TUGAS UAS PMB

Oleh : Eko Bayu Kusumo NRP : 26410006

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA 2011

Rangkuman Video ‘Cara Gila Jadi Pengusaha’ Purdi E chandra seorang enterpreneur yang membuat sebuah komunitas enterprenerur university dan pendiri primagama group memberikan sebuah paparan tentang bagaimana menjadi seorang enterpreneur dengan cara gila. Menurut pak Purdi, pengusaha itu harus bisa memainkan otak kanannya. Otak kanan itu lebih tidak teratur dan kompleks. Semua hal senangnya yang spontan, berbanding terbalik dengan otak kiri. Otak kiri isinya penuh perhitungan dan harus teratur. Logikanya selalu main di otak kiri, jadi kalau misalnya mau jadi pengusaha selalu mikir dulu mau nyari modal gimana, takut gagal , dan sebagainya. Kalau kita mengasah otak kanan otomatis kita mengasah otak kiri. Misalnya saja orang belajar menyetir, teori selalu bisa dan sukses, tapi bisa praktek nya tidak, belum tentu bisa. Kalau langsung praktek menyetir, bisa dan lancar, otomatis kalau di tes teori bisa juga. Otak kanan itu bawaannya fleksibel sedangkan otak kiri bawaannya agak kaku. Kebanyakan otak kanan selalu mengandung hal – hal positif dibandingkan otak kiri. Kalau kita berbicara ‘aku pasti sukses berbisnis’ pasti sukses beneran atau bilang ‘alhamdulilah hutang saya tambah banyak’ itu positif kan. Coba bandingkan dengan berbicara ‘aduh utang saya tambah banyak’ itu negatif masuknya ke otak kiri. Makanya coba terus dilatih otak kanannya dengan olahraga yang bukan hitung – hitungan seperti jalan kaki atau lari. Kalau dalam berwirausaha langsung action saja kalau ada peluang, otak kanan langsung jalan. Tidak usah dipikir dananya, pokoknya kita action dulu baru dana belakangan. Tips yang diberikan pak Purdi untuk mulai berbisnis ada 3 yaitu jangan banyak mikir, malas, dan konyol. Ketiga tips diatas sangat luar biasa jika kita mau menerapkannya pada diri kita. Bisnis kita pasti tidak berhenti – berhenti untuk sukses. Pasti ada saja peluang yang datang. Jangan banyak mikir jika kita ingin berwirausaha. Langsung jalankan saja, tidak perlu melihat resiko yang mungkin ada. Kita coba misal cari rumah, dicari saja, kan tidak keluar uang. Ini kreasi otak kanan, selalu mencoba hal yang spontan dan tidak masuk akal. Buang pikiran yang menghalangi anda untuk memulai usaha. Langsung jalankan tanpa mikir segala resiko nya. Biar yang lainnya dipikir belakangan. Buat kondisi kritis di hidup kita agar harus berbisnis sehingga tanpa pikir panjang kita bisa langsung take action. Malas, kenapa malas ? menurut Pak Purdi malas merupakan kreasinya otak kanan. Malas juga agak susah karena butuh ketekunan. Kalau tidak tekun, mau malas susah. Kalau jadi pengusaha dapat pinjaman dari bank jangan secepatnya dilunasi, malas bayar saja, nanti setelah ditagih baru bayar. Pengusaha harus bisa malas dalam beberapa hal seperti bayar utang, dan lain – lain. Bandingkan dengan karyawan yang rajin bangun pagi pulang malam. Kalau telat atau tidak tepat waktu, dapat ancaman gaji dipotong dan sebagainya. Kalau pengusaha bebas masuk kerja kapan pulang kapan. Terus resiko pengusaha cuma satu KAYA. Terakhir adalah konyol. Pengusaha harus konyol jika mau sukses. Pengusaha konyol biasanya punya ide – ide kreatif bisnis yang banyak. Semakin konyol semakin sukses suatu pengusaha. Karena konyol masuk bagian dari otak kanan. Otak kanan menyuplai berbagai spontanitas yang kreatif dan tidak kita duga. Semuanya berasal dari kekonyolan kita. Orang yang semakin konyol, berarti dia bisa cocok jadi pengusaha. Tingkah lakunya selalu tidak masuk akal dan aneh – aneh. Relatif jarang jadi orang normal orang – orang yang konyol. Bawaannya selalu bikin ketawa dan konyol itu tadi. Ciri – ciri orang konyol itu seperti banyak omong, sukanya bercanda, easy going, dan jarang bertindak yang benar. Tingkahnya selalu asal – asalan dan bikin orang tertawa melihat dia.

Banyak omong nya orang tesebut. Setiap beberapa menit selalu ada saja bahan pembicaraan. Rasanya seperti kereta api yang tidak ada masinisnya. Ngomongnya jalan terus tanpa koma, titik saja rasanya tidak ada. Tiap menit tanpa jeda, bikin yang dengerin sampai bosen. Tapi orang yang banyak omong ini pintar berbisnis. Pintar menawar barang ke orang lain. Sampai orang yang ditawari ngomong iya saja kepadanya. Karena lamanya dia ngomong bikin yang ditawari barang sampai bosen. Bahan pembicaraannya mulai dari sepatu sampai presiden dia ngomong in padahal yang di ajak omong belum tentu ngerti juga. Nah itu, jarang – jarang ada orang punya skill sedewa ini. Bisa bikin orang kepanasan kupingnya sampai bawa – bawa es ditangannya, siap – siap kalau kupingnya mulai kebakar. Sukanya bercanda melulu orangnya. Bahan pembicaraannya selalu konyol dan bikin lawan bicara sakit perut, soalnya perutnya terguncang terus setiap detik, karena banyolannya tadi. Selalu bikin cerita – cerita lucu yang rasanya juga tidak ada habisnya. Habis ngomong in a langsung ke z, habis ke z langsung ke b. Terus saja diteruskan ngomong melucu yang lawan bicaranya mau ngomong tidak di kasih kesempatan. Kesempatan ngomongnya ya waktu ketawa – ketiwi dengerin banyolan cerita lucunya tadi itu. Pokoknya orang kayak gini langka, spesies yang harus dilestarikan. Contohnya kayak Tukul dan kawan- kawan. Banyolannya sampai di tingkat RT sampai tingkat pelosok – pelosok. Makanya mereka bilang wong ndeso, wong sing banyol doang. Kalau ngumpul di pos ronda orang desa pasti bawaannya bercanda saja dengan rekan – rekan ndesonya. Yang ketiga easy going, gampang kemana – mana saja. Mau diajak kemanapun asal bukan ke ragunan :D. Mereka pikirannya lebih ke arah yang ambil gampangnya saja, tidak pakai mikir, langsung to the point. Orang – orang ini kalau diajak bisnis apapun asalkan prospek pasti mau. Semua bisnis yang menurut mereka masih berbau bisnis pasti mereka jalankan. Kalau ada hajatan mereka mau datang, kalau mau sunatan mereka mau datang, asal yang disunat bukan mereka. Orang easy going itu bisa di bilang otak kanan nya sudah terlalu overlimit. Terlalu sering dipakai sehingga terancam jadi pengusaha super sukses dan kaya raya. Terakhir ini agak kontroversial, kenapa ? karena orang konyol itu sering bertindak yang jarang benar. Loh kok bisa gitu. Ya, lah wong yang diajak omong orang – orang gila semua, gila pengen jadi pengusaha sukses heheh. Mereka selalu berikan sesuatu yang kadang – kadang salah dan agak melanggar hukum. Contohnya seperti Pak Purdi ini, dia mencontohkan kalau tambah banyak utang tambah semakin kaya, ini mulai ngawur bicaranya. Tidak seperti orang umumnya. Biasanya orang utang tidak banyak – banyak, eh ini malah di suruh utang sebanyak – banyaknya oleh Pak Purdi. Memang luar biasa sekali sarannya Pak Purdi, sampai luar biasanya, sampai bingung kita mau diapakan uang hutangan yang kita pinjam dari bank. Pengen beli mobil terlalu sedikit, beli pesawat kemahalan, akhirnya buat kita uang nya dibuat usaha saja biar jadi pengusaha gila yang sukses :p. Pak Purdi juga memberikan penjelasan tentang cash flow kuadran dari Robert T. Kiyosaki. Pada kuadran tersebut dibagi empat bagian. Bagian kiri ada employment dan self atas bawah sedangkan bagian kanan ada bussiness dan investment. Kuadran ini menentukan seperti apa bisnis kita kedepannya. Bagian employment merupakan bagian yang sampai sekarang masih diambil banyak orang. Orang masih memilih bagian E ini karena dirasa paling nyaman, aman dan tentram tanpa membuat susah hidup. Tapi dibagian ini terima gaji hanya sebulan sekali. Setelah terima, dibuat belanja sampai habis, tunggu bulan depan habis lagi. Jadi karyawan itu pilihan tapi kalau jadi pengusaha itu takdir. Bandingkan kalau di bagian Bussiness, kita jadi pengusaha terima bayaran tidak tentu. Kadang – kadang sehari 5 milyar , 2 milyar atau berapa pun juga. Milih B enak tok pokoknya, tidak ada ruginya.

Kita bisnis selalu menguntungkan diri sendiri tapi membuat deg – deg an orang lain. Loh kok bisa. Ya bisa, wong modal yang kita pakai kan punya bank, bank nya pasti was – was kalau uangnya tidak balik. Nah itu, kita sebaiknya milih bussiness daripada Employee. Susah pasti jadi karyawan, tiap hari selalu tertekan dengan deadline dan belum di marahi oleh bos. Coba kalau jadi pengusaha, paling pol ya dimarahi istri sendiri. Marah – marah nya juga bisa lebih mesra. Kalau dengan bos kita pasti hanya diam terima omongan. Kalem dibelakangnya setelah selesai dimarahi baru keluar semua emosinya di kamar mandi. Kaca semua dipecah in, sampai – sampai karyawan yang lain heran ini ada pertunjukan debus atau apa. Kaca sampai pecah semua di WC . Lalu bagian Self adalah bagian dimana semua nya mau dikerjakan sendiri mulai dari jaga toko, pegang uang dan sebagainya. Pokoknya dia lebih percaya diri nya sendiri ketimbang orang lain. Sampai – sampai istrinya sendiri mau pegang dia takut, takut nanti malah dikira mau ngambil uang nya. Yang self ini pokoknya terlalu otak kiri, maunya semuanya juga harus diperhitungkan. Dia maunya untung terus, tidak mau rugi. Kalau diajak bisnis sedikit sudah curigaan, takut macam – macam. Pokoknya yang self agak susah kalau diajak kerjasama. Sedangkan yang investment, dia orang nya terlalu gampang percaya sama orang. Gampang kasih pinjaman dan gampang menginvestasikan uangnya ke banyak tenpat. Berharap uang nya dapat punya anak dan cucu. Di sebar kemana saja, asal bisa menghasilkan uang lagi. Ini juga terlalu otak kanan, kanan yang terlalu kelewatan. Sampai seperti ini, jadi tiap ketemu orang gampang percaya. Diajak usaha apapun mau dan gampang diajak kerjasama. Selain kita berbisnis dengan usaha berbagai macam yang hampir kita bingung mengaturnya. Kita harus punya properti juga untuk menunjang usaha kita. Dari bisnis kita sudah dapat uang banyak, tapi kita butuh tambahan uang lagi. Seperti ini manusia yang tidak ada puasnya, selalu pengen lebih. Jadi anda tidak boleh membatasi keinginan anda. Buat keinginan anda over limit tanpa batas. Kalau anda batasi pasti anda menyesal, pasti itu. Properti itu harga jualnya selalu naik, sekarang misal kita beli rumah harga 400 juta, lima tahun kemudian bisa melonjak 1 milyar. Nah dari sini kita bisa untung banyak, jual properti kita di saat momen yang tepat. Jual saat waktu yang tepat, saat kita terpaksa sampai tidak punya uang. Gunakan uang dari hasil properti itu untuk menunjang usaha kita. Pakai untuk mengembangkan bisnis kita supaya tambah besar lagi. Strategi memikat konsumen supaya datang membeli jualan kita ada 3 cara yaitu unik, lucu, dan tidak masuk akal. Beberapa tips yang saya dapatkan dari video Pak Purdi ini. Strateginya juga agak aneh dan mungkin untuk beberapa orang belum terpikirkan juga. Harus unik, bikin yang mau membeli jualan kita tertarik dengan keunikkan kita memasarkan ke konsumen. Jadi saat konsumen melihat, langsung ting melihat usaha kita. Tidak pikir panjang langsung melihat dan datang untuk membeli. Misal, kita bisnis buka toko sepatu. Coba di depan etalasenya dituliskan berbagai macam tanda tangan dari berbagai selebriti mulai dari david becham, brad pitt, dan lain – lain. Pasti banyak konsumen yang terheran – heran dengan toko sepatu kita. Kok bisa ya, dapet tanda tangan dari artis terkenal. Ya iya dong, tanda tangannya kan palsu cuma print biasa tapi dibuat agak timbul. Makanya terlihat asli jika dilihat dari jauh. Toh dari artisnya sendiri juga tidak bakalan tahu . Kalau kesulitan untuk bikin yang unik, bisa bikin pemasaran yang lucu. Pembeli yang melihat selalu tertawa dengan jualan kita. Mereka menjadi selalu sering lewat toko kita karena ada momen yang lucu saat melewatinya. Misal, kita pakai toko sepatu sebelumnya. Kita pasang foto artis – artis luar negeri tetapi foto badannya diganti karikatur yang lucu dan dibuat seperti ada drama ceritanya setiap hari. Jadi pembeli selalu lewat didepan toko kita

melihat cerita baru apalagi yang ditawarkan toko kita. Karena toko kita selalu punya cerita yang selalu berbeda. Lama kelamaan pembeli akan bertumpukan di depan toko dan orang lain yang melihat menjadi tertarik untuk datang. Kenapa ya kok toko itu rame sekali. Pembeli akan berbondong – bendong datang membawa dompet mereka yang penuh dengan uang. Langkah terakhir yaitu bikin pemasaran yang tidak masuk akal. Bikin yang datang ke toko kita terheran – heran dengan apa yang kita tawarkan. Misalnya saja sebuah toko sepatu membuat kehebohan dengan memberikan diskon 50 % selama 1 jam saja. Setelah lewat 1 jam harga akan kembali normal. Secara mengejutkan pembeli pasti membanjiri toko kita selama 1 jam. Membeli semua barang – barang kita hanya dalam sekejap. Semua barang – barang sepatu kita langsung sold out karena ide tidak masuk akal kita tadi. Pembeli pasti selalu melewati toko kita, siap – siap jika kita memberikan harga diskon nan lagi. Mereka selalu siap di toko kita jikalau ada diskon yang akan kita tawarkan. Otomatis kita mendapatkan pembeli tetap yang selalu mampir ke toko kita. Selain tips pemasaran produk diatas. Kita juga harus membuat nama bisnis kita yang agak berbeda dari yang lain. Buat nama yang tidak lazim dan banyak orang yang membicarakannya. Misal, bikin nama ‘usaha top cer’ atau ‘omset melesat’ kan bisa. Orang langsung tertarik ketika melihat nama bisnis kita dan belum tahu sebenarnya kita berbisnis apa. Ujung – ujugnya mereka pasti datang dan bertanya tentang bisnis kita. Nama memang hal sederhana, tetapi kalau kita bisa menetukan nama yang tepat bagi usaha kita. Orang pasti selalu ingat dengan bisnis kita melalui nama tersebut. Dalam cara kita meminjam uang di bank agar diterima melalui tips yang diberikan Pak Purdi. Ada beberapa tips yang mungkin dapat kita gunakan yaitu kenal kepala cabangnya dan pakaian yang rapi. Untuk bisa akrab dengan bank, kita harus kenal kepala cabangnya. Pakai semua cara kita untuk dapat kenal dengan kepala cabangnya. Cari info sebanyak mungkin mengenai kepala cabangnya. Mulai dari kesenangannya sampai yang tidak dia sukai. Setelah itu coba tanyakan ke front desknya, mau ketemu dengan kepala cabangnya. Kalau ditanyai buat apa, ngomong aja teman lama dari beliau. Nanti pasti dihubungkan dengan kepala cabangnya. Padahal kita sendiri bukan teman lamanya, akhirnya terbuka untuk kita kenal dengan kepala cabangnya. Setelah kenal baik, si kepala cabang itu pasti akan meminjamkan uangnya sebanyak apapun yang kita inginkan dengan mudah dan tidak berbelit – belit. Berpakaian yang rapi dan terlihat mewah. Bank terkadang hanya melihat fisik kita yang terlihat menyakinkan daripada uang kita. Jika kita berpakaian rapi bank akan terlihat lebih mudah percaya kepada kita untuk memberikan pinjaman. Apalagi jika kita datang dengan membawa mobil mewah, bank pasti akan langsung menerima kita jika kita ingin meminjam uang dari mereka. Berusaha selalu terlihat keren, rapi, dan mewah agar pandangan bank kepada kita langsung positif. Bayangkan jika kita datang dengan pakaian yang berantakan, bank pasti langsung memepersulit kita untuk meminjam uang. Bank akan membuat kita hampir pasti tidak bisa dipinjami uang. Jadi fisik luar kita sangat berpengaruh terhadap bank. Jadi pengusaha itu tidak ada matinya dan batasnya. Sampai umur kita kakek nenek kita masih bisa menjalankan bisnis kita. Dan pendapatan kita di usia tersebut mungkin sudah mencapai trilyuan setiap minggu nya. Bayangkan karyawan yang tidak pasti, umur 40 tahun keatas kita pasti sudah di PHK karena dianggap tidak produktif. Kalau memilih jadi pengusaha tidak akan ada resiko seperti itu. Kita jalankan terus dan grafiknya relatif melonjak terus keatas. Meningkat terus pendapatan dan luasnya bisnis kita. Mungkin bisnis kita bisa

sampai ke luar negeri dan dikenal negara lain. Yang jelas pengusaha hanya terima uang dan yang menjalankan orang – orang yang kita gaji. Kita hanya tinggal menunggu di rumah sambil uang terus masuk ke rekening kita. Semua pilihan ada plus dan minusnya. Tidak mutlak plus selalu pilihan kita, ada minusnya juga. Tiap pilihan kita menentukan langkah kita untuk tahun – tahun berikutnya. Menentukan mau jadi apa kita nanti, jadi pengusaha kah, atau jadi karyawan kah. Yang jelas jadi pengusaha resiko lebih banyak, tetapi keuntungan nya besar, sedangkan jadi karyawan resikonya kecil, tetapi keuntungannya sedikit pula. Tinggal pilihan kita mau jadi pengusaha atau karyawan. Tetapi saran saya jika kita ingin terancam pendapatan milyaran rupiah jadilah seorang pengusaha.

Rangkuman video ‘Membangun Keberanian bersama Bob Sadino’ Pada video ini membahas banyak hal tentang bagaimana menjadi pengusaha atau enterpreneur yang sukses. Media acaranya dalam bentuk wawancara interaktif dengan salah satu narasumber yaitu Bob Sadino. Pada kesempatan ini Bob Sadino memberikan beberapa tips yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi enterpreneur sukses yaitu memiliki modal kemauan atau tekad, keberanian mengambil peluang, tahan banting, dan selalu bersyukur pada tuhan. Kemauan kita harus kuat dan benar – benar ingin menjadi enterpreneur sukses. Setiap hari kita harus dapat memotivasi diri sendiri untuk memperkuat kemauan kita. Kemauan yang sangat kuat akan memunculkan berbagai ide gila dan kreatif untuk menunjang jiwa enterpreneur kita. Berangkat dari kemauan akan menumbuhkan impian dan mimpi yang lebih besar untuk menjadi enterpreneur yang sukses. Keberanian mengambil peluang juga tidak kalah penting dalam langkah enterpreneur yang sukses. Kita harus berani mengambil suatu peluang meskipun hal tersebut beresiko besar bagi kita. Misalnya saja ada peluang di bisnis makanan. Tetapi bisnis tersebut beresiko cepat bangkrut karena makanan tersebut hanya booming sementara. Kita harus mengambil peluang bisnis ini meskipun beresiko, siapa tahu dari bisnis ini kita dapat mengembangkannya ke bisnis lainnya.Yang ketiga adalah modal untuk tahan banting. Dalam langkah atau usaha kita menjadi enterpreneur sukses, kita harus bisa tahan bantiing menghadapi berbagai tantangan dan halangan dalam hidup kita. Halangan tersebut harus bisa menjadi pendorong dan pembangkit semangat kita mencapai impian. Dengan kita menjadi tahan banting maka, kita akan terbiasa menghadapi berbagai masalah sehingga kita lebih mahir dan mudah menghadapi masalah yang sama. Dan yang terakhir tidak kalah penting yaitu selalu bersyukur pada Tuhan. Setiap tindakan kita akan sia – sia jika kita tidak bersyukur pada Tuhan. Tuhan adalah penuntun dan pembimbing kita dalam mencapai impian kita. Dia memberikan jalan – jalan yang terbaik bagi setiap masalah yang menerpa kita. Dengan selalu bersyukur maka setiap usaha kita akan diberkati dan dibimbing terus oleh Tuhan. Dengan memiliki ke empat modal diatas, insya Allah kita dapat menjadi enterpreneur sukses di kemudian hari. Dengan segala ke ikhlasan dan syukur, jalan kita menuju impian pasti tercapai. Tuhan akan selalu memberikan jalannya bagi kita yang juga mau berusaha keras dan gigih mencapainya. Selalu ingat impian yang besar tidak dapat dicapai dengan jalan singkat tetapi melalui sebuah proses yang panjang dan perlahan – lahan untuk menuju impian. Untuk memulai langkah menjadi seorang pebisnis, Bob Sadino memberikan beberapa cara atau teknik yaitu be the first, be the best, and be the different. Ketiga cara tersebut dapat kita gunakan untuk memulai suatu bisnis. Bagi kita yang bingung ingin memulai bisnis apa kita dapat menggunakan dasar ketiga cara tersebut. Be the first, jadilah yang pertama. Buatlah sebuah bisnis baru yang belum pernah ada orang yang menjualnya. Buat inovasi baru dengan imajinasi kita dan inovasi tersebut sangat dibutuhkan banyak orang. Misalnya saja kita dapat membuat sebuah listrik tanpa kabel, KTP yang multifungsi, dan lain- lain. Sebisa mungkin ide kita tersebut merupakan inovasi yang lain daripada yang lain. Be the best, jadilah yang terbaik. Jika kita kesusahan menjadi yang pertama, kita dapat menjadi yang terbaik. Misalnya saja kita ingin berbisnis di bidang mainan, maka kita harus menjadi pebisnis mainan yang terbaik dan terkenal daripada penjual mainan lainnya yang sudah ada. Kita harus mempunyai inovasi unik untuk membuat bisnis mainan kita lain daripada yang lain dan dapat mudah di ingat oleh orang lain. Be the different, jadilah yang berbeda. Buat sebuah bisnis yang agak unik dan menyimpang dari kebiasaan masyarakat

umumnya. Misalnya saja kita ingin berjualan sampah di pinggiran jalan, dan sebagainya. Orang pasti akan tertarik dengan apa yang kita jual karena kita menjual barang yang tidak umum dijual orang kebanyakan. Buat orang sangat penasaran dengan bertanya – tanya terus tentang bisnis kita, pasti akan banyak pembeli yang datang menghampiri bisnis kita. Sebenarnya menurut Bob Sadino, kita sekolah tidak akan bisa jadi kaya. Karena kita sekolah hanya diberi informasi yang pasti tidak akan kita gunakan saat bekerja. Kalau kita sekolah kapan kayanya. Kita harus bisa melakukan bisnis tanpa sekolah, banyak orang sukses yang punya banyak uang tanpa sekolah. Dan kebanyakan orang sukses itu sekolahnya bodoh – bodoh. Tapi itu merupakan pilihan tiap orang, ada orang yang berani langsung berbisnis tanpa sekolah, ada yang perlu sekolah sebelum terjun ke dunia bisnis. Kembali lagi kedalam diri kita, sebenarnya apakah kita benar – benar mau jadi pengusaha. Kita harus punya keberanian yang besar dan tidak takut rugi. Berani ambil resiko yang besar dan mempunyai mental tahan banting untuk jadi pengusaha. Kalau melihat dari berbagai tips yang diberikan pak Bob Sadino, saya memiliki tips tambahan untuk jadi enterpreneur sukses yaitu berbisnis online, iklankan ke berbagai media, dalami bisnis yang ingin ditekuni, dan belajar dari ahlinya. Jaman sekarang bisnis melalui media online sangat populer. Banyak pebisnis menggunakan media online untuk melakukan kegiatan bisnis. Mereka rata – rata menggunakan media online karena terbentur dengan kegiatan mereka sebagai karyawan sehingga media online merupakan salah satu solusi mereka. Kebanyakan mereka menggunakan forum jual beli sebagai tempat berjualan mereka atau membuat sebuah blog khusus jualan mereka. Mereka tinggal menunggu telpon atau email dari pembeli. Selain itu iklan juga penting. Kita harus mencoba mengiklankan jualan kita ke berbagai media. Misalnya saja facebook, twitter, kaskus, majalah, pembicaraan orang, dan sebagainya. Dengan begitu bisnis kita cepat dikenal dan meluas di masyarakat. Iklankan kita kalau bisa juga mengandung jargon atau bahasa yang unik. Sehingga orang lain juga lebih mengingat bisnis kita melalui bahasa tersebut. Misalnya saja kalau kaskus mempunyai jargon memanggil sesama kaskuser dengan agan. Orang menjadi lebih mudah paham dengan jargon tersebut. Setelah kita menentukan bisnis apa yang kita pilih, kita tinggal menggali informasi yang banyak seputar bisnis tersebut. Mulai dari cara pemasaran, teknis – teknisnya, bahan yang diperlukan, ilmu menjualnya, dan sebagainya. Misalnya saja kita ingin bisnis rumah makan, maka kita mencari informasi bagaimana membuat sebuah rumah makan yang ramai, sehat, bersih dan murah. Kita akan bisa jalankan bisnis kita dengan dasar ilmu yang kita punyai. Dengan begitu kita dapat mengiklankan bisnis kita dengan menjual kelebihan yangg kita tawarkan diatas tadi. Terakhir hal yang tidak kalah penting yaitu, belajar dari ahlinya. Coba kita dekati pebisnis yang menurut kita sangat sukses dan kita ingin mencoba terjun kedalam bisnis yang mirip seperti dirinya. Kita pelajari bagaimana dia bisa begitu sukses seperti itu, pelajari bagaimana dia menjalankan bisnisnya, pelajari cara dia mengkomunikasikan tugas – tugas kepada karyawannya, dan lain – lain. Lalu coba kita modifikasi ilmu yang kita dapat dari dia menjadi sesuai diri kita. Langsung coba kita terapkan ilmu yang telah kita dapat ke dalam bisnis yang kita pilih. Keberanian merupakan salah satu syarat untuk menjadi enterpreneur yang sukses. Tanpa keberanian kita akan mudah takut dalam memulai suatu usaha. Apalagi jika usaha tersebut memiliki tingkat resiko yang sangat besar. Kita harus dapat mengembangkan keberanian kita agar dapat berani segera take action untuk mengambil langkah pertama dalam menjadi enterpreneur sukses.

Disamping tips – tips diatas Bob Sadino juga menekankan bahwa menjadi enterprenur sukses itu tidak ada yang instan. Tidak ada yang secepat kilat langsung jadi sukses. Semua membutuhkan proses yang panjang. Jadi kita harus sabar dan menekuni terus – menerus usaha yang kita lakukan untuk menjadi enterpreneur sukses. Sedikt demi sedikit kita akan mendapatkan ilmu menjadi enterpreneur yang sukses. Perlahan – lahan ilmu tersebut akan dapat kita praktek kan dalam hidup sehari – hari dan akan menyiapkan mental kita. Mental kita lama – lama akan menjadi seorang mental pebisnis yang handal karena kita telah menekuni bidang ini bertahun – tahun. Sehingga mengerti betul semua lika – liku di dunia bisnis. Mental tersebut akan terbentuk jika kita mau sabar dan tekun menjalaninya. Selalu gigih dalam menjalani berbagai tantangan dan halangan yang ada di dunia bisnis. Maka kita akan menjadi seorang pebisnis yang sukses dan handal. Meskipun ada banyak teknik ataupun cara menjadi enterpreneur sukses. Kita tidak dapat menyamakan jalan hidup kita dengan seseorang. Jalan hidup seseorang untuk menjadi sukses berbeda dengan kita. Jika kita menerapkan jalan hidup seseorang ke dalam hidup kita, belum tentu kita dapat sukses seperti dia. Karena kita tiap manusia berbeda – beda jalan hidupnya. Yang bisa kita tiru hanya ilmu dan pengalaman – pengalaman hidupnya yang mungkin akan kita hadapi juga. Kita harus tetap membuat jalan sukses kita sendiri, terlepas dari jalan sukses orang lain. Jalan sukses orang lain hanya dapat kita buat pedoman untuk lika – liku kehidupan kita kedepannya. Seandainya kita menerapkan sama persis jalan hidup kita seperti orang yang kita ikuti maka kita pasti akan mengalami kebingungan dengan hidup kita. Dimana banyak hal yang tidak sanggup kita jalankan karena tidak adanya skill yang cukup pada diri kita. Jalan hidup tiap orang berbeda – beda dan pasti jalan hidup sukses kita tidak akan kalah dengan orang sukses tersebut. Melihat dari kenyataan yang ada, orang jaman sekarang mudah sekali merasa bosan dan tidak sabar. Jika harus menekuni suatu hal, orang cepat sekali merasa capek dan bosan. Sehingga mudah sekali berganti kegiatan dan meninggalkan bidang yang ia tekuni. Kita harus bisa memberikan kesadaran yang lebih pada diri sendiri. Sadar bahwa kita ingin menjadi enterpreneur yang sukses dan handal. Kita harus bisa membuat diri kita terus termotivasi agar kebosanan dan kelelahan tidak mengahmpiri kita. Coba mengkombinasikan kegiatan yang kita tekuni dengan dengan lain tetapi kegiatan yang kita tekuni tetap jalan. Berikut ada beberapa tips dari saya bagaimana terus memotivasi diri sendiri yaitu menuliskan impian kita, menempelkannya di dinding, membayangkan impian kita, berkata terus menerus tentang impian kita, dan berkumpul dengan orang – orang yang membuat kita termotivasi. Menuliskan impian kita, tulis dilembar kertas semua impin kita disitu. Pada kertas tersebut tulis dari a sampai z mimpi kita yang belum tercapai. Buat kertas itu menjadi kertas yang spesial buat kita karena berisi semua impian dan cita – cita kita. Biarkan kertas itu berada di meja kerja kita dan kita dapat melihat terus – menerus mimpi kita yang belum tercapai sehingga ada motivasi dalam diri kita yang besar. Setiap kita menekuni bidang tersebut kita menjadi selalu diingatkan dengan mimpi kita yang belum tercapai di kertas tersebut. Menempelkannya di dinding kamar kita. Tempel impian kita tadi di tempat – tempat yang sering kita lewati. Sehingga saat kita lewat dinding itu, kita menjadi teringat terus dengan mimpi – mimpi kita. Bayangkan semua impian kita. Bayangkan semua hal tersebut sudah kita capai, rasakan impian kita begitu nyata dalam bayangan kita. Misalnya saja kita ingin jadi oarang kaya, maka rasakan kita memiliki rekening di bank dengan uang miliaran. Dan bayangkan kita berada di jepang sedang membeli peralatan video game terbaru impian kita. Bayangkan saja semua hal tersebut terjadi di kehidupan kita. Hal tersebut akan sedikit memancing kita

agar segera cepat mencapai impian kita. Katakan berulang – ulang dalam hati ataupun pada orang banyak tentang impian kita. Tidak terasa kita akan memberikan efek besar kebanyak orang tehadap impian kita. Kita pun menjadi terus termotivasi karena kita mencoba terus ingin mencapai impian. Terakhir adalah berkumpul dengan orang – orang yang mempunyai semangat yang besar. Sehingga kita juga ikut terkena atau tertular semangat mereka. Kalau bisa kita berkumpul dengan orang – orang yang memiliki impian dan visi yag sama dengan kita. Jadi saat bertemu kita dapat saling sharing dan bertukar pikiran tentang impian masing – masing. Sebenarnya jika masih ada paradigma yang membelenggu dalam diri kita mengenai entepreneur maka kita tidak akan jalan – jalan dalam melangkah. Kita harus dapat juga menghilangkan paradigma tersebut agar saat kita melangkah tidak terbebani oleh pikiran – pikiran itu tadi. Mungkin kita dapat mencoba menghilangkan paradigma tersebut dengan menyibukkan diri dengan kegiatan – kegiatan. Melihat Bob Sadino yang memperoleh kesuksesan di usia tua, perjuangan hidupnya pasti cukup berat dan penuh tantangan. Untuk beberapa anak muda sekarang mungkin agak kurang cocok. Karena anak muda sekarang lebih kearah yang ingin cepat dan tidak butuh waktu lama. Mereka ingin cenderung berpikir jika ada yang cepat kenapa harus pakai cara lama. Jaman sekarang oarang yang sukses di bidang apapun tergolong di usia yang sangat muda. Seperti bong chandra, merry riana dan enteprenur sukses lainnya. Bong chandra sangat sukses di bisnis property yang ditekuni nya. Pada usia dibawah 30 tahun sudah bisa memiliki banyak kekayaan dari bisnis property nya. Dia juga diundang untuk sebagai pembicara di banyak tempat. Selain sebagai pebisnis dia juga menjadi seorang motivator yang handal. Sedangkan Merry Riana tidak kalah luar biasa dengan bong chandra. Dia merupakan seorang wanita yang gigih dan penuh semangat. Berbekal mimpi untuk satu juta dolar, dia menjadi seorang yang menawarkan dana dari rumah ke rumah di singapore. Perjuangan sangat berat dan banyak tekanan yang dia terima selama menjalani nya. Akhirnya dia menjadi salah satu wanita yang sukses di bidang bisnis. Dan menjadi motivator di beberapa tempat di indonesia. Membaca buku – buku yang telah mereka terbitkan. Banyak hal yang bisa dipetik dari perjalanan hidup mereka. Dari Bong Chandra, dia memberikan tips melakukan promosi sebuah bisnis yaitu libatkan orang banyak, menyentuh emosi, dan biaya murah. Libatkan orang sebanyak mungkin saat kita akan melakukan sebuah promosi. Lakukan sebuah promosi unik yang mengundang orang banyak untuk ikut serta. Sehingga secara otomatis orang akan mempromosikan bisnis kita secara gratis dengan membagikannya melalui facebook, twitter dan lain – lain. Usahakan menyentuh emosi manusia, Coba melakukan sebuah drama iklan di tempat umum yang dapat membuat orang lain ikut tertawa, menagis ataupun marah. Sehingga ada rasa simpati dari masyarakat terhadap bisnis kita. Dan lagi – lagi bisnis kita akan di promosikan secara gratis oleh masyarakat. Dan yang terakhir biaya yang murah, sebisa mungkin gunakan biaya yang minim. Gunakan sumberdaya gratis yang ada. Misalnya tadi menggunakan tempat umum sebagai sarana promosi. Sehingga anda tidak perlu membayar orang untuk mempromosikan bisnis anda. Karena orang tersebut secara otomatis sudah promosikan bisnis anda karena tertarik melalui promosi unik anda. Kalau melihat trend yang ada sekarang, kebanyakan anak – anak muda sekarang lebih memilih jadi pengusaha daripada karyawan. Menurut mereka menjadi pengusaha pengahsilan yang didapat bisa lebih banyak dan ada kemungkinan dapat terus bertambah. Bandingkan dengan karyawan yang kemungkinan kenaikan gaji sangat jarang. Dan rata – rata gajinya

tetap segitu saja. Pasti gajinya habis hanya untuk belanja setelah itu memutar begitu saja uang yang diperolehnya. Menjadi pengusaha sangat bebas dan tidak terbatas oleh waktu. Jika menjadi karyawan kita pasti harus datang pagi dan pulang malam. Waktu untuk keluarga dan diri sendiri hampir habis hanya untuk pekerjaan saja. Tapi menjadi pengusaha yang sukses juga tidak mudah. Resep sukses yang diberikan Bob Sadino dapat menjadi pacuan untuk kita jika ingin jadi pegusaha sukses. Luar biasa memang perjuangan Bob Sadino, kita juga pasti bisa jadi pengusaha sukses. Tinggal memperkuat niat, usaha, dan doa agar impian kita cepat tercapai. Dengan bimbingan Tuhan semua usaha dan kerja keras kita pasti terwujud. Selalu semangat jika mengahadapi hambatan dan halangan dalam hidup kita.

Rangkuman video ‘Bagaimana Mengelola Utang Dengan Baik’ Video kali ini membahas tentang bagaimana mengelola utang dengan baik. Tetapi sayangnya video ini kualitas suaranya sangat jelek dan gambarnya sedikit buram, sehingga saat melihat tulisan yang ditulis Pak Miming tidak begitu terlihat jelas. Saya ambil beberapa bagian saja yang tertangkap oleh telinga saya. Sebenarnya melihat temanya sangat menarik, tapi kualitas video membuat kecewa. Speakernya bernama Miming Pangarah. Seorang pengusaha yang merupakan murid dari Pak Purdi. Dia menceritakan bahwa saat kuliah IPK nya pernah sampai 0,94. Tetapi dia tidak berkecil hati dengan IP nya yang Cuma segitu. Pak Miming banyak menceritakan pengalaman – pengalaman yang dialami selama berbisnis. Mulai dia memulai usahanya dengan membeli sebuah properti dengan harga 120 juta, padahal saat itu dia masih kuliah dan hanya punya uang 300 ribu. Dari sini dia meminjam uang dengan teman – temannya. Mencoba untuk membujuknya untuk membantu kekurangan dari dananya. Setelah mencoba dengan temannya gagal dia mencoba untuk meminjam dengan bank. Dengan modal nekat seorang anak mahasiswa, dia mendatangi bank tersebut. Lalu bank ternyata setuju dan meminjamkan 200 juta kepadanya. Sebagian uangnya yang sisa untuk membeli properti dia bikin untuk mebeli propertinya. Properti sebelumnya di jual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Kalau bank mulai menagih, dia langsung membayarkan dengan semua uang yang dia punyai. Begitu terus sampai dia mendapatkan profit dari jual beli properti tersebut dengan uang utang dari bank. Sebagai pengusaha menurut Miming ada beberapa hal yang harus dipegang yaitu pegang teguh janji, berkata jujur, punya utang, dan buat relasi yang baik. Keempat hal diatas yang saya tangkap dari Pak Miming di video ini. Saya medapatkan tips baru lagi dan hebat tipsnya. Tidak pernah terpikirkan oleh saya tips – tips diatas. Dari tips tersebut dapat sebagai pelengkap ilmu kita untuk menjadi seorang pengusaha. Tidak ada gunanya kalau hanya kita lihat dan dengar saja tips tersebut, harus segera kita coba kehebatan tips diatas untuk menjadi pengusaha hebat. Seorang pengusaha harus bisa dipegang erat janjinya. Jika dia sudah mencapai deal untuk membeli sebuah barang dari orang lain harus ditepati. Dia sudah janji bahwa dia akan membayar sisa uang dari barang yang dibelinya 2 bulan lagi, maka hal tersebut harus ia tepati. Jangan sampai membayarnya tidak tepat waktu sesuai janji kita. Apalagi jika pinjam uang dari bank. Kita sebisanya membayar kepada bank jika memang kita berhutang kepada bank. Agar kita tidak di blacklist oleh bank tersebut karena sudah menghindar dari utang kita. Jika kita sudah terkena blacklist maka kita pasti akan kesulitan sekali jika pinjam uang dari bank lainnya karena otomatis bank sudah memblacklist kita akan memberikan rekomendasi ke bank lain bahwa kita orangnya suka menghindari untuk membayar utang. Berkata jujur merupakan prinsip yang tidak saja diperlukan pada pengusaha tetapi pada bidang profesi lainnya. Tetapi bagi pengusaha peran kejujuran sangat vital baginya. Karena sekali dia berkata tidak jujur pada orang lain apalagi pada kompetitor sesama pengusaha, maka dia pasti akan kesulitan untuk dipercaya rekan pengusaha lainnya. Karena punya riwayat sering tidak jujur tadi. Maka jujur sangat penting bagi seorang pengusaha. Jika kita memang tidak bisa membantu dana teman pengusaha kita, maka katakan tidak padanya. Jika kita mengatakan iya padahal kita tidak bisa membantunya, kita pasti akan menyusahkan diri sendiri sekaligus kita akan bohong kepada orang lain. Usahakan kita selalu jujur jika mengenai bisnis dengan rekan pengusaha kita, jangan sampai saling menjatuhkan satu sama lain. Buat bisnis yang bisa mendukung keduanya, sehingga bisa sama – sama sukses dalam berbisnis.

Agak sedikit kontrovesial tetapi setiap pengusaha harus memiliki ini jika tetap ingin sukses. Harus punya hutang, pengusaha tanpa utang akan menghancurkan usahanya sendiri karena dengan utang kita dapat melebarkan lebih luas bisnis kita. Dan utang membuat kita tambah kaya. Kok bisa, ya utang dapat menambah modal kita. Dan utang sama dengan modal. Tambah banyak utang tambah banyak pula modal kita. Tetapi kita harus dapat mengelola utang dengan baik dengan belajar dari Pak Miming ini. Setiap kita terima utang, langsung gunakan utang tersebut untuk bisnis lainnya. Atau gunakan untuk membeli sebuah properti untuk asset kita. Karena properti selalu meningkat harga jualnya dan tidak pernah turun. Harga yang kita beli saat ini dapat meningkat harganya 5 kali lipat pada tahun berikutnya. Jalin relasi yang baik dengan bisnisman lainnya. Buat ikatan antar pengusaha lebih kuat atau sama kuat seperti ikatan keluarga. Jadi jika ada masalah menerpa bisnis kita, pengusaha lainnya dengan cepat membantu permasalahan kita. Apalagi jika kita kesulitan dana, pasti rekan pengusaha lainnya akan lebih cepat lagi membantunya. Sekali – kali kita memanjakan rekan pengusaha kita dengan memberinya dana dan membantu promosi. Di lain waktu pasti dia akan membalas kebaikan kita dan rekan pengusaha lainnya akan mempunyai kesan yang baik terhadap kita. Usahakan kita bisa mendapatkan relasi dari luar negeri, terutama dari negara – negara yang maju. Supaya kita juga bisa tahu pasar di luar negeri seperti apa dan apa saja yang menjadi minat pasar saat ini. Hubungan dengan pengusaha di luar negeri juga akan memperlebar bisnis usaha kita. Prinsip dari Pak Miming, pembeli itu adalah raja sedangkan penjual adalah dewa. Pembeli adalah raja karena mereka yang membeli dan mengkonsumsi barang – barang yang kita jual. Setiap mereka ingin beli, kita layani mereka, jika mereka tanya kita jawab, yang jelas kita sebagai sumber informasi bagi pembeli. Kita harus memperlakukan pembeli seperti raja, semua kebutuhan nya harus bisa kita cukupi. Jika ia ingin barang a dari toko kita, segera carikan dan jangan lama-lama. Buat pembeli merasa nyaman di toko kita. Ada pembeli hanya tanya – tanya saja ke toko kita, kita layani saja mungkin nanti si pembeli tersebut akan menyebarkan atau mempromosikan barang kita ke orang lain. Dan kita bisa dapat promosi gratis dari nya. Pokoknya kita harus stay positif terhadap pembeli. Penjual adalah dewa, kenapa seperti itu karena menurut Pak Miming prinsip tersebut untuk menaikkan motivasi sebagai pengusaha agar tidak turun. Ibarat dewa, kita akan jadi lebih berkuasa dan mengerti apapun. Dalam bisnis, kita akan jauh lebih tahu bisnis kita daripada yang lain dan pembeli yang pernah membeli di tempat kita juga sudah kita kenali satu – satu. Agar saat pembeli tersebut datang lagi, kita sudah ingat dia dan dapat menjalin keakraban dengan pembeli. Penjual akan terasa seperti dewa yang baik hati yang selalu menolong orang – orang yang membutuhkannya. Karena setiap kali orang datang membeli pasti tercukupi kebutuhannya . Terkadang untuk memulai action berbisnis kita sangat susah dari tips ini mungkin bisa membantu bagi yang ingin segera take action, yaitu bawa terus impian anda, selipkan foto keluarga di dompet, buat janji, ingat pesan orang tua, dan bersyukur. Bawa terus impian anda, apa yang anda impikan selalu ingat. Saat anda ingin action ingat impian yang ingin anda capai. Ingat bahwa impian anda merupakan tujuan utama anda berbisnis. Coba bagikan impian anda kepada orang lain, agar orang lain mendoakan kita agar mencapai impian tersebut. Impian juga bisa membawa semangat bagi kita. Menaikkan moral kita agar tidak patah semangat sebelum take action.

Selipkan foto keluarga di dompet. Saat anda mulai mau melangkah, lihat wajah ceria keluarganya. Ayah, ibu atau saudara, jika ada anak lihat mau seperti apa masa depan mereka nanti. Buat anak anda bisa memiliki semua yang dia inginkan dan tercukupi kebutuhannya. Lihat wajah ayah dan ibu anda yang sudah tua dan belum anda bahagiakan. Buat mereka bahagia dengan anda menjadi seorang pengusaha. Dan segera akan tergerak untuk memulai langkah pertama anda. Foto keluarga akan selalu menaikkan semangat anda juga jika anda merasa down. Anda akan selalu merasa lebih baik lagi jika keluarga anda selalu anda temui setiap hari. Sehingga anda bisa share juga impian anda keada mereka. Agar mereka juga tahu anda memiliki impian yang indah dengan keluarga anda. Buat janji dengan diri anda. Saat akan melangkah buat janji bahwa anda akan merealisasikan impian anda dengan menjadi pengusaha. Dan selalu ingat janji anda tersebut di saat anda senang maupun susah. Jika bisa tulis janji anda di kertas dan selipkan di dompet untuk selalu mengingatkan anda. Janji akan memperkuatkan langkah pertama anda. Jika anda lupa dengan janji tersebut, segera bikin sebuah judge kepada diri kita bahwa kita lupa akan janji tersebut. Sehingga dengan segera kita bisa ingat apa yang kita janjikan diawal langkah kita menjadi pengusaha. Ingat juga pesan yang diberikan kepada anda saat kita akan hendak menjalankannya. Bicarakan pada orang tua bahwa kita komitmen ingin menjadi pengusaha. Mereka pasti akan memberikan nasehatnya yang pasti akan berguna saat anda berproses nanti. Pesan mereka juga akan menjadi kekuatan anda saat melangkah nanti. Ibaratnya pesan orangtua sebagai mata pisau kita, dan kita sebagai pelaksana atau penyangganya. Selalu ingat bahwa mereka lah yang membuat anda di dunia ini dan pesan mereka sangat vital bagi kemajuan anda di dunia bisnis. Saat anda mengalami jalan buntu, diamlah sejenak dan ingatlah pesan orang tua anda. Bersyukurlah dengan keadaan kita. Kita harus bersyukur diijinkan dapat memilih profesi sebagai pengusaha. Bersyukur juga kita mengetahui resep menjadi kaya ini. Tuhan akan membantu kita jika rasa syukur kita selalu menjadi hal paling utama. Syukur dapat membuat juga rasa spiritual kita naik dan dapat melakukan keputusan – keputusan yang tepat bagi hidup kita. Saat kita menerima berkah selalu ingat untuk bersyukur. Banyak orang yang lupa akan rasa syukur, sehingga dia selalu saja mengeluh jika menerima musibah. Padahal dia sendiri saat senang selalu melupakan tuhan, maka nya musibah selalu menimpanya. Bersyukurlah di setiap keadaan kita, rasa syukur merupakan hal terkuat yang dapat mematahkan segala hal negatif yang ada pada diri kita. Dalam mengatur utang yang baik, kita dapat menggunakan tips yang diberikan Miming berikut yaitu catat tiap asset, simpan alamat bank, beli properti, dan menambah bisnis lain. Catat asset yang kita punya dari rumah sampai tanah. Catat yang detail kalau bisa, karena itu dipakai sebagai perhitungan kita saat akan menjualnya. Mencatat asset akan membuat kita dapat memperhitungkan berapa utang yang harus kita ambil. Saat akan mau mencari utangan, kita tinggal lihat asset yang kita punyai apa saja dan berapa besarnya rupiah yang akan kita dapat jika kita menjualnya. Perhitungan yang bagus akan mematangkan penggunaan hutang kita dengan baik. Simpan alamat bank yang pernah meminjami anda utang. Dengan begitu anda tidak perlu lagi mencari – cari bank lain untuk pinjam. Gunakan alamat bank tersebut untuk mempromosikan binis anda jika bisa. Dengan anda juga dapat menyelam sambil minum air. Tidak lupa juga anda memberikan hadiah ke kepada kepala cabangnya agar kepala cabangnya selalu ingat dengan anda dan akrab terus. Alamat bank tersebut sangat pneting juga untuk memberikan referensi kepada rekan pengusaha lainnya. Agar meminjam uang dari bank ini. Dan secara tidak langsung anda mempromosikan bank ini kepada orang lain. Seperti hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan

Beli properti dari harga yang paling rendah. Dengan membeli properti kita akan dapat menaikkan jumlah hutang kita kepada bank. Karena bank akan menganggap anda memiliki banyak uang dengan banyaknya properti yang anda punya. Sehingga ketika anda pinjam uang dengan nominal yang tinggi, bank langsung mengijinkannya dan langsung memberikan pinjamannya kepada anda. Properti yang anda beli murah, bisa anda jual lagi dengan harga tinggi jikalau anda terdesak untuk segera membayar utang. Yang jelas properti ini sangat penting bagi pengelolaan hutang anda. Tanpa properti anda akan kesulitan jika ingin mencari dana cepat dalam jumlah besar. Saat anda akan meminjam uang dari bank anda dapat juga menjaminkan properti yang anda beli. Sehingga anda juga punya opsi lain untuk menjaminkan barang – barang anda. Jangan hanya fokus pada satu bisnis. Bikin bisnis lain untuk memperpajang usia bisnis anda yang lain. Kok bisa, karena bisnis baru yang anda bangun belum tentu bisa sukses dan jika bisnis anda tersebut gagal anda dapat segera menjualnya dan memberikan dananya untuk mendukung bisnis anda yang lain. Dengan membangun banyak bisnis anda akan dapat tahu bisnis mana yang memiliki potensi akan meledak dan sukses besar. Perhitungkan juga keinginan masyarakat saat ini. Setelah ada bisnis yang menjanjikan, coba jual bisnis tersebut dan jika nominal harga jualnya tinggi. Berikan uangnya kepada bank untuk menutupi hutang kita setelah itu bangun bisnis lagi yang baru dengan pinjam uang dari bank. Gunakan bisnis kita untuk membuat utang baru dari bank, sehingga kita dapat terus mengembangkan bisnis kita yang lain. Dalam membangun kepercayaan dengan orang lain terutama masalah utang dengannya, coba beberapa langkahn yang mungkin berguna bagi anda yaitu ketahui latar belakangnya, cari tahu track record hidupnya, kenali relasi yang dia kenal dan bantu dia. Ketahui terlebih dahulu latar belakang dari orang yang akan kita minta’i pinjaman uang. Kenali dia berasal dari orang mana, jawa, sunda atau yang lainnya. Agar saat kita berbicara dengan nya bisa langsung terhubung dengan pikiran dan wawasannya. Jadi saat komunikasi lebih lancar karena kita sudah mengetahui latar belakang sukunya. Selain itu kita ketahui juga bagaimana keluarganya, bisnisnya, dan lain – lain. Cari tahu track record nya di dunia usaha. Apa saja yang telah ia capai dan bagaimana sepak terjangnya di dunia bisnis. Info ini akan berguna ketika anda akan ingin mengajaknya kerjasama di kemudian hari jika ia menolak untuk meminjamkan uangnya kepada kita. Record yang sudah ia capai kalau bisa kita capai juga agar saat kita bertemu dengannya dia mengganggap bahwa ada kesamaan derajat antara dia dan anda. Sehingga dia tidak sungkan untuk membagi berbagai hal yang dia punyai kepada anda. Cari relasinya yang terdekat dan buat hubungan yang baik. Buat relasinya tersebut merekomendasikan kita kepada orang yang akan kita mintai uang. Sehingga saat akan meminjam uang dia langsung mengiyakannya karena kita sudah kenal baik dengan sahabat dekatnya. Dengan begitu kepercayaan kita dapat terbangun dengan baik dan tidak perlu susah saat membangun relasi dengan orang yang akan kita mintai uangnya(pinjam). Coba jika kita belum kenal baik sahabat dekatnya. Kita pasti akan kesulitan untuk membuat orang tersebut percaya terhadap kita apalagi yang kita inginkan dari orag tersebut adalah uangnya. Pasti akan sangat sulit dan tidak mudah bagi kita. Setelah melalui langkah – langkah diatas, terakhir selalu bantu kepentingannya. Jika ia sedang susah segera berikan bantuan semampu anda. Sehingga ia selalu mengingat orang – orang yang selalu membantu dia. Bantu lah meskipun itu hanya bantuan kecil seperti membantunya mengantar anaknya sekolah atau mengajaknya makan malam. Usahakan kita membuat dia selalu nyaman dekat kita dan membuat sia senang karena setiap dia akan

kesusahan sesuatu kita selalu mendampinginya. Meskipun kita hanya membantu support dia dengan mengirimkan kartu ucapan atau pun sms. Semua perhatian kita akan sangat berrarti bagi dia meskipun cuma hal kecil. Jangan pernah mengaharapkan bantuannya jika anda benar – benar butuh. Agar dia akan terus merasa anda teman terbaiknya sekaligus orang yang paling dia percaya. Saat ada bisnis atau peluang lainnya dia pasti akan mengajak anda ikut serta karena setiap anda berada di dekatnya, dia merasa nyaman dan tertolong dengan bantuannya.

Rangkuman video ‘Mereka bilang saya gila’ Kali ini Bob Sadino memberikan beberapa rumus buatannya sendiri yang dia namai RBS atau kepanjangannya Roda Bob Sadino. Pada roda ini dibagi menjadi 4 kuadran, kuadran kampus, kuadran masyarakat, kuadran professional, dan kuadran jago. Pada kuadran kampus kebanyakan pada kuadran tersebut hanya diajarkan teori saja. Dari teori tersebut seseorang akan menjadi pintar dan bisa mempraktekkannya di masyarakat. Hampir semua universitas mengajarkan full teks dan hapalan. Jarang praktek langsung ke lapangannya. Padahal kenyataannya di lapangan berbeda dengan yang di pelajari di kampus. Dari sini mungkin pengajar bisa sedikit mengubah konsep belajarnya dikampus. Membuat mahasiswa bisa merasakan langsung bagaimana rasanya masalah yang terjadi masyarakat. Merasakan bahwa yang mereka pelajari dikampus tidak sepenuhnya benar karena kenyataan di masyarakat yang berbeda. Dengan begitu teori tadi akan menuju ke kuadran masyarakat, dimana di masyarakat dicoba praktekkan teorinya. Jika sudah selesai kembali lagi ke teori, menyerap ilmu, setelah itu kembali ke masyarakat untuk di praktekkan. Begitu terus sampai kira – kira hanya 80% dari kuadran masyarakat kita dapatkan. Setelah kuadran masyrakat, akan berputar menuju kuadran jago. Di sini orang akan merasa sudah bisa mengerti ilmu yang telah dia dapatkan. Tapi tahap ini dia juga belum sepenuhnya mahir memahami ilmunya. Baru pada tahap kuadran professional seseorang sudah dapat mengerti dan paham betul ilmu yang telah dia dapatkan. Dia dapat mempraktekkan dengan baik ilmunya di masyarakat. Semua ilmunya juga dapat dia tularkan dengan baik kepada orang lain. Untuk mau belajar enterpreneur secara jalanan atau langsung melalui masyarakat. Bob Sadino menyarankan untuk menghilangkan 3 hal ini yaitu rasa takut, berharap, dan belenggu dalam pikiran. Ketiga ini yang paling utama supaya kita bisa sukses blajar enterpreneur melalui jalanan. Tiga ini bisa kita buat untuk berpindah ke kuadran kanan. Kita juga harus bisa terbebas juga dari semua beban di pundak agar saat kita belajar bisa lebih rileks. Rasa takut, kebanyakan dari kita pasti ada rasa takut jika belajar dari jalanan. Karena kita takut akan gagal, takut akan sia – sia, dan takut lainnya. Kita harus bisa mencoba menghilangkan semua rasa takut tersebut, supaya ilmu yang masuk ke otak kita bisa lancar. Mungkin bagi agak susah menghilangkan rasa takut ini, apalagi kta yang dari kuadran kampus. Kita lebih percaya dengan teori yang dipelajari di kampus daripada di jalanan. Karena menurut kita di jalanan ilmunya tidak pasti dan tidak ada kebenaran. Kedua, berharap banyak saat anda belajar di jalanan. Usahakan buang semua harapan anda pada jalanan. Berharap hanya akan membuat anda merasa khawatir dan was – was saat belajar. Karena belajar di jalanan tidak ada yang pasti anda langsung bisa, butuh proses panjang. Kita tidak bisa berharap sebulan di jalanan kita langsung paham konsep enterpreneur. Buang harapan kita agar rasa khawatir tidak menyelimuti diri kita. Terakhir, buang belenggu yang ada pada pikiran kita. Belenggu yang seperti apa ? belenggu – belenggu yang seperti pemahaman anda bahwa belajar di jalanan tidak akan membawa anda sukses daripada di kampus. Buang pikiran – pikiran anda yang beranggapan belajar di jalanan akan membuat anda susah dan tidak berhasil. Belenggu – belenggu seperti ini bisa membuat anda pusing dan membuat saat anda belajar tidak ada yang masuk. Malah mengganggu belajar anda. Belenggu pikiran yang didapat dari kampus harus dibersihkan dahulu, supaya dalam proses di jalanan informasi yang masuk bisa dipahami dengan baik.

Plannning sebenarnya tidak diperlukan untuk jadi enterpreneur sukses. Menurut Bob Sadino, perencanaan hanya akan membuat pusing. Bob Sadino tidak pernah merencanakan punya rumah besar, 2 mobil jaguar, dan lain- lainnya. Semua itu sudah terjadi sendirinya, tanpa kita planning dari awal. Biarkan semuanya berjalan sesuai kehendak Tuhan. Semua sudah diatur oleh Tuhan, kita tidak perlu pusing untuk merencanakannya. Mulai dari sekarang kita harus membuang planning dan gial kita agar terbebas dari beban pikiran. Hal penting lainnnya adalah enjoiment dengan hal yang kita tekuni. Buat senang dan fresh hal yang anda lakukan. Senangi bidang tersebut sehingga anda bisa menjalaninya dengan rileks. Faktor enjoiment ini akan berdampak besar dalam proses anda belajar. Jika lebih enjoiment kita dapat belajar lebih cepat dan paham. Perumpamaannya seperti seorang anak kecil yang antusias sekali saat di beri mainan. Kuantitas kerjanya jika disuruh ibunya belanja lebih bersemangat dan bawaannya ingin cepat selesai. Bandingkan dengan anak kecil yang tidak diberi mainan, kuantitas kerjanya akan lebih lambat dan kurang bersemangat. Seperti itu, kita harus bisa mengkondisikan diri kita untuk selalu antusias dalam belajar enterpreneur. Kalau menurut Bob Sadino, jika seseorang berkecimpung di dunia pendidikan. Mulai dia lulus sarjana, dia pasti akan ditawari jadi dosen. Setelah dosen menjadi dekan fakultas, terakhir ujung – ujungnya menjadi rektor. Tidak ada yang berubah, hanya berkembang di satu tempat. Tidak bisa melihat peluang lain selain di dunia pendidikan. Gengsi merupakan bagian dari rasa takut. Beberapa orang masih gengsi jika belajar dari jalanan. Karena menurut beberapa orang belajar dari jalanan levelnya berbeda dengan di kampus. Mereka lebih memilih belajar di kampus yang bayar mahal daripada di jalanan yang gratis. Untuk menjadi enterpreneur sebenar sangat mudah tapi menjadi sukses tiak mudah. Butuh kerja keras dan pengorbanan yang sangat besar. Dari video kali ini saya mempunyai beberapa gambaran baru bagaimana menjadi pribadi yang berhasil yaitu bertanggung jawab penuh, kemauan belajar, dan sabar. Ketiga poin ini merupakan pribadi yang bisa dianggap merupakan pribadiyang sukses. Bertanggug jawab penuh terhadap tanggung jawab pilihan kita. Saat kita sudah memutuskan untuk memilih mendalami enterpreneur kita harus bisa bertanggung jawab penuh pada pilihan kita. Fokus pada pilihan kita dan menghiraukan semua penggangu yang ada. Jadi kita menjadi punya tanggung jawab bahwa ini kita belajar enterpreneur merupakan pilihan kita dan kita harus bisa sukses. Membuat janji pada diri sendiri bahwa kita punya tanggung jawab untuk belajar serius di bidang ini. Kemauan untuk belajar kita harus tinggi. Karena kemauan yang tinggi membuat rasa kita untuk bertanya akan mengembangkan diri kita. Dari pertanyaan tersebut akan membuat menambah pemahaman kita memahami apa yang kita pelajari. Kemauan juga akan membuat rasa antusias kita bertambah pula. Orang kalau kemauan belajar tinggi pasti jalannya dalam belajar akan terasa lebih mudah dan ringan. Karena setiap kali belajar dia lebih cepat diberikan jawaban – jawaban yang membingungkan yang ada di otaknya. Pertanyaannya membuat wawasannya cepat terbuka. Sabar lah dalam belajar. Sabar jika kita masih belum bisa atau mudah memahami materi yang ada. Coba ringankan beban diri kita untuk mau sabar jika ada orang yang berusaha membuat emosi kita. Coba sabar menghadapi orang – orang yang akan memindahkan fokus kita. Kadang – kadang mereka merupakan ujian kita dalam belajar ini. Mereka berusaha membuat kita gagal dalam enterpreneur dan selalu berusaha menjatuhkan mental kita. Kunci kesabaran kita harus di tingkatkan dan berpikir lah bahwa orang – orang tersebut sebagai pemacu kita untuk lebih sukses mendalami enterpreneur. Buat pemikiran dalam otak kita bahwa mereka menjadi pemacu semangat kita dalam belajar.

Dari Bob Sadino, pikiran yang lemah sekali pun lebih baik daripada pikiran yang kuat. Karena pikiran yang lemah lebih mudah dalam menerima berbagai masukan dan hal – hal baru. Sedangkan pikiran yang kuat sudah di penuhi oleh ilmu yang telah dia banyak pelajari. Sehingga saat ada ilmu baru masuk sangat susah, karena dia pikir – pikir dulu dan dipertimbangkan matang – matang. Coba kita berpikir agak lemah dan menerima semua ilmu baru. Jika dirasa kurang cocok dengan kita, tinggal kita rubah, modifikasi dan sesuaikan dengan diri kita. Dalam belajar ini pun kita juga pasti akan dilecehkan oleh orang karena kekurangan kita yang mungkin lemah memahami konsep enterpreneur ini. Kita harus bisa percaya diri dengan kekurangan kita dan yakin dengan kekurangan ini kita bisa jadi sukses. Saya punya cerita singkat mengenai kekurangan diri ini. Ceritanya seperti ini. Ceritanya tentang ember yang bocor. Seorang pemikul air memiliki dua ember. Ember yang satu sempurna sedangkan yang lainnya bocor. Perjalanan yang ditempuh pemikul tersebut cukup jauh, air yang di ember bocor tinggal setengah sedangkan air di ember satunya masih penuh. Ember yang bocor merasa malu dengan keadaannya. Sedangkan ember yang sempurna sangat bangga dengan dirinya. Setelah beberapa tahun ember yang bocor meminta maaf pada tuannya. Ia merasa malu karena tidak bisa maksimal membantu tuannya. Dengan bijaksana tuannya berkata..kenapa kamu malu ? Justru kelemahanmu memberikan keistimewaan bagiku. Aku telah menabur benih bunga di sepanjang sisimu..kamu menyiraminya tiap hari..sehingga muncullah tunas dan bunga – bunga yang indah. Nilai moral dari cerita diatas adalah setiap manusia pasti memiliki kelemahan. Namun bila kita percaya, kekurangan kita dapat menjadi suatu hal yang berguna bagi orang lain. Jadi kita harus percaya diri dengan kelemahan kita saat belajar enterpreneur. Yakin bahwa kelemahan kita ini bisa membawa berkat bagi rekan – rekan enterpreneur lainnya. Buat kelemahan kita menjadi kelebihan kita. Sehingga kita bisa lebih pede ketika menekuni bidang ini. Percaya bahwa semua proses pembelajaran ini akan berdampak baik bagi diri kita. Beberapa tips penting yang saya dapatkan dari video ini dan coba kembangkan dengan bahasa saya dalam berkecimpung di dunia enterpreneur yaitu terus mencoba, berani melawan arus, strategi yang bagus, melawan ketakutan, yakin pasti bisa, kerjasama tim, dan belajar hadapi hal baru. Saya rasa tips diatas sangat bermanfaat dan dapat memacu semangat orang berwirausaha. Terus mencoba, berkali – kali kita akan gagal terus dalam mencoba mempratekkan suatu bidang yang sedang kita dalami. Kita harus keep moving dan mencoba terus sampai berhasil. Tidak peduli berapa kali kita gagal improvisasi dengan hal – hal baru. Dengan kita mencoba terus menerus, lama – kelamaan kita menjadi terbiasa dan menganggap hal ini biasa. Sehingga saat ada masalah baru datang kita sudah tahu penyelesaiannya. Berani melawan arus yang berbeda. Mungkin di duni pengusaha ini kita akan mencoba menjadi seorang penjual keliling yang menurut kita merupakan pekerjaan yang rendahan. Berbeda jauh dengan kebiasaan orang banyak yang kerja di kantoran. Di sini kita harus bisa melawan arus yang berbeda ini. Lawan arus ini supaya bisa membuat terbiasa oleh kita. Membiasakan diri melakukan hal yang berbeda dari biasanya. Ada banyak pendapat orang yang mungkin bisa jelek atau buruk datang pada kita. Tidak perlu dihiraukan perkataan mereka, yang terpenting kita fokus pada hal yang kita tekuni. Dan melawan arus yang sama sekali berbeda dari kebiasaan kita. Insya Allah pasti jalan kita menuju pengusaha sukses akan tercapai.

Selain dua hal tersebut, cara kita menerapkan strategi yang bagus cukup penting. Kita harus punya rencana yang bagus bagaimana memasarkan produk ke masyarakat yang tepat. Dengan rencana yang bagus kita akan lebih mudah memasarkan produk kita ke masyarakat. Bangun stategi yang mantap, mulai dari cara berbicara ke orang, target pemasaran dan lain – lain. Bikin suatu stategi yang spesial dan perhitungkan setiap kondisi yang akan terjadi. Misalnya saja jika kita akan promosi ke rumah – rumah, pikirkan jika anda diusir oleh satpam setempat, bagaimana rencana anda selanjutnya, apakah lanjut atau tidak. Strategi yang bagus akan memacu dan mendukung bisnis kita. Melawan ketakutan, seperti yang telah dijelaskan Bob Sadino. Ketakutan terkadang merupakan faktor yang sulit dihindari. Belum apa – apa kita sudah ketakutan macam – macam. Langsung saja mulai mau bisnis kita dan patahkan rasa takut kita dengan motivasi diri sendiri. Buang rasa takut kita yang selalu muncul dengan memikirkan konsep apa lagi yang akan kita gunakan untuk berbisnis. Fokuskan pada bisnis kita jangan mudah terpengaruh godaan dari luar. Pikirkan hal – hal yang dapat mengalihkan anda dari rasa takut kita. Lawan ketakutan dan keep moving dengan bisnis kita. Yakin pasti bisa, di dunia ini tidak ada hal yang mustahil. Semuanya bisa kita capai dengan keyakinan kita. Jika kita yakin pasti sukses, pasti sukses beneran. Yakin kalau semua keinginan kita bisa tercapai. Setiap atau hal apa pun di dunia selama bisa dicapai, pasti tercapai. Banyak orang yang bermimpi besar dan akhirnya tercapai meskipun mustahil baginya. Yakinkan terus dalam diri bahwa kita pasti bisa sukses. Kalau perlu seperti tips saya sebelumnya, tuliskan mimpi – mimpi anda dan tempelkan di dinding meja kerja anda. Bayangkan jika semua hal tersebut telah anda capai. Kerjasama tim merupakan hal yang menurut saya juga sangat diperlukan. Kita butuh tim untuk mendukung bisnis kita. Dengan adanya tim, kita bisa berkerjasama membangun bisnis. Kita bisa ikut bergabung dengan forum atau komunitas bisnis di daerah anda. Dari komunitas tersebut, kita bisa minta bantuan mereka untuk mempromosikan bisnis kita. Minta bantauan mereka jika kita kesulitan modal atau butuh uang. Tim akan sangat membantu kita memajukan bisnis kita. Dalam tim dapat saling bekerjasama juga menentukan strategi yang tepat untuk membawa bisnis kita cepat dikenal masyarakat. Terakhir hampir sama dengan tips sebelumnya belajar hadapi hal – hal baru. Pasti akan ada banyak hal baru datang di bisnis yang kita geluti. Kita harus bisa belajar dari hal – hal baru tersebut dan yakin hal baru tersebut dapat membawa kebaikan bagi kita. Pikirkan bahwa hal baru akan mengembangkan skill kita dalam berwirausaha. Sehingga jika hal baru datang, kita sudah siap belajar dan menerimanya dengan baik. Dalam dunia bisnis kita dapat memilih langkah tangable atau intagable. Dua pilihan tadi dapat juga menentukan dasar dari langkah yang akan kita buat untuk bisnis kita. Dasar untuk pengambilan setiap keputusan yang akan kita pilih. Dari kedua hal tersebut akan bisa menetukan jalannya bisnis kita seperti apa menyikapi setiap perubahan yang datang kepada kita. Menentukan langkah yang tepat bagi kelangsungan bisnis kita ke depannya nanti. Kita dapat menentukannya dengan tangable atau intagable. Kedua nya berbeda dan bertolak belakang satu sama lain. Tangable adalah langkah yang diawali berpikir dahulu baru bertindak. Jika ada masukan atau peluang, kita cenderung berpikir terlebih dahulu. Meminta saran dari banyak orang, apakah masukan ini diterima atau tidak, resiko bagaimana, dan berbagai macam alasan lainnya. Proses nya menjadi berlarut – larut dan tidak kunjung selesai dipikirkan. Kita masih terus mempertimbangkan sampai menurut kita sudah pas dan fix. Menunggu sampai semua

yang kita pikirkan dapat benar – benar tepat untuk dijalankan. Pertimbangan demi pertimbangan akan kita terus lakukan sampai akhirnya kita jalankan. Sebaliknya intagable, kita langsung bertindak jika memang ada peluang bagus di bidang usaha atau bisnis kita. Kita langsung jalankan masukan yang datang tanpa berpikir panjang. Saat menjalankan tersebut kita akan langsung tahu kendala – kendala apa saja yang akan kita alami. Baru saat itu kita memikirkan bagaimana langkah selanjutnya. Dan intagable ini lebih fleksibel daripada tangable. Karena setiap masalah yang ada diterima dan segera langsung diselesaikan tanpa berpikir panjang. Setiap permasalahan langsung di eksekusi untuk diselesaikan secara cepat.

Rangkuman video ‘Hutang Itu Mulia dan Indah’ Berbeda jauh dengan video miming pangarah yang ‘Bagaimana Mengelola Utang dengan Baik’. Video kali ini memiliki kualitas video dan materi yang lebih jelas. Detail dari cara mengelola hutang dengan baik sangat bagus penjelasannya. Pak Miming terlihat sangat bersemangat pada video kali ini dan lebih enjoy dalam memberikan materinya. Sangat bermanfaat dan banyak ilmu yang dapat kita ambil. Ilmu yang menurut saya baru pertama kali ini saya begitu luar biasa dengan ilmu utang dari Pak Miming. Sangat disarankan bagi pengusaha yang telah memulai usahanya tetapi belum dapat mengelola hutang dengan baik. Ilmu yang dipaparkan di sini sangat disarankan dan benar – benar harus dicoba. Efeknya jika kita mencobanya akan berdampak besar terhadap keuangan kita beberapa tahun kedepan. Mungkin setelah kita menggunakan ilmu ini, kita akan bisa memiliki semua hal yang kita inginkan di dunia ini hanya dengan menerapkan ilmu hutang dari Pak Miming. Ada sebuah kata – kata yang mengingat kan saya tentang pengusaha. Yaitu ‘pengusaha itu berdagang untuk dijalankan bukan untuk dimengerti’. Pak Miming yang tidak punya pengalaman tentang sablon akhirnya nekat untuk buka usaha sablon dengan ilmu sablon yang pas – pas an. Tetapi alat sablonnya berasal dari orang lain dan Pak Miming hanya menyediakan tempatnya untuk jualan. Sambil jalan kita pasti lama – kelamaan akan bisa mengerti bisnis sablon. Tanpa kita pelajari lebih dahulu langsung praktek, kita pasti langsung dapat mengerti. Karena kita menggunakan otak kanan yang langsung ambil action tanpa berpikir dahulu. Otak kanan kita langsung bekerja tanpa harus berpikir panjang. Bayangkan jika kita harus pikir – pikir dahulu untuk jualan sablon, pasti ujung – ujung nya kita tidak jadi berbisnis. Pengusaha kalau sudah mengerti tentang bisnis yang ingin dia jalankan, pasti banyak hal yang akan dia takuti. Takut dana kurang, takut rugi, dan lain – lain. Jadi saat menjalankan bisnisnya dia terus kepikiran dengan bisnisnya sehingga terlihat suram tokonya karena pengetahuannya tentang bisnis tersebut sudah ia pelajari sebelumnya. Pokoknya pengusaha kalau ingin memulai suatu usaha langsung ambil langkah tanpa harus kepikiran harus belajar dulu tentang apa yang di jual. Sambil jalan pasti bisa mengerti dan lambat laun kita akan menjadi dewa dalam bisnis yang kita geluti. Biarkan mengalir seperti air proses yang sedang kita lalui selama berbisnis. Biarkan otak kanan kita yang bekerja saat mengambil keputusan – keputusan penting. Karena jika keputusan diambil oleh otak kiri maka kita akan seperti kehilangan sedikit keberuntungan dalam hidup kita. Dalam bank ada 5 macam kolektivitas orang, pertama bayar tanpa nunggak, kedua bayar tapi telat sebulan, ketiga tidak bayar sampai 3 bulan berturut – turut, keempat tidak bayar sampai 6 bulan berturut – turut, kelima tidak bayar sampai 8 bulan berturut – turut. Pertama merupakan ciri orang yang disukai bank karena dia membayar terus tanpa nunggak, Kedua bayar tapi telat bank masih mentolerir karena orang tersebut masih mau bayar, ketiga tidak bayar sampai 3 bulan akan cukup mengesalkan bank, keempat merupakan orang yang sangat tidak disukai bank, yang kelima orang tersebut pasti akan diblacklist oleh bank karena selalu menghindar jika akan membayar. Dan orang kelima ini akan sangat fatal dengan asset – assetnya karena akan disita semua oleh bank. Hampir sama dengan binisman yang sukses sebelumnya seperti bob sadino dan purdi. Otak kanan adalah otak yang sangat diperlukan dalam berbisnis. Bisnis tanpa otak kanan akan mati seketika bisnisnya. Otak kanan punya banyak kreasi yang dapat membuat bisnis kita maju dan berkembang pesat. Aktifkan selalu setiap saat jika anda akan menjalankan bisnis anda.

Seperti yang dilakukan istri Pak Miming, dia langsung membeli sebuah mobil setelah mengikuti seminar bisnis Purdi. Padahal cicilannya sangat besar baginya dan tidak akan sanggup untuk melunasinya. Itu lah kreasi otak kanan, otak kanan langsung ambil action tanpa pikir panjang. Setelah tahu gara- gara seminar purdi istrinya langsung seperti itu, Miming langsung ingin tahu seperti apa purdi yang bisa sampai membuat hampir merusak rumah tangga mereka. Setelah mengikuti seminar Pak miming terkesan dengan orang yang presentasi seminar. Seperti Pak Wiwid yang memiliki toko kaos dan memiliki omset semilyar, selanjutnya Pak Miming terkesan dan mengikuti terus seminarnya. Akhirnya Pak miming bertemu dengan pak Purdi dan tidak jadi ingin memarahi nya. Malah ingin meminta pinjaman uang dari Pak Purdi. Tetapi Pak Purdi bilang kalau Miming salah dalam utang nya di bank, harusnya digede in lagi. Akhirnya di mengikuti saran Pak Purdi dan mengikuti langkah – langkah meminjam dari bank. Ternyata dalam pinjam uang dari bank kita harus punya beberapa kelengkapan seperti NPWP, SIUP(Surat Ijin Usaha), SITU(Ijin Tempat Usaha), TDP(Tanda Daftar Perusahaan), Rekening Koran, Tabungan, dan Laporan laba/Rugi. Misal kita tidak mempunyai itu semua, kita dapat membuatnya. NPWP bisa kita bikin gratis, SIUP, SITU, dan TDP satu paket sekitar 1 juta kita tinggal kasih ke rt/rw kasih uang untuk bikin. Laporan rugi/laba ini kita bisa minta jasa teman kita untuk yang berprofesi sebagai akuntan untuk membuatnya. Jika kita tidak punya teman akuntan kita bisa minta jasa bank kalau mau, untuk membuat laporan laba/ruginya. Rekening koran dan tabungan tidak perlukan asalkan kita memiliki laporan laba/rugi. Surat – surat tersebut tinggal kita kasihkan kebank untuk apply pinjaman. Misal bank tersebut menolak anda, kita langsung cari bank lain. Cari bank menyetujui anda, jika bank butuh rekening koran kita cari lagi bank lain yang mau menerima laporan laba/rugi sebagai ganti rekening koran. Misal kita mendapat pinjaman dari bank 100 juta, kita menggunakan uang tersebut 35 juta untuk membayar sertifikat dari bank sebelumnya. Maka kita masih memliki 65 juta. Bank meminjam i kita uang menggunakan sistem prk(pinjaman rekening koran) sedangkan bank sebelumnya menggunakan kpr. PRK sistemnya merupakan dimana kita membayra hanya bunganya saja dari total pinjaman kita tiap bulan. 35 juta tadi dikalikan 1,5% untuk bunga maka sekarang cicilan anda tiap bulan menjadi 420 ribu. Lalu 40 jutanya kita belikan mesin untuk menunjang bisnis kita. Maka sekarang beban kita bertambah dari 35 juta ditambah dengan 40 juta menjadi 75 juta. 75 Juta ini kita kalikan bunganya menjadi 900 ribu, sekarang cicilan kita naik jadi 900 ribu. 40 juta yang kita pakai untuk beli mesin, kita perkirakan saja dapat menghasilkan pendaptan 1 juta dan mesin sudah bisa menutup cicilan kita. Sehingga toko kita tidak ada tenggungan lagi terhadap cicilan. Karena mesinnya sudah membayarnya untuk kita. Setelah itu kita bikin account tabungan untuk menyimpan semua uang yang masuk dan keluar. Dari penghasilan toko, kita masukkan ke account tabungan kita tadi. Karena sistem nya bank rekening koran maka bank harus tahu keluar masuk uang kita. Kalau kita benar – benar butuh uang, tinggal kita ambil lagi dari bank. Dari penghasilan mesin juga sama masukkan semua penghasilannya ke bank, kalau butuh baru ambil. Oh iya, tadi kan kita sudah membeli mesin sejumlah 40 juta dari uang kita yang 65 juta maka sekarang uang kita tinggal 25 juta. Uang 25 juta ini juga kita masukkan ke tabungan kita di bank. Kalau misal ada orang yang ingin pinjam, tinggal kasihkan saja. Misal ada saudara kita pinjam 15 juta, langsung kasihkan. Setelah itu dia mengembalikannya 16 juta misal, maka sekarang kembalikan lebihnya itu ke teman kita. Terus begitu dengan orang – orang yang pinjam uang kita. Agar bank dapat mencatat rekening korannya dan melihat uang yang keluar masuk dari tabungan kita sangat aktif. Sehingga bank lebih yakin kepada kita bahwa bisnis kita sangat

prospek untuk kedepannya. Bank akan yakin kepada kita jika kita ingin pinjam uang lagi dengan jumlah yang lebih besar. Misal kita ingin pinjam 300 juta, maka kita harus menambah asset kita sebagai jaminan bank. Agar mencukupi dengan nominal yang kita inginkan. Saat kita ingin meminjam uang, hal pertama yang kita takuti pasti takut assetnya disita. Nah Pak Miming memberikan triknya bagaimana kita gadaikan asset kita tapi kita tidak akan kehilangan asset tersebut. Kita gadaikan rumah tersebut lalu uang yang kita dapatkan dari bank kita belikan asset yang dua kali lipat dari pinjaman kita. Sehingga ketika kita akan menjual asset baru yang kita beli dapat di jual dengan harga tinggi. Sehingga kita sekarang dalam safe condition dimana jika kita kekurangan uang untuk melunasi, tinggal menjual properti kita tadi sehingga tidak akan kehilangan asset kita yang pertama. Benar – benar trik yang bagus dan sebenarnya resiko juga. Karena saat kita akan menjualnya belum tentu ada orang yang mau beli tetapi dengan menggunakan otak kanan kita pasti asset tersebut dapat kita jual dengan harga yang tinggi. Dari video kali ini dalam menyikapi hutang kita harus memperhatikan aspek berikut yaitu selalu tenang, diluar kemampuan keuangan, beli asset, beli peralatan untuk bisnis, dan buat surat – surat penting untuk bank. Selalulah kita tenang dengan jumlah utang yang telah kita pinjam. Jangan khawatir atau resah jika suatu ketika bank datang ke rumah anda untuk meminta uang anda karena anda belum bayar. Yakin bahwa pasti anda bisa melunasinya. Tenang jika kita di gertak atau dimarahi oleh pihak bank, tetap tenang dan easy going. Ajak pihak bank berkomunikasi santai ala otak kanan kita. Kenali dia luar dalam dan pokoknya buat dia terhibur dengan tingkah laku kita. Jangan sampai utang membuat kitatidak bisa tidur memikirkan bagaimana melunasinya. Buang semua pikiran itu dan fokuskan pada pengembangan bisnis anda saja. Pinjam lah uang di luar kemampuan kita,mengapa, karena jika kita meminjam di luar kemampuan kita akan mendapatkan profit dari uang tersebut. Loh kok bisa, ya karena kita pasti dapat uang lebih saat kita akan melunasi pinjaman dari bank lain. Yang jelas kita akan mendapat banyak keuntungan dari pinjam uang di luar kemampuan kita. Selalu pikirkan bahwa semua akan berjalan dengan baik dan positif. Yakin bahwa hutang kita akan membawa kita menjadi pengusaha sukses. Gunakan uang tersebut untuk memutar terus uangnya sampai kita bisa dapat banyak untung dari pinjaman tersebut. Percaya bahwa semuanya pasti akan berjalan lancar dan bisnis jalan terus sampai sukses. Beli sebuah asset untuk menopang bisnis anda. Anda dapat membeli sebuah rumah atau tanah yang anda beli dengan harga yang lebih mahal diluar kemampuan anda melunasinya. Setelah itu anda cari utangan dari bank lain. Gunakan properti tadi sebagai jaminan, sehingga sekarang anda sudah bisa melunasinya dengan pinjaman dari bank. Mungkin beli asset ini agak susah karena anda sebisanya mencari asset yang strategis dan dicari banyak orang. Sehingga ketika akan menjualnya lagi tidak akan kesulitan. Asset sangat banyak manfaatnya bagi bisnis anda, selain sebagai penopang, dapat juga sebagai tambahan uang bagi anda dan manfaat lainnya. Jika anda gagal berbisnis anda bisa langsung menjual asset anda dan menutupi bisnis anda yang rugi tadi. Gunakan hutang untuk membeli peralatan yang dapat mendukung bisnis kita. Alat tersebut juga dapat menghasilkan banyak uang bagi bisnis kita. Selain dari properti anda juga dapat mengharapkan penghasilan dari mesin yang kita beli ini. Sehingga setidaknya mesin ini dapat membayar bunga yang diberikan oleh bank. Usahakan cari peralatan yang sekiranya dapat membuat menghasilkan uang seperti alat mesin foto copy dan lain – lain. Sebisanya peralatan ini menghasilkan uang meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Terakhir perhatikan surat – surat yang dibutuhkan untuk peminjaman uang di bank. Seperti NPWP, SIUP(Surat Ijin Usaha), SITU(Ijin Tempat Usaha), TDP(Tanda Daftar Perusahaan), Rekening Koran, Tabungan, dan Laporan laba/Rugi. Siapkan surat – srat tersebut sehingga bank sudah tahu bahwa orang ini orangnya sangat terencana dan terbiasa berhutang dengan bank lain. Bank lalu dengan cepat dapat menyetujui jumlah pinjaman anda. Persiapkan diri kita jika ingin meminjam uang dari bank dan buat kesan yang baik bagi bank. Sehingga bank tidak akan sulit untuk meminjamkan uang kepada anda lagi dengan jumlah yang lebih besar. Selalu tekankan bahwa bank akan menjadi rekan paling penting dalam bisnis anda. Karena bank merupakan sumber utama dari berjalannya uang di bisnis anda. Selain tips diatas, kita harus juga memperhatikan bagaimana cara – cara yang ampuh untuk membujuk orang agar tertarik dengan sikap kita. Supaya saat kita melakukan negoisasi atau bertemu dengan orang bank bisa lancar dan meninggalkan kesan yang baik. Berikut tips nya yaitu berikan rasa simpati, buat dia mengatakan iya, ceritakan pengalaman anda dan buat dia tertawa. Berikan rasa simpati anda kepada orang tersebut. Cari tahu apa yang menjadi hal yang dia keluhkan pada hidupnya. Berikan rasa simpati anda kepadanya dan berikan dukungan padanya bahwa dia bisa melalui. Kalau bisa anda memberikan no telpon anda jikalau dia membutuhkan anda lewat telepon. Jadi anda usdah bisa mengakrabkan diri dengannya. Melalui komunikasi secara langsung atau tidak langsung. Buat lawan bicara anda mengatakan iya. Pancing dia untuk mengatakan jawaban yang iya. Sehingga selalu terstimulasi dalam pikirannya bahwa anda selalu mengatakan hak yang benar. Sehingga saat anda menjelaskan bahwa ingin pinjam uang sebanyak ini , dia langsung mengatakan iya saja tanpa pikir panjang karena sebelumnya anda sudah memberikan panjang lebar yang masuk akal baginya. Misal, bikin pertanyaan sederhana seperti ‘ruangan ini bersih dan rapi ya ?’ atau ‘disini karyawannya banyak juga ya ?’ otomatis dia akan terpancing untuk memberikan jawaban iya. Dan otaknya sudah terprogram untuk mengatakan hal tersebut terus menerus. Ceritakan bagaimana pengalaman anda kepadanya. Ceritakan kisah – kisah sukses anda selama hidup dan buat dia terkesan. Mungkin pengalaman anda bertemu orang – orang hebat dan sukses di dunia entertainment. Anda bisa mengatakan bahwa anda pernah ketemu dengan sby , dedy corbuzier, atau valentino rossi. Padahal anda hanya bertemu saja tanpa berbicara langsung dengan orang – orang tersebut. Sehingga orang bank akan terkesan dan sungkan dengan anda karena sudah bertemu orang – orang yang hebat. Buat dia jadi mengerti pengalaman hebat apa saja yang telah anda lalui. Hal terakhir yang menurut saya cukup vital yaitu baut dia terhibur dan tertawa. Jika kita bisa membuatnya terhibur dengan perkataan kita. Orang tersebut akan rileks dan santai saat berbicara dengan kita. Dia lebih enak jika mengobrol dengan anda karena anda bisa menghiburnya di tengah – tengah kesibukan aktivitasnya. Skill ini jarang orang bisa lakukan, rata – rata dari kita jika bertemu orang asing selalu serius dan agak jaim sedikit. Sehingga kita kurang bisa mengeskploitasi karakter dari lawan bicara kita. Jika kita belum bisa menghibur orang, coba untuk mulai dari sekarang berkumpul dengan orang – orang yang punya sense humor tinggi. Agar kita kecripratan juga sense humor dari orang tersebut. Nah, sebenarnya kita tidak usah jauh – jauh mencarinya juga bisa dengan mendekati mentor – mentor bisnis yang ada di EU seperti Pak Purdi yang setiap kali seminarnya selalu menghibur audiencenya. Dari semua ilmu hutang yang saya dapatkan. Ilmu dari Pak Miming ini sangat membuka matanya saya tentang bagaimana konsep hutang itu sebenarnya meskipun saya belum pernah utang dengan bank. Luar biasa sekali, mungkin suatu saat saya akan mencoba resep ilmu hutang itu mulia melalui Pak Miming ini. Benar – benar ilmu yang tidak akan saya

dapatkan di jenjang kuliah ataupun sekolah lain. Beruntung sekali bagi saya bisa mengetahui ilmu hutang ini. Jika saya tidak berkuliah di petra, saya tidak akan mendapatkan ilmu ini. Tapi siapa tahu saya menemukan ilmu ini dari kampus lain, tetapi rasanya kemungkinannya sangat kecil dan takdir saya ada di petra untuk mengetahui ilmu super ini. Terima kasih kepada pak Ibnu yang sudah mengenalkan saya dengan orang – orang hebat di video ini meskipun saya sebelumnya sudah mengenal mereka melalui media cetak dan omongan orang. Setelah melihat langsung dari video ini rasanya saya menjadi kembali semangat dan otak kanan saya seperti teraktifkan kembali berkat melihat video – video ini. Akhir kata terima kasih Pak Ibnu. Semoga ilmu ini suatu hari dapat saya terapkan dalam hidup saya dan terancam menjadi pengusaha sukses luar biasa !!

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful