TUGAS INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN Disusun oleh : Kelompok IV Rado Alansura (Ketua) Marzuqi Faladina Wibowo Benny Kurniawan

Midian Oktaviano Siti Melati D Annisa Dian Kumalasari Saddan Husein Yusuf Arifandi Novian Tri Widati Achmad Marizki C. 114091006 114091007 114091002 114090116 111080149 111081083 111081106 111090196 111091021 111090201

INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM BANDUNG

Jadi definisi dari inovasi dan Skewirausahaan adalah sebuah usaha dari perseorangan atau kelompok untuk menciptakan sesuatu yang baru. Sedangkan Kewirausahaan adalah suatu sifat individu yang mampu menangani sebuah usaha yang mengarah pada sebuah kinerja yang berfungsi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik untuk mendapatkan keuntungan yang besar.) Apa yang anda ketahui tentang difusi inovasi? 3.TAHUN AJARAN 2011/2012 Pertanyaan: 1.) Jelaskan secara detail ide bisnis praktikum bisnis fair yang ingin anda jalankan selama 1 semester kedepan? (minimal 4 halaman A4.) Inovasi merupkan sebuah proses untuk menemukan atau mengimplementasikan sesuatu hal yang baru dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya.format tulisan bebas) Jawaban: 1. yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan orang lain guna mendapatkan keuntungan yang sebesarbesarnya. artinya bagi sebagian orang ini adalah sesuatu hal yang sudah ada.) Apa yang anda ketahui tentang inovasi dan kewirausahaan? 2. Konsep pembaruan ini bersifat relatif. namun bagi orang lainnya sesuatu ini adalah hal yang baru. .

Kami mendefinisikan Inovasi sebagai ide. hal itu dapat dikatakan sebagai difusi inovasi. praktik. difusi inovasi adalah teori dimana kita dapat mendefinisikan sebuah proses itu menjadi sebuah hasil yang baik. Beberapa kelompok orang akan mengadopsi sebuah inovasi segera setelah mereka mendengar inovasi tersebut. 3. Ketika sebuah inovasi banyak diadopsi oleh sejumlah orang. Dari beberapa ide tersebut. Beberapa anggota kelompok memiliki ide yang cukup spektakuler apabila ide tersebut dapat kami realisasikan. Sedangkan beberapa kelompok masyarakat lainnya membutuhkan waktu lama untuk kemudian mengadopsi inovasi tersebut. banyak sekali ide – ide yang kami dapatkan. atau objek yang dianggap baru oleh manusia.) Setelah kelompok kami berdiskusi untuk menentukan ide bisnis seperti apa yang akan kami laksanakan pada bussiness fair yang akan datang. Teori ini meyakini bahwa sebuah inovasi terdifusi ke seluruh masyarakat dalam pola yang bisa diprediksi.  Ide pertama kami untuk praktikum bussiness fair kedepan adalah dengan menjual makanan yang berbentuk makanan siap saji dan .2. kami memfilter beberapa ide yang menurut kami bisa dilaksanakan dengan baik pada saat bussiness fair nanti.) Menurut pendapat kami.

Ide ini muncul mengingat saat ini tidak banyak lapak atau rumah makan yang menjual makanan-makanan tradisional Indonesia. Kami mencoba untuk menyajikan makanan khas dari berbagai wilayah Indonesia. Namun tentu saja kami tidak mengabaikan kualitas masakan. keunikan. makanan yang akan kami sajikan sudah pasti memenuhi standar. padang. Hal ini kami coba laksanakan mengingat di wilayah kampus IT Telkom ini cukup banyak peminat tentang cartoon dan anime tersebut. dengan makanan yang bisa kami sajikan dengan cepat. baik secara kebersihan. khususnya makanan khas sunda. Konsep lapak kami berupa suasana pedesaan. dan yang paling penting adalah cita rasa. dan juga . dan daerahdaerah lainnya. nantinya petugas jaga stand akan mengenakan pakaian khas pedesaan. Dengan melaksanakan ide ini. Hal ini mengingat beberapa customer hanya memiliki sedikit waktu untuk bisa datang ke bussiness fair. kami harap dapat menarik custumer yang ingin mencoba makanan dengan cita rasa yang lezat dan juga unik. jawa.  Ide berikutnya adalah dengan menjual makanan-makanan tradisional Indonesia. Kami juga akan memakai konsep cartoon atau anime untuk konsep lapak yang akan kami gelar. pelanggan dapat menikmati makanan dan minumanya tanpa harus menunggu terlalu lama.berbagai minuman yang dapat kami sajikan secara cepat.

Saat ini kami belum memutuskan sponsor apa untuk baju yang akan dijual dan peralatan untuk menyablon dengan menggandeng konveksi untuk meminjam alat sablon. Ide ini mengingat jarang adanya lapak yang membuka stand baju dan banyaknya konsumen yang menyukai baju yang disablon dengan kesukaannya. logo tim sepak bola maupun gambar anime) dengan harga miring tetapi kualitas yang bagus di tempat. namun kami akan segera berdiskusi kembali untuk menentukan makanan apa yang cocok untuk merealisasikan ide ini. Beberapa pilihan makanan yang kami pikirkan untuk merealisasikan ide ini adalah.  Ide berikutnya adalah dengan menjual baju polos atau sudah jadi dan didapat sablon dengan kemauan konsumen (seperti sablon nama. Konsep yang akan kami terapkan untuk lapak yaitu memajang beberapa baju siap jadi atau polos dan dikasih contoh .akan ada musik-musik khas pedesaan yang kami harap membantu untuk mengajak custumer untuk datang ke lapak kami.  Ide berikutnya adalah dengan menjual hanya satu jenis makanan ringan namun kami memberikan berbagai variasi untuk makananmakanan tersebut. Pancake Aneka rasa. Surabi Aneka Rasa. dan lainnya. Tetapi kami akan berdiskusi lagi untuk segera merealisasikan ide ini. Saat ini kami belum memutuskan makanan apa yang akan kami buat untuk merealisasikan ide ini.

dll serta menampilkan video berbagai macam contoh sablon yang ditawarkan. .baju yang disablon dan kualitas sablon agar konsumen yakin dan berminat. Selain itu juga kami juga akan menerima request dari konsumen untuk membuat desain sablon yang diinginkan. Nantinya petugas stand akan memakai baju berbagai macam yang sudah jadi dan akan memainkan beberapa musik anime.