1.

Pastikan modem HP Smart Anda sudah bisa mengakses internet dengan opera mini yang sudah terinstall di dalamnya. 2. Dalam keadaan ON, tancapkan modem ke USB port laptop/PC. 3. Buka terminal konsole (start -> more program -> terminal -> konsole atau acce sories -> terminal di Ubuntu) lalu ketik su dan masukkan password root. (Untuk p engguna Ubuntu langsung ke langkah nomor 4). 4. Ketik perintah lsusb. Perintah ini untuk menampilkan semua device yang terpas ang di port USB. Pada konsole akan keluar tulisan:

5. Tentukan device mana yang diidentifikasi sebagai Modem HP Smart. Untuk menget ahuinya silakan cabut dulu modemnya lalu ketik ulang lsusb (atau sudo lsusb untu k Ubuntu). Perhatikan baris mana yang hilang dengan membandingkan dengan hasil y ang keluar pada langkah nomor 4. Baris yang hilang itulah device modem HP smart Anda.

6. Tancapkan kembali modem HP Smart di tempat semula dan ketik lagi lsusb (atau sudo lsusb untuk Ubuntu). Perhatikan angka-angka setelah ID pada baris yang diiden tifikasi sebagai Modem Smart.

7. Selanjutnya ketik modprobe -r usbserial (atau sudo modprobe -r usbserial untu k Ubuntu). 8. Ketik perintah modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0x0102, dimana 19d2 d an 0102 adalah angka-angka yang tercantum pada baris yang diidentifikasi sebagai modem Smart pada langkah no.4 di atas. Ganti angka-angka ini sesuai dengan yang muncul di layar Anda. 9. Jika tidak terjadi error, tinggal setting konfigurasi wvdial. Jika terjadi er ror, perhatikan kembali angka-angka yang Anda tuliskan, pastikan sama dengan yan g ada pada langkah nomor 4. 10. Setting konfigurasi wvdial. Ketik perintah kwrite /etc/wvdial.conf (atau sud o gedit /etc/wvdial.conf untuk Ubuntu). Setelah file wvdial.conf terbuka, hapus semua isinya dan ganti dengan: [Dialer Defaults] Modem = /dev/ttyUSB1 Modem Type = Analog Modem Init1 = ATZE0Q0V1 Init2 = ATE0Q0V1 Init3 = AT Init4 = ATQ0 V1 E1 S0=0 +FCLASS=0 Baud = 460800 FlowControl = CRTSCTS ISDN = 0 Dial Command = ATDT Phone = #777 Ask Password = 0 Username = smart Password = smart Stupid Mode = 1

Auto DNS = 1 New PPPD = yes Compuserve = 0 11. Nah sekarang tinggal dikonekkan. Ketik perintah wvdial (atau sudo wvdial unt uk Ubuntu).

Jika muncul seperti ini berarti sudah konek. 12. Jika pada saat mengetikkan wvdial terjadi error berupa perintah string yang terhenti atau terdapat kode-kode aneh seperti pada gambar berikut, tekan CTRL+C lalu HP modemnya di-off-kan (tetapi jangan dicabut).

13. Dengan HP Modem dalam kondisi off, ketikkan kembali perintah wvdial (atau su do wvdial untuk Ubuntu) hingga keluar hasil sebagai berikut:

Tekan CTRL+C dan ON-kan kembali HP modem. 14. Setelah HP dalam kondisi ON, ketik kembali perintah wvdial (atau sudo wvdial untuk Ubuntu) dan seharusnya sudah konek.

Perlu diperhatikan: Apabila ingin menghentikan koneksi pada kondisi komputer tidak shutdown, tekan C TRL+C. Jika ingin konek kembali (dengan mengetik wvdial), dan terjadi error sepe rti pada langkah nomor 12 di atas, OFF kan dulu modemnya, kemudian lakukan kemba li langkah 13-14. Jika ingin melakukan koneksi setelah laptop/komputer shutdown, cukup lakukan lan gkah 7, 8, dan 11 (ikuti langkah 12-14 jika terjadi error). Inilah tutorial ala Masdinsite untuk setting Modem HP Smart ZTEC261 di Linux (PC LinuxOS, Mandriva, Ubuntu, dll.). Pengguna Windows tidak perlu bersusah payah se perti ini sebab tinggal next next aja langsung konek. Tetapi karena sudah cerai dengan Windows, maka mau tidak mau sebuah cara harus ditemukan, sebab bukan Linu x namanya jika harus menyerah begitu saja .