You are on page 1of 2

Siklus Pada PLTU

a. Siklus Energi

Bahan Bakar 

Boiler 

Uap 

Turbin 

Putaran Poros 

Generator  

Listrik 

Energi kimia  Energi Panas

Energi panas  Energi mekanik

Energi mekanik  Energi listrik

b. Siklus Air dan Uap Siklus dasar yang digunakan pada PLTU adalah siklus Rankine, yang terdiri dari komponen utama yaitu boiler, turbin uap, kondensor dan pompa, seperti diperlihatkan pada gambar 1 (a).

(a) Gambar 1a. Siklus Rankine sederhana b. Diagram T-S Siklus rankine sederhana

(b)

Siklus pada PLTU adalah siklus tertutup dengan menggunakan fluida kerja adalah air yang telah diproses sedemikian rupa melalui Desalinasi, Demineralisasi dan Dearator sehingga kandungan ion dan oksigennya kecil. Air tersebut kemudian dipompakan masuk kedalam boiler (proses 12), didalam boiler air mengalami pemanasan sehingga berubah fasa menjadi uap kering atau superheated (proses 2-3). Uap kering yang bertekanan ini kemudian memutar turbin uap yang dikopel terhadap generator (Proses 3-4). Putaran generator inilah yang menyebabkan terjadinya listrik. Uap kering yang diekspansi setelah memutar generator akan mengalami penurunan

Gambar 2 Siklus Bahan Bakar pada PLTU . c. Uap ini kemudian didinginkan melalui kondensor sehingga berubah fasa menjadi cair kembali (Proses 4-1). Batu bara ini kemudian diangkut dengan menggunakan coal ship unloader ke belt conveyor untuk selanjutnya dipindahkan ke area coal yard. komponen pendukung yang tidak kalah penting adalah BBM (HSD) dan udara pembakaran yang disuplai dari Air Fan. Dalam proses pembakaran batu bara. HSD diperlukan terutama ketika start up sampai temperatur batu bara yang terbakar bisa stabil. Batu bara yang akan dibakar di boiler digerus didalam crusher house untuk mereduksi ukurannya. Hal ini seperti diperlihatkan pada gambar 2.temperatur dan menjadi uap jenuh. Siklus BBM dan Bahan Bakar Batu bara dikirimkan dengan menggunakan kapal-kapal tongkang yang merapat di pelabuhan (jetty) PLTU.