P. 1
Biografi Filsuf Mahatmagandhi

Biografi Filsuf Mahatmagandhi

|Views: 24|Likes:
Published by Yusuf Habibi
Ajaran pertama : Ada dua jenis kekuatan. pertama kekuatan yang diperoleh atas rasa takut dan hukuman, yang kedua oleh tindakan kasih sayang. Kekuasaan yang didasarkan pada cinta seribu kali lebih efektif dan permanen daripada kekuasaan atas ketakutan akan hukuman -Mahatma Gandhi-
Ajaran pertama : Ada dua jenis kekuatan. pertama kekuatan yang diperoleh atas rasa takut dan hukuman, yang kedua oleh tindakan kasih sayang. Kekuasaan yang didasarkan pada cinta seribu kali lebih efektif dan permanen daripada kekuasaan atas ketakutan akan hukuman -Mahatma Gandhi-

More info:

Published by: Yusuf Habibi on Jul 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2013

pdf

text

original

untuk menyelesaikan kebanyakan persoalan. yang ada di dunia ini.

- Mahatma Gandhi -

Perbedaan an tara apa yang kita lakukan dan apa yang mampu kita lakukansudah cukup

","'0

CD CD

en :::J _. c
c"O
C

"'0

3~
a.
:::J :::J

Pl 0>

FilsaJat adalah studi tentang seluruh Jenomena kehidupan dan pemikiran manusia seeara kritis dan dijabarkan. dalam konsep mendasar.

Logika merupakan sebuali ilmu yang sama-sama dipelajari dalam matematika danfilsafat. Hal itu membuai filasafat menjadi sebuah ilmu yang pada sisi-sisi tertentu berciri eksak di samping nuansa khas filsofat, yaitu spekulasi, keraquan, rasa penasaran dan ketertorikan. Filsafatjuga bisa berarti perjalanaii menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan sikap skeptis yang mempertanyakan segala hal.

Filsafat tidak didalami dengan meiakukiui eksperimen - eksperimen dan percobaan -percobaan, tetapi dengan menqutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi terteniu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika. Untuk: studifolsafi, mutlak diperlukan logika berpikir dan logika bahasa.

Biograli

Mohandas Karamchand Gandhi atau
yang biasa disebut Mahatma Canahi (bahasa Sansekertti: "jiuia agung 'j Iahir di Porbandar, Gujarat, India, pada

"

Go
Saat remaja, Gandhi pindah ke Inggris uniuk mempelajari hukum. Setelah dia menjadi penqacara, dia pergi ke Afrika Selatan sebuali negara koloni Inggris, di mana dia mengalami diskriminasi ras yang dinamakan apartheid. Dia kemudian . memutuskan uruuk menjadi seorang aktiuis politik agar dapat mengubah . hukurn-hukum yang bersifat diskriminatif tersebut. Gandhi pun membenruk sebuah qerakap; non-kekerasan. Ketika kembali ke India, dia membaniu dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inqqris, hal ini memberikan inspirasi bagi rakyat di koloni-kokmi lainnya agar berjuang mendapatkan kemerdekaannya dan memecah I(emaharajaan Britania untuk kemudian membeniuk Persemakmuran. Banyak yang· ingin agar para pemeluk agatna Hindu dan Islam mempunuai negara sendiri. Gandhi adalah seoranq Hindu namun dia menyukai pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain termasuk Islam dan Kristen. Dia percaya bahuia manusia dari seqala agama horus mempunyai hak yang sarna dan hidup bersama secara damai di dalam satu neqara. Pada 1947; India menjadi merdeka dan pecaii menjadi dua neqara, India dan Pakistan. Hal ini tidak diletujui Gandhi.

tanqqale Oktober 1869. dari ayah bemama
Karamchand Gandhi dan seorang ibu bernama ...Putlibai. Gandhi menikah pada umur 13 tahun dengan seorang gadis bernama Kasturbai Makanji

i/'

Prinsip Gandhi adalah "satyagraha" sering diterjemahkan sebaqai "jalan menuju kebenaran 'f, telah menginspirasi berbaqai qenerasi akttuis-oktiois demokrasi dan anti-rasisme seperti Martin Luther King, Jr. dan Nelson Mandela. Gandhi serinq mengatakan kalau nilai-nilai ajarannya sangat sederhana, yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional: kebenaran (satua), dan non-kekerasan (ahimsa). pada tanqqal qo Januari 1948 di Delhi Gandi dibunuli pada saat ia berjalan untuk melakukan ritual doa pagi hari oleh Nathuram Vinayak Godse seoranq kasta Brahmana yang kesal karena Gandhi lebib. memihak kepada Muslim

',.

Ajaran #1 : Ada duajenis kekuatan. pertama kekuatan yang diperoleh atas rasa takui dan hukuman, yang kedua oleh tindakan kasih sayang. Kekuasaan yang didasarkan pada cinta seribu kali lebili efektif dan permanen daripada kekuasaan atas ketakutan akan hukuman -Mahatma GandhiKekuatan keker:asan

ajaran #2 : anak yatim dan tunawisma, apa bedanya dengan orang meninggal. mereka gila dan tak berdaya diakibatkan otoritas atau yang mengatasnamakan kebebasan dan demokrasi ?
Sebuah perang selalu menimbulkan rasa sakit dan kesedihan pada setiap orang .. Sejarah telah menyaksikan contoh-contoh tak terhitung diktator, termasuk Hitler, Mussolini, dan Stalin yang menimbulkan kesedihan dan kehancurari di dunia kita. Sebuah dunia yang damai dapat dicapaijika kita belajar kekuatan non-kekerasan, seperti yang ditunjukkan olen kehidupan Mahatma Gandhi. Mahatma Gandhi telah membuktikan bahwa kita dapat mencapai kebebasan, keadilan dan demokrasi untuk umat manusia tanpa membunuh siapa pun, tanpa membuat anak yatim piatu, dan tanpa membuat orang tunawisma karena kerusakan yang disebabkan oleh perang.

ajaran # 3:Ada banyak penyebab bahwa saya siap untuk mati, tapi tidak ada penyebab bahwa saya siap untuk membunuh: Mahatma Gandhi Kite hidup dengan nilai-nilai dan semangat, namun pada inti dari keberadaan kita disini adaloli keinginan untuk menjaiani kehidupan yang damai. Hal yang paling mulia adalah keinginan kita untuk membawa perdamaian di dunia ini dengan mengorbankan din kita sendiri dan bukan orang orang yang menentang pandangan kiia. Kekuatan penqecut adalah dalam mengguna.kan kekuatan untuk menyebabkan kematian dan kehancuran bagi orang lain. Kekuatan keberanian dalam diri berkorban untuk kepentingan semua. Mahatma Gandhi setuiiri mempraktekkan ajarannya di Durban, Afrika Selatan untuk menjalani hidup sederhana, dan untuk berbagi rasa sakit dan miskin ..Dia menang atasjutaan hati tanpa pernah memerintah dan memberikan peraturon pada orang orang - hanya dengan kekuatan oltruisme . Kitajuga bisa membawa perdamaian ke dunia kita dengan menunjukkan kesediaan kita untuk mengorbankan din kita untuk orang lain.

..
.. .....
,

Pengajaran # 4: Jika sebuah mata harus dibalas denyan sebuah mata hanya akan membuat seluruh. dunia buta - Mahatma Gandhi
Sejarah dapat membuktikanfakta bahwa kebanyakan konfiik manusia hasil dari pendekatan pemimpin yang keras kepola. Sejarah kami akan berubali menjadi Iebih baikjika para pemimpin kiia belajar bahwa sebagian besar seng keta dapat diselesaikxui dengan memahami permasalahan penentang, dan dengan menggunakan diplomasi dan kasih sayang.

Tidak peduli di mana kita hidup, apa agama dan budaya kita, didalam hati dan seqala sesuatu, kita semua tnanusia. Kita semua memiliki ambisi dan ospirasi yang sarna uniuk: meningkatkan keluarga kita dan menjalani hidup sepenuh-penuhmja. Perbedaan budaua, agama dan politik tidak harus menjadi konflik yang hanya dapat membawa penderitaan dan kehancuran pada dunia kita .

..
.. "" ....

Ajaran # 5: Kita harue menjadi pengubah untuk dunia kita. - Mahatma Gandhi Seorang pemimpin hebat selalu. memimpin dengan keteladanan hidup yang menggemaknn cita-citanua. Mahatma Gandhi mengkorbankan diri untuk hidup dalam kesederhanaan di antarajutaan orang yang hidup dalam kemiskinan selama perjuangan kemerdekaan-nya. Hari ini, kita melihat para pemimpin modern membujuk massa denqanjanji bahwa mereka tidak pernah berniat uniuk mempraktekkan apa yang mereka khotbahkan dalam kehidupan mereka sendiri. Seseorang tidak dapat membawa perdamaian dunia untuk semua kecuali seorang pemimpin menunjukkan tindakan damai dalam kehidupan sehari hariruja. Mahatma Gandhi percaya bahwa kita semua adalah anak-anak Allah. Kita tidak menmeda bedakan antara iman, kasta, keyakinan atau perbedaan lainnya. Sebuah cantah luar biasa dan kepemimpinan Mahatma Gandhi terkenal Salt nya bulan Maret, yang membauia perubahan mendalam. Pada 2 Maret 1930, sebagai prates pajak atas qaram, Gandhi menulis surat yang luar biasa kepada Tuhan Irwin, Raja Muda India. Dia menulis, "Kepada temanku, aku tidak bisa sengaja menyakiti makhluk hidup, apalagi sesama manusia, meskipun mereka mung kin membuat kesalahan terbesar bagi saya dan apa yang saya milikki .. Oleh karena itu saqa telah menahan pemerintahan inggris Sementara, dan saya telah melaknat pemerintahan Inggris, saya tidak berniat untuk membahayakan Inggris atau untuk kepentingan yang sah ia mungkin telah di India ...." kata-kata ini yang menginspirasijutaan orang untuk berjuang demi gerakan ini dan akhirnya memaksa Inggris untuk meninggalkan India tanpa menyebabkan kerusakan bagi Inggris.

Mahatma Gandhi, orang yang mengubah dunia kita menjadi lebih baik dengan cita-citanya iman, cinta dan toleransi.

Etika pemikiran Mahatrna Gandhi

So tyagrah a
Secara harafiah Satyagraha berasai dari kata Satya yang diturunkan dan kata Sat yang berarti "ada"."ada"dalam satyagraha berarti adanya kebenaran. Dalam pencarian kebenaran tidak ada tempat bagi ego atau kepentingan diri sendiri (self-interest). Oleh karenanya pencarian kebenaran harus didasarkan atas penqorbanan-diri.
Menurut Gandhi kebenaran adalah penggambaran tepat tentang Maka tidaklah keliru apobila setiap orang mengikuti enaran menurut petunjuk dan cahaya yang mereka miliki. Bohkan, .. seiiap orang adalah mencari petunjuk tentang kebenaran. Kemudian apabila dalam perjalanan mencari dan menqiku kebenaran itu seseorang melakukan kekeliruan tetapi ia bersungguh-sungguh dengan Kebenaran, maka secara 0 akan mengoreksi dirinya. Sijat seseoranq yang mengedepankanjalan satyagraha haruslah rela berkorban demi menegakkan kebenaran, ia berkorban bukan berarti tunduk atau tidak memiliki pengetahuan apa-apa melainkan ia mencari hal yang hakiki benar. Ia melakukan suatu hal atas dasar percaya bahwa hal yang dilakukun adalali benar dan tentunya tidak lepas dari ajaran nir-kekerasan. Ajaran satyagraha tidak dapat dipisahkan dengan ajaran nir-kekerasan karena keduanya mendukung sam sarna lain dan menghasilkan keutamaan yang seharusnya dijunjung tinggi oleh umat manusia. Orang yang berada dalam jalan satyagraha horus memiliki sikap tabah karena pencarian kebenaran tidak semudah menciduk air di laut, melainkan horus dengan proses yang kadang kal~ ditemukan berbaqai ha pengaruh keadaan dan sesuatu menggo

Menurut Gandhi, atas Satyagraha~ bahwu kebenaran ittL adalah Tuhan dibandingkan Taltan adalali kebenaran, Gandhi menulis '~ku tidak mengabdi pada apa pun dan siapa pun keeuali Kebenaran dunaku tidak menganjurkan halapa _pun ke»ada se~eorang
selain-Kebeflaran,"

-t~~~~~~~~

Nir-laelaerosan
Makna sebenarnya dari nir-k.ekerasan mencakup banyak makna diantaranya dapat diturunkan seperti bahwa seseorang tidak boleh menyerang orang lain dan tidak boleh memendam pemikiran yang jabat atau tidak mengenal belas kasihan terhadap musuh. Menurutnya hal ini bukanlah "seseorang yang engkau anggap sebagai musuh," melainkan "seseorang yang barangkali menganggap dirinya adalah musuhmu," Nir-kekerasan juga berarti sebagai tindakan yang berangkat dari pemikiran bahwa suatu persoalan dapat diselesaikan dengan jalan yang lebih baik dibandingkan dengan kekerasan. Denganjalan nir-kekerosan bukan berorti orang bersikap pasif yang bisa "diinjak-injak" oZehorang lain. Dalam hal ini orang harus bersikap oktif dengan cara, misalnya, melakukan demonstrasi, melakukan penolakan terhadap perbuatan yang mengarah kepada kejahatan, berpuasa, dan sebagainya. Tentunya dengan aturon main nir-kekerason. Menurut teori nir-kekerasan jika kita diperlakukan tidak layak, dan lata menerimanya, bukan berarti kita setuju dengan perbuatan tersebut. Mauusia dan perbuatan yang dilakukannya merupakan dua hal yang berbeda. Perbuaiart baik akan selohi mendapatkan penerimaan yang baik dan perbuatan buruk akan mendapatkan penerimaan yang buruk. Semeniara, si peZaku perbuatan itu, apakah perbuatan itu baik atau buruk senantiasa pantas mendapatkan penghormatan serta belas kasih.

Lima Aksioma Tentang Nir-kekerasan. Gandhi
Nir-kekerasan mensyaratkan pemurnian dan pensucian diri sesempurna mungkin yang bisa diraili secara manUSlQWI. Kekuatan nir-kekerasan terletak pada ketnampuan dan kerelaan, bukan sekedar kemauan, seoranq penqanut nir-kekerosan untuk menahan diri terhadap tindakan yang bisa menimbulkan kekerasan. Nir-kekerasan pasti bisa menqunqquli kekerasan. Kekuatan yang lahir dan para penganut nir-kekerasan selalu lebih besor daripada kekuatan yang dihasilkan daripada penganut kekerasan. Nir-kekerasan tidak mengenal kekalahon. Akhir dan kekerosan adalah yang tak-terelakkan. Muara okhir dari nir-kekerasan adalah kemenangan yang pasti, jika istilah menang boleh diterapkan dalam nir-kekerosan. Sesungguhnya, ketika kita tidak memikirkan kekalahati, maka kiia juga tidak inemerlukan kemenangan.

K@l@bihan Eti"a Gandhi
Kebenaran.kebaikan,

keharmonisan, kedamaian dan sif_at-sif_ataill11ya yang l tnerupakankeutamaan adalah dambaan setiaR. manHsia. Selllr.llh manusia hidup bertujuan untuk meraih keutamaan dan apabila dikaitkan dengan qjaran Gandhi ball iva inti dart ajaran Gandhi merupokan.metode dalam peraihan

setnua hal tersebut denqan melakukan tindak tidak saling menyakiti satusama lain, saling menghargai dan saling menghormati, maka keutamaan.akan tr;m;.aRaidengan baik: Ajaran Gandhi merupakan priusip hidup manusiayang daT;;at ditel'imaJsecqm zmi_l!.,_er-sal tidak satll1:n dan ajp.rgn.nya yang berten tanga n dengpn harkat. dan marta bat hidtlp. ma nusiii

Arti Filosofi M@nurut MahRt,."a Gandhi
Seorang pria yg sudah tua hendak menumpang bus. Pada saat ia menginjakkan kakinya ketangga, salah satu sepatunya terlepas danjatuh kejalan. Lalu pintu tertutup dan bus mulai berqerak, sehingga ia tdk bisa memungut sepatu yg terlepas td. Lalu si bapak tua itu dgn tenang melepas sepaturuja yg sebelah dan melemparkannya keluar jendela. Seorang pemuda yg duduk dIm bus melihat kejadian itu, dan bertanya kepada si bapak tua, '~ku memperhatikan apa yg Anda lakukan Pak: Mengapa Anda melemparkan sepatu Anda yg sebelahjuga?" Si bapak tua menjawab,
"Sllpaya siapapun. yg menemukan. sepatuku bisa memanfaatkannya. "

Jadi dim cerita di atas Mahatma Gandhi memahamifilosofi dasar dalam hidup - jangan mempertahankan sesuatu hanya krn kamu inqin memilikinua/ krn kamu tdk ingin orang lain memilikinya. Kita kehilangan banyak hal di sepanjang masa hidup. Kehilangan tersebut pada awalnya tampak seperti tidak adil dan merisaukan, tapi itu terjadi supaya ada perubahan positifyg terjadi dalam hidup kita. Berkeras diri untuk mempertahankannya tidak membuat kita atau dunia menjadi lebih baik, tapi memberikan dengan Tulus menjadi banyak orang terbantu dan bahagia ...

·:I,nUI"I. IH'g;tr"

,I",.; l'fJr"b"/,.", l1n"y ;"9;11
Iounu. st./osiliuu "i ,/""ia ;,,;--

menunjukan ke dunia bahwa perjuangan dapat dimenangkan tanpa senjata dan tumpahan darah. Pertempuran dapat dimenangkan dengan cara menjalankan prinsip-prinsip yang sungguh-sungguh kita yakini. Semokin banyak orang yang datang dalam naungannya karen a beliau memberikan keadilan kepada mereka, pandangan politik Gandhi memperlihatkan bahwa bagi Gandhi prinsip kebenaran dan nir-kekerasan adalah pondasi utama dalam membangun politiknya tentang tatanan politik negara bangsa India. Prinsip-prinsip inilah yang menjadi dasar bagi pembentukan teori-teori politiknya

http://upload.wikimedia.orglwikipedia!commonsithumbldld1IPortrait_ onren: Gandhi.jpg

Gandhi.jpgI682px-P

http://upload.wikimedia.orglwikipedialcommonsithumbl2/27IGandhi_signature.svgI400px -Gandhi_signature.svg.png http://id.wikipedia .. rglwikilBerkas:Gandhi_signature.svg o http://www.iamuniversity.orgliamulmobilelliteraturellodgesieastem_masters_lodgeI3625The-Ufe-and- Teachings-Mahatma-Gandhi.html http://id.wikipedia.orglwikiIMahatma_ Gandhi http://doddywir.blogspot.comI201010B!10-ajaran-mahatma-gandhi.html http://id.shvoong.com/books/biographyI1868262-ajaran-ajaran-mahatma-gandhil http://zenhabits.netlmahatma-gandhis-5-teachings-to-bring-about-world-peacel Dear, John (ed.), 2001 Intisari Ajaran Mahatma Gandhi: Spiritualitas, Sosio-Politik dan Ginta Universal. Penerjemah: Sitl Farida, Bandung: Penerbit Nusamedia Halidz, Masykurudin, 2006. Mahatma Gandhi: Dari Satyagraha Menuju Negara Kesejahteraan. http://www.islamemansipatoris.comlpenulis.php?fd=63 Wikihow, 2001 Follow Gandhi's Principles. http://www.wikihow.comlFollow-Gandhi%27s-Principles Mkgandhi, 2001 http://www.mkgandhi.orglconflict_resolchap09.htm http://id.shvoong.com/socia/-sciences/education/1 -beberapa-ka ma-gandhf/#ixzz1 bu YmBvA C

Mereka tidak dapat mengambil harga diri kita kalau kita tidak memberikannya kepada mereka -Mahama Gandhi-

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->