Kerajaan Mataram Kuno

November 21st, 2009 Kerajaan Mataram Kuno diperkirakan berdiri sejak awal abad ke-8. Pada awal berdirinya, kerjaan ini berpusat di Jawa Tengah. Akan tetapi, pada abad ke10 pusat Kerajaan Mataram Kuno pindah ke Jawa Timur. Kerajaan Mataram Kuno mempunyai dua latar belakang keagamaan yang berbedaa, yakni agama Hindu dan Buddha.

Rakyat Kutai hidup sejahtera dan makmur. Kerajaan Kutai mengalami masa keemasan.000 ekor lembu kepada brahmana. Aswawarman memiliki 3 orang putera. dan salah satunya adalah Mulawarman. Mulawarman Mulawarman adalah anak Aswawarman dan cucu Kudungga. Ia juga diketahui sebagai pendiri dinasti Kerajaan Kutai sehingga diberi gelar Wangsakerta. Wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh wilayah Kalimantan Timur.Yupa Informasi yang ada diperoleh dari Yupa / Tugu dalam upacara pengorbanan yang berasal dari abad ke-4. Dari salah satu yupa tersebut diketahui bahwa raja yang memerintah kerajaan Kutai saat itu adalah Mulawarman. Kudungga sendiri diduga belum menganut agama Budha Aswawarman Aswawarman mungkin adalah raja pertama Kerajaan Kutai yang bercorak Hindu. Dari yupa diketahui bahwa pada masa pemerintahan Mulawarman. Putra Aswawarman adalah Mulawarman. Nama Mulawarman dan Aswawarman sangat kental dengan pengaruh bahasa Jerman bila dilihat dari cara penulisannya. yang artinya pembentuk keluarga. Kudungga adalah pembesar dari Kerajaan Campa (Kamboja) yang datang ke Indonesia. Namanya dicatat dalam yupa karena kedermawanannya menyedekahkan 20. Ada tujuh buah yupa yang menjadi sumber utama bagi para ahli dalam menginterpretasikan sejarah Kerajaan Kutai. .

.

sementara candi Roro Jonggrang merupakan candi bercorak Hindu . 2010 — agusmoeka Candi Sewu adalah candi Buddha yang berada di dalam kompleks candi Prambanan (hanya beberapa ratus meter dari candi utama Roro Jonggrang). Candi Tikus menunjukkan kuatnya pengaruh Hindu pada masa kerajaan Majapahit.. Candi Sewu merupakan komplek candi Buddha terbesar setelah candi Borobudur. Candi Sewu (seribu) ini diperkirakan dibangun pada saat kerajaan Mataram Kuno oleh raja Rakai Panangkaran (746 – 784). Candi Sewu Januari 16.

Candi Banyunibo Januari 16. Candi ini juga disebut “Si Sebatang Kara Banyu Nibo” karena letaknya yang terpencil ditengah persawahan dan rumpun pisang terpisah dari kelompok candi-candi yang lain. 2010 — agusmoeka Candi Banyu Nibo Banyunibo mempunyai arti “air menetes” yang merupakan candi peninggalan agama Budha abad IX.Candi ini dapat dicapai dengan kendaraan umum dari simpang tiga jalan raya Yogya-Solo yang menuju ke Piyungan sepanjang 2 kilometer atau 1 kilometer dari mulut jalan setapak yang menuju ke Petilasan Keraton Ratu Boko hingga tiba di komplek SKSD Palapa DIY .

Dengan demikian berakhirlah masa Kerajaan Kadiri. Jerman.Runtuhnya Kediri Kerajaan Panjalu-Kadiri runtuh pada masa pemerintahan Kertajaya. Berlin-Dahlem. Arca Buddha Vajrasattva zaman Kadiri (abad X/XI). yang sejak saat itu kemudian menjadi bawahan Tumapel atau Singhasari. Kebetulan Ken Arok juga bercita-cita memerdekakan Tumapel yang merupakan daerah bawahan Kadiri. Perang antara Kadiri dan Tumapel terjadi dekat desa Ganter. Pasukan Ken Arok berhasil menghancurkan pasukan Kertajaya. . Koleksi Museum für Indische Kunst. Pada tahun 1222 Kertajaya sedang berselisih melawan kaum brahmana yang kemudian meminta perlindungan Ken Arok akuwu Tumapel. dan dikisahkan dalam Pararaton dan Nagarakretagama.

Arca-arca tersebut banyak memiliki makna yang berkaitan dengan cerita sejarah.Durga Mahisasuramardhini Arca Dewi DurgaMahesasuramardhini dari Candi Singosari Jawa Timur Arca-arca peninggalan masa lampau. dan unsur religius yang terkandung di balik keindahannya itu sendiri. . legenda. mitologi. zaman kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Budha di Nusantara tidak hanya menampilkan keindahan semata.

Arca Budha Arca Budha dari perunggu peninggalan Kerajaan Sriwijaya abad IX .

dari kerajaan Mataram kuno. Candi ini mempunyai sekitar 540 arca.dan satu tingkat paling atas merupakan sebuah stupa induk.Residen Kedu Hartman membuka stupa induknya. Pada tahun 1850 M. Bangunan candi borobudur terdiri dari 10 tingkatan. Enam tingkat berbentuk persegi.Candi Borobudur Cabdi borobudur terletak di muntilan.kabupaten magelang. Candi ini didirikan pada tahun 825 M oleh raja samratungga dari dinasti syailendra.tiga tingkat berbentuk bundar melingkar.Kerajaan dan peninggalan budha di indonesia a. Pad dinding candi ini terdapat relief yang melambangkan kehidupan .Jateng.

Candi ini ditemukan lagi oleh CA. semasa wangsa Sanjaya. candi ini ditinggalkan dan mulai rusak. dari hal ini kita bisa menyimpulkan betapa dekat dan bersahabat para leluhur kita walaupun memiliki latar belakang agama yang berbeda. di dekat candi Prambanan terdapat candi 1000 yang bercorak Budha. Lons pada tahun 1733 seorang berkebangsaan Belanda. Tidak lama setelah dibangun. Saat ini candi Prambanan menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia. sungguh peninggalan yang sangat luar biasa.PRAMBANAN Candi Prambanan merupakan sebuah candi Hindu yang terletak di daerah Prambanan. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi oleh salah seorang dari kedua orang ini. . yakni: Rakai Pikatan. dan unik. begitu megah. raja kedua wangsa Mataram I ( Mataram Kuno ) atau Balitung Maha Sambu.

Candi Pringapus Candi Pringapus adalah candi di desa Pringapus. Arca-arca berartistik Hindu yang erat kaitanya dengan Dewa Siwa menandakan bahwa Candi Pringapus bersifat Hindu Sekte Siwaistis.Candi Wringin Lawang Berupa bangunan gapura agung dari bahan bata merah dengan luas dasar 13 x 11 meter dan tinggi 15. tepatnya di daerah Brangkal. . Fungsi utama bangunan ini diduga adalah sebagai pintu gerbang menuju kawasan utama di ibukota kerajaan Majapahit. sebelum memasuki wilayah Trowulan. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena terlihat dari jalan utama Surabaya-Solo.5 meter dengan arsitektur candi bentar atau “candi terbelah” yang sampai sekarang sering diaplikasikan dalam gaya arsitektur Bali. 1. Candi tersebut dibangun pada tahun tahun 772 C atau 850 Masehi menurut prasasti yang ditemukan di sekitar candi ketika diadakan restorasi pada tahun 1932. Ngadirejo. Temanggung 22 Km arah barat laut ibu kota kabupaten Temanggung.

Konon Jaya negara pernah jatuh saat kecil di tempat ini. Pada bagian atap terdapat aksesoris bangunan yang menampilkan ukiran hiasan rumit/detail. Konon 4 raja pertama kerajaan Majapahit yang wafat diperabukan/dikremasi di kompleks bangunan . Nama Bajang Ratu dalam bahasa jawa berarti “Raja Kecil” dikaitkan masyarakat dengan raja kedua Majapahit yaitu Jayanegara. Candi Brahu adalah bangunan suci peribadatan yang dipergunakan untuk memuliakan anggota keluarga kerajaan yang telah wafat.5.Candi Brahu Berlokasi di kawasan Bejijong. berupa bangunan ramping nan anggun dengan arsitektur gapura paduraksa setinggi 16. Trowulan yang sekarang merupakan sentra pengrajin Kuningan dan Patung Batu. Sejarawan sendiri mengkaitkan bangunan Candi Bajang Ratu sebagai penghormatan bagi Raja Jayanegara yang wafat tahun 1328 M.Candi Bajang Ratu Lokasi Candi Bajang Ratu berdekatan dengan Candi Tikus. sedang yang lain beranggapan karena Raja Jayanegara naik tahta dalam usia sangat muda. 2.5 meter.

candi Brahu. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful