KARYA TULIS

SMAN 1 KRAMATWATU SERANG – BANTEN 2010-2012

1

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku leraklerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Tumbuhan tropis ini memerlukan iklim lembab dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2000 mm. Rambutan merupakan tanaman dataran rendah hingga ketinggian 300-600 dpl. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, dan juga Indonesia. Rambutan, buah ini dinamai rambutan mungkin karena cirri utamanya berambut banyak. Di Indonesia buah ini mudah di jumpai saat musimnya, salah satunya di pinggir-pinggir jalan dengan harga yang cukup ringan. Biasanya orang mengenal buah berambut ini hanya sebagai buah atau manisan. Ada pula sebagian masyarakat yang menilai buah rambutan tidak bermanfaat, bahkan mereka menilai bahwa buah rambutan dapat menyebabkan sakit perut bila di konsumsi secara berlebihan. Namun, ternyata tumbuhan ini bisa bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan yang bernama rambutan ini akan berguna bagi pengobatan jika di olah dengan baik. Seluruh bagian dari tumbuhan rambutan ini dapat di
2

manfaatkan untuk pengobatan. Mulai dari batang, daun, buah, maupun akar dari tumbuhan rambutan mempunyai manfaat tersendiri untuk pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit. Dengan memanfaatkan seluruh bagian dari tumbuhan rambutan ini, tumbuhan ini dapat berguna bagi semua dan seluruh bagian dari tumbuhan ini tidak mubadzir. Selain itu dengan adanya pemanfaatan dari bagian tubuh tumbuhan rambutan dapat menimbulkan dampak baik bagi masyarakat. Yaitu, biaya yang di perlukan untuk pengobatan akan lebih ringan. Biaya yang seharusnya di keluarkan untuk membeli obat yang khasiatnya sama dengan harga yang mahal dapat disisihkan untuk kepentingan lain. Dengan begitu dapat meghemat biaya dan menjadi alternative pengobatan yang dapat di lakukan sendiri di bandingkan harus membeli obat yang harganya mahal namun khasiat yang di milikinya sama. Kami tertarik mengangkat tema ini sebagai bahan dalam penulisan karya tulis ini. Yang bertujuan untuk memperkenalkan manfaat dan khasiat tersembunyi yang di miliki oleh tumbuhan rambutan yang belum diketahui oleh sebagian masyarakat. Yang mungkin dapat membantu masyarakat dalam mengatasi penyakit ringan yang sering di derita.

B. RUMUSAN MASALAH

3

• Mengapa rambutan di nilai oleh sebagian masyarakat tidak memiliki manfaat? • Kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah rambutan?

• Selain bermanfaat apakah buah rambutan memiliki dampak negative bagi pengkonsumsinya? • • Bagaimanakah klasifikasi buah rambutan? Apakah rambutan mempunyai manfaat dalam pengobatan?

C. TUJUAN PENELITIAN • Mengetahui manfaat tumbuhan rambutan • Mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam tumbuhan rambutan • Mengetahui klasifikasi tumbuhan rambutan
• Mengetahui bagian apa saja dari pohon rambutan yang dapat

bermanfaat bagi pengobatan? D. HIPOTESIS

4

Buah rambutan yang selama ini di anggap oleh masyarakat tidak memiliki banyak manfaat dan apabila di konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan berbagai penyakit. Anggapan tersebut ternyata tidak benar. Bahkan rambutan memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti : disentri, sariawan, dsb. E. METODE PENELITIAN • Literatur • Survey

F. LOKASI DAN SAMPEL PENELITIAN • Kabupaten Serang mengambil sampel di Desa Kramatwatu pada

tanggal 4 November 2009 • • Kramatwatu, BPP Sankyu Blok B5 No.1 RT/RW Pasar lama

5

BAB II KAJIAN PUSTAKA
Manfaat berasal dari kata merit, meritrokrasi menunjuk suatu bentuk sistem politik yang memberikan penghargaan lebih kepada mereka yang berprestasi atau berkemampuan. Kerap dianggap sebagai suatu bentuk sistem masyarakat yang sangat adil dengan memberikan tempat kepada mereka yang berprestasi untuk duduk sebagai

6

pemimpin, tetapi tetap di kritik sebagai bentuk ketidakadilan yang kurang member tempat bagi mereka yang kurang memiliki kemampuan untuk tampil memimpin. Dalam pengertian khusus meritrokrasi kerap di pakai menentang birokrasi yang sarat KKN teutama pada aspek nepotisme. • MANFAAT • Manfaat menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia : Penerbit Bintang Indonesia-Jakarta: penyusun

Drs.Boediono adalah guna, faedah, laba, untung.

Manfaat menurut Kamus Bahasa Indonesia Balai Pustaka : Jakarta, 2001 hal 710 adalah

Guna, faedah, laba, untung

Memanfaatkan adalah Menjadikan ada manfaatnya.

Bermanfaat adalah

Ada manfaatnya, berguna, berfaedah

7

KESEHATAN

Sehat menurut WHO (1947) adalah Suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental, dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehat itu adalah hidup yang kreatif dan produktif.

• Sehat menurut Pender (1982) adalah Perwujudan individu yang di peroleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain. • Sehat menurut Paune (1983) adalah Fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri yang menjamin tindakan untuk perawatan diri secara adekual. • Kesehatan menurut sumber http:/ www.google.com adalah Keadaan dimana suatu organisme mengimbangkan badannya, dengan masukan tenaga dan masa di keseimbangan dan harapan untuk kelangsungan hidup organisme adalah positif.. • Kesehatan menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia adalah Keadaan sehat, kebaikan badan. • Kesehatan menurut WHO adalah Keadaan fisik, mental dan kesejahteraan sosial secara lengkap dan bukan hanya sekedar tidak mengidap penyakit atau kelemahan.

BAB III METODE PENELITIAN
8

Dalam membuat karya ilmiah ini, kami menggunakan metode literature dan survey. •

Metode literature di ambil dari beberapa buku dan internet. Metode survey kami lakukan dengan terjun ke lapangan, dalam arti mewawancarai narasumber tentang apa yang mereka ketahui dan apa yang mereka dapatkan setelah mengkonsumsi buah rambutan (manfaat rambutan). Sebagai sampel kami mewawancarai masyarakat di pasar lama, dan BPP Sankyu.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

9

Buah ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin. Kulit buah ini mengandung tannin dan saponim. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tannin dan saponium. Kulit batang mengandung tannin, saponim, flavonida, pectic substance, dan zat besi. Bagian dari tumbuhan ini yang dapat di gunakan sebagai obat adalah kulit buah. Kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam. Kulit kayu digunakan untuk mengatasi sariawan. Daunnya digunakan untuk mengatasi diare dan bisa menghitamkan rambut. Akar dari buah rambutan ini dapat digunakan untuk mengatasi demam. Sedangkan bijinya dapat digunakan untuk mengatasi kencing manis ( diabetes melitus). Buah rambutan dapat di konsumsi orang orang yang tengah berdiet menurunjan atau menjaga berat badan. Kadar serat rambutan sangat tinggi, otomatis bisa membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.

Cara dan contoh pemakain. Untuk obat yang diminum, tidak ada dosis rekomendasi. Untuk pemakaian

luar, daun di giling sampai halus, lalu ditambah sedikit air. Kemudian air perasannya dapat digunakan untuk perawatan rambut. Adapun contoh pemakaiannya adalah sebagai berikut :

10

Disentri Kulit buah rambutan (10 buah) dicuci, lalu di potong-potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya rebus sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin, disaring dan di minum 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Demam Kulit buah rambutan yang telah dikeringkan (15 gram) dicuci. Kemudian di tambah 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan di minum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.

Perawatan Rambut Daun rambutan secukupnya dicuci, lalu ditumbuk sampai halus. Sedikit air di tambahkan, aduk rata sampai menjadi adonan seperti bubur. Lalu diperas dan disaring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul digunakan untuk membasahi kulit kepala. Hal ini dilakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

11

Kencing Manis Biji rambutan (5biji) di goreng sangria, lalu digiling sampai menjadi serbuk. Kemudian diseduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin airnya di minum sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.

Sariawan Kulit kayu rambutan (3 ruas jari) di cuci, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Kemudian dipakai untuk berkumur selagi hangat.

.

12

BAB IV KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. KESIMPULAN Rambutan merupakan buah. Buah rambutan selain dapat di konsumsi sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan, buah rambutan ternyata memiliki manfaat lain yang tersembunyi yang belum di ketahui oleh sebagian besar masyarakat. Ternyata pemikiran masyarakat terhadap buah rambutan yang menganggapnya akan menimbulkan efek sakit perut jika di konsumsi secara berlebihan adalah keliru. Karena sebenarnya kadar serat rambutan sangat tinggi, yang dapat secara otomatis dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Dan dapat bermanfaat pula untuk melakukan program diet tanpa harus menyiksa diri secara berlebihan. Dalam penelitian yang telah kami lakukan, ternyata buah rambutan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi seluruh bagian dari pohon rambutan (akar, daun, kulit kayu,
13

kulit buah, dan biji dari yang terdapat pada pohon rambutan) juga memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh.

B. REKOMENDASI Dengan adanya berbagai manfaat dari bagian tumbuhan rambutan, kami menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan kekayaan alam yang kita miliki dengan sebaik mungkin dan sebijaksana mungkin, yang salah satunya adalah pohon rambutan. Berbagai khasiat dari bagian tubuh pohon rambutan dapat menjadi obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan yang sering sekali muncul karena keteledopran kita. Contohnya sakit disentri yang di timbulkan karena kita memakan makanan yang tidak higienis (mengandung banyak kuman). Kita bisa memanfaatkan bagian tubuh dari pohon rambutan ini untuk mengobati disentri. Bagian tubuh yang tepat untuk mengobati disentri adalah kulit dari buah rambutan. Dengan begitu kita dapat menghemat pengeluaran (biaya) untuk pengobatan dengan memanfaatkan kulit buah rambutan ini. Pemanfaatan bagian tubuh buah rambutan dapat menguntungkan kita semua, dan cara pengolahannya juga praktis. Denga begitu kita bisa lebih mudah mengatasi masalah disentri dan penyakit lainnya.
14

Dengan memanfaatkan bagian tubuh rambutan untuk kesehatan, berarti kita lelah melaksanakan program back to nature yang artinya kembali kea lam. Dengan begitu pengobatan juga akan lebih aman, dan kita tidak perlu merasa risau akan bahan kimia yang terdapat dalam obat yang kita buat sendiri. Tak di sangka, ternyata si rambut merah ini punya khasiat obat juga. Tak ada salahnya di coba. Bagi yang punya pekarangan yang luas mengapa tidak mencoba menanamya? Selain mudah dan murah, juga cepat berbuah. Satu lagi, bisa dijadikan koleksi tanaman obat keluarga

15

DAFTAR PUSTAKA
Setiawan, Dalimatra. (2003). Atlas Tumbuhan Obat Tradisional Jilid 3. Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas oleh Bambang Wahono www.safuan.wordpress.com Abu Faiz Ahnaf www.google.com Mahasiswa fakultas MIPA Biologi UM

16

LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR PERTANYAAN UNTUK NARASUMBER TENTANG RAMBUTAN • • • Apa yang Anda ketahui tentang buah rambutan? Apa yang Anda rasakan setelah mengkonsumsi buah rambutan? Apakah ada efek samping setelah mengkonsumsi buah rambutan secara berlebihan? • • Apakah Anda oernah mengkonsumsi buah rambutan secara berlebihan? Apa yang Anda rasakan setelah mengkonsumsi buah rambutan secara berlebihan? • • Sudah berapa banyak jenis buah rambutan yang pernah Anda konsumsi? Menurut Anda jenis buah rambutan apakah yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan?

JAWABAN YANG TELAH KAMI RANGKUM

17

• Kebanyakan masyarakat belum mengetahui manfaat dari rambutanyang

ternyata banyak sekali manfaat dari rambutan yang bisa menyembuhkan penyakit ringan yang sering di derita sebagian masyarakat.

VARIETA S RAMBUTAN

Rambutan yang terbelah

18

KARTU BIMBINGAN KARYA TULIS SMA NEGERI 1 KRAMATWATU
Judul Nama : Manfaat Rambutan bagi Kesehatan : 1. Ade Hendro Irawan 2. Anjar Putri Utami 3.Anisa Qurbatusofa 4.Antonia Sulistiawati 5.Arianti Diah Ulfiana Kelas : XII IPA SAINS 2

Nama Pembimbing : Lusi Idawati Kegiatan bimbingan

No

Hari/Tanggal

Topik

Tanda Tangan Pembimbing

19

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful