PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS SERVICE AC, KULKAS, DAN DISPENSER Jurusan : Teknik Mesin

Disusun Oleh :

SANDY SURYADY 22409817

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS GUNADARMA DEPOK 2012

2. dan Dispenser yang sudah kami rencanakan. untuk mendapatkan laba. serta pemungkiman penduduk. Studi kelayakan bisnis (SKB) merupakan penelitian tentang dapat tidaknya suatu bisnis dilaksanakan dengan berhasil dengan pertimbangan mendapatkan manfaat finansial (Arti sempit). Studi Kelayakan Bisnis Perkotaan yang ada di Indonesia yang mana suhu udaranya cukup panas. Hal ini juga berhubungan dengan mendirikan usaha service AC. Bidang Industri manufaktur Industri manufaktur merupakan proses pengolahan bahan mentah menjadi barang yang siap untuk digunakan atau dikonsumsi. Kulkas. dan Dispenser.1. dan Dispenser. pemanfaatan ekses sumber daya penghematan devisa. dimana lokasi tersebut banyak berdiri ruko-ruko dan juga komplek perumahan menengah keatas. Pengertian Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya. Mengingat udara cukup panas. SKB adalah penelitian tentang berhasil tidaknya proyek investasi dilaksanakan secara mengungkan (penyerapan tenaga kerja. Kulkas. Kulkas. 1.3. maka mereka menggunakan ke-3 produk tersebut lebih sering dan khususnya komplek perumahan mewah tersebut. Rata-rata ruko dan rumah disana memiliki AC. . Dalam usaha ini kami bermaksud untuk menggunakan barang dari pabrik atau Pengindustrian manufaktur untuk kami jadikan barang untuk mengganti komponenkomponen yang rusak pada AC. 1.BAB I PENDAHULUAN 1. dan peluang usaha). mereka menggunakan AC dapat dikatakan 24 jam/ hari.

dan juga untuk mengetahui apakah bisnis ini merupakan investasi yang menguntungkan atau tidak. 1.1.5. Mengapa Mengembangkan Usaha Studi ini dimaksudkan untuk menganalisa secara jelas dan detail semua aspek-aspek dari semua bidang yang mana untuk mencari tahu kelayakan dan manfaat bagi masyarakat dengan dibukanya usaha ini. . Berbisnis di Bidang Jasa Demi berjalannya usaha ini kami memberikan pelayanan atau jasa untuk konsumen yang semaksimal mungkin. Oleh karenanya usaha ini kita akan membuka pelayanan dalam menghubungi kami yang mudah dimengerti oleh para konsumen yang ingin service dari kami.4.

BAB II DESAIN STUDI KELAYAKAN 2.2. seperti berikut : Pemilik Pengawas Kasir Mekanik 2. Karena dengan mendesain bagian-bagian dalam suatu usaha. . 2. Kemudian kita tahu juga bisa mengetahui kondisi pasar dan kebutuhan masyarakat. Kulkas.3. Manfaat Studi Kelayakan Bisnis Dapat merencanakan atau merancang dengan baik cara-cara dan struktur organisasi untuk mendirikan suatu usaha terutama dalam usaha pendirian Usaha Service AC. Pengembangkan Usaha Studi ini di maksudkan untuk mengetahui secara jelas dan detail semua aspek-aspek yang dirasa sangat menguntungkan untuk didirikan suatu usaha. berkembang dan meningkat dari hasil yang akan didapat. kita dapat menbagi tugas dan tanggung jawab masing-masing pekerja serta kita juga dapat mempersiapkan cara-cara pelayanan yang baik dan memuaskan bagi konsumen. Dan juga membuat usaha ini nantinya akan selalu maju.1.4. Kulkas. Tahapan Studi Kelayakan Bisnis Adapun beberapa tahapan untuk mendesain bagian-bagian dalam usaha pendirian Usaha Service AC. Aspek-aspek Studi Kelayakan Bisnis Desain sudut pandang studi kelayakan bisnis merupakan salah satu faktor pendukung sangat penting dalam pendirian suatu usaha. 2.dan Dispenser ini. dan Dispenser.

Memenuhi kebutuhan usaha. berikut. Hasil Desain Studi Kelayakan Bisnis Hasil dari pada desain studi kelayakan bisnis ini dapat kita lihat pada tabel 2.5. BAB III ASPEK PASAR .2. Bagian Pemilik Pengawas Kasir Mekanik - - Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai pemilik tunggal usaha.5. Mengawasi kinerja Operator Mengatur masalah keuangan. kulkas atau dispenser. Memberi pelayanan kepada konsumen baik dan ramah dalam memperbaiki ac. Merinci ulang dan mencocokkan hasil rincian dari kasir. Merinci semua hasil penjualan yang sudah di data dari penghasilan dan pengeluaran.

Permintaan kebutuhan dari Kompleks perumahan 60%. skala geografis. Pengertian Pasar Secara luas pengertian Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem. serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.3. Ruko 25%. . Bentuk Pasar Bentuk pasar yang menjadi target kami adalah pasar lokal dimana kami akan melayani pemasaran di kota bekasi.1. 3. Pasar bervariasi dalam ukuran. dan memisahkan pasar dari perdagangan. Jadi total kebutuhan 100%. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. jangkauan. prosedur. lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia. Persaingan sangat penting dalam pasar. di dapati gambar 3. Mengukur dan Peramalan Permintaan Berdasarkan hasil pengamatan data di lapangan. hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang. terutama di daerah Kelurahan JatiAsih.1.3. tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. institusi. dan Perkampungan 5% dan juga tempat lainnya 10%. jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Dua orang mungkin melakukan perdagangan. sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. 3.2.

± 14 Titik penempatan Ruko di daerah JatiAsih.60% 50% 40% 30% 20% 10% K pleks om Perum ahan R uko Perkam pung an L ainnya 0% Ting i Perm g intaan Gambar 3. ± 10 Perkampungan. dan Kantor) - .1. Dan tempat lainnya (contohnya : Sekolah.4. 3. Contoh Cara Menganalisis Di Kota Bekasi terdapat : - ± 30 Kompleks Perumahan di daerah JatiAsih.

Perilaku dan Kepuasan Konsumen Sikap dan perilaku konsumen disini cukup mendukung dalam berdirinya usaha pendirian usaha ini.1. Sikap. ruko penjualan. dan juga beberapa pabrik. . dan Dispenser yang tinggal di kota Bekasi. yang akan menjadi segmen dalam usaha ini adalah masyarakat yang ada di daerah kota bekasi. Mereka memberikan tanggapan positif karena usaha kami dapat membantu meraka apabila ada kerusakan dan kebersihan pada 3 jenis produk yang kita service.2. untuk mendapatkan konsumen yang banyak dan tetap kita akan memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga para konsumen puas dan juga nantinya akan selalu menggunakan jasa service kami. sekolah. perkantoran. Segmentasi-Target-Posisi di Pasar a. Posisi di Pasar Posisi atau tempat pendirian usaha di rasa sangat strategis karena berada di daerah dekat perumahan. b. 4. sikap dan kemampuan konsumen. Segmentasi Dalam pemasaran yang kami tawarkan adalah service pada kebutuhan masyarakat yaitu AC. dan juga perkampungan. maka yang akan dijadikan target pemasaran produk ini adalah para pemakai AC. Kulkas. Target Setelah menentukan segmentasi pasar. Selain itu juga dekat dengan rumah sakit. dan Dispenser dengan harga yang relatif terjangkau.BAB IV ASPEK PEMASARAN 4. Kulkas. c. Dari ke-3 jenis produk yang akan kita service sangat banyak digunakan oleh masyarakat oleh karena peluang untuk mendapatkan banyak konsumen cukup besar. Berdasarkan wilayah pemasaran.

Manajemen Pemasaran Untuk manajemen pemasaran kami sudah mempersiapkan segala kebutuhan termasuk periklanan melalui brosur atau benner dengan penawaran yang menarik dan relatif terjangkau.4. 4. .4.3. Serta untuk mengetahui untung atau ruginya mendirikan usaha tersebut. Implikasi pada Studi Kelayakan Bisnis Implikasi studi kelayakan bisnis sangat berpengaruh untuk mengetahui tingkat kelayakan suatu usaha yang akan didirikan apakah bermanfaat atau tidaknya suatu usaha itu didirikan.

2. Masalah Manajemen Operasional Dalam manajemen operasional pendirian usaha ini. Kebutuhan bahan operasi Kebutuhan bahan dalam operasi usaha dikelola oleh pimpinan yang nantinya akan dilakukan pendanaan dan kegiatan pemasaran.1. ketersediaan bahan. c. penjadwalan pegawai . kami menggunakan sistem iklan berjalan dan iklan tetap.BAB V ASPEK TEKNIS DAN OPERASI 5. Rencana Pengoperasian Usaha a. BAB VI . Semua itu dilakukan untuk mencapai sasaran yang tepat guna. Kegiatan perawatan mesin Kegiatan perawatan alat-alat atau mesin akan dilakukan oleh karyawan kami secara berkala demi kelancaran dan hasil yang maksimal. Implikasi pada Studi Kelayakan Bisnis Luas Produksi Implikasi pada studi kelayakan bisnis ini diharuskan dapat memperluas pemasaran dan penawaran serta mengembangkan suatu usaha sehingga dapat menjangkau kawasan yang lebih jauh. pengawasan kualitas. Proses operasi usaha Proses operasi usaha meliputi penyervisan. 5. dan pengawasan biaya dan perbaikan b. 5.3.

Perkantoran. unit usaha ini beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari karena unit usaha ini skalanya menengah. Perencanaan Untuk perencanaan sudut pandang manajemen kami telah merencanakan untuk membuat iklan-iklan dan akan di promosikan ke tempat yang sering banyak digunakan.3. kulkas. seperti Perumahan. 07/07 no 24 Bekasi. Sekolahan. Ruko dan tempat lainnya.ASPEK MANAJEMEN 6. Beberapa dokumen hukum yang dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah : a. Adapun nama dan keterangan unit usaha sebagai berikut: Nama organisasi Jenis Organisasi Pemilik Alamat No Telp : AKD SERVICE : CV yang melakukan service pada ac. dan dispenser : Sandy Suryady : Jalan Raya Kranggan. Nama Unit Usaha Unit usaha ini diberi nama AKD SERVICE dikarenakan bergerak dalam usaha service ac. Legalitas Usaha Dari segi legalitas usaha. Semua usaha periklanan itu di maksudkan untuk dapat mencapai sasaran atau target yang diingikan. 6. Karena usaha yang kami lakukan sifatnya merupakan usaha mandiri dengan modal .1.2. dan dispenser dimana produk ini banyak digunakan oleh masyarakat terutama pada perumahan dan ruko-ruko. kulkas. Badan hukum Untuk usaha ini yaitu berupa CV. gg jibun Rt. : 021-84597673 6.

serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.4. Artinya bahwa kami melakukan pengalihfungsian lahan yang semula untuk pertanian menjadi usaha. Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan. Selain itu juga bangunan untuk tempat kami melakukan perijinan kepada pemerintah daerah setempat untuk ijin domisili. karena nantinya setelah berlangsung beberapa karyawan kami akan ada yang tinggal dan menetap di tempat tersebut. kulkas dan dispenser ini.mandiri dan keuntungan pemilik modal. e. Tanda daftar perusahaan dan Surat ijin usaha Usaha service ini sesuai dengan UUno. c. bekerja. 6. kami juga mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha kami ke Departemen Perpajakan setempat. b. 3/1982 ttg Wajib Daftar Perusahaan. Ijin Domisili dan IMB Karena unit usaha pengelasan ini akan didirikan di atas sebidang tanah demi kelancaran usaha maka kami selaku pengusaha juga melakukan perijian untuk pengeringan tanah. NPWP merupakan nomer yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Bukti Diri Unit usaha kami mengenai kepemilikan juga usaha mempunyai dan bukti diri lain yang keterangan berhubungan dengan service ac. Pengorganisasian . NPWP Sebagai unit bisnis. d.

dan juga mengajari apa yang belum tahu apa yang harus dikerjakan oleh operator. Struktur Organisasi Pemilik Pendidikan Terakhir SMK (Sudah berpengalamn) SMA SMA/SMK Pengawas Kasir Operator 6. Kulkas.Melayani service pada AC. dibutuhkan beberapa tenaga kerja agar dapat beroperasi. . Bertanggung jawab melayani permintaan konsumen. Jumlah Kebutuhan Personil Jabatan Jumlah Pengawasan 1 orang Kasir 1 orang Operator 4 orang Gambar 6. dan Dispenser terhadap kosumen.Dalam menjalankan bisnis pendirian usahaini. antara lain : Tabel 6.4.4. Kasir Operator Tanggung Jawab Personil : Pengawas Kasir ::Bertanggung jawab atas kepuasan konsumen. Bertanggung jawab atas kinerja Operator Bertanggung jawab terhadap keuangan usaha.5. : . Oleh karena itu pemilik telah menyusun suatu struktur organisasi yang diharapkan dapat membantu menjalankan bisnis ini. : . antara lain : Tugas Personil : Pengawas : .Mengontrol hasil pengeluaran dan pemasukan yang akan diterima.Bertugas untuk mengawasi dan mengontrol para Operator dalam melaksanakan. Pengendalian Untuk mengendalikan manajemen kami membagi tugas dan membebani tanggung jawab pada setiap personil.

Operator :- Bertanggung jawab atas hasil service yang dilakukan. 6. Implikasi pada Studi Kelayakan Bisnis Implikasi manajemen pada studi kelayakan bisnis sangat diperlukan oleh banyak kalangan khususnya bagi para investor yang selaku pemrakarsa. BAB VII ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA . Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keuntungan dari investasi.6.

7. .Panggilan untuk wawancara. . 7.Membuat selebaran-selebaran informasi lowongan pekerjaan.Pengembangan SDM/pelatihan. dan Dispenser : .1.2. . Kulkas.Menyampaikan persyaratan berkas permohonan pekerjaan. Perencanaan Sumber Daya Manusia Tingkat pendidikan karyawan pendirian usaha adalah tingkat SMA atau SMK karena pemilik usaha sudah merasa cukup mampu bagi lulusan SMA atau SMK untuk membantu pemilik menjalankan usaha pendirian Usaha Service ini.Keputusan penerimaan yang didasarkan pada kelengkapan berkas persyaratan. .Evaluasi kerja. BAB VIII ASPEK KEUANGAN . Dan juga kami membutuhkan pada karyawan yang sudah cukup berpengalaman dan juga kreatif dalam service ini. Contoh Cara Menganalisis Cara menganalisis atau menseleksi sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam usaha pendirian Usaha Service AC.Ketentuan tentang keputusan kerja. . Implikasi pada Studi Kelayakan Bisnis Studi ini merupakan suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan dalam hal perencanaan dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang tersandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan.System kompensasi. .3. 7. .

000.8.- Rp. Modal Kerja.000. Sumber dana Rp.000. Rp.500. 28.14. 75. Sumber dana dalam pendirian usaha Service ini adalah milik pribadi dari pemilik usaha.000.000/ hari • Pendapatan kotor per hari • Pendapatan kotor per bulan • Pendapatan kotor per tahun Rp.700.000.800.000.000. Kebutuhan dana KETERANGAN Kontrak kios (1 tahun) Renovasi Kompresor DANA Rp.500.000.- b. Proyeksi pendapatan Kegiatan yang dilakukan Service AC Perbaikan & Penambahan Freon Service kulkas Service Dispenser Total Perkiraan jasa yang didapat per hari 5 2 3 1 Harga jasa yang dilakukan Rp.Rp.000/ hari Rp 75.000. Rp. Rp. 30.37.000.000. 950. 8. 75. komponenkomponen 2 Kendaraan Sepeda Motor Biaya Promosi JUMLAH b. 6.1.- Perlengkapan lainnya (kunci-kunci) Rp. Rp.Rp. Kebutuhan Dana dan Sumbernya a.Rp.2. Rp.000.000.Rp. Proyeksi Biaya Per Tahun . Aliran Kas a. 175.000. 342.000.000/ hari Rp 950.2.500.000/ hari Rp 350.500.000. Freon.000.17.3.1.1.000/ hari Rp 225.000.000.Total Harga jasa yang dilakukan Rp 300.

000.00 Dengan demikian laba yang diperoleh dalam setahun adalah sebesar Rp.- Jumlah Gaji Karyawan • Biaya Listrik • Biaya Telp.750. 10.Rp.000.Rp.000. 21.000. • Sewa Tanah dan Bangunan • Biaya makanan Karyawan • Barang & Perawatan untuk Rp.400. 75.000.000.000.000 Kemudian.- Rp.Rp.200.000. 284. 14. 450. 57. maka: Pendapatan Pemilik yang diidapat dalam setahun: Rp.000.000.000.00 = Rp.000. 10.Rp. 284. sisa laba = laba yang diperoleh .000. 36.600.750.250. = Pendapatan .000.000.Rp.00 – Rp.yaitu dengan menghitung selisih keperluan Service • Biaya Transportasi • Biaya Promosi Jumlah pengeluaran per tahun c.000.250.000.800.00 .000 x 12 = Rp.Rp.1.2.000.00 = Rp.Kemudian pemilik mengambil laba perbulan Rp 3.• Pembelian Buku Nota • Gaji Karyawan − Kasir − pengawas − 4 Operator Rp.000.Rp.6. Dampak Ekonomi . Rp.Pengeluaran = Rp.000. 57.000.Rp. Proyeksi Rugi/Laba Perhitungan Laba/Rugi laba/rugi pendapatan dengan pengeluaran.000.800. 4.000. Rp.250.000.400. 78.500.000.000. 52.000.000. 3.pendapatan pemilik = Rp.000. 12. 102.Rp.800. 36. 342. 57.250.00 BAB IX ASPEK EKONOMI 9.

Dengan adanya rencana pendirian usaha ini akan membuka peluang untuk menyerap tenaga kerja langsung di sekitar lokasi pendirian usaha bisnis ini. Hal ini juga membantu program pemerintah dalam menanggulangi masalah keterbatasan lapangan pekerjaan dan masalah mengenai keternagakerjaan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Perubahan bagi karyawan dapat dilihat melalui kemahiran karyawan dalam mengelola bisnis.Dampak Ekonomi Pendirian toko Usaha ini akan membawa akibat secara khusus terhadap struktur ekonomi masyarakat di lingkungan pendirian usaha ini. BAB X PENUTUP . mengoperasikan peralatan yang ada serta dapat menyalurkan kreativitas dari masing-masing karyawan. Meningkat akibat ketertarikan yang besar pada konsumen terhadap service yang kami berikan dengan harga yang terjangkau murah. hal ini dapat dilihat dari peningkatan penghasilan karyawan.24 ini akan memberikan jasa kepada seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan.jibun RT 07/07 No.2. Selain itu juga meningkatkan kreativitas anak muda baik di sekitar lingkungan bisnis maupun di luar lingkungan bisnis. 9. Dampak Sosial Pendirian Usaha Service ini yang beralamat di Jalan Kranggan gg. Dengan adanya bisnis ini bukan hanya bekerja tetapi diharapkan bertambah kreativitasnya sehingga secara langsung dan tidak langsung. Di mana pendapatan rata-rata pekerja akan meningkat dengan gaji yang diterimanya ditambah bonus-bonus yang diberikan apabila jumlah konsumen yang ingin service lebih banyak jumlahnya dari waktu-waktu biasanya. Usaha ini akan membawa perubahan tingkat pengetahuan dan perilaku kehidupan. jasa ini dapat ikut serta dalam usaha meningkatkan keterampilan masyarakat. baik bagi karyawan itu sendiri maupun bagi masyarakat sekitar lokasi pendirian usaha.

Saran Dalam menjalankan usaha service ac. perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga konsumen tetap percaya pada service ini sehingga tidak sampai kehilangan pelanggan dan konsumen pun menjadi konsumen tetap. kulkas dan dispenser mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan.1. Peluang tersebut memberikan rasa optimis untuk menjalankan usaha ini. Kemudian kedepannya usaha ini bisa ditingkatkan dengan menjual produk yang akan kita service dengan menggunakan sisa laba yang mana konsumen bisa lebih mudah membeli kepada kami. kulkas dan dispenser ini.2. Kesimpulan Dari hasil analisis yang didapat bahwa beberapa faktor.10. Terlebih banyaknya masyarakat banyak menggunakan ke-3 produk yang akan kita service. ternyata usaha service ac. . serta usaha ini dapat memberikan peluang yang baik untuk dibidik dijadikan peluang usaha. Dan juga usaha ini bisa membuka lowongan yang lebih luas lagi terhadap masyarakat. 10.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful