P. 1
Rpp Matematika Smk Pariwisata Kelas x Erlangga

Rpp Matematika Smk Pariwisata Kelas x Erlangga

|Views: 58|Likes:
Published by robii421988

More info:

Published by: robii421988 on Aug 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Standar Kompetensi

: : : : 1.

Matematika X (Sepuluh) Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.

Kompetensi Dasar Indikator

: 1.1. Menerapkan operasi pada bilangan real. : 1. 2. Mengidentifikasi suatu bilangan ke dalam jenis bilangan yang ada. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur. 3. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan pecahan, dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur. 4. Mengubah bentuk pecahan ke desimal dan sebaliknya sesuai prosedur. 5. Mengubah bentuk desimal ke persen dan sebaliknya sesuai prosedur. 6. Mengubah bentuk pecahan ke persen dan sebaliknya sesuai prosedur. 7. Menggunakan persen dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. 8. Memahami konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai. 9. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. 10. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai skala.

Alokasi Waktu A.

: 18 jam pelajaran (9 pertemuan).

Tujuan Pembelajaran a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. Peserta didik dapat mengidentifikasi suatu bilangan ke dalam jenis bilangan yang ada. Peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan bulat dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur. Peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan pecahan dioperasikan (dijumlah, dikurang, dikali, dibagi) sesuai dengan prosedur. Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke desimal dan sebaliknya sesuai prosedur. Peserta didik dapat mengubah bentuk desimal ke persen dan sebaliknya sesuai prosedur. Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke persen dan sebaliknya sesuai prosedur. Peserta didik dapat me nggunakan persen dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Peserta didik dapat memahami konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai. Peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai skala.

B.

Materi Ajar a. Sistem bilangan real dan jenis-jenis bilangan. b. Operasi pada bilangan bulat : penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat.

RPP Matematika SMK/MAK Kel. Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X

1

c. Operasi pada pecahan : penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, perkalian pada pecahan, dan pembagian pada pecahan. d. Konversi bilangan : mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal, mengubah bentuk desimal menjadi bentuk pecahan, mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen, mengubah bentuk persen menjadi bentuk desimal, mengubah bentuk pevahan menjadi bentuk persen, mengubah bentuk persen menjadi bentuk pecahan. e. Perbandingan : perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai, dan skala. C. Metode Pembelajaran Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok. D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali beberapa jenis bilangan dan penulisannya. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam memahami sistem bilangan real dan mengenal jenis-jenis bilangan. Kegiatan Inti a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai struktur bilangan, sistem bilangan real dan jenis-jenis bilangan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan P. Gendra Priyadi, dkk, hal. 1-4 mengenai sistem bilangan real). b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau memberikan contoh jenis-jenis bilangan yang diketahui, dan mengelompokkan bilangan-bilangan tertentu ke dalam jenis-jenis bilangan yang ada. c Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengelompokkan bilangan-bilangan sesuai dengan jenis bilangannya, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 4 sebagai tugas individu. e. Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 4. Penutup a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi sistem bilangan real dan jenis-jenis bilangan. b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi sistem bilangan real dan jenis-jenis bilangan dari soal pada “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

Pertemuan Kedua Pendahuluan Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai jenis-jenis bilangan dan operasi pada bilangan bulat. - Membahas PR.
RPP Matematika SMK/MAK Kel. Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X

2

Motivasi

: Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menyelesaikan masalah operasi aljabar pada bilangan bulat.

Kegiatan Inti a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan P. Gendra Priyadi, dkk, hal 5-10 mengenai operasi pada bilangan bulat). b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan dan membagi bilangan bulat. c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 5 mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan garis bilangan, dan hal 6 mengenai pengurangan bilangan bulat negatif, hal 8 mengenai perkalian bilangan bulat, hal 9 mengenai pembagian bilangan bulat. d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai operasi aljabar pada bilangan bulat, antara lain penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 6 dan 9 sebagai tugas individu. e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 6 dan 9. f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan hal 7 dan 10 sebagai tugas individu. Penutup a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi operasi pada bilangan bulat. b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dari soal-soal Latihan hal 7 dan 10 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

Pertemuan Ketiga Pendahuluan Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai operasi pada bilangan bulat, bilangan pecahan, pembilang serta penyebut suatu pecahan. - Membahas PR. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menentukan hasil operasi aljabar penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan. Kegiatan Inti a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara melakukan operasi aljabar pada bilangan pecahan. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MAK Erlangga Kelas X, karangan P. Gendra Priyadi, dkk, hal. 10-12 mengenai operasi aljabar penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan). b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.

RPP Matematika SMK/MAK Kel. Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X

3

c. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. dkk. Peserta didik membuat rangkuman dari materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Sosial. Pariwisata. 13 dan 14 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. kemudian menyederhanakan bentuk pecahan tersebut. : Apabila materi ini dikuasai dengan baik.Membahas PR. d. Kegiatan Inti a. c. 12 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. f. karangan P. 14 sebagai tugas individu. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. hal 12-14 mengenai perkalian dan pembagian bilangan pecahan). maka peserta didik dapat merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 4 . e. b. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 12 sebagai tugas individu. Penutup a. dari media interaktif. . kemudian menyederhanakan bentuk pecahan tersebut. Gendra Priyadi. 13 dan 14. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan hal 12 sebagai tugas individu. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 12. Seni. Peserta didik dan guru secara bersama . Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Administrasi Perkantoran. dsb) mengenai cara mengalikan dan membagi bilangan pecahan. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. f. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan pecahan. b. dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Pertemuan Keempat Pendahuluan Apersepsi : - Motivasi Mengingat kembali mengenai bilangan pecahan dan pembilang serta penyebut suatu pecahan serta penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan.c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perkalian dan pembagian pecahan dan penyederhanaan bentuk pecahan tersebut. 13 dan 14 mengenai cara menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan pecahan. e. (Bahan : buku paket. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik.sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 10-11 mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Penutup a.

dkk. c. karangan P. e. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal dan sebaliknya. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 5 .Mengingat kembali mengenai bilangan bentuk pecahan. c. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Administrasi Perkantoran. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. 18 sebagai tugas individu. RPP Matematika SMK/MAK Kel. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. hal 15-16 mengenai cara mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal. 17. hal 16-17 mengenai cara mengubah bentuk desimal menjadi bentuk pecahan. 15 mengenai cara mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal. hal. 17 mengenai cara mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. b. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai konversi bilangan bentuk pecahan menjadi bentuk desimal dan sebaliknya. dari media interaktif. Sosial. desimal dan persen. serta mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen dan sebaliknya. yaitu tentang konversi bilangan bentuk pecahan menjadi persen dan sebaliknya. maka peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal dan sebaliknya. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. dan hal.b. Pertemuan Kelima Pendahuluan Apersepsi : . Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Penutup Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. serta mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen dan sebaliknya. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi perkalian dan pembagian pecahan dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Seni. hal. f. serta mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen dan sebaliknya. Gendra Priyadi. Pertemuan Keenam Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai cara mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal dan sebaliknya. . 18. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan pada hal 21 sebagai tugas individu. dsb) mengenai cara mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk desimal dan sebaliknya. d. dan konversi bentuk desimal menjadi bentuk persen dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Kegiatan Inti a. serta hal 17-18 mengenai cara mengubah bentuk persen menjadi bentuk desimal). atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. 17. serta mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen dan sebaliknya. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. 17-18 mengenai cara mengubah bentuk persen menjadi bentuk desimal. hal 17 mengenai cara mengubah bentuk desimal menjadi bentuk persen. Pariwisata.Membahas PR. serta aplikasi persen. 16 mengenai cara mengubah cara mengubah bentuk desimal menjadi bentuk pecahan.

c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. serta aplikasi persen. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan konversi bilangan pecahan menjadi bentuk desimal menjadi pecahan dan sebaliknya.Membahas PR. Kegiatan Inti a. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Pariwisata. karangan P. dan 20 mengenai cara mengubah bentuk pecahan menjadi persen. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dari media interaktif. serta menggunakan perbandingan senilai untuk perhitungan. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai konversi bentuk pecahan menjadi bentuk persen dan sebaliknya dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. serta aplikasi persen). Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai materi konversi bilangan pecahan menjadi bentuk desimal dan sebaliknya.Mengingat kembali mengenai definisi perbandingan. 19. f. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. yaitu buku Matematika SMA dan MAK Erlangga Kelas X. serta aplikasi persen dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan hal 21 sebagai tugas individu. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. (Bahan : buku paket. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain.Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. b. dari media interaktif. 18-21 konversi bentuk pecahan menjadi persen dan sebaliknya. serta menggunakan persen dalam perhitungan. Sosial. . atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. maka peserta didik dapat memahami perbandingan senilai serta menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 6 . dan konversi bilangan desimal menjadi persen dan sebaliknya. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. d. konversi bentuk desimal menjadi benaliknya. dsb) mengenai cara mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk persen dan sebaliknya. dan aplikasi persen. mengubah bentuk persen manjadi pecahan. b. dkk. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Seni. e. yaitu buku RPP Matematika SMK/MAK Kel. hal. 18. konversi bilangan pecahan menjadi persen dan sebaliknya. Gendra Priyadi. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. maka peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk persen dan sebaliknya. Kegiatan Inti a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Pertemuan Ketujuh Pendahuluan Apersepsi : . Administrasi Perkantoran. Penutup a. dsb) mengenai perbandingan senilai. serta aplikasi persen dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. 19 sebagai tugas individu. 19. konversi bentuk pecahan menjadi bentuk persen dan sebaliknya. c.

Pertemuan Kedelapan Pendahuluan Apersepsi : .Membahas PR. b. 22 dan 24. 26. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perbandingan dan perbandingan senilai dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 26 mengenai perbandingan berbalik nilai. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perbandingan dan perbandingan senilai dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. karangan P. Gendra Priyadi. dkk. Penutup Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelesaikan masalah dengan menggunakan perbandingan berbalik nilai. c. dkk. Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. f. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. RPP Matematika SMK/MAK Kel. yaitu perbandingan berbalik nilai. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Kegiatan Inti a. serta menggunakan skala dalam menentukan suatu ukuran. karangan P. d. Seni. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 7 .Mengingat kembali mengenai perbandingan dan perbandingan senilai. dsb) mengenai perbandingan berbalik nilai. dari media interaktif. 21 mengenai perbandingan. hal. hal 21-25 mengenai perbandingan dan perbandingan senilai). Penutup Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. d. Pariwisata. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Sosial. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. hal 25-26 mengenai perbandingan berbalik nilai). e. 28 sebagai tugas individu. 22 dan 24 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 28 sebagai tugas individu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelesaikan masalah dengan menggunakan perbandingan dan perbandingan senilai. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 26 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. Administrasi Perkantoran. Gendra Priyadi. 23-24 mengenai perbandingan senilai dan penggunaannya logaritma untuk perhitungan. maka peserta didik dapat memahami perbandingan berbalik nilai serta menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai.b. yaitu skala. . e. c. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. f. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain.

dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 8 . 28 sebagai tugas individu. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelesaikan masalah dengan menggunakan perbandingan berbalik nilai. yaitu tentang penyederhanaan bentuk aljabar yang memuat bilangan berpangkat. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. perbandingan berbalik nilai. 28 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. E. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dan skala dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Sosial. hal. c.OHP RPP Matematika SMK/MAK Kel. karangan P. perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. b. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan perbandingan : perbandingan senilai. karangan P. Alat : .Pertemuan Kesembilan Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai perbandingan. Gendra Priyadi. dkk. d. Alat dan Sumber Belajar Sumber : . tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Seni. e. Motivasi : Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan skala dan perbandingan. hal 26-28 mengenai skala). 28. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Gendra Priyadi. dkk. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. dari media interaktif. Pariwisata. Kegiatan Inti a. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. dan skala. 1-28). Penutup a. 27 mengenai skala. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga. b. f.Buku referensi lain. c. . Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal.LCD . perbandingan berbalik nilai. serta menggunakan skala dalam menentukan suatu ukuran. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai skala dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal.Buku paket.Laptop . Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai materi perbandingan : perbandingan senilai. dsb) mengenai skala. d. Administrasi Perkantoran.

Jika pekerjaan itu diselesaikan oleh 12 orang.. dengan kecepatan berapa Adi harus mengendarai motornya? Seorang penjual telur memperoleh untung Rp 5...... RPP Matematika SMK/MAK Kel.... Adi mengendarai motornya dari rumah ke sekolah dengan kecepatan 45 km/jam selama 30 menit.. Diketahui skala pada peta 1 : 200... 5.. Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : 1...F.. Jarak pada peta yang mewakili jarak 45 km adalah ...... Jika Adi harus tiba sekolah dalah waktu 15 menit... maka harga penjualan adalah . tugas individu uraian singkat Harga lima karung beras adalah Rp1. _______________________ NIP....... berapa karung beras yang dapat dibeli? Sebuah pekerjaan jika diselesaikan oleh 8 orang selesai 30 hari. 4.275..000..00.....500. Administrasi Perkantoran.. Pariwisata..00 jika keuntungan itu 10% dari harga pembelian. Dengan uang Rp3..00. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP..500. Seni.000... 3... Jakarta.. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 9 ....000. Sosial.. maka berapa harikah pekerjaan itu akan selesai? 2. Mengetahui.

Administrasi Perkantoran. dan sebaliknya. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat. dikurang.2. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan berpangkat dioperasikan (ditambah. Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. dibagi). A. c. b. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali beberapa jenis bilangan dan penulisannya. dikurang. Peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan berpangkat dioperasikan (ditambah. 3. Menerapkan operasi pada bilangan berpangkat. dan sebaliknya. dikali. tanya jawab. Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif. b. 2. Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat. e. Peserta didik dapat mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah.Kompetensi Dasar Indikator : : 1. Kegiatan Inti a. serta perkalian bilangan bulat. 5. 1. dikali. Metode Pembelajaran Ceramah. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 10 . D. Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang RPP Matematika SMK/MAK Kel. diskusi kelompok. Seni. pangkat bulat negatif. dan sebaliknya. Pariwisata. Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif. Tujuan Pembelajaran a. dan sebaliknya. Notasi ilmiah. nol. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Sosial. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. dibagi). Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah. B. d. 4. b. Alokasi Waktu : 15 jam pelajaran (7 pertemuan). Bilangan berpangkat pecahan. C. Materi Ajar a. Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif. maka peserta didik akan terbantu dalam memahami konsep perkalian berulang dan bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif.

Pertemuan Kedua dan Ketiga Pendahuluan Apersepsi : . . 29-30 mengenai bilangan berpangkat bulat positif). dsb) mengenai bilangan berpangkat bulat negatif dan nol. karangan P. e. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan berpangkat bulat positif dari “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif. karangan P. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyederhanaan bentuk suatu bilangan berpangkat dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. (Bahan : buku paket. 32 sebagai tugas individu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyederhanaan bentuk suatu bilangan berpangkat dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. d. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. lain. serta cara mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. e. dari media interaktif. Peserta didik membuat rangkuman dari materi bilangan berpangkat bulat positif dengan sifatsifatnya. Seni. Penutup a. cara menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat bulat positif. 30 mengenai penyederhanaan bentuk suatu bilangan berpangkat. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 11 . hal. dari media interaktif. 30 sebagai tugas individu. Pariwisata. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Kegiatan Inti a. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 31-32 mengenai bilangan berpangkat bulat negatif dan nol).Mengingat kembali bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. dkk. Administrasi Perkantoran. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat negatif dan nol. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. c. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. maka peserta didik akan terbantu dalam memahami konsep bilangan berpangkat dengan pangkat bulat negatif dan nol . atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik.sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Sosial. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. d.Membahas PR Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. dan sebaliknya. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. serta cara menngubah bentuk pangkat negatif suatu bilangan ke bentuk pangakat positif.b. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. 31-32 mengenai pengubahan bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan.sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Gendra Priyadi. 32. Peserta didik dan guru secara bersama . 30. c. Gendra Priyadi. b. (Bahan : buku paket. dsb) mengenai perkalian berulangan dan bilangan berpangkat serta penyederhanaan bentuk bilangan berpangkat. c. Peserta didik dan guru secara bersama . dkk. hal. RPP Matematika SMK/MAK Kel. b.

Peserta didik membuat rangkuman dari materi bilangan dalam bentuk pangkat pecahan (pangkat rasional). negatif. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. karangan P. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. 34 sebagai tugas individu. dan menyederhanakan dan menyederhanakan bilangan pangkat pecahan. dan bilangan pecahan. dsb) mengenai bilangan berpangkat pecahan dan menyerdahanakannya. c. e. Administrasi Perkantoran. yaitu mengenai bilangan berpangkat pecahan. yaitu mengenai bilangan berbentuk a atau untuk n 2 dan n himpunan bilangan asli. Penutup a. 36-37 sebagai tugas individu. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan definisi bilangan bentuk pangkat pecahan. negatif. d. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. Peserta didik diingatkan kembali untuk mempelajari materi berikutnya. b. Pertemuan Keempat Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai bilangan berpangkat. d. 34. Kegiatan Inti a. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan berpangkat bulat positif. Seni. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai bilangan berpangkat pecahan dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dkk. Peserta didik membuat rangkuman dari materi bilangan berpangkat bulat positif. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. b. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 36-37 sebagai tugas individu. dari media interaktif. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Gendra Priyadi. c. dan nol dengan sifat-sifatnya dari “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Sosial. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 12 . dan menyederhanakan dan menentukan nilai dari bilangan berpangkat pecahan. Penutup a. maka peserta didik dapat memahami konsep bilangan berpangkat dengan pangkat pecahan dan menyederhanakan bilangan berpangkat pecahan.f. 33 mengenai cara menyatakan bilangan berbentuk a atau untuk n 2 dan n himpunan bilangan asli. n n 1 an 1 an RPP Matematika SMK/MAK Kel. b. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. dan nol dengan sifat-sifatnya. Pariwisata. hal 32-34 mengenai pangkat pecahan. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja.

e.Membahas PR. Pariwisata. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal.sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Pertemuan Keenam Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai bilangan berpangkat positif. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 36-37. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengubahan suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah. dkk. hal 34-35 mengenai notasi ilmiah). Motivasi RPP Matematika SMK/MAK Kel. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. 35-36 sebagai tugas individu. b. Sosial. Administrasi Perkantoran. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. dan sebaliknya. c. maka peserta didik dapat menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. dan sebaliknya. negatif dan nol. Seni. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi notasi ilmiah dari soal-soal “Aktivitas Kelas” atau soal latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.Mengingat kembali mengenai bilangan berpangkat positif. (Bahan : buku paket. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. negatif dan nol.c. dari media interaktif. Kegiatan Inti a. Peserta didik dan guru secara bersama . d. Gendra Priyadi. 34-35 mengenai cara mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 13 . Pertemuan Kelima Pendahuluan Apersepsi : . : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. maka peserta didik dapat menyatakan suatu bilangan dalam notasi ilmiah dan menyederhakan hasil operasi bilanganbilangan dalam bentuk notasi ilmiah. dsb) mengenai mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah. Penutup a. serta bilangan berpangkat pecahan. f. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. . Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah. b. 35. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. karangan P.Membahas PR. . dan sebaliknya. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan dalam bentuk pangkat pecahan (pangkat rasional) berdasarkan latihan hal. dan sebaliknya. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai notasi ilmiah. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal.

hal 35-36 mengenai persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama). c. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Penutup Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. Kegiatan Inti a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. notasi ilmiah. Pariwisata. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. notasi ilmiah. dan persamaan pangkat sederhana. d. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. karangan P. b. Gendra Priyadi. serta bilangan dengan pangkat pecahan. b. g. dari media interaktif. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian. Pertemuan Ketujuh Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai sifat-sifat bilangan dengan pangkat bulat. 36 mengenai penyelesaian persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama. Administrasi Perkantoran. dsb) mengenai cara menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang sama. 36-37 sebagai tugas individu. RPP Matematika SMK/MAK Kel. dan persamaan pangkat sederhana untuk untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 14 . Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Seni. b. d. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. e. serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. notasi ilmiah. negatif dan nol. 36. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. dan persamaan pangkat sederhana. Penutup a. notasi ilmiah. dkk. f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai bilangan berpangkat. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali sifat-sifat bilangan dengan pangkat bulat psitif. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan.Kegiatan Inti a. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 36 sebagai tugas individu. yaitu tentang bentuk akar. Motivasi : Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai bilangan dengan pangkat bulat. dan persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyelesaian persamaan pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Sosial. c.

Nyatakan dalam notasi ilmiah...25 3. Administrasi Perkantoran. 4 a. b. 2 d.. 0. 2120000 Jakarta.0000512 Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP.. Pariwisata.Laptop . . hal. Sosial. Contoh Instrumen : 1..640.OHP F.........225 c. Sederhanakan bentuk bilangan berpangkat berikut. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 15 ...000 b.LCD . yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Seni.. pilihan ganda..... karangan P.. 0. Nilai dari 2 1 sama dengan .. Bentuk sederhana dari a 4b adalah . _______________________ NIP... Gendra Priyadi.. Bentuk Instrumen : uraian singkat.Buku referensi lain. Diketahui a 3 dan b 7 .. Alat dan Sumber Belajar Sumber : . 29-36)...000. 3. 204% b. 4.. 2.E.. a..... dkk. 33 : 3 1 27 24 1 : 814 23 10 5 3 52 11 2.. Penilaian Teknik : tugas individu. Alat : ...Buku paket.. Mengetahui. a.. Nyatakan bilangan 2 4 3: 4 2 1 2 1 2 dalam pangkat positif. Tentukan nilai dari 5.. 24 4( 3) 3 2 1 7 4 9 e.... RPP Matematika SMK/MAK Kel. c.000. 254. Kepala Sekolah a 2 b3 a 1b 1 : 3a 2 b2 ab 2 1 3 2 . ulangan harian......

2. Pariwisata. Peserta didik dapat merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. dsb) mengenai cara mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar). Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar. Metode Pembelajaran Ceramah. c. Peserta didik dapat mengubah bilangan bentuk akar ke dalam bilangan bentuk akar yang paling seerhana. Administrasi Perkantoran. dibagi). maka peserta didik dapat memahami bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar) dan menyatakan bilangan bentuk akar. Menyederhanakan bentuk akar. 4. 1. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. tanya jawab. Seni.Membahas PR. Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan betnuk akar) b. (Bahan : buku paket. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).3. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 16 . C. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua Pendahuluan Apersepsi : . diskusi kelompok. 12 jam pelajaran (6 pertemuan). Alokasi Waktu : A. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. atau pemberian contohcontoh materi untuk dap untuk dapat dikembangkan peserta didik. dikali. Kegiatan Inti a. yaitu buku Matematika SMK dan RPP Matematika SMK/MAK Kel. dikurang. dikurang. Materi Ajar a. Mengubah bilangan bentuk akar ke dalam bilangan bentuk akar yang paling sederhana. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik.Mengingat kembali mengenai jenis-jenis bilangan dan bilangan bentuk pecahan. dibagi) d. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. D. c. dikali. Sosial. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan bentuk akar dioperasikan (ditambah. Tujuan Pembelajaran a. B. . b. Operasi aljabar pada bentuk akar. Menerapkan operasi pada bilangan irrasional.Kompetensi Dasar Indikator : : 1. dari media interaktif. Peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan bentuk akar dioperasikan (ditambah. 3. Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.

b.

c. d.

e.

MAK Erlangga Kelas X, karangan P. Gendra Priyadi, dkk, hal 38-39 mengenai menyederhanakan bentuk akar). Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar) dan menyatakan suatu bilangan bentuk akar dalam bentuk paling sederhana. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 38 mengenai penyederhanaan bilangan bentuk akar. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengidentifikasian bilangan, yaitu apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar), dan penyederhanaan bilangan bentuk akar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 38-39 sebagai tugas individu. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 38-39.

Penutup a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar) dan penyederhanaannya. b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bilangan rasional dan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar) dari soal-soal pada “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

Pertemuan Ketiga dan Keempat Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai mengenai bentuk akar. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat dapat menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk akar, dan menyederhanakan bentuk akar. Kegiatan Inti a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara cara melakukan operasi aljabar pada bentuk akar (ditambah, dikurang, dikali, dibagi) dan menyederhanakan hasilnya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan P. Gendra Priyadi, dkk, hal 39-42 mengenai operasi aljabar pada bentuk akar). b. Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. c. Dalam kelompok, masing - masing peserta didik berdiskusi mengenai cara menentukan hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar. d. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. e. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pada bentuk akar dengan mengaplikasikan sifat-sifat bentuk akar. f. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 39-40 mengenai penyederhanaan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk akar,
RPP Matematika SMK/MAK Kel. Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X

17

hal. 40 mengenai penyederhanaan operasi perkalian pada bentuk akar, hal. 41 mengenai penyederhanaan operasi pembagian pada bentuk akar. g. Setiap kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan hasil operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bentuk akar, serta penyederhanaan bentukbentuk akar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 40, 41, sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat, dan kemudian membahas jawaban soal-soal tersebut dengan guru. h. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 40, 41. i. Setiap kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. 42 sebagai tugas kelompok. Penutup a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi operasi aljabar pada bentuk akar. b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi operasi aljabar pada bentuk akar berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. 42 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

Pertemuan Kelima dan Keenam Pendahuluan Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai bilangan rasional dan pembilang serta penyebut suatu pecahan. - Membahas PR. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar. Kegiatan Inti a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara merasionalkan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan P. Gendra Priyadi, dkk, hal 42-43 mengenai merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar). b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar. c. Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 42-43 mengenai cara merasionalkan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar, kemudian menyederhanakan bentuk pecahan tersebut d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perasionalan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar dan penyederhanaan bentuk pecahan bilangan tersebut, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 43 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 43. f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 44 sebagai tugas individu. Penutup a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai perasionalan penyebut suatu pecahan yang berbentuk akar.
RPP Matematika SMK/MAK Kel. Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X

18

b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi perasionalan penyebut pecahan bentuk akar dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. E. Alat dan Sumber Belajar Sumber : - Buku paket, yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X, karangan P. Gendra Priyadi, dkk, hal. 38-44). - Buku referensi lain. Alat : - Laptop - LCD - OHP F. Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : tugas individu. uraian singkat.

1. Tentukan apakah bilangan-bilangan berikut ini merupakan bilangan irrasional (bentuk akar). a. 49 b. 6, 25 c. 7,8889889889889... 2 Rasionalkan penyebut tiap pecahan berikut. 18 a. 3 3 2 b. 2 5 Sederhanakan dan tentukan hasil perkalian berikut. a. b.

3

75 2 15 27 4

2 2 3

18 2 7

Jakarta,............................................ Mengetahui, Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran Matematika

_______________________ NIP.

_______________________ NIP.

RPP Matematika SMK/MAK Kel. Seni, Pariwisata, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X

19

d. (Bahan: buku paket. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. dikurang. tanya jawab. b. 45 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya. dan sebaliknya. 2. 44-45 mengenai pengertian logaritma). hal. c. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Kegiatan Inti a. dikurang. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama Pendahuluan Apersepsi : Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. dan sebaliknya. Metode Pembelajaran Ceramah. dibagi) sesuai sifat-sifat logaritma. Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan bentuk logaritma dioperasikan (ditambah. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 20 . Gendra Priyadi. Materi Ajar a. 12 jam pelajaran (6 pertemuan). Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma. Menentukan logaritma suatu bilangan. dan sebaliknya. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengubahan bentuk logaritma menjadi bentuk pangkat dan sebaliknya. Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya. atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. dikali.4. serta cara mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma. Pariwisata. dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. b. 45 mengenai pengubahan bentuk pangkat menjadi bentuk logaritma dan sebaliknya. Pengertian logaritma b.Kompetensi Dasar Indikator : : 1. Peserta didik dapat mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan dua atau lebih bilangan bentuk logaritma dioperasikan (ditambah. Administrasi Perkantoran. C. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. dkk. D. 1. serta dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma. Menerapkan konsep logaritma. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Tujuan Pembelajaran a. B. maka peserta didik dapat memahami pengertian. Sifat-sifat logaritma. dibagi) sesuai sifat-sifat logaritma. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Sosial. serta menggunakannya dalam menyelesaikan suatu masalah persamaan. Alokasi Waktu : A. diskusi kelompok. dsb) mengenai pengertian logaritma. c. dikali. Seni. dari media interaktif. karangan P.

3. serta melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma. 45-48 mengenai sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma)).e. dkk. atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. Administrasi Perkantoran. 46-48 mengenai penyederhanaan hasil operasi aljabar bilangan berbentuk logaritma berdasarkan sifat-sifat logaritma. serta penyederhanaan hasil operasi aljabar (penjumlahan. cara mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma. 45. serta melakukan operasi aljabar pada bentuk logaritma (Bahan: buku paket. Dalam kelompok.masing peserta didik berdiskusi mengenai: 1. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya. h. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Pengubahan bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. dan sebaliknya dari soal-soal “Aktivitas Kelas” yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. dan pembagian) pada bentuk logaritma. 48. dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma. Gendra Priyadi. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. serta cara menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan sifat-sifat bentuk logaritma. dan sebaliknya. c. sedangkan kelompok yang lain menanggapi. Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 21 . Sosial. Penutup a. maka peserta didik dapat memahami sifat-sifat dari logaritma (operasi aljabar logaritma). Peserta didik dan guru melakukan refleksi. 48 sebagai tugas kelompok berupa uraian obyektif. masing . dan sebaliknya. b. dsb) mengenai sifat-sifat logaritma. dan kemudian membahas jawaban soal-soal tersebut dengan guru. d. Kegiatan Inti a. e. g. Seni. c. RPP Matematika SMK/MAK Kel. karangan P. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai definisi logaritma. f. 2. pengurangan. perkalian. Pertemuan Kedua dan Ketiga Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali pengertian logaritma. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma beserta pembuktiannya. Pariwisata. hal. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi definisi logaritma dan pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. f. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Penentuan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumusrumus bentuk logaritma. dari media interaktif. Definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma. Setiap kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan hasil logaritma suatu bilangan. yaitu sifat-sifat dan operasi aljabar pada bilangan logaritma.

54-55 mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan kalkulator. hal 49-51 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma. dari media interaktif. 52 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan dengan kalkulator. f. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. serta hal. serta cara menggunakan logaritma untuk perhitungan. dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 52-54 mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel antilogaritma. 51 dan 54.Membahas PR. Seni. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. . Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. serta penentuan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. dan sebaliknya. RPP Matematika SMK/MAK Kel. hal. dkk. dsb) mengenai cara menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator. 48 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Setiap kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma). 53 mengenai penentuan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel antilogaritma. serta kalkulator. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. hal.Mengingat kembali mengenai sifat . Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator. 50-51 mengenai penentuan logaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma. 48 sebagai tugas kelompok. maka peserta didik dapat menentukan logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator. 55 sebagai tugas individu. c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan logaritma dan antilogaritma suatu bilangan dengan tabel logaritma.sifat logaritma. Pariwisata. b. Sosial. Pertemuan Keempat dan Kelima Pendahuluan Apersepsi : . pengubahan bentuk pangkat ke bentuk logaritma. 49 mengenai pengubahan bentuk logaritma suatu bilangan menjadi bentuk logaritma berbasis 10. dan hal. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. e. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Kegiatan Inti a. d. Administrasi Perkantoran. 51 dan 54 sebagai tugas individu berupa uraian singkat. hal. b. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. c. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. serta menggunakan logaritma untuk perhitungan. karangan P. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi definisi logaritma dan sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma). yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Penutup a. Gendra Priyadi.i. tabel antilogaritma. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 22 . dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan.

Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali bilangan bentuk akar. Alat dan Sumber Belajar Sumber : . d. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 23 . Administrasi Perkantoran. c. b. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. yaitu tentang persamaan dan pertidaksamaan. Gendra Priyadi. pengertian logaritma. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian. berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. serta penggunaan logaritma untuk perhitungan. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk perhitungan. untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator. serta penggunaan logaritma untuk perhitungan.LCD . operasi aljabar bentuk akar dan penyederhanaannya. Kegiatan Inti a. sifat-sifat logaritma. karangan P. rasionalisasi pecahan bentuk akar. Penutup a. . rasionalisasi pecahan bentuk akar. c. E. penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.Buku referensi lain. serta penggunaan logaritma untuk perhitungan. Pertemuan Keenam Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai bilangan bentuk akar. dkk. serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. b.Buku paket. Seni. 38-60). pengertian logaritma. rasionalisasi pecahan bentuk akar. Alat : . operasi aljabar bentuk akar dan penyederhanaannya. Pariwisata. Motivasi : Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai bilangan bentuk akar. penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator. sifat-sifat logaritma. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator serta penggunaan logaritma untuk perhitungan.OHP RPP Matematika SMK/MAK Kel. 55 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.Laptop .g. hal. pengertian logaritma. operasi aljabar bentuk akar dan penyederhanaannya. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Penutup Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. sifat-sifat logaritma. Sosial. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

ab Jakarta.. a 2..... RPP Matematika SMK/MAK Kel. log64 log 1 2 .... -2 atau 2 e... Sosial. 2 b.. Nilai dari a b adalah.. nilai a adalah . 8 d........ Administrasi Perkantoran..F. Mengetahui...... ulangan harian......... Rasionalkan penyebut dari bentuk Diketahui a 8 3 dan b 8 3 . 1 atau 1 2 2 3 2 19 dan sederhanakan hasilnya.... 1 2 c. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 24 . Seni. 4 a tugas individu. uraian singkat.. 3... Jika a log128 a.. pilihan ganda. _______________________ NIP.. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP. Pariwisata.. Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : 1.......

: 1. Fungsi aljabar sederhana dan kuadrat. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Gendra Priyadi. : 2.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas Standar Kompetensi : : : Matematika X (Sepuluh) : 2. Metode Pembelajaran Ceramah. Administrasi Perkantoran. Seni. Memecahkan masalah berkaitan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dan kuadrat. (Bahan : buku paket. b. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. tanya jawab. serta cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 25 . Sosial. C. D. b. Menentukan penyelesaian dari masalah pertidaksamaan linear. dsb) mengenai pengertian persamaan linear dan memberikan contoh-contoh. Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu A. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Tujuan Pembelajaran a. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian dari masalah persamaan linear. maka peserta didik akan dapat menentukan penyelesaian dari masalah persamaan linear satu variabel. Materi Ajar a. Menentukan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear. : 10 jam pelajaran (5 pertemuan). B. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua Pendahuluan Apersepsi : Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. RPP Matematika SMK/MAK Kel. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 62-63 mengenai persamaan linear dan penyelesaiannya).1. Kegiatan Inti a. dari media interaktif. karangan P. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian dari masalah pertidaksamaan linear. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. 2. dkk. Menentukan penyelesaian dari masalah persamaan linear. hal. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Pariwisata. Pengertian fungsi.

Seni. b. e. Kegiatan Inti a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi pengertian pengertian pertidaksamaan linear dan sifat-sifat pertidaksamaan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pertidaksamaan linear. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. 62. dkk. Penutup a.b. dari media interaktif. Penutup a.. 62. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya berdasarkan soal-soal pada “Aktivitas Kelas“ hal 64 atau beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengidentifikasikan suatu persamaan sebagai persamaan linear atau bukan serta cara menyelesaikan suatu persamaan linear satu variabel. Pertemuan Ketiga Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali persamaaan linear dan penyelesaiannya. dsb) mengenai pengertian pertidaksamaan linear dan memberikan contoh-contoh. Administrasi Perkantoran. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan bentuk-bentuk pertidaksamaan serta cara menyelesaikan suatu pertidaksamaan linear berdasarkan sifat-sifat pertidaksamaan berdasarkan operasi yang diaplikasikan. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. d. Pariwisata. maka peserta didik akan dapat menentukan penyelesaian dari masalah pertidaksamaan linear satu variabel. Peserta didik mengerjakan soal mengenai pengidentifikasi suatu persamaan sebagai persamaan linear atau bukan dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 64-65 sebagai tugas individu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan hal 67 sebagai tugas individu. 63 sebagai tugas individu. c. 62 pemberian cara menyelesaikan persamaan linear satu variabel dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. serta bentuk-bentuk sederhana suatu pertidaksamaan. (Bahan : buku paket. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. serta cara menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. hal. b. c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. d. 63-65 mengenai pertidaksamaan linear dan penyelesaiannya). c. Sosial. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. karangan P. 67 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain RPP Matematika SMK/MAK Kel. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Gendra Priyadi. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 26 . Peserta didik mengerjakan soal mengenai cara menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. b. Peserta didik membuat rangkuman dari materi pengertian persamaan linear dan penyelesaian. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja.

Administrasi Perkantoran.Buku paket. . hal. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. hal. Sosial. Seni. Peserta didik membuat rangkuman dari materi pengertian pengertian pertidaksamaan linear dan sifat-sifat pertidaksamaan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan pertidaksamaan linear. c. karangan P. . Penutup a.Buku referensi lain. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. maka peserta didik akan dapat menentukan penyelesaian dari masalah pertidaksamaan linear satu variabel. dkk. Alat dan Sumber Belajar Sumber : . Alat : . 67 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain E. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 27 . serta bentuk-bentuk sederhana suatu pertidaksamaan dan sifat-sifat dalam mendapatkan penyelesaiannya.Laptop . kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.Mengingat kembali persamaaan linear dan penyelesaiannya. Pariwisata. dkk. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan hal 76 sebagai tugas individu. d. dari media interaktif. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelesaikan suatu pertidaksamaan linear. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. b.OHP RPP Matematika SMK/MAK Kel. dsb) mengenai pengertian cara menyelesaikan pertidaksamaan linear. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya berdasarkan soal-soal pada “Aktivitas Kelas“ hal 66-67 atau beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. karangan P. Gendra Priyadi. e. Kegiatan Inti a. c. 65-67 mengenai pertidaksamaan linear dan penyelesaiannya). 66-67.Membahas PR Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. (Bahan : buku paket. 62-67). 66-67 sebagai tugas individu.Pertemuan Keempat dan Kelima Pendahuluan Apersepsi : . b. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Gendra Priyadi. Peserta didik mengerjakan soal mengenai cara menyelesaikan pertidaksamaan linear dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal.LCD .

. Mengetahui. Empat tahun yang akan datang 2 kali umur ayah sama dengan 5 kali umur Budi ditambah 9 tahun. _______________________ NIP... a. Sosial....... Administrasi Perkantoran..... 3. Tentukan penyelesaian dari pertidaksamaan berikut....... Seni.... Tujuh tahun yang lalu umur ayah sama dengan 6 kali umur Budi... dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 28 . Hitunglah umur Budi saat ini.......... –8x + 11 < 5 – 3x b. Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan 2x – 7 = x + 5... Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP....... 2..F. Bentuk Instrumen : uraian singkat Contoh Instrumen : 1.. 12 < 4 + 8x < 21 Jakarta. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Pariwisata. Umur ayah sekarang adalah 45 tahun. Penilaian Teknik : tugas individu..

Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. Peserta didik dapat menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Pariwisata. Pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya. 5. Metode Pembelajaran Ceramah. Alokasi Waktu A. d. Peserta didik dapat menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat.Kompetensi Dasar Indikator : 2. Menentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat dengan cara faktorisasi. (Bahan : buku paket. 67-71 mengenai persamaan kuadrat dan penyelesaiannya. dsb) mengenai cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran. Menentukan peyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. Materi Ajar a. Diskriminan persamaan kuadrat. maka peserta didik dapat menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran. Tujuan Pembelajaran a. tanya jawab. bentuk kuadrat sempurna. b. atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. yaitu mengenai menyelesaikan persamaan kuadrat dengan faktorisasi). C. e. : 24 jam pelajaran (12 pertemuan). yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. c. 3. d. dan rumus abc. Peserta didik dapat menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat. Gendra Priyadi. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 29 . tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. e. : 1. dari media interaktif. Seni. b. Hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar. 2. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan.2. karangan P. diskusi kelompok. Sosial. 4. D. Kegiatan Inti a. Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Administrasi Perkantoran. bentuk kuadrat sempurna. hal. Menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama Pendahuluan Apersepsi : Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Persamaan kuadrat dan penyelesaiannya. dkk. c. dan rumus abc. Menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat. Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat dengan cara faktorisasi. B. Rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.

Seni. Pariwisata. Dalam kelompok. maka peserta didik dapat menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna. 2. dkk. Penutup a. sedangkan kelompok yang lain menanggapi. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Pendeskripsian bentuk umum dan contoh dari persamaan kuadrat. c. Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. 70 sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat. h. atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik.Membahas PR. masing-masing peserta didik berdiskusi mengenai: 1. hal. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dan kemudian membahas jawaban soal-soal tersebut dengan guru. c. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya. 70. dari media interaktif. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. f. Pertemuan Kedua Pendahuluan Apersepsi : . Peserta didik membuat rangkuman dari materi persamaan kuadrat dan penyelesaiannya. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Gendra Priyadi. b. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. yaitu mengenai menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna). d. Dalam kelompok. Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. 71-73 mengenai persamaan kuadrat dan penyelesaiannya. 2. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 30 . 70 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Pencarian akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna. masing-masing peserta didik berdiskusi mengenai: 1. Pendeskripsian bentuk umum dan contoh dari persamaan kuadrat. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Setiap kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal.b. g. c. Setiap kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan akar-akar persamaan kuadrat dengan faktorisasi (pemfaktoran dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 71 sebagai tugas kelompok. i. Pencarian akar-akar (penyelesaian) persamaan kuadrat dengan faktorisasi (pemfaktoran). Sosial. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan pemfaktoran. e. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. 69-70 mengenai pencarian penyelesaian persamaan kuadrat dengan faktorisasi (pemfaktoran). Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi persamaan kuadrat dan penyelesaiannya berdasarkan soal atau latihan dalam buku paket pada hal. Administrasi Perkantoran. b. dsb) mengenai cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna (Bahan : buku paket. Kegiatan Inti a. karangan P.

karangan P. Pariwisata. Setiap kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. sedangkan kelompok yang lain menanggapi. 73 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. sedangkan kelompok yang lain menanggapi. dkk. c. Pendeskripsian bentuk umum dan contoh dari persamaan kuadrat. Dalam kelompok. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. 73 mengenai pencarian penyelesaian persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Peserta didik membuat rangkuman dari materi persamaan kuadrat dan penyelesaiannya. Administrasi Perkantoran. Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Penutup a. maka peserta didik dapat menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus abc. 72. Pencarian akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc. Gendra Priyadi. e. c. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus abc. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 31 . h.Membahas PR. atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. 71-72 mengenai pencarian penyelesaian persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna. 74 RPP Matematika SMK/MAK Kel. Setiap kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna. Kegiatan Inti a. g. e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. b. Setiap kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan akar-akar persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 73-75 mengenai persamaan kuadrat dan penyelesaiannya. 73 sebagai tugas kelompok. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. 72 sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat. dari media interaktif. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. b. g. Sosial. Seni. i. f.d. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi persamaan kuadrat dan penyelesaiannya berdasarkan soal latihan dalam buku paket pada hal. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya. masing-masing peserta didik berdiskusi mengenai: 1. Pertemuan Ketiga Pendahuluan Apersepsi : . hal. f. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. dan kemudian membahas jawaban soal-soal tersebut dengan guru. 2. d. dsb) mengenai cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus abc (Bahan : buku paket. yaitu mengenai menyelesaikan persamaan kuadrat dengan dengan menggunakan rumus).

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Gendra Priyadi. c. Seni. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Sosial. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya dari soal latihan dalam buku paket pada hal. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. Kegiatan Inti a. 76 mengenai penentuan penyelesaian pertidaksamaan kuarat. Pertemuan Keempat dan Kelima Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali sifat-sifat pertidaksamaan. 74-75 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. h. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 32 . Penutup a. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi persamaan kuadrat dan penyelesaiannya berdasarkan soal latihan dalam buku paket pada hal. b. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. hal. b. d. 74 sebagai tugas kelompok. 77. 75-77 mengenai pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya). Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. i. c. karangan P. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. 77 sebagai tugas individu. 77 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. c. dsb) mengenai cara menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat. 74. Peserta didik membuat rangkuman dari materi pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. dari media interaktif. f. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Setiap kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. b. 77 sebagai tugas individu.sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat. e. Peserta didik mengerjakan soal mengenai pemberian contoh pertidaksamaan kuadrat dan penentuan himpunan penyelesaiannya dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Peserta didik membuat rangkuman dari materi persamaan kuadrat dan penyelesaiannya. dan kemudian membahas jawaban soal-soal tersebut dengan guru. Penutup a. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. dkk. Administrasi Perkantoran. Pariwisata.

78. maka peserta didik dapat menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat. 77-78 mengenai penentuan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan metode titik uji. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan metode titik uji.Membahas PR. 78 sebagai tugas individu. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. Gendra Priyadi. b. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. f. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 33 . Peserta didik mengerjakan soal mengenai pemberian contoh pertidaksamaan kuadrat serta penentuan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan metode titik uji dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. dari media interaktif. g Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Administrasi Perkantoran.Pertemuan Keenam dan Ketujuh Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai pertidaksamaan dan penyelesaiannya. hal. Sosial. dsb) mengenai RPP Matematika SMK/MAK Kel. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan metode titik uji. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. c. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. dkk. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Kegiatan Inti a. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. . Pariwisata. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik.Mengingat kembali mengenai persamaan kuadrat. karangan P. Seni. 79-83 mengenai menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan metode titik uji). Pertemuan Kedelapan dan Kesembilan Pendahuluan Apersepsi : . atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. dari media interaktif. 78 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Peserta didik membuat rangkuman dari materi pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya. d. b. Penutup a. c. dsb) mengenai cara menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan metode titik uji. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Kegiatan Inti a. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pertidaksamaan kuadrat dan penyelesaiannya dari soal latihan dalam buku paket pada hal. e. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 78 sebagai tugas individu. yaitu diskriminan persamaan kuadrat.

dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. cara menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat. dsb) mengenai cara menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat dan menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat. b. dari media interaktif. c. hal. 80. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 8384 mengenai hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar). Gendra Priyadi. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. dan hal.Membahas PR. Pertemuan Kesepuluh. b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menggunakan diskriminan dalam pemecahan masalah persamaan kuadrat. maka peserta didik dapat menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat dan menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Kesebelas. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Penutup a. dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. dkk. RPP Matematika SMK/MAK Kel. karangan P. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat dan menentukan sifat akar dari persamaan kuadrat berdasarkan koefisien persamaan kuadrat c. Seni. dan hal 83 mengenai penentuan koefisien dari persamaan kuadrat yang memiliki sifat akar tertentu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan jenis akar-akar persamaan kuadrat berdasarkan pencarian nilai diskriminan persamaan kuadrat. 81-83 mengenai rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. 80-81 sebagai tugas individu. dan Keduabelas Pendahuluan Apersepsi : . f. c. Kegiatan Inti a. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Gendra Priyadi. . hal. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. dkk. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 34 . Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Sosial. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi diskriminan persamaan kuadrat dari soal-soal latihan dalam buku paket hal. 79-81 mengenai diskriminan persamaan kuadrat). kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 80-81 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.Mengingat kembali mengenai persamaan kuadrat. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal.b. 81-83 mengenai penggunaan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai diskriminan persamaan kuadrat. Administrasi Perkantoran. 79-80 mengenai penentuan jenis akar-akar persamaan kuadrat berdasarkan pencarian nilai diskriminan persamaan kuadrat. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. d. karangan P. e. 80 sebagai tugas individu berupa uraian obyektif. Pariwisata. Peserta didik dan guru melakukan refleksi.

Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 35 . Seni. ulangan harian. Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : 1. Penutup a. 3x2 17 x 2 0 Tentukan penyelesaian pertidaksamaan berikut. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai rumus jumlah dan hasil kali akarakar persamaan kuadrat. a. Alat dan Sumber Belajar Sumber : . tugas individu. c. 67-84). 84 sebagai tugas individu. E.. 84. serta hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar berdasarkan latihan hal. 84. serta penentuan sifat akar dari persamaan kuadrat dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal.LCD . Peserta didik memberikan uraian obyektif seputar materi rumus jumlah dan hasil kali akarakar persamaan kuadrat pada kuis yang dilakukan. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penggunaan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Administrasi Perkantoran. Dengan cara memfaktorkan. maka nilai p adalah . uraian obyektif. pilihan ganda. Pariwisata. x 2 2 x 6 0 Diketahui akar-akar persamaan kuadrat x2 berbeda.Buku referensi lain. Gendra Priyadi. Sosial.OHP F.Laptop .Buku paket. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X.d. serta hubungan antara koefisien persamaan kuadrat dengan sifat akar. tentukan penyelesaian dari persamaan kuadrat berikut : a. 3. dkk. e. 2. uraian singkat. karangan P. f. Alat : . hal. b. 2 x 2 11x 8 0 b. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 3x p 0 adalah dua bilangan real yang RPP Matematika SMK/MAK Kel. . tugas kelompok. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. 2x2 11x 21 0 b. kuis.

... dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 36 ..... p 2 q 2 d.. p q b..... RPP Matematika SMK/MAK Kel. Administrasi Perkantoran..4. Pariwisata......... 6.... p q 5.. Jakarta.. Jika p dan q adalah akar-akar persamaan kuadrat 4 x 2 31x 2 0 ..... Sosial...... _______________________ NIP. Tentukan sifat akar dari persamaan kuadrat 5x 2 x 15 0 .... pq c......... Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP. tentukan nilai-nilai dari: a. Seni. Mengetahui. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya adalah kebalikan dari akar-akar persamaan kuadrat x 2 6 x 15 adalah ..

10 jam pelajaran (5 pertemuan). Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama Pendahuluan Apersepsi : . maka peserta didik dapat menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan perkalian faktor. Seni. karangan P. g. Sosial. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. (Bahan : buku paket. f. Administrasi Perkantoran. Metode Pembelajaran Ceramah. Menyusun persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya. Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. B. 85 mengenai penyusunan persamaan kuadrat dengan perkalian faktor.Membahas PR. RPP Matematika SMK/MAK Kel. : : : 2. 85. Kegiatan Inti a. yaitu dengan menggunakan perkalian faktor. dkk. Pariwisata. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal . 84-85 mengenai penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan perkalian faktor). Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara penyusunan persamaan kuadrat yang diketahui akar-akarnya. e. Menyusun persamaan kuadrat jika akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya.soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. . hal.3. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal 87 sebagai tugas individu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyusunan persamaan kuadrat dengan perkalian faktor dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. C. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 37 . b.Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu A. Materi Ajar a. diskusi kelompok. b. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui. d. dari internet/materi yang berhubungan dengan penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan perkalian faktor. 85 sebagai tugas individu. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. yaitu menyusun persamaan kuadrat dengan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya. D. Gendra Priyadi. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja.Mengingat kembali mengenai persamaan kuadrat dan menentukan penyelesaiannya dengan faktorisasi. c. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. tanya jawab.

soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan rumus jumlah dan hasil hasil akarakarnya berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. 86. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan perkalian faktor berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan perkalian faktor. c. Seni. Penutup a. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Administrasi Perkantoran. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. maka peserta didik dapat menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal 87 sebagai tugas individu. RPP Matematika SMK/MAK Kel. f. hal. yaitu menyusun persamaan kuadrat jika akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya. b.Penutup a. Sosial. dkk. Kegiatan Inti a. 87 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 38 . b. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X.Mengingat kembali mengenai persamaan kuadrat dan menentukan penyelesaiannya serta rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal . Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. 87 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Pariwisata. c. d. Pertemuan Kedua dan Ketiga Pendahuluan Apersepsi : . e. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. 84-85 mengenai penyusunan persamaan kuadrat dengan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya). g. . 85 mengenai penyusunan persamaan kuadrat dengan rumus jumlah dan hasil kali akarakarnya. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara penyusunan persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya.Membahas PR. Gendra Priyadi. 86 sebagai tugas individu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyusunan persamaan kuadrat dengan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. c. (Bahan : buku paket. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. b. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan rumus jumlah dan hasil hasil akar-akarnya. karangan P. dari internet/materi yang berhubungan dengan penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.Membahas PR. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. 84-90). hal. 89. e. 90 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.Mengingat kembali mengenai penyusunan persamaan kuadrat dengan perkalian faktor dan menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya. karangan P. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara penyusunan persamaan kuadrat jika akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain.Buku referensi lain. karangan P. (Bahan : buku paket. E. dkk. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal . Kegiatan Inti a. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 39 . . Gendra Priyadi.Pertemuan Ketiga dan Keempat Pendahuluan Apersepsi : . b. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. f. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 89 sebagai tugas individu.Buku paket. hal. maka peserta didik dapat menyusun persamaan kuadrat jika akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya. d. 87-90 mengenai penyusunan persamaan kuadrat jika akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya). Pariwisata. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. RPP Matematika SMK/MAK Kel. . Administrasi Perkantoran. Gendra Priyadi. 87-89 mengenai penyusunan persamaan kuadrat jika akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penyusunan persamaan kuadrat jika akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. b. dari internet/materi yang berhubungan dengan penyusunan persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui dengan menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal 90 sebagai tugas individu. c. yaitu sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. Alat dan Sumber Belajar Sumber : .soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Sosial. c. Penutup a. dkk. Seni. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyusunan persamaan kuadrat dengan rumus jumlah dan hasil kali akar-akarnya dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. g. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penyusunan persamaan kuadrat jika akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya.

. x 2 2 x 30 0 x 30 0 x 30 0 d. Ditentukan persamaan kuadrat 2 x 2 8 x 24 0 .. Susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya berlawanan dengan akar-akar persamaan kuadrat tersebut. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP.. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 40 . 1.. ulangan harian...Laptop . Administrasi Perkantoran... uraian obyektif...... Seni. RPP Matematika SMK/MAK Kel.akarnya -5 dan 6 adalah... x 2 e....LCD ... Persamaan kuadrat baru yang akar akarnya x1 5 dan x2 5 adalah... Mengetahui.Alat : .. _______________________ NIP. 2.... Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : tugas individu.. Jakarta... x c..... a....akar persamaan x 2 2 x 3 0 adalah x1 dan x2 . uraian singkat. Sosial.... Akar ... x 2 b....OHP F.. Pariwisata..... Persamaan kuadrat yang akar ... x 2 30 x 1 0 30 x 1 0 3....

Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. f. 92 sebagai tugas individu. Kegiatan Inti a. dari media interaktif. dsb) mengenai bentuk umum sistem persamaan linear dua variabel dan cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan substitusi. tanya jawab. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. 92. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Gendra Priyadi. c. 90-92 mengenai penentuan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi). yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. karangan P. e. Seni. Administrasi Perkantoran.4 Menyelesaikan sistem persamaan dua variabel. B. Metode Pembelajaran Ceramah. Sosial. D. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. d. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi. C. RPP Matematika SMK/MAK Kel. dkk. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. b. : 8 jam pelajaran (4 pertemuan). 91-92 mengenai cara menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel. diskusi kelompok. 92 sebagai tugas individu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. hal. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama Pendahuluan Apersepsi : Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 41 . : Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel. : 2. Pariwisata.Kompetensi Dasar Indikator Alokasi Waktu A. Materi Ajar Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan penyelesaiannya.

Pariwisata. Seni. c. e. 93-94 mengenai penentuan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi). Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. dsb) mengenai cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi. b. c. Pertemuan Kedua Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali pengertian dan bentuk umum sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya dengan metode substitusi. f. Gendra Priyadi. Peserta didik membuat rangkuman dari materi penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi. karangan P. dkk. dari media interaktif. Kegiatan Inti a. 94 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi sistem persamaan linear dua variabel dari soal latihan dalam buku paket pada hal. b. 93-94. b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 42 . Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 92 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Penutup a. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Sosial. Administrasi Perkantoran. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. 93 mengenai cara menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi. d. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. c. Peserta didik membuat rangkuman dari materi sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya dengan metode substitusi.Penutup a. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. hal. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi sistem persamaan linear dua variabel dari soal latihan dalam buku paket pada hal. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 94 sebagai tugas individu. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. 93-94 sebagai tugas individu.

96 sebagai tugas individu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. b. Administrasi Perkantoran. dsb) mengenai cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi-substitusi. Seni. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. Pariwisata. RPP Matematika SMK/MAK Kel. karangan P. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali persamaan dan pertidaksamaan linear. dari media interaktif. 96. 96-97 sebagai tugas individu. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi-substitusi. Sosial. hal. 94-96 mengenai cara menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi-substitusi. b. d. e. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. serta sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket. 96-97 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 43 . atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. c.Pertemuan Ketiga dan Keempat Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali pengertian dan bentuk umum sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya dengan metode substitusi dan eliminasi. f. 94-97 mengenai penentuan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi-substitusi). Gendra Priyadi. Kegiatan Inti a. d. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi sistem persamaan linear dua variabel dari soal latihan dalam buku paket pada hal. dkk. Peserta didik membuat rangkuman dari materi penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi-substitusi. Penutup a.

Contoh Instrumen : 1.Buku paket. Gendra Priyadi. Penutup Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Pariwisata. persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. b. Penilaian Teknik : tugas kelompok. tugas individu. uraian obyektif.LCD . Bentuk Instrumen : uraian singkat.. Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian. Kegiatan Inti a. ulangan harian. E. serta sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. Motivasi : Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai persamaan dan pertidaksamaan linear. a. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian.. hal. 3x + 8 < 20 b. Tentukan himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear berikut: 3x 4 y 2x 5 y 24 23 2. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 44 . persamaan dan pertidaksamaan kuadrat. Administrasi Perkantoran. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya (p+5) dan (q+5) adalah . 3. Alat dan Sumber Belajar Sumber : . karangan P. Tentukanlah penyelesaian dari persamaan berikut.Pertemuan Kelima Pendahuluan Apersepsi : Mengingat kembali mengenai persamaan dan pertidaksamaan linear.OHP F. pilihan ganda. Sosial. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.Laptop . dkk. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Alat : . . Persamaan kuadrat x 2 5 x 6 memiliki akar-akar p dan q. kuis.. yaitu tentang matriks. serta sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.Buku referensi lain. Seni. c. 90-102. serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek. d. -2x + 3 > -10 RPP Matematika SMK/MAK Kel.

.. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP...... Pariwisata.... _______________________ NIP. Jika a dan b adalah akar-akar persamaan kuadrat 2 x 2 3x 5 0 ... x 2 3x 10 0 d... RPP Matematika SMK/MAK Kel...... dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 45 .... Mengetahui.....4.. a Jakarta. Seni. a.. x 2 3x 10 0 5...... Administrasi Perkantoran...... x 2 3x 10 0 e. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya 5 dan -2 adalah. maka tentukan persamaan 1 kuadrat yang akar-akarnya 1 dan b ....... x 2 7 x 10 0 b. x 2 7 x 10 0 c. Sosial.......

kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. dsb) mengenai pengertian. Sosial. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Administrasi Perkantoran. dari media interaktif. : 6 jam pelajaran (3 pertemuan). C. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. dan ordo suatu matriks.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas : : : Matematika X (Sepuluh) Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : 3. Mendeskripsikan macam-macam matriks. Materi Ajar Pengertian. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. B. notasi. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 46 . karangan P. notasi. serta mengenal jenis-jenis matriks. 2. D. 1. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua Pendahuluan Apersepsi Motivasi : : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. maka peserta didik diharapkan dapat mengenal matriks serta notasi dan ordo matriks. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. hal. 3. dkk. Peserta didik dapat menentukan matriks berdasarkan unsur-unsurnya dan menyatakan dalam notasi matriks. Peserta didik dapat mengidentifikasi suatu matriks berdasarkan jenis-jenisnya. a. Alokasi Waktu A. Seni. Pariwisata. Mengidentifikasi suatu matriks berdasarkan jenis-jenisnya. Metode Pembelajaran Ceramah. Tujuan Pembelajaran a. Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks. tanya jawab. Kegiatan Inti a.1. Gendra Priyadi. diskusi. ordo serta jenis-jenis matriks. Menentukan matriks berdasarkan unsur-unsurnya dan menyata-kan dalam notasi matriks. 108-109 mengenai pengertian RPP Matematika SMK/MAK Kel. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja.

Pertemuan Ketiga Pendahuluan Apersepsi Motivasi : . matriks. 112 mengenai penentuan transpos matriks. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai kesamaan dua matriks dan cara menyelesaikan masalah kesamaan matriks. dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 109-110 mengenai notasi dan ordo matriks. Gendra Priyadi. Penutup a. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. b. c. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pengertian. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. Kegiatan Inti a. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Pariwisata.Membahas PR : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. menyatakan matriks berdasarkan unsur-unsurnya dan menyatakan dalam notasi matriks serta jenis-jenis matriks. hal. c. karangan P. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan elemen-elemen matriks. serta berbagai jenis matriks. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai kesamaan dua matriks. dsb) mengenai kesamaan dua matriks. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pengertian matriks. 110-113 mengenai jenisjenis matriks). 114. e. maka peserta didik diharapkan dapat meyelesaiakan masalah kesamaan dua matriks. Seni. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. serta jenis-jenis matriks dari soal “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Sosial. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 115-116 sebagai tugas individu. 113-115 mengenai kesamaan dua matriks). Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengertian. b. 113 sebagai tugas individu.Mengingat kembali pengertian matriks dan jenis-jenis matriks. d.b. ordo dan transpos matriks. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. f. operasi aljabar pada matriks. dan hal. dan ordo suatu matriks. RPP Matematika SMK/MAK Kel. dan ordo suatu matriks. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 47 . d. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. . ordo dan transpos matriks. dari media interaktif. 114 mengenai kesamaan matriks. 114-115 sebagai tugas individu. e. notasi. 113. dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. dkk. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. hal. b. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan elemen-elemen matriks. notasi. Administrasi Perkantoran. Penutup a.

hal. uraian singkat. 1 1 dan Y 2 2 2a 3 dan diketahui X b c 3Y ..... Buku referensi lain.... karangan P.. Sosial.... Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP.. serta kesamaan dua matriks. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X.... Gendra Priyadi.c. dkk.. Alat : Laptop LCD OHP F.... dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 48 .. notasi........... dan ordo suatu matriks.. _______________________ NIP. serta jenis-jenis matriks dari soal latihan yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. E. Administrasi Perkantoran. 0 Tentukan transpos dari matriks Jika X 2b +c. tugas individu. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengertian. Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : 1... 5 4 1 .. RPP Matematika SMK/MAK Kel... Alat dan Sumber Belajar Sumber : Buku paket... 2. Pariwisata...107-116.. Mengetahui.... Seni. maka tentukan nilai a- Jakarta.

: 1.Kompetensi Dasar Indikator : 3. 119-120 sebagai tugas individu. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. B. d. 2. tanya jawab. Metode Pembelajaran Ceramah. Tujuan Pembelajaran : 10 jam pelajaran (5 pertemuan). b. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. dan hal 118-119 mengenai pengurangan matriks. dan pengurangan matriks). Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Seni. dkk. 116-120 mengenai penjumlahan matriks. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan matriks. Pariwisata.Membahas PR : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. lawan (negatif) suatu matriks. b. Menentukan penyelesaian hasil operasi perkalian matriks dengan skalar serta perkalian matriks. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal.2. Kegiatan Inti a. 117 mengenai penjumlahan matriks. C. (Bahan: buku paket. 120 sebagai tugas individu. dari media interaktif. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penjumlahan dan pengurangan matriks dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian hasil operasi penjumlahan dan pengurangan dua matriks. dsb) mengenai penjumlahan matriks. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Menentukan penyelesaian hasil operasi penjumlahan dan pengurangan dua matriks. a. karangan P. Sosial. Gendra Priyadi. D. Menyelesaikan operasi matriks. diskusi. Materi Ajar Operasi aljabar pada matriks. Administrasi Perkantoran. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua Pendahuluan Apersepsi Motivasi : . c. f. 119-120. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. dan pengurangan matriks. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. hal. e. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian hasil operasi perkalian matriks dengan skalar serta perkalian matriks. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan hasil operasi aljabar penjumlahan dan pengurangan matriks. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 49 . Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. Alokasi Waktu A. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal.

Membahas PR : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Pariwisata. Gendra Priyadi. 122 mengenai perkalian matriks dengan bilangan real. b. e. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. karangan P. 123 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. b. Seni. Penutup a. f. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan penentuan hasil operasi aljabar penjumlahan dan pengurangan matriks dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. Sosial. . dkk. b. d. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan hasil operasi perkalian matriks dengan bilangan real. 123 sebagai tugas individu. dari media interaktif. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai operasi aljabar penjumlahan dan pengurangan matriks. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 50 . c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. hal. Pertemuan Ketiga Pendahuluan Apersepsi Motivasi : . tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja.Penutup a. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan hasil perkalian matriks dengan bilangan real berdasarkan sifat-sifatnya. 122 sebagai tugas individu. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. (Bahan: buku paket. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai operasi perkalian matriks dengan bilangan real. 120 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Administrasi Perkantoran. 121-123 mengenai perkalian matriks dengan bilangan real). 122. dsb) mengenai perkalian matriks dengan bilangan real. Kegiatan Inti a.Mengingat kembali materi mengenai operasi aljabar pada matriks. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan penentuan hasil operasi perkalian matriks dengan bilangan real dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perkalian matriks dengan bilangan real dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal.

Kegiatan Inti a. 116-131. 127 dan 130 sebagai tugas individu. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Buku referensi lain. c. dan hal 127-130 mengenai perpangkatan matriks persegi). c. Alat dan Sumber Belajar Sumber : Buku paket. dari media interaktif.Pertemuan Keempat dan Kelima Pendahuluan Apersepsi Motivasi : . karangan P. Penutup a. dan hal 129-130 mengenai sifat-sifat perkalian matriks d. hal 128 mengenai perpangkatan matriks persegi. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 51 . hal. dsb) mengenai perkalian matriks. Sosial. hal 125-126 mengenai syarat perkalian matriks. dkk. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan hasil operasi perkalian matriks dan perpangkatan suatu matriks persegi. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Pariwisata. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan hasil perkalian matriks beserta sifat-sifatnya. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dkk. . Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai operasi perkalian matriks dan sifatsifatnya. (Bahan: buku paket. Administrasi Perkantoran.Mengingat kembali materi mengenai operasi aljabar pada matriks serta perkalian matriks dengan bilangan real. Gendra Priyadi. 130 sebagai tugas individu. Gendra Priyadi. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja.Membahas PR : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. 123-127 mengenai perkalian matriks. 130-131 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai perkalian matriks dengan bilangan real dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Alat : Laptop LCD OHP RPP Matematika SMK/MAK Kel. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan penentuan hasil operasi perkalian matriks dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. b. 124-125 mengenai perkalian matriks. 127 dan 130. hal. karangan P. Seni. E. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. f. e.

RPP Matematika SMK/MAK Kel....... Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP... Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : 1. Mengetahui.. Administrasi Perkantoran. 4` 10 4 Jika diketahui transpos dari matriks A adalah 11 9 Tentukanlah hasil perkalian berikut..... Sosial. 2 3 1 0 0 a.. Seni....B= .. tugas individu.. 4 8 Diketahui A = 8 5 11 20 ...... Pariwisata. tentukanlah matriks A.. Tentukan 4 1 2 AB 2C .. 1 1 5 9 1 2 4 12 6 8 3 c... 9 7 0 12 . _______________________ NIP.. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 52 ......F... dan C = 0 6 16 3 7 1 1 . 3...... 9 3 5 7 11 2 5 b.. Jakarta. uraian singkat.. 2..

D. d.Kompetensi Dasar : 3. 2. b. karangan P. 2. 133-134 mengenai pengertian determinan matriks ordo 2 2). Peserta didik dapat menentukan determinan dari matriks 2 b. 2.3. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. Peserta didik dapat menentukan invers dari matriks 2 2. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 53 . e. Indikator Alokasi Waktu A. Pariwisata. c. tanya jawab. B. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan determinan matriks 2 2 dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan determinan dari matriks 2 2. 134. dkk. Tujuan Pembelajaran : 4 jam pelajaran (2 pertemuan). dsb) mengenai penentuan determinan dari matriks 2 2. Menentukan determinan dari matriks 2 Menentukan invers dari matriks 2 2. Sosial. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan determinan dari matriks 2 2. Metode Pembelajaran Ceramah. RPP Matematika SMK/MAK Kel. dari media interaktif. Pengertian determinan matriks ordo 2 b. Kegiatan Inti a. 134 mengenai penentuan determinan matriks 2 2. 2. Administrasi Perkantoran. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Menentukan determinan dan invers matriks 2 (Pengayaan) : 1. hal.Membahas PR : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Gendra Priyadi. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. Seni. C. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. Rumus invers matriks ordo 2 2. 134 sebagai tugas individu. diskusi. Langkah-langkah Kegiatan 2. Pertemuan Pertama Pendahuluan Apersepsi Motivasi : . Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. a. Materi Ajar a. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik.

131-136. c. b. c. Sosial. hal. dkk. Kegiatan Inti a. maka peserta didik diharapkan dapat menentukan invers dari matriks 2 2. e. c. dsb) mengenai penentuan invers dari matriks 2 2. Administrasi Perkantoran. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. 135 sebagai tugas individu. Pariwisata. karangan P. Seni. 135-136 sebagai tugas individu. b.Membahas PR : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Alat dan Sumber Belajar Sumber : Buku paket. hal. b.Mengingat kembali cara menentukan determinan matriks 2x2 . Peserta didik dan guru melakukan refleksi. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan determinan matriks 2 2. 134-136 mengenai rumus invers matriks ordo 2 2). Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. f. Gendra Priyadi. dan hal. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan penentuan determinan matriks 2 2 dari soal-soal “Aktivitas Kelas” dalam buku yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan invers dari matriks ordo 2 2. 135. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan invers matriks ordo 2 2. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. 131 mengenai pengertian invers matriks ordo 2 2. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 54 . kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. Pertemuan Kedua Pendahuluan Apersepsi Motivasi : . karangan P. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. dari media interaktif. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan invers matriks ordo 2 2 dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. dkk. d. 135-136 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan penentuan determinan dan invers matriks 2 2 dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. Gendra Priyadi. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. Penutup a. 133 mengenai pengertian invers dan hal 135 mengenai penentuan invers matriks ordo 2 2. Buku referensi lain.Penutup a. E.

.. 2....... tugas individu... Nyatakan apakah matriks 2 12 mempunyai invers. Matriks A singular b.. Seni.. Tentukan AB 7 3 1 2 4 6 Tentukanlah determinan dari matriks berikut..B= ...Alat : Laptop LCD OHP F.. 3 13 b. Determinan A = 0 e... Matriks A berordo 2 2 mempunyai invers apabila…. Mengetahui.... Determinan A > 0 1 3 4 2 2 6 Diketahui A = ..... 1 6 3. Determinan A < 0 d. Pariwisata... uraian singkat. Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : 1.. Jakarta.. RPP Matematika SMK/MAK Kel. _______________________ NIP.. a........ dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 55 . 14 8 6 10 1 C. 8 5 a.. Sosial.. Administrasi Perkantoran.. Jika ada tentukan inversnya... dan C = 2 1 .. Matriks A tidak singular c. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP. 4..

Seni. (Pengayaan). diskusi. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan invers matriks. . maka peserta didik diharapkan dapat menentukan penyelesaian persamaan matriks serta menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks. c. Kegiatan Inti RPP Matematika SMK/MAK Kel. Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks. d. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan invers matriks.4. (Pengayaan). Peserta didik dapat menentukan determinan matriks ordo 3 x 3 dengan menggunakan metode Sarrus. Pariwisata. 2. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 56 . Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel. Aturan Cramer. Indikator Alokasi Waktu : 7 jam pelajaran (4 pertemuan). Penyelesaian persamaan matriks. tanya jawab.Kompetensi Dasar : 3. Materi Ajar a. Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linear. D. A. C. Menentukan determinan matriks ordo 3 x 3 dengan menggunakan metode Sarrus. c. Sosial. : 1. Administrasi Perkantoran. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama dan Kedua Pendahuluan Apersepsi Motivasi : . B. (Pengayaan) b. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan determinan. b.Membahas PR : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Determinan matriks ordo 3 x 3.Mengingat kembali sistem persamaan linear dua variabel. d. Tujuan Pembelajaran a. 4. Metode Pembelajaran Ceramah. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan determinan. 3. Peserta didik dapat menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linear.

a. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan. dan hal 139-140 mengenai cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks. hal. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Penutup a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. dari media interaktif. atau pemberian contohcontoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. c. Seni. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan.Membahas PR : Apabila materi ini dikuasai dengan baik. Gendra Priyadi. Pertemuan Ketiga Pendahuluan Apersepsi Motivasi : .Mengingat kembali mengenai penentuan determinan dan invers matriks 2 2. d. 136-138 mengenai penyelesaian persamaan matriks. c. dan beberapa soal mengenai menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks hal 140 sebagai tugas individu. tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain. Sosial. dkk. 138 dan 140. b. Administrasi Perkantoran. dan menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks dari soal-soal latihan dalam buku yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. karangan P. f. Kegiatan Inti a. . dan hal 139-141 mengenai menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks). Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penyelesaian persamaan matriks dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 136-138 mengenai penyelesaian persamaan matriks. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai persamaan matriks dan penyelesaiannya. dan menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks dari soal-soal latihan hal 140-141 sebagai tugas individu. Pariwisata. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai persamaan matriks dan penyelesaiannya. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan persamaan matriks dan penyelesaiannya. maka peserta didik diharapkan dapat menerapkan aturan Cramer dan menentukan determinan matriks ordo 3 x 3 dengan metode Sarrus. b. e. 138. dan menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan penyelesaian persamaan matriks serta menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 57 . kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja. dsb) mengenai cara menentukan penyelesaian persamaan matriks serta menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan matriks. atau pemberian contohRPP Matematika SMK/MAK Kel.

f. Administrasi Perkantoran. e. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan aturan Cramer dan determinan matriks ordo 3 x 3 dengan metode Sarrus. dan ordo matriks. Seni.b. perkalian matriks. dan hal. dan ordo matriks. Gendra Priyadi. dan hal. serta determinan dari matriks ordo 3 x 3. 142 mengenai aturan Cramer. b. dan menentukan determinan matriks ordo 3 x 3 dengan metode Sarrus. 144 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks dan aturan Cramer. 144 sebagai tugas individu. Sosial. 144 mengenai penentuan determinan matriks ordo 3 x 3 dengan metode Sarrus. dkk. operasi aljabar pada matriks. karangan P. serta determinan matriks ordo 3 x 3. hal. perkalian matriks. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. dari media interaktif. 142-143. penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks dan aturan Cramer. Peserta didik diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai pengertian. operasi aljabar pada matriks. 143144 mengenai determinan matriks ordo 3 x 3). dsb) mengenai cara menentukan determinan dengan aturan Cramer dan menentukan determinan matriks ordo 3 x 3 dengan metode Sarrus. Pariwisata. contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. d. c. notasi. dan ordo matriks. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. RPP Matematika SMK/MAK Kel. 144. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan aturan Cramer. 142-143. Peserta didik mengerjakan beberapa soal penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan aturan Cramer dan determinan matriks ordo 3 x 3 dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 143 dan 144 sebagai tugas individu. determinan dan invers matriks ordo 2 x 2. kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. g. determinan dan invers matriks ordo 2 x 2. c. untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya. notasi. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 58 . perkalian matriks. : Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai mengenai pengertian. penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks dan aturan Cramer. Penutup a. operasi aljabar pada matriks. penyelesaian persamaan matriks. Pertemuan Keempat Pendahuluan Apersepsi Motivasi : Mengingat kembali mengenai mengenai pengertian. determinan dan invers matriks ordo 2 x 2. 141-143 mengenai aturan Cramer. penyelesaian persamaan matriks. penyelesaian persamaan matriks. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan penentuan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan aturan Cramer hal 143 dan penentuan determinan matriks ordo 3 x 3 dengan metode Sarrus dari soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. notasi. serta determinan matriks ordo 3 x 3.

Alat dan Sumber Belajar Sumber : Buku paket. pilihan ganda.. 1 Ordo matriks 4 1 a. hal. 9 2. Jelaskan pengertian matriks segitiga atas dan matriks segitiga bawah. b. Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai. Administrasi Perkantoran. d. serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek..Kegiatan Inti a. Berikan masingmasing contohnya. 1. dkk. 3. yaitu buku Matematika SMK dan MAK Erlangga Kelas X. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 59 . Diketahui 5 4 3 k 6 . 136-144. e. Nilai k adalah . Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian. Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian. Gendra Priyadi. c. RPP Matematika SMK/MAK Kel. Seni. Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian. c. Buku referensi lain. d. b. Sosial... E. Penilaian Teknik : Bentuk Instrumen : Contoh Instrumen : tugas individu. 1x2 2x2 2x3 3x1 3x2 2 8 adalah . Alat : Laptop LCD OHP F. karangan P. Penutup Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi-materi terdahulu sebagai persiapan menghadapi ujian akhir sekolah. ulangan harian uraian singkat. Pariwisata.

.. Pariwisata......... Seni. e.4. -10 -5 10 5 15 3 5 tidak mempunyai invers.. _______________________ NIP... Matriks a... T 23 0 1 2 3 a...... Administrasi Perkantoran.. dan Teknologi Kerumahtanggaan Kelas X 60 . Sosial... RPP Matematika SMK/MAK Kel..... d.... maka nilai x =….. 6 x 5. 8 8 2 0 8 Jakarta..... Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika _______________________ NIP.. c.. Tentukan determinan dan invers dari matriks-matriks berikut.. Mengetahui. b. b.......

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->