MAKALAH UJIAN SUSULAN

MACAM-MACAM E-COMMERCE

OLEH ADITYA NUGRAHA 09518241024

PENDIDIKAN TEKNIK MEKATRONIKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012

Rumusan Masalah Apa saja macam-macam E-commerce? Apa saja keuntungan berbisnis online? Apa saja kendala dalam bisnis online? Bagaimana solusi dari kendala bisnis online? . dan pelayanan pelanggan. karena pemain bisnis di Indonesia masih banyak kalangan tua.kompas. meningkat dari tahun sebelumnya di angka 42 juta. untuk menunjang aktivitas bisnisnya. yang dikenal dengan EBusiness atau ECommerce. tapi banyak orang tidak menyadari.(www. Oleh karena itu penggunaan internet untuk aplikasi strategi bisnis di Indonesia peluangnya cukup besar. Pengguna interenet di Indonesia pun semakin banyak. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet.BAB I PENDAHULUAN A.2011) Penggunaan internet di Indonesia digunakan untuk keperluan bisnis sebesar: 43%. penjualan. sekitar 50 persen hingga 80 persen dari pengguna Internet merupakan kaum muda. Di masing-masing kota yang disurvei oleh MarkPlus Insight. sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis. Angka pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia masih didominasi oleh anak muda dari kelompok umur 15-30 tahun. dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet.com. seperti: pemasaran. jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2011 ini sudah mencapai 55 juta orang. komputer. Menurut MarkPlus Insight. bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi. LATAR BELAKANG Kemajuan di bidang teknologi. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun. menunjukkan beberapa perusahaan telah menerapkan internet untuk berbisnis. sedangkan keperluan pribadi sebanyak: 32% Penggunaan internet di Indonesia untuk keperluan bisnis sebesar 43%. B.

namun hasil dari keahlian kita juga bisa. Empat contoh model bisnis e-commerce yang dapat digunakan adalah sebagai berikut (Arfans. Macam-Macam E-commerce 1. .BAB II PEMBAHASAN A. Model-Model Bisnis E-Commerce Dari beberapa literatur dan iklan-iklan bisnis e-commerce di internet kita bisa melihat banyak modelmodel bisnis yang ditawarkan. Disini kita akan mendapatkan penghasilan melalui komisi hasil penjualan. dalam bisnis pribadi ini bisa menawarkan produk yang merupakan hasil karya kita sendiri. baru setelah itu diijinkan untuk memasarkannya. Binis Reseler Model bisnis reseler adalalah dimana pada prinsipnya hampir sama dengan model bisnis affiliasi. Binis Affiliasi Model bisnis affiliasi adalah dimana kita menjual produk orang lain. hanya saja untuk bisa bergabung dengan bisnis model ini terlebih dahulu diharuskan untuk membeli salah satu produk yang mereka miliki. Biasanya hasil yang bisa kita dapatkan dari bisnis model ini sebesar 20% sampai 50%. Bisnis Pribadi (Menjual Produk Sendiri) Bila kedua model bisnis e-commerce di atas sumber penghasilan adalah dengan menjual produkproduk orang lain. b. Misalnya dalam membuat sebuah e-book tentang bagaimana cara menghemat listrik sampai 80% lalu memasarkannya melalui internet. dimulai dari model arisan berantai sampai bermain valas atau forex secara online. Karya di sini tidak hanya berbentuk benda hasil produksi saja. biasanya berkisar antara 4% sampai 60% dari harga produk. 2011) : a. c. bisnis ini dapat digunakan oleh yang tidak memiliki produk sendiri untuk dijual tetapi sangat ingin berbisnis di internet.

Dan contoh penyedia blog adalah blogger.com. Transaction Brokers Model bisnis yang memberikan fasilitas transaksi. wordpress.d. c. d. lalu bisa daftarkan situ/blog kesebuah perusahaan periklanan/advertising online. Publisher Model bisnis publisher ini sangat menarik.com dll. Jika situs/blog memenuhi syarat maka akan didapat komisi dari setiap pengunjung yang datang ke situ/blog dan membaca iklan yang berasal dari perusahaan advertising tersebut. karena tidak menjual sebuah produk atau jasa sama sekali. model bisnis internet dibagi menjadi 9.com. yaitu: a. Pengiriman barang dan jasa bersifat non-digital / fisik dengan menggunakan perantara. b. Marketplace Concentrator Model bisinis dengan memusatkan informasi mengenai produk dan jasa dari berbagai produsen pada satu titik sentral. Virtual Store Front Model bisnis dengan menjual produk atau jasa bersifat fisik secara online. . Disini pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian. Pembeli dapat mencari dan membandingkan dan melakukan transaksi. blogdetik. multiply.com. e. tergantung pada reaksi konsumen. dimana harga dan ketersediaan selalu berubah. harga dan ketersediannya. Information Brokers Model bisnis yang menyediakan informasi mengenai produk. seperti kurir. Contoh perusahaan advertising yang sudah sangat terkenal adalah google. tetapi hanya membuat sebuah situs/blog yang berisi informasi yang unik dan sedang dicari banyak orang. Electronic Clearinghouses Model bisnis ini menyediakan suasana seperti tempat lelang produk. jasa. Sedangkan Menurut Laudon & Laudon (2000).

agar bisnis mudah ditemukan konsumen . Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali. 2. B. i. Reverse Auclion Model bisnis dimana konsumen mengajukan penawaran kepada berbagai penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang dispesifikasi oleh konsumen. dapat membantu pemasaran bisnis yang jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Online Service Provider Model bisnis yang menyediakan Iayanan dan dukungan bagi pam pemakai perangkat Iunak dan perangkat kerns. modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet. Karena dengan jaringan internet. modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Digital Product Delivery Model bisnis yang menjual dan mengirim perangkat lunak. Dalam menjalankan bisnis online. Pendapatan dari model bisnis ini diperoleh dari biaya Iangganan atau biaya akses. Berikut beberapa keuntungan bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha : 1. Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. dan produk digitallainnya melalui internet. multimedia. penjualan ruang iklan atau biaya penempatan iklan dalam daftar terorginasasi pada searchable database. h. luasnya jangkauan pasar. g.f. karena bisnis online memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline. Content Provider Model bisnis yang menyediakan kont(m. Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah. Keuntungan Bisnis Online Bisnis online banyak dijalankan oleh masyarakat.

Karena mereka menyerah dengan kendala-kendala yang dihadapi selama menjalankan bisnis tersebut. Bila pelaku bisnis offline memasarkan produk atau jasa dengan bertemu langsung kepada konsumennya. bahkan nonstop 24 jam. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan. Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen. memutuskan untuk memulaibisnis di internet ternyata tidak selamanya mulus seperti yang kita bayangkan. C. Tak heran jika saat ini banyak orang yang tertarik mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis melalui internet. dengan fasilitas online yang mendukung. sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima system 6. dibantu dengan koneksi internet. dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem. Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas. Namun dibalik keuntungan yang diberikan. dan meninggalkan usaha onlinenya. karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. saat memulai usaha. Hal inilah yang membuat banyak orang akhirnya gulung tikar. maka pada bisnis online konsumen bisa membeli sebuah produk melalui jarak jauh tanpa harus bertemu langsung dengan penjualnnya. Kendala dan Solusi Dalam Bisnis Online Memulai bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis offline. Ada beberapa hambatan yang menjadi kendala kita.3. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan. Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. 4. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline. yang membedakannya hanya cara memasarkan produk mereka saja. . sehingga hasil omset penjualan dapat langsung diterima. Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah. Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Tentu kemudahan konsumen untuk membeli produk dengan bantuan internet. juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan 5. memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online.

Kemajuan teknologi. atau kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Lalu. membuat kepercayaan konsumen akan bisnis online masih kurang. Banyaknya penipuan di dunia maya. tipe produk. koneksi internet masih sangat terbatas. bergabung dengan forum bisnis online. Namun bagi rekan-rekan yang tinggal di daerah pinggiran. reseller produk. ukuran produk. mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. lihat saja peluang bisnis toko online. cantumkan alamat lengkap dan contact person yang bisa dihubungi konsumen baik melalui chating. Pilih modem yang sinyalnya memang bagus. jadi persaingannya tidak terlalu tinggi. Penipuan yang sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan. sehingga koneksi internet juga tidak . telepon atau sms. 2. Sehingga konsumen lebih sering kecewa jika mereka membeli produk secara online. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail. harga produk. misalnya saja jenis bahan yang digunakan. 3. 1. Serta lengkapi gambar produk dengan keterangan pendukung. Solusi : Bisa dimanfaatkan modem internet yang saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi. Persaingan bisnis online yang sangat tinggi. atau bisa juga dengan memasarkannya secara offline.Kira-kira kendala apa saja yang dihadapi pelaku bisnis online? Agar bisa diantisipasi dari sekarang. atau affiliate yang sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara. Selanjutnya. Solusi : sebaiknya tawarkan produk yang memiliki keunikan tersendiri. dan lebih yakin membeli produk offline karena bisa melihat dan memegang langsung produk yang ingin dibelinya. Solusi : untuk meyakinkan konsumen. memberikan konten gratis pada konsumen. dukung dengan kegiatan promosi bisnis online seperti optimasi seo. Bagi pelaku bisnis online yang tinggal di daerah kota. jaga kualitas produk yang ditawarkan. berikut kami informasikan kendala bisnis online dan solusinya. mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. memasang iklan baris atau baner di website/blog terkenal. Kendala koneksi internet. dll. Sehingga bisnis semakin dikenal banyak orang. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat.

4. namun dia tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Banyak orang yang ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online. Sehingga bisnis online yang dijalankan. atau bisa juga dengan mencari panduan serta mengikuti kursus online yang saat ini banyak ditawarkan oleh para pakar bisnis online dan pakar internet marketing.terhambat. . tidak perlu khawatir karena saat ini biaya langganan internet sudah cukup terjangkau. Untuk masalah biaya. hasilnya juga tidak optimal. Solusi : untuk menambah pengetahuan. bisa mempelajarinya dari buku bisnis online yang sudah banyak beredar di pasaran. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online.

Bisnis online memiliki banyak keuntungan dari pada bisnis offline. Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen . bisnis pribadi dan bisnis publisher. bisnis reseller. Mulai dari binis affiliasi.Kesimpulan Ada bermacam-macam jenis bisnis online yang dapat kita jalani. Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. Adapun kelebihan dari bisnis online adalah:       Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. dan sebaiknya para pembisnis offline mulai menggunakan sistem bisnis online juga agar lebih mudah dalam menjalani bisnis dan tidak ketinggalan zaman. Sebab tidak semua bisnis online memiliki peluang yang besar. Pilihan tergantung bagai mana kita melihat peluang dari bisnis tersebut.

http://www. Six Edition.kompas. Mode-Model Bisnis E-Commerce.com http://bisnisukm.amazonku. 2001.esc-creation. Kenneth C dan Jane P laudon.com/tag/modelmodel-bisnis-e-commerce/ http://female.com http://www. Organizational and Technology in The Networked Enterprise “Management Information System.com Laudon.Referensi Arfans.200. New Jersey: Pretice Hall International Edition .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful