P. 1
Suku Baduy

Suku Baduy

|Views: 94|Likes:
Published by Ruby Decita

More info:

Published by: Ruby Decita on Jul 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

Suku Baduy

Sistem Kepercayaan dan Religi Suku Baduy yang merupakan suku tradisional di Provinsi Banten hampir mayoritasnya mengakui kepercayaan sunda wiwitan. Yang mana kepercayaan ini meyakini akan danya Allah sebagai “Guriang Mangtua” atau disebut pencipta alam semesta dan melaksanakan kehidupan sesuai ajaran Nabi Adam sebagai leluhur yang mewarisi kepercayaan turunan ini. Kepercayaan sunda wiwitan berorientasi pada bagaimana menjalani kehidupan yang mengandung ibadah dalam berperilaku, pola kehidupan sehari-hari,langkah dan ucapan, dengan melalui hidup yang mengagungkan kesederhanaan (tidak bermewah-mewah) seperti tidak mengunakan listrik,tembok, mobil dll. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Baduy menurut kepercayaan sunda wiwitan: 1. Upacara Kawalu yaitu upacara yang dilakukan dalam rangka menyambut bulan kawalu yang dianggap suci dimana pada bulan kawalu masyarakat baduy melaksanakan ibadah puasa selama 3 bulan yaitu bulan Kasa,Karo, dan Katiga. 2. Upacara ngalaksa yaitu upacara besar yang dilakukan sebagain uacapan syukur atas terlewatinya bulan-bulan kawalu, setelah melaksanakan puasa selama 3 bulan. Ngalaksa atau yang bsering disebut lebaran. 3. Seba yaitu berkunjung ke pemerintahan daerah atau pusat yang bertujuan merapatkan tali silaturahmi antara masyarakat baduy dengan pemerintah, dan merupakan bentuk penghargaan dari masyarakat baduy. 4. Upacara menanam padi dilakukan dengan diiringi angklung buhun sebagai penghormatan kepada dewi sri lambing kemakmuran. 5. Kelahiran yang dilakukan melalui urutan kegiatan yaitu: 1. 2. 3. 4. 5. Kendit yaitu upacara 7 bulanan ibu yang sedang hamil. saat bayi itu lahir akan dibawa ke dukun atau paraji untiuk dijampi-jampi. setelah 7 hari setelah kelahiran maka akan diadakan acara perehan atau selametan. Upacara Angiran yang dilakukan pada hari ke 40 setelah kelahiran. Akikah yaiotu dilakukannya cukuran, khitanan dan pemberian nama oleh dukun (kokolot) yuang didapat dari bermimpi dengan mengorbankan ayam.

1. Perkawinan, dilakukan berdasarkan perjodohan dan dilakukan oleh dukun atau kokolot menurut lembaga adat (Tangkesan) sedangkan Naib sebagai penghulunya. Adapun mengenai mahar atau seserahan yakni sirih, uang semampunya, dan kain poleng.

Bulan Kaanem 7. Ada 3 pemukiman di Tangtu ( daerah bagian dalam ).Setiap pemukiman luar memiliki pemimpin sendiri yang disebut Jaro. Terbukti. Bulan Katilu 4. Mereka membagikan diri kedalam beberapa kelompok berdasarkan keturunan mereka. Adapun keseniannya yaitu: 1. . Dengan semakin banyak penduduk ada juga orang Baduy yang kini tinggal diluar tata susun resmi. masyarakat Baduy menggunakan kesenian untuk memeriahkannya.iman memiliki puun sendiri yang secara adapt memiliki tugas khusus dan mengadakan hubungan dengan sejumlah pemukiman di Dangka (daerah bagian luar Baduy). Bulan Hapid Kayu yang telah diuraikan diatas. bulan Kasapuluh 11. Bulan Karo 3. yang dikierim ke dunia di Sasaka Pusaka Buana oleh Batara Batara tunggal. Bulan Hapid Lemah 12.Dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari tentunya masyarakat baduy disesuaikan dengan penanggalan: 1. dan Cikartawana. Seni Musi (Lagu daerah yaitu Cikarileu dan Kidung ( pantun) yang digunakan dalam acara pernikahan). Bahasa Masyarakat Baduy Sunda namun mereka tak menutup diri untuk terus mempelajari Bahasa nasional yalkni bahasa Indonesia. yaitu di pemukiman tambahan yang disebut penamping atau pajaroan. tidak sedikit masyarakat Baduy yang dapat berbahasa Inbdonesia. Kesenian Dalam melaksanakan upacara tertentu.Setiap daerah pemuk. Bulan Kalima 6. yaitu Cibeo. Sistem Pemerintahan Orang Baduy mengnggap dirinya sebagai keturunan jauh dari 7 Batara atau Dewa. Bulan Sapar 5. Bulan Kasalapan 10.Cikeusek. Seluruh organisasi ini disebut “Masyarakat tiga Tangtu dan tujuh Jaro”. apabila ada masyarakat baduy yang melanggar asalah satu pantangan maka akan dikenai hukuman berupa diasingkan ke hulu atau dipenjara oleh pihak polisi byang berwajib. Bulan Kasa 2. Karena itu mereka hidup dalam pemukiman yang berbeda. Bulan Kadalapan 9. Bulan Kapitu 8.

Hal ini ditunjang karena kegemaran sebagai orang rawayan (pengembara). merupakan suatu lading suci bagi mereka yang berpemukiman dalam. . Sistem Kekerabatan Suku Baduy adalah bukan suku terasing melainkan suatu suku yang mengasingkan diri dengan pola kehidupannya patuh terhadap hukum adat. Adapun cara hidup mereka baik dengan sessama warga. Dalam pendidikan modern orang Baduy masih tertinggal jauh namun mereka belajar secara otodidak. Seia sekata dalam pandangan. berlindung terhadap Pusaka Karuhun dan amanat Leluhurnya sekalipun tidak tersurat tetapi tersirat dalam ingatan sehingga patuh dan taat terhadap peraturan hokum adat yang dipimpin oleh Kepala Adat ( Puun ). dan teknik bertani yang diwariskan oleh leluhurnya. orang Baduy memiliki tingkat toleransi. cangkul. Sistem Pengetahuan Sistem pengetahuan orang Baduy adalah Pikukuh yaitu memegang teguh segala perangkat peraturan yang diturunkan oleh leluhurnya. Seni Ukir Batik.2. Alat musik (Angklung Buhun dalam acara menanan padi dan alat musik kecapi) 3. bahwa mereka termasuk komunitas masyarakat yang tertua di Banten. Mata Pencaharian Orang Baduy berpenghasilan dari pertanian. Jadi sebetulnya orang Baduy sangat informasional sekali sebetulnya. adalah peninggalan sejarah dan prasejarah yang tertinggal sebagai bukti terkuat. tahu banyak informasi. dll. Ada 4 jenis lading untuk padi gogo yaitu humas serang. Peralatan dan Teknologi Kehidupan orang Baduy berpusat pada daur pertanian yang diolah dengan menggunakan peralatan yang masih sangat sederhana. Mereka mengandalkan peralatan yang masih sangat primitive seperti bedog. menutup diri dari pengaruh budaya yang akan masuk dari luar. Namun. Dalam hal pengetahuan ini. Sebagai penutup dan catatan penulis. hidup mandiri denga tidak mengharapkan yang sifatnya bantuan dari orang lain / orang luar. jiwa social. sebagai pelengkap yang lebih akurat dibandingkan foklore (cerita rakyat) dan narasumber lainnya. taat terhadap adat. kemungkinan bahwa budaya lama telah banyak digantikan dengan budaya baru menandakan sebetulnya budaya sangat relatif dan adaptif di lingkungan Suku Baduy. Huma tangtu merupakan lading yang dikerjakan oleh orang Baduy Dalam yang meliputi Huma tuladan atau huma jaro. Huma penamping merupakan ladang yang dikerjakan oleh orang Baduy diluar kawasan tradisional. tata krama. dimulai pada bulan kaampat kalender Baduy yang dimulai dengan kegiatan nyacar yakni membersihkan semua belukar untuk menyiapkan ladang. bergotong royong. Dalam adapt Baduy terutama Baduy Dalam. kampak. masyarakat tidak boleh menggunakan peralatan yang sudah modern. terutama Baduy luar.

hidup rukun saling member dan menerima dalam hal yang saling membutuhkan adalah merupakan pelengkap untuk menimbulkan rasa kedamaian karena kalau saling menciderai dan membinasakan akan mendatangkan bencana dan perpecahan. . Amanat leluhur yang menjelma jadi hokum adat mampu mengatur tatanan kehidupan untuk kesejahteraan dan tatanan yang senapas dengan lingkungannya sehingga warna hidup dan kehidupannya mempunyai keseragaman kata dan perbuatannya.Menurut palsafah suku Baduy pergantian musim adalah mendatangkan dan meninggalkan untuk kesejahteraan manusia.

Daftar pustaka  http://3gplus.com/2008/04/08/suku http://images.htm?key=adye03:journal:7&nmid=3403 75544 .adye03.wordpress.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/TAUQ4wooCH8AABP VA501/PENJELASAN%20SUKU%20BADUY.

4.Ilmu pengetehuan Pengtahuan suku ini sangat tergantung pada budaya karena mereka benar-benar memegang teguh apa itu kebudayaan mereka masih menggunakan pengetahuan dari leleuhur mereke dan bias di bilang bahwa kehidupan modern mereka sangat tertinggal. 7.bahkan mereka tidak manggunakan tembok serta listrik di rumah mereka.Seni Kesenian mereka sangat tradisional dan masih menggunakan kesenian dari leluhur.ereka juga mempelajari bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia. 3. 2.ada juga dengan memebuwat kain tenun untuk di jual serta adanya pande besi untuk membuwat golok.serta adat sunda angat kental sekali dengan kehidupan mereka.Kesimpulan: 1.saling memebantu dan tolong menolong itu sudah hal yang biasa mereka lakukan jadi kerukunan antar suku tetap mereka jaga.serta orang suku baduy kebanyakan memepercayai bahwa kehidupan mereka tidak harus mewah. 6.Sistem kekerabatan Sistem kekerabatan dalam dunia mereka sangat baik.seperti seni music yang berbentuk kecapi atau lagu khas suku mereka yang biasanya di gunakan saat ada acara-acara tertentu.Mata pencaharian Mata pencaharian mereka kebanyakan adalah petani atau bercocok tanam. 5. .Bahasa Suku ini kebanyakan berasal dari sunda jadi tidsak heran jika mereka berbahasa sunda akan tetapi .Sisitem religi dan kepercayaan Orang Baduy memepercayai akan adanya Allah dan Nabi Adam sebagai tuntunan mereka.Peralatan hidup Peralatan hidup suku baduy ini masih peralatan yang sangat sederhana yaitu golok khas suku baduy atau pisau dapur yang biasanya mereka beli dari daerah dalam suku sendiri dan masih belum terkonmimnasi dengan peralatan modern.

TUGAS IPS MRNGETAHUI TENTANG 7 UNSUR UNIVERSAL DARI SUKU BADUY Di susun oleh: Yuliana Warohmatul Aini XI KPR 4 SMK Negeri 2 Malang .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->