Nama Program Studi NIM Mata Kuliah Semester

Problem set :

: Eko Riyanto : Magister Sistem Informasi : 24010411400014 : Jaringan Komunikasi dan Data :2

Suatu wilayah kabupaten endemi penyakit malaria ingin menerapkan sistem informasi dengan memanfaatkan jaringan komonikasi telepon seluler (HP) , jaringan wi-fi, komputer, Layar lebar LCD projector dan televisi. Diharapkan setiap puskesmas melaporkan setiap kejadian di wilayaknya ke DKK (dinas kesehatan di tingkat kabupaten) melalui HP. Komputer di DKK akan memantau kejadian di monitor LCD dan siaran TV.

1. Diagram blok yang menggambarkan hubungan antar perangkat yang digunakan beserta diskripsi fungsinya. Jawab :
Internet
Hosting Server Database

Stasiun TV Modem ADSL

PUSKESMAS

Antena WiFi

Server SMS Gateway

Modem ADSL TV Komputer User HP Penerima SMS Komputer User

HP Petugas Lapangan LCD Projector

Screen Projector
User

BTS Telpon Seluler

DKK

routing Entity (RE). adalah PDU (Protocol Data Unit). dan Message Center (MC). seperti halnya protocolprotocol lain dalam komunikasi data .2. BLOK DINAS KESEHATAN KOTA (DKK) Diagram blok soal nomor 1 dapat dilihat pada blok DKK. Protokol kumunikasi data yang digunakan pada masih-masing simpul yang digunakan beserta alasan teknis dilapangan yang menjelaskan mengapa sistim komunikasi data tersebut dipilih dan digunakan. Setalah informasi dari puskesmas diterima di DKK menggunakan SMS Gateway. Dlaam protocol SMPP terdapat beberapa macam format PDU dimana penggunaan masing-masing PDU tersebut harus sesuai dengan fungsinya.id/. DKK memantau perkembang penyakit malarai melalui komputer di DKK berbasis web menggunakan akses internet serta memantau puskesmas-pukesmas melalui Televisi yang mendapatkan informasi di server web hosting DKK Jaringan Internet Protokol yang digunakan untuk jaringan internet menggunakan protokol TCP/IP 3. Informasi tersebut dikirim dari puskesmas melalui telpon seluler ditransmisikan dengan BTS telpon seluler dan diteruskan menggunakan internet dan diterima di server sms gateway DKK. Informasi masyarakat yang akan ditampung di masing-masing puskemas melaporkan endemi penyakit malaria menggunakan Handphone atau Telp Seluler yang ditujukan kepada DKK menggunakan protokol SMPP (Short Message Peer-to-Peer) protocol standard industry yang digunakan dalam pertukaran short message antara External Short messaging entity (ESME). Diagram konteks yang menggambarkan hubungan data-data input yang diperlukan. Informasi tersebut disimpan dalam database dan diolah di webshotingnya DKK dalam bentuk Sistem Informasi Kesehatan www. Jawab : Peg awai DKK Info Penyakit 0 Data Penyakit Info Penyakit Peg awai Puskesmas Data Penyakit Sis tem Informasi Pemantuan Pemyakit M alaria Info Penyakit User Station (TV) .dinkes-kotasemarang. satuan paket data yang diperturkankan pada lapisan aplikasi dalam protocol SMPP .go. Protocol SMPP merupakan sebuah protocol yang menjalankan pada lapisan aplikasi. proses yang dilakukan dan output dari sistem tersebut serta diskripsi dari aliran data tersebut. Jawab : BLOK PUKESMAS Diagram blok soal nomor 1 dapat dilihat pada blok PUSKESEMAS.

Diskripsi perangkat lunak yang digunakan pada sistem tersebut.Informasi perkembangan penyakit malaria di sejumlah puskesmas melalui internet yang berbasis WEB . WAMP dan lain-lain PHP MySQL.Sms kejadian adanya penyakit malaria dengan SMS gateway Keluaran :. Dreamweaver. SMS Gateway : Software SMSC (SMS-Center) adalah bertugas untuk melakukan penanganan operasi SMS dari suatu jaringan wireless. Tugas pokok dari SMSC adalah untuk mengarahkan pesan SMS dan mengatur prosesnya. Ketika suatu pesan SMS dikirim dari mobile phone.  Entitas Luar :  Nama Entitas : Pegawai Puskesmas  Nama Entitas : Pegawai DKK  Nama Entitas : User Station (TV) 4.Penjelasan Proses Diagram Konteks Sistem Informasi Penyakit Malaria  Proses Nama Proses : Sistem Informasi Pemantuan Penyakit Malararia Keterangan : Proses pengolahan informasi dari SMS Gateway untuk diolah dan menyajikan informasi dengan grafik ke DKK dan Stasiun TV  Arus Data Masukan :. Notepad++ Browser : Mozila Firefox. maka akan diterima oleh SMS pusat terlebih dahulu kemudian akan diteruskan ke nomor yang dituju.Informasi perkembangan penyakit malaria di sejumlah puskesmas melalui Stasiun Televisi yang bisa disaksikan oleh masyarakat luas. Server : WAP Webase : WEB SERVER : XAMPP. IE Sistem Operasi Server : Linux / Debian /Windows Server 2003 Sistem Operasi Client : Windows / Linux .