“ NARASI ANOTASI – AKTIFITAS “

Kejadian 1
Menerima Pesanan : Pelanggan tiba, greater lalu mengantarkan pelanggan ke meja yang telah ditentukan. Jika meja tidak tersedia, pelanggan menunggu di ruang tunggu. Greater Lalu memberikan menu kepada pelanggan. Ketika pelanggan siap untuk memesan servier lalu menanyakan serta mengambil pesanan pelanggan. Pesanan yang sudah di pesan lalu diinput oleh servier melalui system dan akan diterima ke bagian staff dapur dan kasir.

Kejadian 2
Menyiapkan makanan : Cooking menyiapkan makanan menggunakan informasi yang telah diimput oleh server.

Kejadian 3
Menyajikan makanan : Ketika makanan sudah siap, makanan ditempatkan di meja cooking. Lalu Server mengambil makanan dan mengantarkannya ke meja sesuai dengan No pesanan pelanggan.

Kejadian 4
Mencatat penjualan : Pelanggan memberikan uang tunai kepada kasir. Kasir lalu memasukan jumlah pembayaran dengan memasukkan kode pada setiap menu. Dengan menggunakan mesin cash register tersebut dapat menyimpan serta menampilkan informasi mengenai penjualan. Setelah itu kasir akan memberikan uang kembali yang sesuai dengan nota penjualan.

Kejadian 5
Menutup Register : Pada saat akhir bertugas kasir menutup mesin cash register dan mencatat laporan penjualan.

Kejadian 6
Merekonsiliasi Kas : Kasir memberikan laporan penjualan kepada manajer kas. Manajer kas lalu memeriksa laporan penjualan dengan menyesuaikan dengan nota-nota penjualan serta menyesuaikan dengan jumlah uangnya. Setelah itu laporan tersebut diserahkan kepada Manajer. Dan manajer akan melaporkannya ke pusat.

1

Pelanggan mendatangi kasir. Masuk Pada Saat pelanggan tiba di pintu. 2 6. 4. Pelanggan siap melakukan pemesanan Staff dapur menerima pesanan Runner mengambil pesanan yang sudah di siapkan staff dapur. mencatat penjualan dan menyerahkan uang kembalian. Memberikan laporan penjualan kepada Manajer. Menghitung uang dan membandingkan dengan laporan penjualan dan seluruh jumlah nota penjualan. Mencatat laporan penjualan dan member laporan penjualan kepada manajemen kas. Mengambil pesanan Menyiapka n pesanan Menyajikan pesanan Servier 3. 2. Merekonsili -asi uang tunai Manajer kas Kasir member laporan penjualan. Menutup registrasi kas Kasir Pergantian kasir shift 1 ke kasir shift 2 7. Manajer Kas Menerima laporan penjualan Manajer . Menyiapkan / memasak pesanan. Membuka pintu dan mencarikan tempat untuk pelanggan. Menerima uang tunai Kasir Menerima uang tunai sesuai dengan yang tertera di nota penjualan. Staff Dapur Runner 5. Mencatat pesanan pelanggan." SIKLUS PENDAPATAN PADA PIZZA HUT " NO KEJADIAN AGEN INTEREN YANG BERTANGGUNG JAWAB Greater MULAI KETIKA AKTIFITAS PADA KEJADIAN 1. Menyajikan pesanan kepada pelanggan.

3 .Menerima laporan dari Manajer Kas Melaporkan hasil penjualan 3x seminggu ke pusat.

Pelanggan Servier/Ru nner Staf Dapur Kasir Manajer Register Memes an makana n Menerim a pesanan C:Mencari Menyiap kan pesanan Sales ticket N: Nota Penjualan (sedang dalam proses) harga Membay ar tunai Menyajik an makanan Sales Ticket Sales ticket N:Nota Penjualan (selesai) N:Nota Penjualan (selesai) Mencata t Penjuala n P:Penjualan T Ticket N:Nota Penjualan (lunas) Sales Menutu p Register Merekon si-liasi Kas Sales Summary RP:Ringkas an penjualan 4 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful