memodifikasi sifat busung dari permukaan gigi dan memungkinkan penempatan jepit ke posisi kurang terlihat. balasan. memiliki lebih potensi yang tersembunyi dalam aspek distobuccal dari tooth. Tikungan gesper lengan ke belakang pada tonjolan bukal gigi untuk mencapai melemahkan distal. Back-tindakan gesper Owen melaporkan penggunaannya pada premolar atas. lokasi gesper di gigi dan jumlah jepitan penting. 10 Para gesper suprabulge mendekati melemahkan dari arah oklusal dan lebih terlihat.2 Komponen dari setiap perakitan gesper harus memenuhi enam persyaratan biomekanik: retensi. back-tindakan jepit dengan sandaran mesial dilaporkan memiliki hasil excellen berkaitan dengan perilaku mekanik. Seleksi yang teliti terhadap posisi gesper pada gigi individu. Modifikasi keliling gesper Menurut kasus ini report18. di antara tiga desain (Gambar 2) . juga disebut sebagai gesper gingivally mendekati.13 The gesper infrabulge telah dianggap lebih kuat daripada gesper suprabulge karena memiliki tindakan tersandung melekat meskipun tidak ada bukti untuk ini dalam literature. Tiga studycompared dpt menyimpan mekanisme dalam RPD sepihak.6. Ujung gesper fleksibel melibatkan melemahkan dari abutment untuk memberikan retention. Hal ini tidak mencolok dan pengolahan cukup mudah. Acceptibility dapat meningkat sedikit. jenis gesper. Gesper infrabulge. gesper emas dilemparkan menyerupai tatahan emas kecil. mendekati melemahkan dari arah gingiva.Clasps Kunci jepit digunakan sebagai pengikut langsung untuk RPD. Penelitian dibandingkan distribusi beban pada abutment di RPDs ekstensi distal. meningkatkan panjang dan sehingga kurang jelas.

Studi kasus baru diterbitkan menjelaskan gesper imbang sebelah ekstensi distal dalam kombinasi dengan alternatif lain estetika. Menurut testimonial di situs internet yang imbang ® Institute Gigi. Imbang gesper Goodman dikembangkan dan menggambarkan sistem imbang. tetapi tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan pernyataan ini. lampiran intracoronal berbatasan sadel toothsupported dari RPD rahang atas. tindakan yang didasarkan pada prinsip-prinsip gesper backaction. Gesper imbang dikembangkan mengklaim untuk mengatasi semua persyaratan dari sebuah gesper berhasil serta estetika dan distribusi beban menguntungkan bagi abutment. .23 kiat Genggam ditempatkan dalam persiapan dalam enamel permukaan proksimal gigi penopang. Penulis menyarankan alternatif baik ketika estetika menjadi perhatian utama. gesper ini telah berhasil digunakan selama 35 tahun terakhir.4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->